Friday, 25 March 2011

Ipeh Ooooh Ipeh # Bagian Pertame

WARNING : Emak2 yang lagi bukaan terakhir dalam persalinan, para pebisnis yang sedang melakukan rapat penting dengan klien, petugas UGD, pelajar + mahasiswa/i yang sedang ujian, siapapun yang kebelet boker/pepsi, serta orang2 lainnya yang sedang berkejar2an dengan waktu, tidak dianjurkan membaca cerita ini, secara 8 halaman boo panjangnya. Gw juga menyarankan bagi sesiapa yang nekad untuk membaca sampe khatam, untuk menyiapkan ransum terlebih dahulu 5 bakul.

Cerita ini ditulis sebagai bentuk partisipasi dalam hajatannya Pakdhe Cholik, Kecubung 3 Warna di newblogcamp.com.


----------------------------------------------------------------------------------------
“Daaaannn … pemenangnya adalaaaaahhhh …”, Sang MC lalu terdiam sejenak, melirik ke arah ketiga peserta yang sedang bergandengan tangan sambil menebar senyum jaim ke seluruh penjuru.

Bagi mereka, 3 menit pun terasa seabad karena kalimat itu dibiarkan menggantung. Lalu akhirnya, diiringi suara beduk bertalu2 dan alunan seruling bambu, MC melanjutkan perkatannya.

“Ipeeeeehhhh, keluar sebagai None Jakarta taun 2012”.

Ipeh sontak mengeluarkan tangisan kegembiraan yang telah dilatihnya selama 2 bulan, hasil pengamatan mendalam terhadap akting Shirene Sangkar di Cinta Pitri Season 25, sinetron paporitnya. Di kejauhan, dua pendukung setia Ipeh, Babeh dan Enyak, meloncat2 kesurupan.

“Huhuuuyyy, ntu baru anak gw. Pan kalo gini gampang urusannya. Pasti cita2 gw punya mantu kaya bisa terwujud”, kata Babeh di dalam hati.

“Ceileeee, tampang gw bakalan nongol di tipi2 dah. Apa gw kudu jual kebon duku yah buat modal perawatan wajah dan feslip [maksudnya face-lift, Nyak??]”, pikir si Enyak.

Ipeh, yang telah mengenakan mahkota dan selempang, sebagai simbol serah terima jabatan dari None taun sebelomnya, kini mondar-mandir kaya setrikaan di atas panggung. Senyum kemenangan tersungging di bibir bahenolnya.

Di bawah panggung, Raffi Ahmid, Teuku Wisnul, dan Irfan Bahdino berteriak2 mengelukan nama Sang Pemenang. “Ipeh … Ipeh … Ai lop yu. Would you marry me??”

----------------------------------------------------------------------------------------

“Ipeeeehhhhh … BANGUUUUUNNNN!! Sholat subuuuuhhhh!! Busyet dah elu tidur apa mati suri?? Bibir Enyak ampe jontor ngebangunin elo eh kaga juga bangun2!! Jangan ampe Enyak ngeluarin ‘Tendangan Maut ala Pitungwati’!!”.

Gedoran di pintu bertambah keras. Enyak berancang2 menaikkan suaranya menjadi 7 oktap, menyaingi Mariah Kere dan Titik Mandora.

Perlahan Ipeh mengumpulkan nyawa, mengucek2 mata, mengulet 7x, sebelom akhirnya kesadarannya terkumpul. Loh loh loh, kenapa gw ada disini? Mana mahkota gw? Mana wartawan yang dari tadi sibuk ngewawancara?? Mana mobil Honda jazz untuk gw???

“Ipeeeehhhh … elu mau pintunya Enyak jebol? Bujug buneng ni bocah! Udah ampir jam 6 belon juga sholat!”, repet Enyak, semakin desperado berat dengan kelakuan anak gadisnya.

Dengan langkah gontai, menyadari bahwa None Jakarta hanyalah mimpi, Ipeh menyeret kakinya. “Iye Nyak aye dah bangun ko, kaga usah teriak2 napa?? Lagian gara2 Enyak mahkota aye ilang. Gara2 Enyak juga kite gagal jadi artis, masuk tipi!”, kata Ipeh ketika berhadapan dengan Enyak di depan pintu.

“Hah, nape jadi gw yang salah? Udah buruan sana ambil wudhu, ngayalnya besok malem aje elu lanjutin lagi. Tuh Babeh dah nunggu dari tadi, katanya ada yang mau diomongin”. Enyak bergegas ke dapur untuk menyeleseikan masakannya.

Di meja makan, seperti biasa sarapan udah tersedia. Teh manis, nasi uduk, telor dadar. Menu itu seinget Ipeh kaga pernah berubah. Setiap pagi, pada 365 hari, dari taun ke taun, kaga pernah berubah. Kadang, kalo ada ayam tetangga yang nyasar maen ke depan rumah, dengan kreatif Enyak menambahkan ayam goreng ke dalam menu sarapan mereka.

