Wednesday, 13 April 2011

Bahaya Popcorn ? Bisa Buat Paru-Paru Jebol

 
Aroma margarin pada popcorn yang khas ternyata mengandung penyakit. Seorang karyawan perusahaan popcorn di Missouri, Amerika Serikat, dilaporkan harus menjalani transplantasi paru-paru karena hanya 20 persen dari organ tubuh ini berfungsi. Penyebabnya, ia terlalu sering menghirup aroma popcorn yang dipanggang memakai microwave. Demikian diungkapkan Lembaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja Amerika Serikat di Missouri, baru-baru ini.

Ini ilustrasi dari paru2 saja...

Kajian Lembaga Kesehatan dan Keselamatan Kerja AS menyebutkan si karyawan menderita paru-paru akibat menghirup zat kimia Diacetyl–sebuah senyawa yang memberi rasa khas pada margarin. Diacetyl memang ditemukan alamiah dalam margarin. Tapi, pengusaha makanan popcorn biasanya menambah kandungan Diacetyl sebesar 10 persen untuk lebih menambah aroma dan rasa pada mentega.

Hal ini ternyata mendatangkan risiko terhadap karyawan yang setiap hari menghirup aromanya.Tingkat penggunaan zat Diacetyl kini tengah dibahas serius di Amerika Serikat. Sebab, popcorn lumrah dikonsumsi masyarakat sebagai camilan di kala senggang. Popcorn memang bakal menjadi makanan yang berbahaya jika aromanya dihirup setiap hari. Namun, bagi konsumen yang cuma sesekali

Memakan popcorn tidaklah menjadi sebuah masalah besar. Kepastian itu ditegaskan Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA). Kendati begitu, FDA menyarankan agar konsumen sebisa mungkin menghindari tersembur zat Diacetyl, jika tengah membuka kantong popcorn yang telah dipanggang. Bagi Anda pecinta popcorn di Indonesia, ada baiknya bersikap waspada


Artikel ini gw copy / jiplak dari Viva Forum..... semoga berguna ..... 




Miri - Sarawak
... Ayah Zahia ...

45 comments:

Gaphe said...

kalo tau aroma margarin itu bisa bikin paru-paru jadi jebol, kenapa POM tidak memperingatkan yak... atau mungkin orang Indonesia (terutama) udah kebal begituan..beling ama silet aja dimakan nggak apa-apa :P

Arman said...

whoaaa serem amat ya...
kalo gitu jangan sampe pernah mau kerja di pabrik popcorn ya... :D

rita asmara said...

aku gak suka popcorn krn bikin aku batuk..

IbuDzakyFai said...

hiks serem bgt...

Bekti said...

Maknanan jaman sekarang, sepertinya kok tidak ada yang sehat ya? Padahal pop corn itu enak :-)

Nia said...

untung aku gak begitu suka Popcorn...kalo jagung rebus yg ditaburi kelapa baru doyan....ditempat aku namanya jagung dodot...maknyus dechh

IbuDini said...

Untungnya kami sekeluarga tak menyukainya...Inilah ya masih juga ada kata untung.
Makasih untk share ny abun...
Oh ya gimana kabarnya bun...sehat selalu ya

Ajeng Sari Rahayu said...

ilustrasi paru-parunya ngeri, popcorn yang manis itu ternyata bisa menimbulkan bahaya hanya karena menghirup aromanya saja, ck

Bunda Farras said...

huaahh syereeemm ... wis besok kalo nonton gak usah makan popcorn ganti ma jajanan pasar aja yaa .. hehhehe

Nufri L Sang Nila said...

waduh serem amat ya...besok bawa kerupuk aja kalo nonton ahhh...

heheheee...salam :)

attayaya-mading said...

waaaah ternyata harumnya membawa petaka

DewiFatma said...

Aku kurang doyan, lebih enak jagung rebus, Om...

Kok sepi? Zahia ama Bundanya pada kemana nih, Om? Pasti lagi kebo yaaaa....... :D

Cut Maha Ratu said...

wah..udah serem aja,untung kalo cuma makan sesekali nggk papa ya...soalnya suka juga sih makan popcorn sesekali.apalagi aromanya itu memang yg bikin ketagihan :-)

dey said...

kalo buat saya, popcorn emang bahaya, bikin tensi naik ... hehe

lidya said...

@ gaphe : maksudnya turunan kuda lumping ya hehehe.

san kalau masaknya ga pakai microwave gimana?

zee said...

