Sunday, 11 December 2011

Silvikultur Cinta ala Keluarga Zulfadhli

Hhhmmmmm, ngomongin cinta emang ga pernah ada habisnya. Cinta ibarat infeksi virus dengue yang semarak di musim penghujan. Sensasinya lebih dahsyat dari ledakan bom di Hiroshima dan Nagasaki, lebih membara dari wedhus gembelnya Merapi, lebih asoy dibanding dapet arisan kala belom gajian. Maka beruntunglah setiap insan yang dihinggapi cinta. Dan gw merasa sangat beruntung saat sang cinta mengundang penghulu dan beberapa saksi untuk menghalalkan hubungan ini pada suatu ikatan suci. Tugas selanjutnya yang tak kalah berat terbentang di depan mata, yaitu menjaga agar cinta selalu bersemi, setiap hari, tanpa henti. Maka sebagai forester, kami akan membagi resep silvikultur cinta ala keluargazulfadhli.

Jenis spesies : Susan noerina sp.
                      Zulfadhli mastur sp. 

Spacing : Zero spacing, kedua jenis spesies di atas ditanam tanpa menggunakan jarak tanam (baca: serapat2nya)

Tahapan silvikultur cinta :

1. Persiapan Lahan (Site Preparation)

Bertujuan untuk mempersiapkan lahan (baca: mahligai rumah tangga) agar dapat menjadi media yang baik sehingga spesies (baca : Jeng Soes & Om Zul) yang ditanam dapat tumbuh sehat dan normal. Kegiatan ini membutuhkan keikhlasan dan ketulusan.
2. Pengendalian Gulma (Weeding Before Planting)

Bertujuan menyingkirkan segala jenis gulma (contoh: tunggul sisa, rumput pendek di permukaan tanah maupun yang membelit, semak belukar, alang2) agar pertumbuhan tanaman pokok tidak terhambat atau tersaingi dalam memperoleh faktor yang mengoptimalkan pertumbuhan seperti air dan unsur hara. Kegiatan ini membutuhkan kesabaran, kepercayaan, dan  saling pengertian.

3. Penanaman (Planting)

Bertujuan menanam bibit ke lapangan, baik  dari hasil pembibitan secara generatif (benih) ataupun vegetatif (teknik mencangkok, menyambung, stek pucuk, kultur jaringan). Kegiatan ini membutuhkan pengabdian tanpa batas, karena sejak ditanam hingga waktu panen kelak membutuhkan waktu bertahun2, bahkan berpuluh tahun, tergantung spesies itu sendiri (dan ketetapan Sang Maha tentunya).

4. Pemeliharaan (Maintenance)

Meliputi kegiatan penyiangan (membebaskan tanaman pokok dari tanaman pengganggu), penyulaman (tanaman yang mati atau tidak sehat disulam dengan bibit baru), pengairan, pemupukan, penunggalan (pemangkasan batang yang kecil2 agar batang utama dapat tumbuh maksimal). Kegiatan ini membutuhkan ketelatenan dan kesetiaan.

5. Pemanenan (Harvesting)

Bertujuan mengambil kayu secara manual (dilakukan oleh manusia) maupun mekanis (dilakukan oleh alat berat seperti harvester, excavator, skidder, debarker, dll), untuk kemudian diolah di pabrik. Kehati2an sangat diperlukan disini karena faktor resiko kecelakaan sangat besar, misalnya tertimpa pohon akibat teknik penebangan yang tidak tepat. Kegiatan ini membutuhkan kerja keras dan doa.

Wokeh deh, sekian tips ala rimbawan yang bisa dibagikan kepada khalayak ramai. Buat Mba Anies dan suami, met milad pernikahan yang ke-5 yah Jeng. Semoga bahagia dunia akhirat, barokah, dan selalu dalam lindungan-Nya. Amien. Buat Temans semua, have a nice wiken Cyiiiinn.

*Silvikultur : ilmu tentang pembudidayaan pohon hutan atau ilmu pembinaan hutan, misal tentang penanaman, pemeliharaan, pelestarian hutan, dan merupakan dasar dari ilmu kehutanan (http://kamusbahasaindonesia.org/silvikultur)



Tulisan ini saya ikutsertakan di acara 5th Anniversary Giveaway: Ce.I.eN.Te.A yang diselenggarkan oleh zoothera

25 comments:

Elsa said...

Huahahaa... KEREN ide penulisannya
semoga menang Pak

hilsya said...

yang nulis pasti Zul...haha

baca arti silvikultur, langsung melongo.. oo, gitu yak?

Lidya - Mama Pascal said...

arti cinta dari sisi bang Zul ya :) good luck ya kontesnya semoga gak dibilang telat lagi :)

catatan kecilku said...

Hebat... Bang Zoel berhasil membuat artikel yg luar biasa utk kontes. Ide yg berbeda, sesuai dg bakat/minat... Semoga menang ya..!
Salam utk Jeng Soes dan Double Zee..

anazkia said...

Ada2 aja kalimat barunya. Tapi keren, ikutan belajar.