“Peh, Babeh mo nanya serius. Umur elu udah 21 taun. Kalo kaga salah istilahnya udah mendekati ‘injury time’. Jangan tanya artinya ape, Babeh kaga ngarti. Itu Babeh denger waktu Kong Haji Sabeni cerita die nongton pertandingan tenis di Bali beberapa bulan lalu, bareng Gabus Tambuni”.

Jeda. Babeh menyeruput teh manis.

“Jadi pegimane kalo elu terima aje lamaran si Rojali. Menurut pertimbangan Babeh, doski lumayan oke. Udah ade kerjaan, dari keluarge baek2, tiap kesini gonta-ganti tunggangan mulu”.

“Kuda kalee!”, celetuk Enyak sambil ngeganyem nasi.

“Lagian Peh, udah 3x elu nolak lamarannye. Babeh emang iye2 aje karena pengen liat elu bahagia. Tapi setelah Babeh semedi 7 malem, ko alesan mengenai bulu idung yang kepanjangan, ples idung belesek ke dalem, kayanya kurang senonoh”.

Ipeh menarik napas dalem2. Tiba2 bayangan Rojali, Mamat, Bobi, Sanusi, David, ame Ucup berkelebat di kepalanya. Yup, selama ini Ipeh emang memiliki hobi filateli. Objeknya buka perangko, melainkan cowo. Diantara ke-6 cowo piaraannya ituh, hanya Rojali lah yang ngebet ngajakin merid. 3x ngelamar, dan 3x harus menerima pil pahit penolakan. Tapi Rojali tetap maju terus pantang mundur. Alasannya: Gabus Tambuni ajah bisa menaklukan hati para hakim, jaksa, polisi, brimob, petugas imigrasi, serta sekarung makhluk2 mata duitan lainnya. Lah masa gw menaklukan hati sebiji gadis cantik doang kaga mampu?!

“Babeh juga udah cape ngeliat elu bawa cowo rupa2 jenis ke rumah. Kaga ada dari mereka yang ngelamar kecuali si Rojali”.

“Udah deh Beh, Ipeh males ngomongin yang kaya begini pagi2. Jadi ilang dah napsu makan aye. Omas aje kawin udah umur 40, lah masa Ipeh baru 21 taun udah disuruh buru2?”, Ipeh memainkan nasi dalam piringnya, kehilangan selera.

“Ya ampyun Peh masa elu nyamain diri sama si Omas?! Denger ye, ibarat buah, 21 taun tuh lagi ranum2nya. 40 taun? Kisut Peh, kisut! Syukur2 dibeli murah. Kalo kaga yah nasibnya busuk dah!”.

Dengan kumis naek 7 centi, Babeh melanjutkan sabda. “Pokonya Babeh kaga mau dibantah lagi! Elu kudu cepet putusin buat kawin ame siape. Babeh bosen Peh gendong karung beras mulu. Sekali2 babeh pengen gendong cucu. Iye kaga Nyak?”.

“Lah, jadi kalo bukan Babeh yang mikul tuh beras sapa lagi? Masa gw?! Bisa2 kena osteoporosis dini, Enyak. Udah deh Babeh gendong tuh beras, biar aye yang gendong cucu. Deal kite??”, Enyak teriak dari dapur.

Babeh geleng2 kepala. Pusing ngadepin anak gadis dan bininya. Kumis di bibir semakin naik, menandakan sutrisno berat yang sedang melanda.
----------------------------------------------------------------------------------------

“Ajegile cakepnye Neng Ipeh! Cuiiittt … cuiiiitttt … Neng Ipeh mau kerje ye? Sini Abang anter”.

“Eh Udin, elu narik ojeg aje kaga usah sok berbaik2 ama gw. Kaga lepel tau! Nah terus, kalo elu sibuk nganter2 gw, anak bini elu di rumah mau diempanin apa??”, Ipeh ngamuk.

“Deuh si Neng galak amit. Abis makan biji kedondong yaaahh?”, sambung temen seperjuangan Udin, Solihin, disambut derai tawa dari tukang ojeg laennya.

Syukurlah metromini yang ditunggu2 nongol juga, sebelom Ipeh ngebuka sepatu pantopel dan nampol Udin & Solihin secara membabi-rusa.

Seharian Ipeh kerja kaga konsentrasi. Hampir2 ditegor Ibu Supervisor Galak gara2 ada pelanggan nanya harga barang, tapi Ipeh cuma ngeliatin tu Ibu calon pembeli dengan tatapan kosong. Omongan Babeh terngiang2 terus di telinga.

Hari berlalu cepat. Malam menjelang. Di parkiran mall Ramasinta, Ipeh memperbaiki dandanan, kaga mau terlihat demek di depan Sanusi. Nah inilah enaknya punya banyak koleksi cowo. Pulang kerja irit ongkos karena ada yang nganterin pulang. Kepengen makan enak di restoran ada yang bayarin. Mau beli baju, lipstik, bedak, tas, sepatu ada yang beliin. Pulsa selalu terisi penuh. Indahnya duniaaaaaa. Mikirin itu, bikin Ipeh tersenyum nista tralala.

