Tuesday, 29 March 2011

Saat Princess Zahia Ketemu Sodara Sedulur

Setting: Percakapan telepon antara Jeng Soes dan Bokapnya Emak (baca: Kakek ekye tercintah di Pandeglang), 1 bulan sebelom Lebaran taun 2010.

Emak : “Was-wes-wos-tra-lala-tri-lili-dag-dig-dug-serr…..”
Kakek : “Brat-bret-brot-ngak-ngik-nguk-cap-cip-cup-kembang-kuncup…..”
Emak : “Oke Pak, ini Susan mo ngomong katanya” (ngasihin henpon kepada anaknya)
Gw : (mengkudeta henpon) “Assalamu’alaikum Kakekku yang ganteng. Sehat Kek?”
Kakek : (suara menggelegar, nada naik2 ke puncak gunung) “Susan! Kapan mo dateng ke Pandeglang?? Kakek tunggu2 Lebaran yang lalu kamu ga mudik kesini! Kakek mo liat cicit Kakek, tau?! Kalo Kakek keburu mati gimana??”


Gw : (mati kutu) “Hadoh hadoh hadoh Kakekku chayank ko marah2 mulu seh? Kan Susan udah bilang taun lalu mohon maap lahir batin banget ga mudik ke Jawa. Soalnya Ibu Mertua sakit, Kek. Jadi kami di Kalimantan ajah. Tapi amplop untuk Kakek yang Susan titipin ke Mama keterima kan??” [tipu daya jeng Soes semata. Alasan sebenernya adalah kaga punya fulus]
Kakek : (kompor meledug) “KAKEK GA BUTUH AMPLOP KAMU!! KAKEK PENGEN LIAT KAMU, ZUL, SAMA ZAHIA!! Jadi kapan mau ke Pandeglang? AWAS YAH kalo taun ini ga mudik kesini!! Kakek MARAH BESAR nanti!!!”
Gw : (sikap menyerah pada sekutu) “Siap Komandan! Cucumu pasti datang. Suer Kek!!


Demikianlah sodara2 nasib makhluk nomaden kaya gw & Abang. Kami berangkat ke Sarawak, mengadu nasib demi sekarung emas batangan, disaat gw tengah hamdun Zahia, bulan ke-5. Lalu, tanpa ada alarm peringatan dini sebelumnya, ketuban gw pecah pada bulan ke-7, tepat di minggu ke-32, sehingga Zahia lahir 17 Oktober 2008, kira2 2 minggu sebelum Lebaran. So, taun itu jadilah kami berlebaran di negeri orang.


Taun 2009, setelah menteri keuangan menghitung2 devisa yang tersisa, kami memutuskan untuk mudik ke Kalimantan Barat ajah. Ditambah saat ituh kondisi emak mertoku ekye lagi dalam keadaan sakit [10 hari setelah kami menginkakkan kaki kembali di Bintulu, Beliau berpulang ke Rahmatullah]. Barulah rencana tour keliling Jawa, untuk memperkenalkan Princess Zahia kepada seluruh sanak sodara + handai taulani [itu mah Andre Stinky, Jeng!] + sedulur2 sebangsa setanah air, dapat terlaksana ketika mudik taun 2010.

Tidak seperti yang gw takutkan sebelomnya, dimana Zahia secara di Bintulu dan Miri jarang bergaul dengan banyak orang sehingga kami ngeri doski akan parno kalo ketemu makhluk antah-berantah, ternyata tidak terbukti. Zahia sama sekali ga takut ketemu dengan orang2 baru. Sama Kakaknya Nyokap nomer 2 yang kepalanya kinclong bukan buatan (baca: botak), Zahia mau salaman dan dicium secara brutal. Sama Kak Lala, sepupu yang lebih tua setaun dari Zahia, doski malah ngelunjak. Aneka rupa mainan Kak Lala dijajah tanpa sungkan. Juga ketika ketemu Kakek gw, buyutnya Zahia, langsung mau nyium dan dipeluk2. Good girl, Honey! Itu namanya anak super duper pintar! [kaga ilang2 narsis emaknya].

