Saturday 4 December 2010

Bintulu, Setahun Lalu

29 November 2009 merupakan hari spesial buat gw & Abang. Kenapa Jeng, tanggal pernikahan yah? Bukan, anniversary kami masih 1,5 bulan lagi koq. Oooooo ….. berarti tanggal waktu pertama kali ketemu trus jatuh cinta? Hihihi, tet … tot …! Tebakannya salah lagi. Gw kaga inget kapan tepatnya ketemu Abang, coz diantara kami ga pake acara jatuh cinta pada pandangan pertama, kedua, ato ketiga. Setelah perjumpaan ke 34 kali, ga ada angin ga ada hujan tapi ada yang jualan es cendol [bagian ini ga usah dibaca, GA PENTING sodara2], secara mengejutkan dan sekonyong2 koder, doski mengirimkan lamaran via imel [kisah romantis Zul Romeo dan Susan Juliette ada disini]. Maka gw, sesuai dengan wangsit dari hasil pertapaan 40 hari, akhirnya memutuskan hubungan dengan pacar, lalu menerima lamaran tersebut. 3 bulan kemudian kami menikah. Jadi, 29 tanggal apaan Say?? Jangan bikin orang penasaran dunks?! Wokeh, wokeh, gw kasih tau yey semua. 29 November merupakan hari terbebasnya kami dari masa2 jahiliyah.
Dulu, jaman kuliah, sebagai mahasiswa teladan dan gemar menabung di warung pecel lele ‘Cah Joyo’, gw menggunakan kompie hanya sebatas Word, Excel, dan Power Point. Singkat kata, untuk ngerjain tugas. Internet? Kenal, tapi yah itu tadi, cuma buat cari2 bahan kuliah doang. Kalo blog? Well, mohon mangap lahir batin, karena tingkat ke-gaptek-an gw mencapai taraf maksimal, boro2 ngeblog, friendster ajah kaga punya. Barulah 3 taun kemudian, taun 2007, tepatnya ketika kerja di Kalimantan Timur, gw ‘agak’ melek dengan internet, khusunya blog pribadi. Heran, takjub, ga percaya, semuanya bercampur aduk. Betapa tidak, dengan kecanggihan internet, dunia tiba2 hanya sebesar kolor babe, ukuran S pula!

Gw jadi inget ketika seorang sahabat SMP, berinisial LS, bercerita. Kakak LS, cowo, sebut saja A, merajut asmara dengan seorang cewe Jakarta, B, sejak tingkat pertama di bangku kuliah. Kedua orang tua A & B sudah saling mengenal dan merestui. Mereka pun merencanakan untuk meng-up-grade hubungan ke jenjang pernikahan, setelah lulus. Tiba2 saja, kisah percintaan A & B putus di tengah jalan lantaran B akhirnya menikah dengan suami almarhum kakaknya, yaitu C. “Istilah Orang Jawanya ‘naik ranjang’, San”, kata LS.

Beberapa waktu kemudian, di sela2 ngerjain laporan bulanan + nyambi baca2 blog orang, gw menemukan sebuah blog yang isinya membuat gw terhenyak. Gila! Ko ceritanya mirip2 yah ama cerita sahabat gw? Disitu tertulis, bahwa sang empunya blog telah melangsungkan pernikahan dengan suami almarhum kakaknya. Gw melihat ada poto 2 pasang cincin. Poto pertama adalah cincin almarhum kakanya & C, yang notabene telah menjadi suami B. Poto kedua merupakan cincin B & C. Gw menarik napas dalam2, berpikir keras, serius, sangat serius. Seberapa banyak siy makhluk di dunia ini yang mengalami kisah hidup seperti ituh? Kebetulan kah? Ato apa? Demi mengenyahkan rasa penasaran gw yang makin memuncak, gw telepon LS, untuk bertanya apakah nama lengkap mantan pacar kakaknya adalah B, apakah rumahnya di daerah ini, apakah begini apakah begituh. Daaaannnn … bukan sulap bukan sihir, klop banget sodara2. Ceritanya sama. Tokoh2nya tepat. Semua sesuai. B adalah orang diceritakan LS kepada gw.