Sanusi datang telat 5 menit. Bibir Ipeh siap2 melontarkan repetan panjang, tapi segera diurungkan melihat Sanusi mengeluarkan plastik dari ransel.

“Sori Abang telat, Hon! Abis tadi Abang bingung pilih2 ni barang”, Sanusi mengulurkan plastik berwarna pinky aming.

“Aduuuhhh Abang, pake repot2 segala. Jadi kaga enak aye. Apa ni isinye?”, Ipeh malu2 kucing garong.

“Udah, buka di rumah aje. Yuks ah kita pulang, tar kemaleman. Pake dulu Neng helmnya”.

Bbrrrrmmmmmm. Motor pun melaju, menembus kemacetan disana-sini. Jakarta, semakin malam semakin hidup. Ipeh memeluk pinggang Sanusi erat. Pikirannya mengawang2.

Sanusi. Betawi asli. Lulusan STM Laris Manis. Muka semanis dodol Garut, meski warna kulit serupa juga dengan tu dodol. Bukan berasal dari keluarga berada. Tapi, karena doski bekerja keras setelah lulus sekolah, dan sekarang udah menjadi kepala montir di sebuah bengkel ternama, maka urusan ekonomi mulai membaik. Ipeh mengenal Sanusi gara2 telepon nyasar, 6 bulan lalu. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, mereka merencanakan kopi darat. Ketika ketemu, kedua belah pihak ngerasa nyambung satu sama lain, maka terjalinlah benang2 asmara diantara mereka. Di atas semua itu, yang terpenting bagi Ipeh, Sanusi sangat royal dan mau memenuhi semua keinginannya.

“Neng, udeh nyampe. Pelukannya dilepas atuh. Abang susah napas nih”, Sanusi menyadarkan Ipeh dari lamunan.

“Eh si Abang ngagetin ajah. Makasih yah Bang udah nganterin aye pulang. Kadonya juga. Hihihi, Abang te-o-pe deh pokonye!”, Ipeh memberikan pujian buayawati.

Sanusi menengok ke kanan kiri. Setelah dirasakan situasi aman terkendali, doski menutup mata, memonyongkan bibirnya yang caplang.

“Idiiiiihhhh Abang genit, masa di depan gang minta cium segala! Walopun gelap tapi pan berabe kalo ade nyang liat. Ampe ketemu lusa yah Abang Chayank. Mmmuuaaccchhh”, Ipeh melayangkan flying-kiss dengan genit.

Sanusi tergelak meski kecewa kaga dapet jatah malam ini. “Abang pulang dulu ye Cyiiinnn. Lup yu olways”
----------------------------------------------------------------------------------------

Ipeh selalu minta diturunkan ampe depan gang rumah, dengan tujuan mengantisipasi kalo2 ada gacoan laen yang bertandang ke rumah. Dan bener ajah, di depan rumah nangkring kijang kapsul warna biru dongker. “Mmmmm … mobil sape neh?”, Ipeh berusaha mengingat2. Begitu membuka pagar, dilihatnya sepasang sepatu, warna coklat, model aladin. Dari bau yang menyengat, Ipeh hapal di luar kepala siapa gerangan Sang Pemilik.

“Assalamu’alaikum”.
“Wa’alaikum salam. Eeeehhh anak Babeh nyang cakep kaya bidadari turun mandi di kali baru dateng. Darimane aje Peh?”.
“Biasa Beh, kerjaan lagi banyak”, Ipeh menjawab asal2an, mencium tangan Babeh yang beraroma kiju Belande. Sesaat melirik ke meja, mata Ipeh menangkap kardus berisi martabak kiju kesukaannya. Wah pasti Rojali lagi ngambil ati Babeh!
“Eh Bang Jali. Tumben malem2 dateng, kaga pake kasih kabar pula”, Ipeh menyapa basa-basi, tersenyum ala kadar.
“Iye Neng, kebetulan Abang dateng mo minta izin ke Babeh boleh kaga ngelamar elu dalam waktu dekat ini”, sahut Rojali mantap jaya.
“Hah? Ngelamar aye lagi Bang? Kaga bosen?!”, Ipeh takjub dengan kegigihan Rojali.
“Iye Neng, ngelamar yang ke-4 kalinya. Kali ini ‘ransum’ Abang ga tanggung2. Neng kaga liat tuh mobil di luar? Nah ntu sengaja Abang beli, buat anter jemput Neng Cantik kerja. Pan cucian kalo Neng naek turun bisa ame metromini. Abang juga udah nyiapin kalung, cincin, gelang, giwang, komplit dah. Beratnya ampir sekilo Neng. So jangan ampe Neng nolak lagi ye, bisa dapet payung cantik dah Bang Jali”, Rojali berkata bangga campur kuatir.
“Alah lo jangan lebay Jali, lo pikir cabe apa sekilo??”, Babeh menimpali dengan senyum selebar Rafflesia Arnoldi.
“Nah Ipeh, pegimane menurut lo? Babeh seh pengennya elu berdua pada cepet2 dah kawin. Udah cukup kali 2 taon pacaran, 3x ditolak. Lagian Peh, liat deh mobilnya, kiclooooonnnggg. Pan tar Babeh kalo mo maen ke Monas kaga usah naek bajay lagi”.