Tanpa berpanjang kali lebar kali tinggi sama dengan luas kubus, gw akan langsung memajang poto2 Zahia nan cantik, beserta dengan sepupu2nya. Kali ini dalam rangka memperingati hari kelahiran bapak Kartono [jangan sudzon, beliau kaga ada hubungan darah atopun hubungan spesial ‘lebih-dari-teman-tapi-bukan-pacar-hanya-sekear-selingkuhan’ dengan Ibu Kita Kartini], serta Aa Pascal dan Dede Alvin, yang jatuh di bulan Maret. Demi meramaikan hari kelahiran kedua jagoan ganteng itu, Sang Mama  selain mengadakan kenduri 7 hari 6 malem untuk daerah Bekasi dan sekitarnya, juga mau bagi2 hadiah kepada seluruh pemirsa. Ga nanggung2 boo hadiah yang ditawarkan. 3 set Tupperware beserta 3 buah sepeda motor [potonya doang ukuran postcard], akan dibagikan kepada 3 orang yang beruntung (nama acaranya Maret Ceria). Oya, poto boleh dengan sodara kandung (kakak/adik), sodara tiri, sodara angkat, ato sepupu. Asal jangan dengan buaya, singa, ato ular kobra ajah. Ngeriiiiiiii Cyiiiiinnn ngebayangin yey sodaraan ama nyang begituan.

Busyet dah anak gw pake lipstik apaan tuh belepotan gituh?? [ini poto jawaranya yah Teh Lid yang ekye ikut-sertakan dalam kuis dikau]

# Silsilah → Baju merah: Kaka Lala, anak Ua Via, sepupu Bunda. Hubungan Zahia ke Kak Lala adalah sepupu. Baju kuning: BiCil (Bibi Kecil) Lulu, anak Aki Budhi, Omnya Bunda, adik kandung Uti.
# Lokasi → Bandung (Situ Lembang).



Maen congklak sama Acil (Aunty Kecil) Amanda

# Silsilah → Ka Amanda adalah anak Tante Aida, Tante Bunda, sodara jauh Uti.
# Lokasi → Cilegon (Bukit Palm).



Bersedia dicium cowo ganteng, setelah disogok PS terlebih dahulu

# Silsilah → Mas Ardhi anak Eyang Tonno, Om Bunda, adik tiri Uti nomer 1.
# Lokasi → Pandeglang.



Sepupu2 Bunda. Ini belom ada seujung jempol, secara Kakek gw nan ganteng bin sekseh punya anak 17 biji (kalo idup semua 2 lusin), dari 2 istri. So kebayang kan betapa bejibunnya sodara ekye

# Lokasi → Bandung (Batununggal).



Puas2in naek odong2 gowes, di Miri kaga nemu yang kaya begini

# Silsilah → Abang Dika, bertopi biru, adalah anak Aki Windu, Omnya Bunda, adik kandung Uti.
# Lokasi → Bandung (Gatot Subroto), habis nyekar ke makan keluarga.


Dewan Pengurus Klub BRT (Bapak Rumah Tangga)

# Silsilah → Ka Irvan adalah sepupu gw, anak Kakanya Nyokap bernama Ua Herry. Syaira, anak pertamanya, berusia 7 bulan pada saat itu.
# Lokasi → Bandung (Antapani).


Ketemu Kakek Sapoetro, Buyut Zahia. 88 taun doski masih gagah dan tampan boo, masih ajah request minta dikirimin obat kuat dari Kalimantan huehehe

# Lokasi → Pandeglang.



Bocah pembalap. Ato tukang ojeg??

# Silsilah → Yang baju garis2 adik ipar gw, adik Om Zul nomer 3. Sepupu Zahia, Farras, walopun badan lebih gede, tapi umur setaun lebih muda dari Zahia loh.
# Lokasi → Di depan sebuah masjid saat transit untuk sholat Jum'at dalam perjalanan Singkawang-Sanggau.


Ayam Kentucky ukuran king size [ini lagi ngomongin ayam ato springbed seh??]

# Silsilah → Baby Alvin, yang lagi bobo telungkup di belakang Zahia, adalah sodara dari Nabi Adam. Bukan begituh Mama Lidya??
# Lokasi → Mall Metropolitan, Bekasi.

41 comments:

IbuDini said...

Kayak Buyutnya Dini ada...nenek dari suami, udah lama sekali kami disuruh pulang..sampai2 nenenk yg kemari dan udah 2 lebaran ini terlewatkan oleh kami lagi.

dey said...

