Thursday, 7 April 2011

Unyil, 18 Weeks

Aih aih, kaga kerasa udah tanggal 7 April. Kemana aje gw boo kaga apdet2 ampe blog dilalerin beginih? Biasalah Cyiiinnn, Bu Bunting sibuk bukan kepalang (baca: sibyuk belanjain duit Om Zul hohoho). Maapin ekye juga yah Temans kalo dah lambreta kaga namu2 ke rumah tetangga. Tapi alasan sebenernya adalah semangat meng-eksplor dapur gw sudah kembali lagi, malah semakin membara. Makanya hari2 dipenuhi dengan acara masak-memasak bersama Chef Soesan. Cuma yang belom kesampean adalah mempraktekan resep pempek dari Jeng Allisa. Hadooohhh Lis, disini susah amith nyari ikan belida. Gw ganti tenggiri ajah boleh kan Say?

Kembali ke berita utama, Jeng Soes mo laporan perkembangan kebuntingan [plizz dunks Jeng bahasanya!!]. Kayanya hamdun kali ini gw minim cerita banget. Bisa2 tar adeknya Zahia ngamuk boo kalo tau doski kaga pernah gw dokumentasikan di dalam blog.

Hari Senen kemaren, tanggal 4 April 2010, jam 1.30 pm, gw diantar laki tercinta yang bolos kerja setengah hari [sssttttt, rahasia loh jangan bilang2 ke bosnya Om Zul!], plus Zahia pastinya, mendatangi Klinik Kerajaan Tudan. Maksudnya tak lain tak bukan untuk menjenguk si Unyil, yang masih ngendon di rahim emaknya. Seperti biasa, prosedurnya adalah sbb:

1. Simpan kartu ‘Rekod Kesihatan Ibu’ di counter Ibu & Anak. Tunggu dengan sabar sampe nama sampeyan dipanggil. Setelah itu, bayar 15 RM ke counter pendaftaran di bagian depan (charge bagi foreigner). Kalo orang lokal alias Malaysian mah cuma bayar 1 RM.

2. Habis bayar, perlihatkan bukti pembayaran (‘Resit Bayaran’) ke bagian Ibu & Anak. Lagi2 disini kesabaran diuji karena kudu nunggu ampe Nurse memberikan nomer antrian.

3. Dapet nomer, kaga boleh langsung hajar bleh ketemu Dokter. Kudu ngabur dulu ke bagian makmal (baca: laboratorium) untuk melakukan pengecekan air seni (Urine Albumin & Urine Glucose) dan HB. So, jangan lupa bawa pepsi dari rumah secara gw mah males pepsi di Klinik Kerajaan. Tandasnya itu looohhh bau hangseur pisan (baca: bau pesing buangeth!). Untuk HB, darah diambil dari jari. Alhamdulillah resultnya bagus:

# HB → 13.1
# Urine albumin → negative
# Uribe glucose → negative

4. Pengembaraan belom selesei sodara2. Selesei urusan di makmal, gw kudu balik lagi ke bagian Ibu & Anak. Simpan kartu pada keranjang di bilik (baca: ruangan) yang telah ditentukan sesai nomer urut. Entah kenapa, dari pertama dateng sejak awal hamdun ampe sekarang gw selalu kebagian Bilik 3, bilik khusus emak2 manis nan semlohai. Gw kebagian nomer 42, sedangkan saat itu baru giliran nomer 36. Untuk mengisi waktu, daripada gw melakukan atraksi goyang Karawang di depan khalayak umum yang dapat membuat Om Zul keserang sindrom M2KL (baca: Malu2 Kuda Liar), serta seluruh Bu Bunting yang hadir disono menjadi mabok-mual-munti berjamaah, maka gw memutuskan untuk kasih makan Zahia ajah dengan bekal bawaan dari rumah. Menunya telur ayam kampung + sawi. Hasrat bergoyang untuk sementara gw pendam dalam2.