Rojali mesem2 kuda liar ngedenger kata2 kawin. Duduknya jadi kaga tenang kaya orang cacingan.
“Kawin, kawin! Babeh ni apaan seh?! Ko Babeh ngebet amat pengen aye kawin ama Bang Jali? Orang laen ada juga yang pacaran ampe puluhan taun tapi ampe sekarang belom kawin! Udah ah Beh, Bang, aye pamit mo masuk dulu. Cape baru pulang kerja! Entar2 aje ngomongin masalah ini!!”. Ipeh ngibrit ke dalam, meninggalkan Babeh yang sibuk jilatin sisa2 kiju di jari. Sedangkan Rojali terbengang-bengong karena Pujaan Hati kaga juga memberikan sinyal2 positif.

Sebelom Rojali pulang, bakal calon mertoku mencoba menenangkan dirinya yang gundah gulana.
“Tenang Jali, Ipeh tuh sebenernya cinta ame elu. Pokonya segale urusan elu serahin ajah ama gw. Kalo Ipeh udah setuju, bawa Enyak, Babeh, Encang, Encing, Enceng, ampe buyut elu kesini, buat ngelamar anak gw”.
“Aye pegang kata2 Babeh ye, plizz tolongin aye. Ipeh cinta mati aye. Ipeh adalah segalanya untuk aye, Beh”, Jali berkata sendu. Dirasakan tangan Babeh menepok punggungnya 3x, tepokan penuh keyakinan. Seyakin Raul Lemes ketika mengucap akad nikah kepada Kris Damayanti di depan penghulu.
----------------------------------------------------------------------------------------

Berbaring di tempat tidur dengan menggunakan daster bergambar muka Rhoma Birama, Ipeh menggaruk2 kepala, padahal kaga gatel sama sekali.

“Kawin … kawin … kawin …! Kata2 ntuuuu mulu yang ade di pikiran Babeh! Padahal gw  masih pengen nikmatin masa muda, pengen morotin cowo2 di luar sana. Gw belom mau terikat. Gw emang 2 taun pacaran ama Bang Jali. Ampe sekarang kaga ade cinta untuknya di hati gw. Gw cuma cinta duitnya aje”, getir Ipeh memikirkan nasib kisah Romeo Julietnya dengan Bang Jali.

Tiba2, Enyak membuka pintu dan berjalan perlahan menuju ranjang Ipeh.

“Peh, Enyak tau elu kaga cinte ama si Jali-jali. Tapi urusan kawin bukan masalah cinte apa kaga. Elu juga kudu pertimbangin tu orang bisa kaga ngebahagiain elu. Menurut Enyak, Jali bisa. Die bela2in beli mobil baru buat elu. Tiap kesini ada ajeeee bungkusannya. Martabak lah, roti gambang lah, buah sekeranjang lah, ampe obat gosok buat encok Enyak yang kebetulan udah abis. Die juga bela2in nyari obat sakti mandraguna ke Banten buat ngilangin kutil Babeh lo yang udah taunan kaga mo ilang. Mo nyari kemane lagi laki2 model begituh??”, Enyak mengusap2 rambut Ipeh lembut.

Ipeh pura2 tidur. Hanya desah nafas menimpali perkataan Enyak.

“Enyak juga tau elu belom tidur, Peh. Elu kaga bisa ngeboongin Enyak. Ya udah, kaga papa. Tolong pikirin aje perkataan Enyak tadi. Enyak jamin elu bakalan bahagia kawin sama Rojali”.

“Betul Peh, Babeh setuju 2000 persen sama Enyak elu”, ujar Babeh. Doski ternyata sedari tadi nguping pembicaraan emak dan anak di balik tembok. “Babeh & Enyak pengen elu kawin sama orang kaya, biar bisa ngejamin idup elu. Masa mau sengsara mulu seumur idup?? Peh, materi itu penting. Jaman sekarang mah semuanye kudu beli pake duit. Cinta doang kaga bisa ngebeli ape2.”

Babeh dan Enyak meninggalkan kamar, membiarkan Ipeh seorang diri, semakin keder dan binun 7 keliling. Ipeh berusaha mengobati kepalanya yang terasa berat, seperti digantulin batu berton2, dengan membuka bingkisan dari Sanusi. Betapa terkejutnya dia ketika menemukan sebuah henpon, Blekberi, warna merah cabe gendot, plus kartu ucapan ‘Buat Ipeh, wanita tercantik di dunia. With lof, Sanusi ganteng’. Idung Ipeh kembang kuncup memegang barang idamannya tersebut, hatinya berdebar2, meski tak bisa dipungkiri kepalanya semakin berat.
----------------------------------------------------------------------------------------

Baranangsiangmalam, Bogor, di sebuah rumah bernomer 23 AB

“Mas, ono sing arep aku omongin”, Tarti berkata kepada suaminya yang sedang berpakaian.
“Ono opo toh De?”.
“Mas jujur karo aku. Sopo sing ndue nomer henpon 081354074751??”.

