Friday, 9 December 2011

Serba Serbi Give Away, Quiz, dan Apapun Namanya

Temans tentu tau dunks photo siapa gerangan di bawah ini??

.
.
.
.
.

Teeeettt. Waktu habis! Jawabannya apa sodara2??

Yup, betul sekaleeee!! Beliau adalah Pakdhe Cholik, Suhu dan Sesepuh dalam dunia per-blog-an. Titel laen yang disandangnya adalah Raja Give Away [bukan Raja Singa yah], secara dari 1.371.535 GA yang pernah diselenggarkan oleh para bloggerman dan bloggerwati, Pakdhe berhasil menjadi jawara, menggondol pulang piala, sebanyak 1.3701.534 kali. Luar biasaaaa!! Standing applouse buat juragan BlogCamp [maap yah Pakdhe tepok tangannya sambil berdiri doang, mo sambil koprol susah soalnya].

##########

Sekarang kita lanjoodd ke photo berikutnya. Wajah cantik siapakah ini??


.
.
.
.
.

Tuuuuuuttttt!! Waktu habis lagee!! Dan jawabannyaaaa??

Gile, pinter2 amith yah murid gw, bener lagi tebakannya!! Yesss, jeng ayu ini adalah Olanya Dija, Mbakyu Elsa, si Ratu Give Away. Udah jutaan kali memenangkan perlombaan makan kerupuk [lho??]. Saking banyaknya hadiah yang diterima, Jeng yang pandai menjahit ini ampe bingung mo nyimpen dimana lagi. Lemari penuh, meja penuh, kamar mandi penuh, ya udah deh terpaksa disimpen di kulkas [daging kalee!].
##########

Ocreh. Pertanyaan ketiga. Berapa ukuran sepatu yang digunakan oleh emak2 manis di bawah ini? Ups, mangap Temans, salah soal! Pertanyaannya, ada yang tau ga siapa Beliau??


 .
 .
 .
 .
 .

Ttiiiiiittt!! Waktu habis Coy. Jawabannya??

Bener, poto romantis di atas adalah Mamake dan Bapake CalVin. Teh Lidya, tersohor namanya dari Kp. Rambutan ke Tj. Priok. Maklum, Beliau kan yang 'megang' daerah sono. Sama seperti Jeng Elsa, Teh Lid udah jutaan kali memboyong hadiah pada setiap acara, mulai dari buku, tas, coklat, gantungan kunci, tipi, ampe penggorengan.

##########

 Last question. Ada yang tehe makhluk apakah ini??

.
.
.
.
.

Dhuuuaaarrrr!! Selesei ga selesei harus dikumpulkan!!

Sebagai guru gw patut berbangga hati karena semua murid mendapat ponten 100 dalam ujian kali ini. Penampakan terakhir adalah suster ngesot dikala masih perawan tingtong, ketika masih memakai jeans nomer 27 or 28. Hanya saja, berbeda dengan ketiga tokoh sebelumnya, Jeng Soes baru 2x memenangkan lomba, dari 15x pertandingan. Hihihi, judulnya banci kuiz amatir boo.

Temans, dunia maya memang lagi dihebohkan dengan acara semacam Give Away, quiz, saweran, dan sebangsanya. Cara memilih pemenangnya pun cem-macem, ada yang menilai hasil tulisan yang masuk, ada yang dikocok model arisan. Apapun ituh, gw, si BA (baca: Banci Amatir), seneng banget untuk berpartisisapi. Alasannya:

1. Mengasah kemampuan menulis, masa ngasah golok Cyiiinn?!

Biasanya, si tuan rumah menetapkan suatu tema dan pakem2 laennya sebagai persayaratan. Disinilah tantangan untuk blogger yang mo ikutan, apakah bisa membuat tulisan nan maknyusss sehingga menawan hati juri, sesuai gaya penulisan masing2. Gw sendiri, merasa tantangan yang paling dahsyat adalah saat membuat cerpen untuk Pagelaran Kecubung 3 Warna di newblogcamp.com bersama Mbakyu Nia dan Mbakyu Dewi Fatma sebagai rekan sejawat di group Kecebong 3 Warna. Ajegileee, emak2 biasanya bikin tumis kangkung, ayam rica2, semur jengki, brownies kukus, eh sekarang disuruh bikin cerpen.  Hajaaaarrr bleeehh!!

2. Meningkatkan kecermatan

Yoi Coy, cermat ituh wajib hukumnya! Jangan ampe kita bikin tulisan, pas mo daftar ditolak gara2 udah lewat dari batas waktunya. Ato misalnya lagi tema yang ditetapkan adalah mengenai gurindam, eh kita malah bikin cerita bersambung. Hadooohhh ... hadooohhh,  itu seh judulnya 'pergi ke parung naek sedan, ga nyambung Gaaannn".