5. Setengah jam berlalu. Tibalah giliran Jeng Soes. Nurse melakukan pengecekan umum.

# Tempoh hamil → 18/52
# Berat Badan → 62,4 kg (naek 700 gram ddari kontrol tanggal 13 maret 2010)
# Tekanan darah → 110/80
# Tinggi rahim → 20 cm

Nurse kemudian menyuruh gw ke Bilik 2, untuk disuntik Tetanus. Peraturan Kerajaan, setiap kehamilan Sang Ibu kudu wajib musti diberikan 1x suntikan Tetanus. Sebelumnya, gw dikasih 4 jenis obat:

- Folic Acid 5 mg
- Vit. B complex
- Vit. C
- Iron tablets 200 mg
- Semuanya diminum sehari 1x

6. Masuk Bilik 2. Duduk bentar, disuruh gulung lengan baju. Tanpa aba2, Nurse menyuntik tangan kanan gw. Doski bilang “Kesan injection ni bikin tangan kebas2. It’s ok. Sebahagian orang dapat demam. Tak usah kesah, minum saja Panadol”.

7. Kembali gw menunggu sekejap dua kejap, nunggu giliran ketemu ama Bu Doks di Bilik 1.
Alhamdulillah kaga pake lama, nomer urut gw dipanggil. Hasil USG:

# Jangkamasa kandungan → 18w + 4d
# Presentasi → singleton
# Denyuta jantung janin → +
# EDD (Estimate Due Date) → 5/9/2011
# BB janin → 200 gr

Kontrol bulan depan diadwalkan tanggal 4 Mei 2011, jam 2 pm.

Demikianlah hasil pemeriksaan gw di minggu ke-18nya si Unyil. Doakan Bu Bunting & Unyil sehat2 terus yah penonton. Oya, sebenernya gw penasaran banget jenis kelamin Unyil cowo ato cewe. Tapi biasalah, yang judulnya USG di puskesmas [Klinik Kerajaan ini sejenis puskesmas kalo di Indonesia, tapi versi canggih dan komplit 10 rebu kali lipat] petugasnya buru2 banget. Maklum pasiennya seabrek2. Cuma data2 utama ajah seperti ukuran kepala, BB janin, dll yang dia liat. So tar pas usia kandungan dah 22 ato 24 minggu ekye mo ke Dokter Pakar untuk USG 4D. Pan bisa divideoin juga. Manataaaafff, kaga sabar rasanya menunggu saat itu!!

Ups, ampir lupa. Unyil udah sering nendangin perut emaknya loh, tapi masih lemah lembut. Kaga kaya kakaknya, tepat 16 minggu langsung nendang2 dengan brutalnya.

Note

• Di KLINIK KERAJAAN, dengan 15 RM (= 42 rebu rupiah) [kurs saat ini 1 RM = Rp 2.800,-], gw sudah memperoleh pemeriksaan kehamilan lengkap, termasuk di dalamnya cek laboratorium, konsultasi Dokter, USG 2D, dan obat2an (baca: vitamin). Di Indonesia kapan yah bisa murah meriah begituh??

• 3x gw pergi ke KLINIK SWASTA, pemeriksaan pertama dan kedua, USG dengan alat 2D, plus dikasih vitamin 2 jenis, bayarnya 45 RM (= 126 rebu rupiah). Sedangkan yang ketiga, USG 4D plus vitamin, bayarnya 78 RM (= 220 rebu rupiah). Lumayan murah kan Say?? Soalnya gw tanya2 ke Jeng Motik, kalo di Jakarta SG 4D biayanya sekitar 400 rebu-an.

• Dokter bilang, mereka akan mengusahakan gw untuk lahiran secara normal. Syaratnya jikalau baby kaga ke’endutan (di bawah 3 kilo) dan posisinya normal (kaga sungsang kaya Zahia). Minta doanya yah Temans supaya ekye juga bisa ngerasaain berojolan tanpa kudu dibikin jendela di perut (baca: caesar). Untuk biaya, persalinan normal di HOSPITAL KERAJAAN minimal 800 RM (= 2.240.000 rupiah), sedangkan operasi minimal 1500 RM (= 4.200.000 rupiah). Waktu jaman Zahia dulu, taun 2008, gw membayar 1700 RM, udah termasuk biaya Zahia masuk nursery selama semalem.

31 comments:

Arman said...

moga2 lancar2 dan sehat2 ya san... baik ibu dan bayinya... :)

f4dLy :) said...