Lagi, contoh ketidaksengajaan berbuah manfaat. Suatu hari, mendekati jam pulang kantor, gw iseng2 berhadiah searching seenak udel di Mbah Gugel. Seisi kantor gw search. Sapa tau ada berita menggemparkan dan selama ini ditutupi dari Ratu Gosyip, misalnya Bapak GM ternyata punya 5 biji ubun2, ato bos gw orang New Zaeland pernah berhubungan intens dengan Beyonce Knowles. Pas gw ketik nama lengkap temen satu department merangkap budak jajahan, sebut saja Baba, dan hasil pencarian keluar, ternyata salah satu dari blog tersebut merupakan temen SMA Baba. Dari situ silaturahmi yang lama terputus bisa terjalin lagi, setelah Baba meninggalkan komen di blog temannya.

Huhuy, I love this world! Detik itu juga gw berikrar bahwa gw HARUS KUDU WAJIB MUSTI punya blog. Tapi apadaya Temans, Miss Gaptek cuma bisa menggigit roti [kalo gigit jari mah ga enak. Ga ngenyangin pula!]. Pernah coba2 bikin blog sendiri tanpa bantuan makhluk halus, hasilnya parah. Percobaan pertama gagal total. Angan2 punya blog sendiri yang keren dan aduhai, masih sebatas mimpi.

Barulah 10 bulan sehabis merid impian gw bisa terwujud. Horeeee, akhirnya setelah mengeluarkan 1001 jurus jitu merayu suami agar mau ngebeliin lappie, gw punya blog juga. Tentu ajah dobrakan ini, yang berperan penting dalam membebaskan gw dari masa ke-jahiliyah-an, akan selalu teringat. Kalo perlu gw akan ajukan kepada Bapak Presiden untuk dijadikan tanggal merah saking bersejarahnya.

Anak kedua kami (baca: blog ini) diberi nama keluargazulfadhli.blogspot.com. Pilihan template jatuh kepada si ijo royo2, ora ono duit ora opo2. Alasannya kenapa Jeng milih warna ijo? Iiiiihh, cabeee deeeehhh, nanya mulu dari tadi!! Itu kan asal comot. Keliatan wokeh, ya sutra diambil. Tahap berikutnya yaitu tahap mempercantik blog, seperti dipasangin ticker2 pernikahan dan usia Zahia, gadget2 sesuai keinginan gw [istri egois!]. Pekerjaan ini diserahkan kepada Abang chayank, sedangkan gw konsentrasi mencari teman seperjuangan. Mengenai isi, kami bahu-membahu dalam menulis, meskipun as u know lah hai setelah berjuta2 tahun cahaya laki gw kaga posting, baru2 ini secara menggemparkan langsung meluncurkan 2 album.

Dua kepala, dua pasang tangan. Perbedaan pasti ada. Begitu juga gw dan Ayah Zahia, selaku admin blog. Temans yang sering mampir mungkin bisa ngerasain perbedaan ‘cita rasa’ kami.

Jeng Soes
1. Orangnya manis, baik hati, hobi mencuci piring dan guntingin kuku orang
2. Cara penyampaian suatu cerita non-formal, memakai Bahasa Indonesia yang sangat2 tidak sempurna dan bisa bikin Guru Besar Sastra nangis darah karena merasa gagal dalam mengajar generasi penerus bangsa
3. Isi tulisan ringan, renyah, ga mengandung MSG. Kebanyakan mengenai keluarga (anak, suami, Nyokap, mertua), kehamilan, kegiatan jalan2, masak-memasak, dan curahan hati
4. Ga afdol kalo nulis ga panjang. Minimal 3 halaman Word deh rumpiannya
5. Setiap postingan menggunakan huruf Trebuchet MS
6. Beraliran ekpresif-dangdutis

Om Zulfadhli
1. Paling ganteng sedunia [pengakuan bininya], hobi masak dan ngupil
2. Menyampaikan isi pikiran dengan bahasa formal, kalem, cenderung kaku
3. Isi tulisan mengenai dunia forestry (kehutanan), pekerjaan, lika-liku menjadi ekspatriat (baca: TKI). Selalu membubuhkan nama dan tempat layaknya surat di akhir postingan. Contoh: … Ayah, Miri …
4. Postingan pendek, soalnya ga biasa nulis panjang kali lebar kali tinggi sama dengan luas kubus
5. Lebih menyukai jenis huruf Verdana
6. Beraliran impressif-observatif

Sebagai pengguna blog pemula, yang umurnya baru setaun, kami ngerasa bahwa masih banyak kekurangan2 yang harus ditambal. Idealisme awal, sesuai dengan Sumpah Palapa butir pertama, yang isinya tertulis bahwa setiap 3 hari setidak2nya ada tulisan diposting, belom bisa diwujudkan dengan maksimal. Alesan beribu2 macem menjadi kambing bandot, … eh kambing hitam maksud gw. Yang sibuk sama pekerjaan lah, sibuk ngurus anak lah, sibuk jualan lah, sibuk mikirin kinerja KPK + POLRI + Kejaksaan lah. Maka konsistensi menjadi nomor 1 dalam to-do-list kami.