Dave, panggilan kesayangan dari David Sutarno, berusaha menyembunyikan gurat kaget dari wajahnya. “Nomer sopo iku De? Aku ora weruh”.

Tarti mulai terisak pelan. “Jujur toh Mas, aku mohon. Aku wes weruh kabeh, Mas”.

“De, bengi nonton sinetron opo? Ko koe ngomong sing boten2 pagi2??”, Dave memegang tangan istrinya dengan mesra. “Wes lah, saiki aku arep gawe se. Koe ati2 nang umah yo”. Satu kecupan mendarat di kening Tarti, yang memandang kepergian suaminya dengan tatapan sedingin es.
----------------------------------------------------------------------------------------

To : 081354074751
From : 0811423867
Assalamu’alaikum. Mohon maaf, dengan Mba Ipeh kah? Saya bisa bertemu ga dengan Anda? Saya agen dari Jamu Air Terjun. Menurut teman saya, Mba Ipeh tertarik menjadi agen Jamu Air Terjun untuk daerah Kampung Melaju.

… 20 menit kemudian …

To : 0811423867
From : 081354074751
Wlkmslm. Maap, sapa ni? Betul ini Ipeh. Mmmm, teman gw yang mana ye? Kayanya gw kaga punya temen agen Jamu Air Terjun.

… 2 menit kemudian …

To : 081354074751
From : 0811423867
Masa sih Mba? Saya dapet nomer Mba Ipeh dari Mba Dewi. Oya, kalo ga salah Mba kerjanya di mall Ramasinta yang daerah Ngebet kan? Gimana kalo sepulang Mba kerja kita ketemuan? Kebetulan hari ini saya ada urusan disana. Tar kita ketemuan ajah di McDoni, sekitar jam 8. Gimana?

… 15 menit kemudian …

To : 0811423867
From : 081354074751
Mmmm … gimana ye Mba? Mmm … okeh deh, kita ketemuan disana sepulang gw gawe. Ngomong2 Dewi, Dewi mana neh? Soalnya temen gw yang namanya Dewi ade segerobak. Dewi Puspita, Dewi Mekarsari, Dewi Pancaroba, Dewi Minul, dan Dewi Sisik.

... 1,5 menit kemudian ...

To : 081354074751
From : 0811423867
Dewi Sisik, Mba. Okeh deh, c u. Saya tunggu yah Mba.

Tarti merasa puas telah berhasil menggiring mangsa ke dalam jala. Dia berdoa semoga rencananya bisa berjalan mulus.

Di tempat laen, Ipeh berpikir keras mengenai sohib kentalnya jaman SD, Dewi Sisik. Dari kabar kabur yang dia terima, DS sudah berangkat ke Hongkong menjadi TKW disana. Tapi, kenapa perempuan yang mengaku bernama Tarti, mengatakan DS menjadi agen Jamu Air Terjun? Berarti die masih berkeliaran di deket2 sini dunks?! Tanda tanya besar itu menghilang begitu saja, saat Ipeh tenggelam dengan pekerjaan.
----------------------------------------------------------------------------------------

McDoni Ramasinta, Ngebet, jam 8 pm

Seorang wanita cantik, berkulit putih mulus, dengan bodi semlohai, tampak celingak-celinguk kebingungan di pintu masuk. Tarti segera menghampiri gadis muda tersebut.

“Mba Ipeh yah? Saya Tarti. Ayo silahkan duduk. Mba mau pesan apa? Biar saya yang bayar, kebetulan saya juga belum makan malam”, Tarti mengulurkan tangan, berkenalan. Bersikap sangat SKSD palapa.

“Oh … eh … eh, ko jadi ngerepotin begini, Mba Tarti? Jadi malu gw”, Ipeh agak2 kaga enak hati dengan kebaikan wanita yang baru ditemuinya ini.

“Ah ga usah pake acara malu segala, kaya ke siapa ajah. Yuks kita pesen makan sekarang. Kasian piaraan di perut kita”. Keduanya tertawa bersama, seakan sahabat lama yang sedang reunian. Suasana cair dan hangat.

4 buah ayam, 2 buah kentang goreng ukuran lele dumbo, 2 buah minuman bersoda, 2 paket nugget, menjadi menu makan malam mereka. Obrolan dibuka.