Amin...semoga prosesnya seperti yang diharapkan yah...

Blog Tutorial Blogger said...

salam persahabatan
berkunjung salam kenal ya

Mama Kinan said...

amien, semoga lancar kehamilan yang kedua ini, jeng soes dan bayinya sehat selalu dan persalinan yang lancar.
Wah murce yah jeng...Di Batam USG 4D kurang lebih 600 ribu..hemm..bayangkan di MIRI 220 ribu ..kapan puskesmas di Indonesia kayak gitu yak?? * ngarep dot com
Kiss buat kakak Zahia yah jeng soes..insyallah doa ken rejeki banyak yah jeng sehingga bisa traveling ke MIRI suatu saat nanti * amien...

Aulawi Ahmad said...

Horeee bakal punya ponakan lagiiii :) semoga sehat selalu bagi sist soesan n calon bayinya n lahir dengan selamat sehat wal'afiat...amiiin

Bunda Farras said...

sehat terus & lancar sampe persalinan ya jeung .. heuleuh jadi pempek tuh blom di bikin bikin ?? padahal dah di tunggu penampakanya di blog .. heueheu

Orin said...

Ahh...menyenangkan ya Bu Bunting... kabitaaa....

Mr TM said...

Semoga Bu Bunting & Unyil sehat n selalu dlm lindungan Allah swt. Amieen.....

Nufri L Sang Nila said...

selamat atas `kebuntingan`-nya...hahaaaaaaaa...

Bekti said...

Jeng Soes, setelah baca komennya di blogku, aku cuman mo bilang : Ayoo dong, jadi Bumil harus semangat dan optimis! :D Lupakan pikiran yang tidak-tidak. Lakukan apa yang menjadi bagian kita; jangan terlalu lelah, tidur cukup, rajin kontrol, makan makanan bergizi dan... mulai senam hamil ketika menginjak usia kandungan 7 bulan? (kalo ga salah...).

Yah, intinya do the best lah.... Khusus Bumil, tidak ada pekerjaan yang lebih penting selain menjaga si kecil yang ada di dalam perut, ok?

Vicky Laurentina said...

Cieee..cieee..jadi perkiraan lahir sekitar bulan September ya? Nggak sabar dong, San. Semoga nanti lahirnya sehat-sehat ya. Ya unyilnya, ya maminya.. :)

IbuDini said...

Untuk biaya persalinan Normal bisa dibilang mahal ya
Tapi kalau untuk Oprasi bisa dibilang murah.

Dan pemeriksaan jelas2 murah sekali ..

Untuk Adek Zahia biar sehat sampai hari kelahiran ya.

Nia said...

bener kata bu Dini, melahirkan normal mihil amatt...kalo operasi murah....untuk pemeriksaan kmrin itu murah yah 42rb udah termasuk USG.

Smoga keinginan bu bunting utk melahirkan normal bisa kesampaian.....ibu dan bayinya sehat...amiin

Blog Keluarga - Arsiparis said...

Wah sekarang saya juga lagi hamil anak kedua... sama-sama ya Bu... Kalo USG cuman yang 2D aja cukup 100 ribu saja plus vitamin....

Bundit said...

Si Unyil? Udah di USG bakalan cowok ya bun? Waaah..kalau ngomong2 biaya RS di Miri bikin ngiri. Walau saya sekeluarga ditanggung kantor 100% tapi tetep aja suka kasihan keluarga lain yang harus bayar sendiri biaya RS dengan sangat mahal. Hiks...

Ladyonthemirror said...

Moga Jeng Susan dan bayinya sehat sampai lahiran. Betul jeung, lahiran normal, emang sakitnya aduhai...tapi recoverynya cepet, udah bisa salto ama lari seminggu lahirin.

Elsa said...

amiiiiiiiiiiin amiiiiiiiin...
semoga lancar jaya
semoga sehat semuanya
semoga bis normal!!
amiiiiiiiiiiin

Bunda Shishil said...

semoga sehat selalu ya bu bunting dan si unyil (upss jadi ikutan manggil unyil nih, hehe) smp saatnya si unyil lahir nanti. Dan semoga juga diberi kesempatan melahirkan secara normal, aminn...