So, apa seh Jeng manfaat yang lo rasa dengan nge-blog selama setaun ini? Tentu ajah banyak banget. Gw akan jabarkan 5 diantaranya.

1. EJAKULASI PIKIRAN

Seperti pernah gw katakan, dengan menulis gw bisa mengeluarkan ‘uneg2’ yang ada di kepala. Maka menulis merupakan bentuk ejakulasi pikiran. Daripada disimpen sendiri tar jadi jerawat ato bisul kan repot! Itu sebabnya gw selalu nulis puanjang kaya jalan lintas propinsi. Ga suka ah ejakulasi nanggung. Nikmat kaga, gondok iya!

2. REKAM JEJAK

Dari awal blog ini dibuat, memang tidak mengkhususkan menulis tentang sesuatu hal saja. Isinya variatif, karena jejak di masa lampau yang biasa maupun spesial, akan direkam disini, sehingga di kemudian hari bisa menjadi album kenangan. Kami pengen goresan2 kisah, suka maupun duka, yang terjadi, tidak lenyap begitu saja, tapi bisa dinikmati anak-cucu-cicit. So suatu hari nanti, misalnya Zahia udah merid sama anak pemilik Al-Burj, gw dan Abang telah menjadi nenek kakek, menetap di Mesir, bikin rumah deket Piramida, ketika kami membaca lembaran2 lama di blog sambil minum teh melati dan nyemil dadar gulung dan roti canai, kami tertawa2 bersama mengenang perjuangan gw melahirkan Zahia, merasakan nikmat getirnya jadi kuli & cari nafkah di negeri orang, perayaan anniversary pernikahan, serta cerita2 lain yang ga kalah seru.

3. SHARING INFORMASI

Status sebagai anak tunggal membuat gw ketar-ketir saat Zahia lahir. Ga pernah punya ade baby, tiba2 harus ngurus baby imut sendirian! Emang seh Nyokap & ibu mertua dateng sehari setelah gw beranak, tapi dikarenakan jatah cuti Beliau berdua cuma semingguan, maka dimulailah perjuangan emak amatir vs baby merah (baca: baru lahir). Ayah Zahia? Jangan ditanya, doski mah dinas luar mulu. Pergi dinas luar hari Senen, pulang wiken.

Permasalahan2 mulai muncul. Zahia yang ga mo nyedot ASI langsung dari kendinya (baca: nenen ke payudara gw), hobi muntah kalo abis minum, gw ga ngerti cara menyendawakan yang benar, dll. Menginjak masa MPASI, gw mulai mencari2 info menu makanan untuk baby usia 6 bulan. Semakin besar, permasalahan bukan berkurang, tapi semakin banyak. Misalnya mengenai tumbuh gigi [Zahia umur 15 bulan baru tumbuh gigi pertamanya], berat badan, menangani anak yang tantrum, pertolongan pertama ketika anak tersedak makanan. Info2 tersebut (baca: jalan keluar berbagai permasalahan yang gw hadapi) bisa gw dapatkan dengan membaca blog emak2. Thanks banget buat para emak2 blogger yang sudah membagikan ilmunya.

4. TAMBAH TEMAN, TAMBAH SODARA

Gw sempet ngerasa down ketika pindah ke M’sia, ga punya temen, ruang lingkup amat terbatas untuk bersosialisasi. Padahal ketika di Indonesia temen gw bejibun2, mulai dari emang2 penjual sayur, tukang ojeg, mbok jamu, temen jaman Majapahit (baca: TK) ampe Orde Baru (baca: kerja). Dengan punya blog, kerinduan gw akan ‘sentuhan seorang teman’ menjadi terobati. Temans datang ke blog gw, ato gw menyambangi rumah ‘tetangga’, ato sapa-menyapa lewat pesbuk, membuat kehidupan gw ‘back to normal’.