“Mba Tarti udah lama ye jadi agen Jamu Air Terjun?”, Ipeh mulai menggigit paha ayam.
“Hihihi, belom lama ko Mba, baru 2 taunan. Lumayan buat nambah2 duit belanja dari suami yang selalu kurang”
“Ooohhh, Mba Tarti udah merid? Aye pikir masih gadis soalnya badannya imut2. Masih cocok loh dipakein baju SMA. Hihihihi”, Ipeh melirik ke jari manis Tarti. Disana melingkar sebuah cincin dengan mata berbentuk love.
“Ini dia Mba yang saya mau bicarakan. Karena saya yakin Mba Ipeh udah kenal banget dengan suami saya!”, Tarti memandang dingin.
“Ah masa seh gw kenal dengan laki Mba? Hehehe, wong ketemu Mba Tarti ajah baru sekarang, pegimana caranye gw kenal ama laki Mba?”, Ipeh mulai bingung.
“Suami saya Dave, Mba Ipeh. David Sutarno. Pria yang 3 bulan terakhir ini Mba kirimin sms pagi siang malem subuh!”, Tarti berkata sinis.

Jegeeeeerrr!! Ipeh serasa ditampar malem2 sama Adi Rae. Whaaaattt? Mas David Sutarno? Gebetannya yang baru? Udah punya bini? Ko ngakunya masih bujangan tong2 seh?? Ipeh mendadak kena sembelit. Secuil perasaan bersalah merasuk ke dalam dada.

“Eh oh … mmmm … Maksud Mba Mas David yang mane?? David Koperpil??”, jurus pura2 bodoh Ipeh keluar.
“Udah deh Mba Ipeh ga usah pura2 ga kenal sama suami saya. Saya cuma mohon Mba jangan menggangu rumah tangga orang lain. Plizz dong jadi cewe jangan kegatelan. Emang ga ada yah laki2 bujang di luar sono yang mau sama Mba?!”, Tarti tidak bisa lagi menahan esmosinya.

Ipeh hanya terdiam. Lama … lamaaaaa sekali. Bibirnya tak sanggup mengatakan apa2. Dia masih kaga habis pikir kalo pria yang suka ngebeliin coklat, bunga mawar, roti, cake, pizza dengan topping jengkol, dan kebab pete, udah punya istri. Tapi darahnya agak mendidih juga setelah dibilang cewe gatel. “Dasar tukang nuduh, panu gw kan udah sembuh dari kapan taun!!”, Ipeh berkata dalam hati.

“Mba Ipeh, saya minta dengan sangat, tolong Mba putuskan hubungan dengan Mas David. Mba juga kan perempuan, masa tega menghancurkan hati perempuan lain? Kita kaum yang sama, Mba. Dan saya rasa, jika Mba berada di posisi saya, hati Mba akan hancur”, Tarti terisak.

Ipeh termenung memandangi lantai. Tidak ada lagi semangat menghajar semua makanan di meja sampe titik darah penghabisan, meski sempat berkelebat niatan untuk masukkin ajah ayam & kentang cs ke dalam kantong plastik yang selalu dia bawa di dalam tas. Daripada mubazir boo.

“Mba Tarti, gw minta maap banget. Tapi asal Mba tau, Mas David yang ngajakin kenalan duluan. Tau2, kaga pake lama, doski nembak deh ….”
“Apapun itu, saya minta Mba tidak lagi berhubungan dengan Mas David. Kami sudah sah di mata agama dan hukum sebagai suami istri!”, suara Tarti meninggi.
“Mba, jangan mewek dunks, malu. Otreh, otreh, gw kaga bakalan berhubungan lagi dah ama dia. Tapi Mba juga pastikan juga dong bisa ngejaga suami dengan baik. Kalo Mas David cari selingkuhan kan berarti dia kaga puas dengan serpis istrinya”, Ipeh secara spontan mengeluarkan kata2 dodol, yang memicu agresi militer Belanda untuk ke-7 kalinya.

Plaaaakkk!! Secepat kilat cap tangan Tarti menempel di pipi Ipeh.

“Jaga kata2 kamu, perempuan pengganggu rumah tangga orang!! Jangan sampai saya berbuat lebih kasar daripada ini!!”, Tarti berteriak. Semua orang sontak melempar pandangan ke arah mereka.

Malu. Ipeh merenggut tasnya, pulang tanpa pamit. Tinggallah Tarti menangis sendirian, disertai sisa2 ayam dan kentang yang membisu.

Malam itu, Ipeh tidak bisa memicingkan mata. Pikirannya menari2 liar kesana-kemari. Bayangan Tarti dan David berkeliaran bebas di kepalanya. Lalu muncul Sanusi. Lalu Rojali, disusul dengan koleksi cowo2 lainnya. Semua bergerak cepat, seperti gambar power point yang diputar dengan proyektor. Lalu tiba2, dirinya dihampiri gelap gulita. Segelap malam tanpa rembulan. Segelap pantat wajan.Woiiii, sapa yang matiin lampu seh????
----------------------------------------------------------------------------------------
Hah, apa gerangan yang terjadi sodara2?? Apakah rumah Ipeh lagi mati lampu?? Ato jangan2 mata Ipeh korslet mendadak? Yuuukksss aaahh, daripada mati penasaran, bagus dilanjuuudd aje ceritanye ke rumah Kanjeng Mbakyu Dewi Fatma Sastro Mangkubumi.
DOAKAN KAMI PENONTON ... !!!