3. Memperkuat tali persahabatan, bukan tali bra sodara2!

Ketika gw mengikuti Give Away, itu merupakan suatu bentuk penghormatan gw kepada pihak penyelenggara. Makanya gw berusaha untuk selalu hadir, apalagi kalo yang nyelenggarain temen rumpi2 [hihihi tapi maap yah ekye selama bunting Zafira & berojolan berdormansi dulu sementara waktu. Sekarang insya Allah mulai aktif lagi sebagai manusia nocturnal]. Pernah loh suatu waktu gw ikutan GA nya Jeng Hilsya, terus Teh Dey ibunya Aa Fauzan ngadain GA. Doski pun nulis di kotak komen "Jeng Soes, abis ini ditunggu yah tulisannya buat quiz saya".  Okeh deh Kakak. Draft tulisan akhirnya siap, tinggal ekye edit dikit2 terus posting deh. Apa daya hari itu kami harus ke Kota Kinabalu (KK) buat nuker passport Zahia yang udah penuh. Berangkat jam 9 am, sampe KK lewat magrib. Saking capenya, abis sholat isya kami semua tepar. Besok pagi, gw langsung nulis di wall pesbuknya Teh Dey minta mangap ga bisa ikutan. 

4. Hadiah gretongan?? Rancak banaaa!! Sopo sing nolak toh?!

Hadiah, mau bagimanapun dan apapun bentuknya, namanya hadiah gretong tetaplah bikin semua orang ngiler 1 baskom.

Keempat alasan itulah gw memilih jalan hidup penuh lika-liku sebagai Banci Amatir, selain pekerjaan pokok sebagai ibu RT.

Blog keluargazulfadhli pernah 1 kali menyelenggarakan saweran di bulan Januari, dalam rangka memperingati milad pernikahan Jeng Soes dan Om Zul. Alhamdulillah diikuti oleh 42 peserta. Sekarang marilah kita tilik apa kewajiban utama dari pihak panitia penyelenggara yang kece, ramah bin supelmen, beradab, mengerti norma2 kesusilaan, serta hafal Dasa Dharma Pramuka ini :

1. Melauncing acara

Harus jelas yah Sob wara-wirinya. Waktu pembukaan dan penutupan (hari, taun, jam, menit), temanya apa, bentuk tulisan bebas merdeka ato ada syarat2 khusus, kapan pengumuman  pemenang, dll. Pokonya buat sejelas mungkin agar peserta tidak dilanda kebingungan, jiwa gundah gulana.  

2. Cermat mendata setiap peserta

Sejak hari pertama sampai batas waktu penutupan, panitia harus mendata setiap peserta yang masuk. Apakah sudah sesuai dengan persaratan, misalnya udah pasang logo belum, isi tulisan sesuai tema ga, endebra-endebro. Jangan sampai ada peserta yang tertinggal!! Ingat, seandainya kita menulis limit tanggal 4 Desember jam 23 pm, maka semua peserta yang daftar sebelum jam 23 pm harus didaftarkan. Pliizzz jangan buat orang laen kecewa, merasa tidak 'dianggap' karya serta keberadaannya! Karena saat orang udah bersusah payah mencari wangsit, membuat suatu tulisan, berarti orang itu menghargai Anda.

3. Mendatangi balik si peserta, lalu berikan komentar

Ini penting, supaya peserta tau kalo karyanya udah dinilai oleh empunya acara.

4. Membuat list peserta

Ya ya ya, lakukan dengan cermat dan menggunakan kolor. Hati2, kucing garong banyak berseliweran di luar sana!! Ada bagusnya jika list peserta diumumkan kepada khalayak ramai, sehingga jikalau ada yang terlewat bisa segera menyampaikan protes kepada panitia.

5. Waktunya pengumuman

Umumkan tepat waktu. Semua sudah menunggu. Dag-dig-dug ingin bertemu. Kutunggu kau dibalik pintu.

6. Kirim hadiah secepatnya

Ga lucu dunks kalo pengumuman tanggal 5 Desember tapi hadiah baru dikirim Januari. Hadooohhh, keburu basi Om!! Ke perapat pake baju batik, makin cepat makin baik.

Demikianlah rumpian kita pada pagi nan dingin2 empuk ini. Ingat yah say, bagi siapapun yang akan megadakan bagi2 hadiah, pliizzz lakukan dengan cermat, karena setiap orang ingin dihagai karyanya. Dags dags epribodiiiiii.

Note : Congrats buat laki gw, Om Zul, yang ngegeber 3 postingan dalam 2 hari!! Dikau memang teope deh Cinta koe (buat Temans yang belom tau, admin blog ini ada 2 biji. Tulisan yang menggunakan tata bahasa sesuai EYD adalah tulisan Om Zul, yang kacrut itu punya bininya).