Selain dengan sesama emak2 (baca: ibu rumah tangga dan ibu bekerja), gw mencoba untuk bergaul dengan semua kalangan dan profesi. Bapak2, Om2 tapi idungnya ga belang, baby [hai Dija cantik, peraih gelar blogger termuda hehe], anak ABG, anak setengah tua, orang tua, mahasiswa, pelajar, dokter, pemilik butik, pegawai negeri, pegawai swasta, notaris, penulis buku, penulis puisi pengusaha, guru, dosen, web-designer. Betebaran di seluruh Indonesia. Beberapa ada juga yang bernasib sama seperti kami, merantau ke negeri orang demi segenggam intan & sesuap berlian. Ada yang di Australia, Kuala Lumpur, Cina, Ruwais (Abu Dhabi), Perancis. Alangkah indahnya persahabatan ini.

5. MENCARI TULANG RUSUK YANG HILANG

Dulu, gw selalu berpikir negatif tentang orang2 yang keluyuran di internet. Pasti identitasnya palsu! Gimana kaga suudzon, dulu sohib gw, M, pernah chatting dengan seorang cowo yang ngakunya guanteng dan udah punya pekerjaan tetap. Emang seh waktu diajak ngobrol asyik pisan. Hubungan mereka pun berlanjut ke telepon2nan. Wah wah wah, pasti orangnya beneran ganteng, wong suaranya ajah menyejukkan jiwa. Berat2 barbel gituh loh. 6 bulan berlalu, M dan kenalannya memutuskan untuk ketemu. Ternyata eh ternyata kenyataan tidak sesuai dengan bayangan. Beda 360 derajat dari aselinya boo!

Tapi, sekarang, gw mulai bisa ‘percaya’ bahwa internet bisa merupakan ajang mencari tulang rusuk yang ilang. Ini dia bukti nyatanya, Sang Saksi Hidup. Asmara blogger berbuah surat nikah dari KUA. Congrats buat Bang Atta & Mba Wina yang akhirnya berakhir di ranjang bergoyang. Ups, maksud gw di pelaminan!
Gw kaga kaget jikalau Mba Wina belendung, terus berojol, si jabang beibeh dikasih nama Putri Alexa Zam, ato Pangeran Pagerank. Jiiiiiihhhhaaaa!

Temans, gw ga ambil pusing jika ga semua nama yang ada dalam list friend keluargazulfadhli mampir secara kontinyu. Ada loh yang dalam setaun bertandang hanya sekali-dua kali. Dulu memang pernah berkelebat perasaan sedih kalo ngeliat misalnya si Z ko selalu maen ke blog Y, yang juga merupakan temen gw, tapi ga pernah maen ke blog gw padahal kita udah saling nge-link. Tapi sekarang perasaan itu ga ada lagi. Bagi gw, kualitas pertemanan bukan diukur dari situ. Dan gw harus paham, bahwa ga semua orang yang berbagi link berarti suka dengan gw, ato mau meluangkan waktunya berkunjung ke blog ini, setiap ada postingan baru. Gw sendiri, berusaha untuk selalu mampir ke blog Temans. Kalopun ga bisa tiap hari, pasti gw rapel untuk ngebaca cerita yang tertinggal, yang belum gw baca.

Tak ada kepiting yang tak botak, tak ada gading yang tak retak. Kami minta maap kalo ada kesalahan. Dari hati terdalam, kami berharap silaturahmi kita melalui blog bisa everlasting. Jika situasinya klop, siapa tau bisa ketemuan di dunia nyata. Gw berusaha sebisa mungkin menciptakan hubungan yang personal dengan temans sekalian. Untuk itulah kiranya Temans bersedia menerima award ini, sebagai ucapan terima kasih, teramat sangat. Thanks juga buat para silent readers, followers, dan teman2 yang udah bersedia komen. Yuks maree kita nikmati bersama duriannya [duren aslinya tar ajah yah pas ketemuan].

Special thanks buat Bang Atta yang udah bikinin award ini. Elegan booo. Sukaaaa banget deeehhh. Buat Temens semua, monggo diambil durennya

Short review :

# Jumlah Postingan Hingga saat Ini : 78 tulisan
# Postingan Pertama : Better Late Than never
# Teman Pertama : Jeng Putilaksmi [jadi inget Put dulu lo ber-susah payah buat nemuin blog ini. Thanks yah Say]
# Postingan dengan Komen Terbanyak (51 comments) : Bau Badan? Apa Kata Dunia
# 3 Postingan Paling Banyak Dicari di Google : Sepenggal Puisi Cinta untuk Suamiku, Brunei Darussalam (Brunei Jilid I, Brunei Jilid II) & Kuret

57 comments:

diyannovrida said...