Semoga menang :)

Zulfadhli's Family said...

Jeng Elsa, Teh Hilsya, Teh Lidya, Mba Reni, Jeng Anaz : Hiks hiks ituh yang nulis ekye boo, Jeng Soes nan manis bin semlohai. Kalian telah salah sangka, salah praduga, praduga tak bersalah, dooohhh apaan seh gw!! *nangis gerung2 sambil ngupil gara2 kalah pamor dari Om Zul*

zoothera said...

Tulisannya sangat-sangat ilmiah ahahahha..
yang menjadi pertanyaan, apakah anda seorang Biolog? kalo iya, toss dulu donggg akupun lulusan Biologi..

Mantap nian resep kultur cintanya, semoga hasil panennya bener-bener seperti halnya kultur tanaman sesungguhnya: waktu panen cepat, hasil berlimpah, dan menghasilkan keturunan dengan sifat hereditas terbaik dari "tanaman cinta" induknya.. amiinnnnn

Makasi yaa udah ikutan, linknya sudah terdaftar dalam list peserta.. :D

Belajar Photoshop said...

love is only

Arman said...

sampe ada pengendalian gulma segala.. huahahaha bisa aja... :P

good luck ya!

Adini said...

Rumah baru.....maaf ya mom baru bisa datang di mari, itu juga gak enak sama sampean udah baik banget nyempetin kerumahku buat mengetahui keadaan diriku.

Iya nich, masih dalam di rundung malas...tapi entah kenama begitu lihat comentmu jadi pengen aja datang kesini.

Wahhh udah mulai aktif ngontes lagi nich, saya doaakan moga masuk dalam nominasi.

Ngidam belum ada, masih biasa aja...kalau mabok hampit tiap hari jadi takut sekali kalau mau makan...karna kalau habis makan efeknya jadi lemah badan.

Salam buat double Z ya, moga mereka tambah sehat, pinter, cantik dan manis.

Della said...

Subhanallah, dapet tips baru deh :D

keluargayusufjogja said...

wah papanya double Z kreatiff banget, mudah2an menang ya giveawaynya

Allisa Yustica Krones said...

Sempet bingung sesaat, apa itu silvikultur, hihihi... Kreatif juga nih tulisannya. Good luck yaa.. ^_^

Ririe Khayan said...

Pertanian banget nih istilahnya ya (kalau saya gak salah 'membaca' istilahnya)...CInta dalam kaca mata pertanian ya...boleh banget formulanya Mbak. Good luck

meilya dwiyanti said...

KEREEENNN

semoga menang yaa... heheheheh saya suka deh liat foto pengantinan mbak SOes, kinclong banget warnanya....

Nike (Tania's mom) said...

baguuuuss ide nya...penulisannya juga okeh.. apalagi ilmunya.. TOP banget deh.. TFS ya..

puteriamirillis said...

wah ini ide yg keren sangat paaak!
menerapkan ide dlm planting dg cinta...hmmm...good ideas!

.:diah:. said...

Mantap bangett nihh Mbak resep menanam cintanya, makasih dah berbagi resepnya ya Mbak.

Semoga kita menang GA ini ya Mbak, Amin :D

Elsa said...

@Bunda Zahia:

Makanya Jeng Cantik....
sebaiknya mulai sekarang jangan rebutan BLOG!!! masa blog satu dipake berdua. cinta sih cinta... tapi bikin pembacanya bingung. nih yang nulis siapa. hehehee

sebaiknya, setelah selesai nulis, ditanda tanganin gitu

"Tertanda, bundanya double zee"

gitu dong

hehehhhehehehehee

pisss yaaa,,,
pissss

(kebelet pipis maksudnya)

Orin said...

Hoh? melongo dg sakses baca postingan inih, hebat ih ci Jeng Soes udah menularkan banci kontes ke Om Zul hihihihi

Gudlak yaa ;)

Nia said...

alahh jeng...kasihan dirimu tdk diakui keberadaanya sm temen2 blog...meskipun dirimu sdh mengklarifikasi kalo itu tulisanmu tetap aja banyak yg menyangsikan hihihi...td juga aku pikir itu tulisannya bang zul lochh.....keren banget nech idenya...smoga menang yachhh.....

bener kata jeng elsa...setiap habis nulis dttdtgn aja biar pembaca ngga bingung, biasanya kan gaya tulisanmu rada konyol...ini krna serius jd aja nyangka ini tulisannya bang zul hihihi......

Lyliana Thia said...

Wuih anak biologi nih... bener2 matching sama si Anis... bagus banget resep budidaya rumah tangganya nih San.. love it.. semoga menang yaaa.. ^_^

meilya dwiyanti said...

lengkap lengkip jeng soes, nah catat dulu yta....

heheheh

alaika abdullah said...

Congrats ya Jeng Soes, artikelnya tampil sebagai jawara di rangking pertama.... keren banget gaya penulisannya, ilmiah... hehe. Ga heran deh tampil sebagai pemenang. Top abis deh....

congrats again yaaaa..... :-)

Template Booklet Company Profile said...

love is only