16 comments:

Elsa said...

Haduuuuuuuuuuuuh malunyaa.....
kok fotoku nangkring di situ???

heheheheheheeeee

masa sih aku Ratu giveaway?
apa bedanya dengan Banci Kuis?
hHahahahahahahhaa.....

Baby Dija said...

Huahahahaa... ada Ola Elsa disana....

JELEEEEK!!!! Ola Elsa jeleeekkkk....

Hahaahahahahaa...

Nia said...

Ya ampyunn jeng, jadi ceritanya dikau ikutan kontes tapi di diskualifikasi karna kesibukan panitia.....sungguh kejamnya...ehh tp itu bukan aku kan yachhh....soale aku takut kelupaan dikau ikut kontes aku yg dulu tp lupa dicatat sbg peserta......

siip berarti mulai sekarang jadi banci kontes lg dong....ehh ada kontes tuch di blognya pakdhe...smpe tgl 31/12, ada kontes juga di blognya zoothera smpe tgl 31/12...trs ada lagi kontes aku ngeblog, kamu...tp aku lupa diblognya siapa yachh? teman2 ada yg bisa kasih tau?

nanti kalo ada info lomba lagi aku kasih tau yachh....

Allisa Yustica Krones said...

Hihihi...bisa-bisanya gitu lho San dapat wangsit bikin tulisan kek gini :D

Udah ah, cuma mo komentar itu aja, secara aku jarang ikut kuis..hikkss...

Orin said...

Hah? jd suster ngesot waktu msh perawan tingtong penampakannya kek gituh? hihihi aya2 wae ci teh Sus :P

Happy milad ya Teh, semoga bahagia selalu bersama Om Zul dan double Z ;)

Lidya - Mama Pascal said...

duh susan takut tenar nih fotonya dipasang disitu :) selain hal2 yang diatas perlu juga kejujuran dalam pengiriman hadiah, kalau sudah janji ya harus dipenuhi kalaupun tidak harusnya memberitahukan kepada yang bersangkutan tidak jadi menerima hadiah .
eh san emang ikuta GA dimana yg di dis?

Nia said...

Mbak susan...yg bingkisan dari Viva itu masih berlaku kali...coba aja masuk ke webnya trs kirim biodata...smoga msh bisa...

kakaakin said...

Kalo Mbak Susan adalah suster ngesot, lah diriku apaan dong jadinya? Hehe...
Menjadi peserta kontes/GA memang seru rasanya, namun jadi penyelenggara kontes lebih berjuta lagi rasanya :D
Kalo masalah ngada2in kontes, memang mesti berguru ke pakdhe :)

Abi Sabila said...

walau jarang sowan dimari, selalu saja mesam-mesem baca postingan yang selalu bertaburan kata dan istilah seru dan lucu.

Salam buat ponakanku yang maniz-maniz, double Ze

Untje van Wiebs said...

Sik sik, yang nulis blognya Mas Zul apa Jeng Soes sih?
Aku bingung jadinya manggilnya x)

Aku juga tadinya mau ikutan kontes yang dibilang di bawah postingan, yang DLnya tanggal 4Des. Mau nulis, eh mampir ke tempatnya dulu, ternyata DLnya dimajuin jadi tanggal 3... Yaudah gajadi ikut, hihi gatau lah :D

Lozz Akbar said...

saya sudah tuh rasain jadi peserta dan panitia.. apapun posisinya kontes emang sensasinya ruaaar biasa

catatan kecilku said...

Memang tanggung jawab penyelenggara giveaway/kontes itu gak mudah... khususnya harus bisa adil agar tak mengecewakan peserta.
Ayo dong... buat kontes lagi mbak. :)

hilsya said...

eike mo OOT aja... dari tadi ga brenti cengar-cengir ga jelas dimari...
Zahia paspornya abis? cap-in punya Tante dwooong..

anazkia said...

Ngakak kalimat terakhir :))

Yang kacrut itu punya bininya :)

.:diah:. said...

Mbak Elsa emang jagooo bangettt, klo dia ikutan GA selalunya menang, kadang ciut juga nih nyali klo liat Mbak Elsa jg ikutan, xixixix

tahun ini saya Alhamdulillah beberapa kali dapat hadiah GA dari temans tapi gk sedikit jg gagalnya, at least udah ikut berpartisipasi dan juga mengasah nyali :D

btw, klihatan koq Mbak, postingan Mbak yg mana aja, yg ada Cyiint dan bahasa2 rada gaol gitu :D

Template Booklet Company Profile said...

Hihihi...bisa-bisanya gitu lho San dapat wangsit bikin tulisan kek gini :D

Udah ah, cuma mo komentar itu aja, secara aku jarang ikut kuis..hikkss...