horeee..be the 1st comment nii..he2...Jenk,ko ceritanya rada2 mirip yaa...skrg saya merasa lagi ada di tahap 2 paragrap terakhir di atas..beberapa comment di blog orang tp ga dibalas,hiks..husnudzon aj kali y Jenk,yg penting hobby nulis yg tidak sebberapa ini bisa tersalurkan..selamat hari bebas jahiliyyah..he2..bener ga tu y ucapannya..

attayaya said...

no comment dulu
mo nanam pohon mangga (bukan pohon duren) di halaman yaaaaaaaaaaaaa
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha
jiahahahahahaha

Aulawi Ahmad said...

oalaah ternyata durennya lebih indah daripada yg kubayangkan meski tadi dah kadung ngileeeeeeeer hehehe, Tq so much n happy birthday for Zulfadhli family blog :)btw ane suka istilah "ejakulasi pikiran" keren sist, harus dipatenkan itu siapa tau dapet nobel hehehehehe

Lidya said...

jadi senyum2 nih san, aku juga kan dari inet berakhir diranjang hahaha

Arman said...

selamat ultah buat blog nya yaaa... teruslah menulis ya nak! hehehe.

gua demen nih blog2 model kayak blog lu. yang tulisannya beraliran ekspresif dangdutis. soalnya yang dangdut2 itu kan yang asoy buat dibaca. huahahaha.

btw gua juga pernah lho ngerasain kayak lu gitu. dimana gua juga ngeliat ada temen blog yang suka main ke blog temen lain tapi gak pernah main ke blog gua lagi (entah juga kalo main tapi gak pernah komen ya). sementara gua tuh suka main ke blog dia. tadinya gua juga merasa kenapa ya kok dia berubah gitu, apa dia jadi sebel ama gua atau apa gitu. tapi akhirnya gua pikir2 ngapain ya kita terlalu sensitif dan sedih2 sendiri. kita ngeblog kan buat seneng2 ya... :) jadi ya gua ambil positifnya aja lah. toh emang kita gak bisa menyenangkan semua orang kan. pasti ada yang suka ama tulisan kita tapi ada juga yang gak suka ama tulisan kita. dan itu hak mereka juga mau main ke blog kita atau gak. ya kita gak perlu dendam juga, kalo kita emang masih suka baca tulisan dia, ya gpp juga kita yang main ke blog dia walaupun dia gak main ke blog kita. betul gak? :D

yang penting tujuan utama ngeblog kan buat kita sendiri juga. buat ntar dibaca2 lagi di masa2 datang, asik buat bernostalgia kan... dan yang pasti masih banyak juga kok temen2 lain yang masih suka dateng.. ya gak... :)

lha komen gua jadi panjang bener dah... :P

btw boleh tukeran link gak?

Lina Sukadi said...

Selamat untuk setahun eksistensi Zulfadhli's Family Blog, semoga tambah semangat dan makin erat jalinan persahabatan serta silaturahmi dengan kawan/saudara baru di dunia maya.. :)
Sukses selalu ya....

Motik said...

selamat ulang tahun!!!!!
baru setahun eksis di dunia maya aja blig ini udh buanyak banged penggemarnya san :)
gw nggakpernah bosen main ke blog lo, karena yang gaya ceritanya nyablak kaya gini kan jarang. cerita sedih aja tetep aja ada bumbu lucunya, jadi yang baca selalu senyum2 hehe...

keep writing ya san.. ga usah dipikirin soal temen yg ga pernah ninggalin jejak di blog lo padahal dia sering ninggal jejak di temen lain. temen blog gw pun ada yg bgitu kok, tapi ya gw cuek aja. kan salah satu tujuan gw nulis blog jg untuk kepuasan pribadi, dokumentasi, dll. org lain baca dan ninggalin jejak ya sukur, kalo gak ya gak masalah :)

ps: san, ganti template dong udh 1 thn masa tempalate nya sama aja hehe... skrg blogspot gampang buanged klo mau ganti template. coba ke tab design, disitu lo bsa utak ati template sepuasnya, ubah2 sampe nemu yg sreg tanpa perlu di publish dulu. kalo udh sreg, br deh publish... :)

Fitri3boys said...

selamat yach, dah annipersari yang pertama, tetep ngeblog terus ya ....

Asik dapat duren, makasih ya......