Tiga Serangkai Pendekar Kecebong
(Kecebong 3 Warna)

48 comments:

Arman said...

seru... seru...
gua khatam nih bacanya san! hahaha.

ditunggu lanjutannya tuh.. gua ngeklik di link berikutnya tapi belum dibikin lanjutannya ya?

ntar kabarin ya kalo udah ada lanjutannya... :D

Ladyonthemirror said...

kocak, lucu, ketawa guling-guling bacanya, Mpok Susan sadar ngga punya bakat nulis cerpen?

Gaphe said...

Buset deh, bikin ngakak nggak abis-abis bacanya.. satu selesai, disusul dibawahnya lagi bikin ngakak lagi. hahahaham, muantebh buanget. kalo nggak juara berarti jurinya kebangetan nih... (^_^)V

semoga sukses yaa Mbak..

ditunggu kelanjutan cerita gokilnya si Ipeh.

semoga agresi militer yang ketuju kalinya nggak kejadian beneran deh

Bunda Farras said...

seru .. kocak .. belum kelar bacanye , panjang bener .. ntar balik lagi dah kemari .. lanjutin .. hihihi

DewiFatma said...

Jeng Suuuss.... Gw dah bikin lanjutannyaaaa... Moga kita menang yee.... Amiinnn...!!!

Bunda Shishil said...

duhhh kocak bgt nih cerbungnya... bikin diriku ketawa2 sendiri, hehehe... Good luck ya bun...

Mr TM said...

Saya malah TERPESONA lihat foto Trio kweck-kweck....JIheheheheee......

Nia said...

Amiinnn...smoga kia menang....

puteriamirillis said...

hahahhah...ipeh..ipeh banyak banget yak gebetannya,,,ngakak dah aye mbak...
lanjut ah,,,

Henny said...

hihihi..ceritanya lucu banget, aku kabur ke cerita kedua ya mbak!

Shohibul Kecubung 3 Warna said...

Terima kasih atas partisipasi sahabat.
Saya akan melanjutkan perjalanan ke kisah selanjutnya
Daftar seluruh peserta dapat dilihat di page Daftar Peserta Kecubung 3 Warna
di newblogcamp.com
Salam hangat dari Markas BlogCamp Group - Surabaya

lidya said...

ipeh jagoan juga ya, banyak cowonya :) sukses san

IbuDini said...

Habis baca ini jadi keinget sama Blognya Bang Pendi...gaya bahasanya lucu..
Emangya Bunda susan ada bakat buat ikutan OVJ juga kayaknya nich

Nia said...

Say....Banner aku kelap kelip dong.....dah dibenerin ama suami....

mas Odjie said...

hahahahahah bisa ngakak....
segera meluncur ke episode berikut ah.. salam kenan ya mpok smoga sukses !

Kakaakin said...

*megang pipi serasa kena tamparan Tarti*
Hehe... ternyatta beneran 8 halaman :D
Lanjoot ke tulisan sambungannya :)

Abi Sabila said...

asli, meskipun panjang dan lama..............saya benar-benar menikmati alur ceritanya. untung baca di rumah, jadi ga kawatir dibilang sutrisman gara-gara mesem sambil ngakak terus.

K3W semakin semarak dengan tulisan ini. Semoga menang ya!

Jasmine said...

meski panjangnya naujubilleh, tp ga bikin pusing kok. malah menghibur. hahahaha
mari semangaaaatt sama2, mbak! :D

Bayu Hidayat said...

ciuahhhhhh abis bacanya. panjangggggggggggggggg. asik kok. di tunggu kelanjutannya

Blog Keluarga | Keuangan | Kesehatan | Anak | Pendidikan | Kuliner | Tips said...

Menyempatkan diri berkunjung ke rumah sahabat setelah sekian lama tak bersua... Semoga kebahagiaan selau bersamamu...

Salam hangat dari Kota Minyak...

joe said...

iya deh, semoga sukses saja ya

Gerbong banten said...

Buset deh, bikin ngakak nggak abis-abis bacanya.. satu selesai, disusul dibawahnya lagi bikin ngakak lagi. hahahaham, muantebh buanget. kalo nggak juara berarti jurinya kebangetan nih.

omietha said...

Hahahaha, ngekek ngekek bc ini.. Wuii..bundanya Zahia ini punya bakat bkn cerpen nie.. Mg sukses ni cerpenya jeng susan

Adi Chimenk said...

alamak jaang...!!! cerite ini bikin aye ketawa ngakak sejadi2nya.. "Pitungwati" sama "Jamu air terjun" aseli bikin gw ngkak. Sukur gw gak ngakak mampus... kebangetan klo gak menang..:)))))))))))))

OOT: Mbak add fb gw aja. Gw search fb lu gak nemu. Fb gw: Adi Budi "chimenk" Yulianto

ma_dhan said...

edtdaaaahhhh.. buset ngakak baca ne cerita..
segala minyak urut buat encok juga masuk.. haha
sayang to be continued. d tunggu kelanjutanya..