Saya penggemar popcorn, terutama yang manis. Kalau lagi nonton di Bioskop, pasti belinya popcorn yang gede. Soalnya hemat kan klo makan popcorn doang, lama habisnya hahahahaa....

Blog Keluarga - Obat Ibu Hamil said...

Alhamdulillah gak suka popcorn.. tetapi sepertinya masih banyak makanan lain yang mungkin berbahaya ya bu...

Orin said...

Ya ampyuuun, kasian bgt karyawannya, gaji ga seberapa tapi paru2 rusak :(

Cerita Tugu said...

aku sukanya jagung rebus sama jagung bakar

Penghuni 60 said...

waduh, ngeri jg ya...
untung saya gak terlalu doyan popcorn.

mksh infonya ya....
soal istriku, dah mulai masuk bulan ke 6 nih... :)
punya tips gak, olahraga apa gitu yg bgs buat istriku...

doain ya, biar semuanya lancar

Allisa Yustica Krones said...

Udah lama banget gak makan popcorn. Baca ini malah bikin kangen sama aromanya...lho????? hihihi

Tapi iya yah, makanan jaman sekarang cenderung gak sehat :(

Kakaakin said...

Yuks... bikin popcorn sendiri :D

Nova Miladyarti said...

wah, kalo gini udah boleh dikurangi nih konsumsi popcorn.
thanks mbak infonya:)

M Mursyid PW said...

Begitu rupanya. Untung sy dan anak2 saya gak suka popcorn.

me aishi said...

kalau membaca sekilas kirain karena makannya, alhamdulillah klo makan enggak bikin jebol paru2nya hehehe

Vera said...

Haduuh seremmm tp aroma popcorn kan enaaakkk

attayaya-mading said...

hmmmm padahal yg jaga jualan popcorn anak2 muda.
semoga mereka selalu sehat

Mama Kinan said...

alhamdulilah bukan pecinta popcorn,tapi aromanya aja kan yang bahaya?? makannya enggak kan..gimana kalo bikin sendiri??? kayaknya nggak pa pa yah ..

Terimakasih Doa dan kunjungannya untuk posting saya tentang nanda Aisyah
Untuk teman teman yang lain mohon bantuan do'anya yah, semoga nanda aisyah diberikan kemudahan dalam pengobatan dan juga diberikan kesembuhan *amien lebih lengkapnya tentang Nanda aisyah baca dipostingan ini :

http://artyakinanthi.wordpress.com/2011/04/15/posting-luar-biasa-tentang-love-for-aisyah/

Desy Noer said...

Serem yah ternyata. thanks infonya..

catatan kecilku said...

Terima kasih banget udah berbagi informasi yg bermanfaat ini...

BTW, maaf banget baru bisa mampir sekarang nih... krn sedang sibuk diklat.

jejak langkahku said...

Padahal shasa suka juga lho popcorn.

place to study said...

Gambar paru2nya serem juga...

diyannovrida said...

thanks infonyaa..untung ga sering2 beli popcorn..tp klo masak sendiri pake panci yg diolesin mentega bahaya jg ga ya??

saptriyawati said...

wah baru tau saya jika po corn berbahaya, makasih mbak untuk info nya, salam kenal :)

Glen said...

Wah.. udahlah.. berarti sekarang kita mendingan makan corn aja.. ntar biar nge-pop di perut.. :D

Rin said...

Duh, saya suka pop corn... pas buat temen nonton... :'(

Omiyan said...

ternyata yang gnerusak paru-paru bukan hanya rokok tapi popcorn juga ya ... wadaahhh untung ga doyan

Bekti said...

Dulu waktu hamil, senang banget makan popcorn. Soalnya ini salah satu cemilan yang tidak bikin muntah. Tapi syukurlah kalo udah siyap makan tidak berbahaya kan?

r10 said...

resiko kerja karyawan bioskop dong, krn mereka biasa jualan popcorn

culinary said...

widih serem... untungnya nggak suka makan popcorn juga

nurrahman said...

padahal favorit lho *eh*

puteriamirillis said...

wah inponya bagus banget nih pok..makaci ye...

W i e d e s i g n a r c h said...

hiy.... serem jugah yah ternyata itu bahayanya?? T___T

salam perkenalan dulu yah sebelumnya ^__^ izin follow untuk kunjungan perdana ini ^_^

rentasihombing said...

Kalo popcorn yang kita masak sendiri, apakah berbahaya juga?

Template Booklet Company Profile said...

whoaaa serem amat ya...
kalo gitu jangan sampe pernah mau kerja di pabrik popcorn ya... :D