Buyutnya Zahia udah 88 th ya ? Itu sama dengan mbah-nya fauzan, berarti mbahnya fauzan yg ketuaan nikah kali ye ... hehehe, harusnya umur segitu kan punya cicit ..

Ladyonthemirror said...

wuah...ternyata kita sama-sama KB ya Jeung...keluarga besaaaar..he..he...

Bundit said...

Jeng Soes ini kalau posting emang selalu panjang hehehe :D. Good luck ya...lho....saya didapuk juri sama mbak Lidya je.. siap dinilai jeng :-)

Bunda Farras said...

gut lak bun kali kita jd 2 dari yg beruntung :) .. teuteup panjaaanng tapi seeruuu :)

Bekti said...

Foto zahia naik motor tuh di Pontianak sebelah mana? Plat nomernya KB=Kalimantan Barat...
Yo, baru gandrung ikut kuis nih bumil, good luck yaa...

catatan kecilku said...

Mbak Susan selalu aja heboh kalau nulis cerita.. jadi seneng deh mampir kesini.
Tapi terus terang aja, aku pusing baca silsilah yg diselipin di bawah masing2 foto... hahaha

the other said...

fotonya Zahia lucu tuh, apalagi dg muka belepotan coklat kayak gitu... seru banget jadinya hahaha. Moga menang ya mbak.

jejak langkahku said...

Tante shasa juga ikutan give away itu lho..tapi kayaknya kali ini mama gak ikutan deh.

Place to Study said...

pengen juga deh main2 dg dek Zahia. kapan ya tante..? tapi shasa pemalu lho... hehehe

DewiFatma said...

hhihihihi... Sodara Nabi Adam ??? hihihihi..........*ngakak*

Mama Kinan said...

:) Jeng soes, membaca postingan dirimyu...nan menawan menggelitik..membuat hilang rasa sedih ku hari ini (*syndrom bad mood ditempat kerja dan PMS)...daku jadi tersenyum..dan bersyukur..aku punya kawan kawan blogger yang mampu memberiku semangat setiap mambaca postingannya :) hik hik...
Kakak zahia huokkkkkkeeeeeeee banget..TOP nggak takut dengan orang baru..kinan masih suka malu malu dan takut takut neh jeng kalo ketemu orang baru gitu...hiks
ok salam buat kakak zahia dan UTI yah..
semoga suksyess...

Bunda Shishil said...

haduhh... ga boleh curang ya jeng soes, ngerayu2 si empunya kontes mba lidya, hihihi...

Wah seru2 nih bun fotonya, boleh atuh kirim2 donutnya ke rumah, hehehe

rita asmara said...

Apa kbr Jeng Susan? Lama gak berkunjung ternyata tampilan blogny makin keren. Selamat ya atas kehamilannya, ntar lg Zahia punya adik baru nih. Ohya, makasih kiriman 'durennya', aku pajang dalam deretan AWARD-ku. Monggo dilihat dan mampir ke 'rumahku'ku..

lidya said...

hahaha ciri khas Susan banget nih postingannya, turunan pelawak ya.
Udah dicatat san tapi sayang gw bukan jurinya ,walaupun susan sudah telp untuk dimenangkan hihihi lebay ya.

Gaphe said...

Jeng Soes ini loh, mesti aneh-aneh ae.

Jadi pertanyaannya, udah berapa batang emas yang jeng soes punya setelah merantau?. heheheh.

walah, kalo potonya andalan dikeluarin yang itu, mesti menang deh. ekspresinya manteb, donatnya aja belepotan disono dimari..
#ngerasa kalah

semoga sukses jeng, kapan-kapan ditunggu giveaway berhadiah tongkat ali-nya! hihihihi

Allisa Yustica Krones said...

Zahia pinterrrrr...gitu dong kalo jadi anaknya jeng Soes mesti selalu bisa gaul di mana aja :D

Foto2nya mantaps, jeng, apalagi yang Zahia belepotan itu...xixixi...good luck ya!!

Allisa Yustica Krones said...

Zahia pinterrrrr...gitu dong kalo jadi anaknya jeng Soes mesti selalu bisa gaul di mana aja :D

Foto2nya mantaps, jeng, apalagi yang Zahia belepotan itu...xixixi...good luck ya!!