SEMANGAT !! :D

Sang Cerpenis bercerita said...

moga menang ya...sip

attayaya_plastik said...

lho itu tho kecebong 3 warna

dah siap 5 bakul nasi
5 gentonmg teh tarik
5 bungkus rokok

eeeeehhh malah lupa ga ada korek api...
jadi manyun degh

yuniarinukti said...

Kalo ga boleh baca ampe katam, ya udah numpang koment dulu aja klo gitu... hihi..

Geafry Necolsen said...

aku pikir mo nulis artikel soal persalinan..
soalnya lagi searching artikel persiapan melahirkan (perkiraan oktober nanti. insyaAllah), walopun masih jauh ga ada salahnya mempersiapkan diri minimal punya sedikit pengetahuan.

tapi khatam kok bacanya.. aku simpen di laptop artikelnya. soalnya istriku yang suka baca cerpen

ReBorn said...

alhamdulilah, akhirnya selese juga.... ghehehe.
ini harus jadi pemenang!

JURI KECUP 1 said...

Weleh ipeh... berani2nya mainin hati cowok, hati2 peh.. ntar kena batunya lho, hehehe...
Segera meluncur ke pos 2 ah, gak sabar ama kelanjutannye.. :)

walaupun agak terlambat, Juri Kecub datang,, untuk mengecup karya para peserta,, mencatat di buku besar,, semoga dapat mengambil hikmah setiap karya dan menyebarkannya pada semua…

sukses peserta kecubung 3 warna.. :)

Amanda Putri said...

Ya Allah!! Sumpe deh.. pagi2 ga rugi maen ke sini. Bisa ketawa-ketiwi ngilangin sentres.

Yhantee said...

Seru ngebaca alur ceritanya.... dan gaya bahasanya...... bakalan menang neh.... :)

niee said...

wuhaaaa,,, gokil banget dah ceritanya mbak sus,, beda sama cerita2 yang aku baca di cerbung laennya.. aku paporitin jadi juara deh.. semoga menang *melimpir ke lanjutan ceritanya* :D

Aulawi Ahmad said...

wuih lama gak kesini sist soesan tambah gokil aje hehehe, sori ya baru bisa maen kesini lagi soalnye lagi jadi tukang kantoran hehe

Bekti said...

Hahaha.... ceritanya lucuuu banget tuh, Jeng :D Benar-benar punya bakat menulis nih, Jeng Soes. Asiik juga ya ceritanya kayaknya kalo di filmkan, pasti seru :D

Ok deh ya, semoga menang Jeng Soes :)

Juri Kecub 3 said...

Waduh, kalo gak cinta jangan diterime tuh lamaran Bang Jali. Daripade nyesel ntar....

Kisah telah disimpan dalam memori untuk dinilai.
Salam hangat selalu.

Bundit said...

Panjang beneeer. Sukses deh Bun :-)

yuniarinukti said...

Wahaha... kisah Ipeh ini bikin ngakak bacanya jeng, kok bisa sih nulis pke bahasa kayak ginian, smoga sukses ya Jeng...

Mama Kinan said...

Suksyesssssssssss ane mbaca ipeh sampai khatam nggak pake persediaan 5 bakul..hehehe. mantep suratep...kreatip pisan..
tak doakan menang yo jeng soes..dan kelompok kecebongnya...
semakin nggak sabar menunggu kelanjutannya dari 2 rekan jeng soes....
nanti kalo menang traktirannya nyiprat ke Bintan kan jeng..hehehe peace
salam buat kakak zahia yah jeng..:)

juri kecub 2 said...

Rangkaian kata-katanya sangat membius saya untuk melanjutkan memabca hingga tamat. Ipeh, bagaimana dia menentukan pilihannya ya? saya lanjutkan ke cerita berikutnya.
Sip, cerita sduah dicatat pada buku besar juri. Terima kasih

Bagaimanapun said...

menarik ... kocak ... mengalir seperti air.

Allisa Yustica Krones said...

Seruuu!!!!

Kereeeennn!!!!

Ih, harusnya dirimu jadi sutradara sinetron aja, San, udah bosen aku ngeliat sinetron macam Cinta Fitri dan Putri yang Tertukar yang gak tamat2 itu :D

Allisa Yustica Krones said...

Seruuu!!!!

Kereeeennn!!!!

Ih, harusnya dirimu jadi sutradara sinetron aja, San, udah bosen aku ngeliat sinetron macam Cinta Fitri dan Putri yang Tertukar yang gak tamat2 itu :D

Elsa said...

ck ck ck...
untung udah di warning duluan tuh di atas.
aku print aja Mbak...
hehheee

primeedges said...

Mantep mbak... kocak dan mengalir! Lanjut dah...

Desri said...

bener-bener kocak...meski panjaaaaang critanya, tapi aku koq betah aja bacanya...
siap melanjotkan ke tekape berikotnya

Template Booklet Company Profile said...

makasih dari tadi saya uda komen banyaaak banget , artikel artikel anda membantu saya makaseh