Elsa said...

selamat buat Bang Atta dan Mbak Wina
selamat juga buat Mbak Lidya dan suaminya

keduanya berawal dari internet dan berakhir di ranjang!!!
saluuuuuuuuuuut saluuuuuuuuuut....

dan aku senyum senyum sendiri aja baca postingan panjaaaaaaaaaaaaaaaaaang khas Bundanya Zahia ini

setelah baca postinagan relatif pendek dari ayahnya Zahia tentunyaa

misfah said...

selamat ulang tahun buat blognya yaa...dari tadi baca postingan ini nahan sakit perut karena kebanyakan ketawa, tapi sekarang udah ngeh yg nulis bundanya Zahia apa bapaknya Zahia. Tapi postingan blog ini slalu kutunggu-tunggu...apalagi pikiran lagi sumpek dan stress sama kerjaan...aku senang kesasar diblog ini.

Clara Canceriana said...

wah ulangtahun yg pertama ya blognya, mbak? hehehehe~

asikkkk dapet duren. karena nggak dalam wujud nyata, jadi aku suka xDD

salam buat Zahia mbak ^___^;
moga makin lucu *lah yg ultah blognya yg disalamin malah Zahia*

Bunda Farras said...

waah ternyata sempet juga punya rasa yang sama kalo gak di comment in temen yang nge link .. sekarang sih dah free aja lah .. no hurt feeling biar lebih asyik temenannya .. btw thanks buat dureen nya .. mantaapp nih ..!!

Bunda Farras said...

beuuh saking senengnya dapet duren mpe lupa ngucapin .. MET ULTAH buat blognya yaa .. semoga terus berkarya dengan tulisan 2 mu yang ngocol abis ..:)

attayaya mobil keluarga said...

mba wina ngakak mpe guling2 tuh baca ttg brojol
jiahahahahaha....

attayaya mobil keluarga said...

tetaplah melakukan ejakulasi otak eeeh pikiran

Unknown said...

wah, buat blog ini, SELAMAT ULANG TAHUN YOOOO!!!

eh, ini aku main lagi Teh, alasannya klasik: kuliah makin akhir makin gila dan "nyekek" hehe

wah banyak review menarik ya, sayangnya aku ngga memperlakukan blog sedemikian detail. Posting mah posing aja, kaga ingat mana yang pertama, mana yang menarik, mana yang kacau...

hehe, okelah Teh, moga Zahia sehat ya, eh mohon doanya ya Teh Sus, aku udah mau lulus nih...

ini dulu, dan makasih banyak buat durennya.. nyam-nyam-nyam!

Bundanya Nay dan Carissa said...

Selamat ya buat blognya...semoga rajin trs postingnya :)
Durennya makasih, walopun kami sekeluarga gak suka duren...untuk duren dari dirimu aku ambil deh..hehehe

Unknown said...

wah, wah..keren awardnya.kirain duren beneran.btw, itu foto Dwina dan bang Atta oke banget tuh.keliatan lebih muda si abang. ahhaha...Dwina juga cuantik boo....mantap deeh. hehehe..selamat ya, mbak utk ultah blognya. moga makin jaya di udara. btw, kepiting emang botak ya? ha ha ha

Unknown said...

nanti aye pasang deh awardnya di blog gudang award. kebetulan blm update tuh.makasih yaa...

Unknown said...

koment terakhir nih : saking cintanya ente ama duren ampe award pun ada gambar durennya. mestinya nih blog diberi judul Ny. duren. hehehe...

Unknown said...

udah dipajang awardnya ya jeng.

bintangair said...

uwahahahhahahha....
mbak aku nih sebenere ga tau mo komen apa.
dari tadi cuma ngakak mulu.

catatan kecilku said...

Ada yg sedang syukuran ya rupanya... Selamat deh utk blog keluarga Zulfadhli yg dg susah payah berhasil mencapai usia 1 tahun. Hebat..!
Semoga bisa terus bertahan.. dan bisa jadi rekam sejarah spt yg diharapkan ya mbak...?
Maaf baru bisa mampir lagi setelah seminggu lebih terpenjara pekerjaan... Hiks...

bintangair said...

suka banget ama EJAKULASI PIKIRAN
emang yang nanggung-nanggung tuh bikin gondok ya
wakakakkakakakka

the others said...

Mbak.., dapat fotonya bang Atta dan mbak Wina darimana tuh..? Keren banget...
Tapi kok gambar duren-nya gak muncul di komputer (kantor)ku..?
Oke deh, ntar malam (dari rumah) aku mampir lagi utk lihat durennya... hehehe

bintangair said...

wah mbak reni pengen potoku juga ya. itu special buat jeng susan di setahun ngeblog nya tuh.

oke deh komenku yang terakhir. konggrat buat setaun ngeblog nya ya jeng. tak gondol durennya sekarang juga.

salam cubit buat zahiah
mmmmuuaaaaahhhhh.

anggar berkawand said...

hallo kawand...
:)
maaf kalo spam..
mau nyoba dapet HP gratis? ato mMP3 gratis? ato PS/OX gratis…??
Coba ini aja deh..ga rugi2 amat…ga ngeluarin duit juga, paling cuma listrik sama internet dikit..lumayan lah..namanya juga usaha..
SALAM BERKAWAND

Nia said...