Elsa said...

suka banget sama foto Zahia pake lipstik dari negeri antah berantah tuh Mbak... Hahahha lucuuuu pol....

momentnya itu lho
dapet banget

baby Dija said...

Kakak Zahiaaaaaaaaa
kapan maen sama Dija????

Princess Kayla said...

yang bikin aku tertawa ngakak saat pertama kali baca di awal cerita...itu tuh yang percakapan telepon antara emak da kakek....ha ha ha...ada2 aja mama zahia ini ilustrasinya...zahia, belepotan tp seksi...hihihi

Nia said...

wah ikutan kontes juga yachh...siip dech, smoga menang...foto2nya keren sechh.....yang bikin aku ketawa ngakak kakek buyutnya itu lochh...udah 88th masih minta kirimin obat kuat hahahaha.....

Alia said...

wuih..
keluarga besar ya bun..
seneng bisa ngumpul semuanya :)

Jasmine said...

wuuuuaahh buyutnya zahia masih segar bugar. Alhamdulillah yah :D

selalu suka baca postingannya jeng soes, lucu, gaya bahasanya asik :D

Jazz Muhammad said...

waduuh, mantab banget keluarga ini...

saran: bikin kesebelasan Teh... hahah sekalian buat liga-nya... hehe

entik said...

poto-potonya muantaps bangets jeng...

Dabo Singkep said...

met malam, berkunjung lagi ketempat sahabat... moga hari2 lebih menyenangkan...

'Ne said...

waah emaknya juga gak mau ketinggalan ikutan poto terus ya hehe..

seru ya kalo banyak sodara gitu, jadi rame..

sukses aja ya mbak Susan buat kontesnya..

Desy Noer said...

banyak amit sodara sedulurnya bun..
Koreksi dikit bun : Pangjang kali lebar kali tinggi = volume kubus. hehe...

niee said...

Wuhaaaa,,, foto keluarganya lengkap bener deh mbak sus, hehehehe... aku juga mau ikutan neh, tapi apa daya otak yang pakek pentium 2 ini selalu lupa klo udah nulis postingan >.<

btw mbak, aku cari2 FBnya mbak sus kok kagak ada yak.. yang email ie_fadl@yahoo.co.uk itu cuma ketemu blognya mbak.. atau mbak sus aja yang ngeadd FB aku d2_dbez@yahoo.com atau Irni irmayani gitu :D

Penghuni 60 said...

wah, rame bgt.... keluarga besaaaar rupanya...
:D
jd mengenal lbh jauh nih berkat postingan ini..

salam bwt semuanya ya...
trutama kakek tuh, jgn terlalu sering minum obat kuat... hehe

oya sob, ada award utkmu, diambil ya...smoga tdk merepotkan.

Kakaakin said...

Wah... foto2nya seru banget, Mbak...
Buyutnya Zahia teteup keren dengan baju lorengnya :D
hmm... ternyata si abah urang banjar ya?? :)

diyannovrida said...

Jeenkkk..sukses y lombanyaa...seruuu ya ketemu keluarga besar...

kezedot said...

aku senang membaca cerita ini.
salam persahabatan

riez said...

Keluarganya rame pisa euy

attayaya-ekonomi said...

jiahaahahahahaha
nama sebutannya aneh tapi mantap juga neh
ada bicil acil
hahahahahaa......

keluargayusufjogja said...

hai jeng sus, kunjungan balik tp bukan kunjungan perdana lho.. aq udh sering mampir kesini tp emang belum prnh meninggalkan jejak, makasih y udh bkunjung k rmhq, aq link y blognya.
mau ikutan jg ah lombanya... :)

Susindra said...

Jeng Zul kalo posting pasti panjang & lebar. Berkali-kali kemari saya sampai bingung mau bilang apa. detail sekali ceritanya.
Salam kenal, ya..... Moga sukses di Maret ceria mbak Lidya.

Obat Demam said...

wah kelihatannya seru nih ngumpul sama keluarga :)

Obat Anak said...

keluarga yang sangat bahagia , semoga selalu diberi kelancaran dalam setiap urusan . amin

Template Booklet Company Profile said...

hhihihihi... Sodara Nabi Adam ??? hihihihi..........*ngakak*