Wah murah meriah ya bun di Malaysia itu, di puskesmas indo aja kalo mo cek darah / yg lain musti bayar lagi, cuma pendaftaran aja yg murah 3000 perak, hihi.

Allisa Yustica Krones said...

Halo, say...i miss u too! hehehe...
Ih, untuk bikin pempek mah gak perlu ikan belida, jeng, ikan tenggiripun sudah oke banget!!

Sehat2 terus ya bumil. Seneng denger perkembangan si Unyil dan ikut penasaran juga dengan jenis kelaminnya, hehehe..

Biaya melahirkan cesarnya min 4.200.000, maksimalnya berapa say? Murah banget ya di sana.. Jadi inget kemaren waktu aku SC pas lahiran Raja...harganya ampun deh...untung semuanya ditanggung kantor :D

attayaya-ekonomi said...

salam kembali dari wina
dia jarang buka kompi
karena suka pusing di depan layar kompi
huaaaaaaaaaaaaaaaa.....

lidya said...

disini paling muraaaaah sekali kontrol 200rb tapi g dapet vitamin

jasmineamira said...

semoga adeknya zahia dan ibunya baik2 saja. semoga bisa lahir normal. amiiinn
ga sabar pengen liat adeknya zahia :D *masih lama yah? hehehe

Motik said...

termasuk murah ya san biaya persalinan di miri. eh usg 4d di jakarta yang 400rb juga udh termasuk jarang san. lebih banyak yang diatas 400rb. tuing tuing....
sehat2 terus ya bunda dan zahia. smoga kali ini bisa lahiran normal. tapi kalopun ga bisa gpp san, yang penting dua2nya sehat dan selamat :)

niee said...

Waaahhh,,,, mudah2an unyilnya selalu sehat sampe lahiran ntar yak mbak sus,,

etapi itu emang murah banget dah, Puskesmas di Indonesia emang sama sekali belom lengkap dah, tapi sekarang ada dana Jampersal gitu buat melahirkan gratis di Puskesmas ama RS yang ditunjuk..

Tapi klo ceasar masih mahal,, di Pontianak aja klo kelahiran mendadak bisa sampe 13 juta..

oia mbak,, FB aku itu yang fotonya gelap ada bapak2 nyempil bukan? klo iya berarti bener yang itu,, coz klo di search emang dapat 2 IRNI IRMAYANInya

attayaya-mading said...

18 bulan
.............
yihaaaaaaa........

mba wina masih pusing mual muntah terus neh

entik said...

weih, murah juga ya biaya periksa di miri??
kalau disini mah susah cari biaya periksa hamil yang murah tapi bagus. Kalau mau bagus, pastinya mahal.

Yup, semoga dikau bisa lairan normal jeung...

diyannovrida said...

Jeenkk lancar2 yaa hamilnyaa..insya Allah bs brojol normal dah,he2..wuaa itu biaya di MIri murah bgt yaa...klo di Palangka sekitar 120rb sm obat,itu dh dpt foto usg sm print2an ket ukuran si baby..ga tau ni di Balikpapan,kayanya bakalan lebih mahal dah..

DewiFatma said...

Dibelahan dunia sebelah sini juga ada yang murah meriah mencret begitu, Say.
Tapi pelayanannya begini nih:
Pegang tangan, pegang perut, kasih vit.A,B,C, bayar 50 rebu, suruh pulang. :(
Oh, Indonesiaku...

Semoga lancar-lancar aja yah Say. Sehat walafiat, lahiran normal, gak usah bedah perut..
*ihhh! Gw merinding jadinya*
Amiin...

dey said...

sehat ... sehat ...

Pipih said...

wew..murah ya san disana...tp gw belum berani merakyat disini jd periksa masih ke RS swasta dg dokter kandungan..alhasil tiap kali kontrol ga pernah kurang dari 450rebu bayarnya. mungkin krn kehamilan pertama..kalo dikasi anak lg nanti mau mencoba lah ke bidan delima.kalo RSUD disini..obviously not recommended :(

Template Booklet Company Profile said...

sehat ... sehat ...