Selamat ya Jeng, keren loch blognya baru setahun penggemarnya udah bejibun ehheheh.....

makasih award durennya...nanti aku pajang, kebetuan belum ada bahan postingan hehehe....

Allisa Yustica Krones said...

sebelumnya pengen ketawa dulu ahm..hehehehe...mmg klo hbs baca tulisannya jeng Soes, mestiii deh ketawa dulu, habis isinya ngebanyol abis sih, makanya aku suka bgt dengan blog keluarga mu ini jeng..

Selamat yah san, udah setahun usia blognya. Baru setahun tp fansnya dah bejibun. Keep writing ya jeng, bener buat temen yg mgkn jarang mampir apalagi ninggalin komen, mmg gak usah dipikirin, mgkn krn mmg lg sibuk ato lg gmn2, toh kita nulis jg yg terutama spy kita hepi baik skrg maupun nanti kan...

Sekali lg selamat yah say...tks jg buat durennya. Iihh...kpn yah kita bs ketemuan biar bs saling tuker2an duren langsung?? Hihi..

Bekti said...

*Langsung meninggalkan kesibukkan dikantor, karena katanya ada yang mo bagi-bagi duren di rumah ini :D*

Selamat ya, Jeng, blognya udah hampir 1 tahun dan terlepas dari masa jahiliyah :D. Blog nya Jeng Soes selalu menarik, bikin ketawa geli, pokoknya srimulat group aja kalah luttuu... Pokoknya, keep writing ya, Jeng Soes.....

Noah Lirik Video said...

tulisannya badgusss... salam kenal yaaaa...

DewiFatma said...

Iyah, yang kemarin aku tau, pasti yang mosting si Ayah. Soalnya bahasa Indonesianya pake ejaan yang disempurnakan, pastilah guru bahasa Indo-nya tersenyum bahagia dan nggak nangis2 darah kayak gurumu Jeng Soes..hehehe...

Selamat ultah blog ya... Selamat terlepas dari jaman jahiliah. Tetaplah memosting yang indah-indah dan buatlah kami tertawa sepanjang hari...hahahaha...

Oya, makasih buat durennya. Aku suka, aku suka... Cantik amitttt..!
Segera ku pajang yah...
Tengkyu, Say...
Love you...muah..muah..

omietha said...

durennya mantap bunda Zahia...

ambil yak *xixi*

btw, kmrn ktnya jeng kirim email ke saya, tak cari cari kok ndak ado ya...
nyangkut dimana yah?

Yang postingnya ayahnya Zahia kan tahunya tuh di bagian bawah sendiri ada tulisan Ayah..

pas dr depan baca..cuman manggut2 sambil baca .... bundanya zahia kok beda yak gak kayak biasanya hehehe..

tapi ram ekok jeng soes, baca tulisanya budanya zahia.. seru

admin999 said...

salam kenal mbak.. aku mampir ke blog ini habis mampir silaturahim ke blognya mbak elsa...
yaa sambil bikin tulisan tentang simple linear regression saya jalan2 deh liat blog temen2 :)

Shmily family said...

Ku selalu setia menunggu postingan terbaru dari Jeng Soes Manies....
itung2 bwt obat penghilang kangen hehehehe.......

Kangen banget pgn liat Susan ngabodor secara live =)

Durennya mantep banget dah....apalagi kl dikasi aslinya... ^^

TUKANG CoLoNG said...

durennya gag isi batu kan? :q

makasi ya tante. lain kali mau dong dibuatin award ama bang ata..:D

Lely Prawesti said...

makasiiii nti di pajang... mau durennya yg betulan dong hehehe

Bintang said...

Happy Birthday yang Pertama buat blog ini...

Zulfadhli's Family said...

Jeng Rida : Thanks loh Jeng udah jadi orang pertama yang komen. Btw bener banget tuh, kita kan tujuan utama ngeblog buat memuntahkan isi kepala, so mo dibaca & dikomenin orang laen syukur, kalo ga ya gpp :-)

Bang Atta : Pohon jengkolnya jangan lupa ditanem juga Bang secara Mba Wina kan paporitnya semur jengki hehehe

Bang Aulawi : Hihihi dapet nobel. Mimpi kali yeeeee. Anyway, thanks yah Bang ucapan b'daynya :-)

Teh Lidya : Ternyata temen senasib Bang Atta & Mba Wina banyak juga yaaa :-)

Koko Arman : Thanks atas komen panjangnya. Setubuh banget gw sama lo. 100% agree deh! Btw thanks yah dah ngajak tukeran link. Dah dipasang tuh nama dirimyu. Salam buat Mba Esther yang lagi belendung, semoga kehamilannya sehat selalu :-)

Mba Lina sukadi : Sama2 Mba, sukses juga buat Mba. Gimana kabar si kecil? Sehat? :-)

Jeng Motik : Tengkiu Say atas sarannya. Tar gw langsung inbox ke lo deh mengenai masalah ganti template inih. Secara kemaren dicoba gagal maning gagal maning. Hiks! bener2 parah dah gw!! :-)

Mba Fitri : Mas Fai & Dzaky suka duren ga Bu? Zahia mah suka banget, kaya AyBun & Utinya pisan yang maniak duren :-)

Mba Elsa : Hihihi apakah dirimyu juga akan mengikuti jejak mereka2 para pendahulu yang mendapatkan pasangan lewat internet? ekye tunggu neh cerita sambungannya hehehe

Mba Misfah : Alhamdulillah kalo Mba seneng nyasar kesini. Thanks banget loh. Asal jangan lupa jalan pulang yah Mba :-)

Mba Clara : Gapapa ko Aunty, Zahia kan tar kalo dah bisa bercerita juga bakal jadi salah satu admin blog ini. Ngomong2 dirimyu ga suka duren tah? Kalo cowo ganteng suka ga? Tar dipaketin deh dari Miri :-)

Mba Yulie : Yup, bener Mba, no hurt feeling ajah supaya lega. Setujuuuuu! Btw, thanks yah ucapan b'daynya :-)

Bang Atta Mobil Keluarga : Makanya bang cepetan atuh diproduksi, Zahia kan kepengen punya sepupu baru. Ejakulasi pikiran? Teteup dunks dilakukan setiap saat. Kalo ga tar jadi batu terlalu lama dipendem :-)

Rosyid (Jazz Muhammad) : Lo dah mo lulus, Cid? Emang skripsinya dah kelar? Dah sidang? Syip, kami doain semoga sukses yah. Cepet lulus, cepet dapet kerja yang okeh. Jangan lupa traktirannya loooohhh kalo dapet gaji pertama :-)

Anonymous said...

selamat buat blognya yg udah setaun.. baru setaon tapi fans nya banyak gini san... :D
owiyah, jadi gw yaa temen pertama nya?? tapi kenapa gw susah untuk comment pertama yaa?? *koreksi diri*..wkwkkwkwkw

keep writing san (+ oom zul), selalu suka dengan gaya cerita lo...

Penghuni 60 said...

wah wah wah, rame buangeeets
pada rebutan duren ya....

haduh haduh, itu foto abang Atta ama Wina jg dipajang ya.. cakep bgt tuh...

ultah bagi2 duren...
tp aku kok bingung ya, abis gak suka duren sih...
minta dibeliin bakso aja deh.. blh gak??? hehe.... :D

keren, salut bgt bwt blog ini...
smoga persahabatan kita ttp abadi sperti cinta bang Atta dan Wina yg skrg abadi.

halah, kok aku jd ikutan komen panjang sih...
udh dulu ya, mau nyari bakso nih... lapeeer...

Sains Box said...

Ups, ada yg ketinggalan, balik lg tp ganti nama, cm mo ngucapin:
"Met Ultah ya... moga blognya makin rame...!"
hehe...

rita asmara said...

surprised! Kirain duren beneran ternyata kebagian award nih' mksh byk ya.. Dan selamat atas ultah blognya. Kalo, ultah blogku gak sempat bagi2 award 0bak krn lg ribet banget mo ujian.. Kita sama ya mbak gaptek soal internet tp tak menghalangi niat utk berselancar di dunia maya. Tuj pnya blog selain sbg diary yg isinya campur aduk jg buat mengekspresikan hobiku menulis. Yah, kalo pun gak dimuat di majalah tp tulisanku bisa dibaca oleh sahabat blogger dan itu sdh ckp membuatku bahagia koq..

ceritatugu said...

aduuuhh ini ada duren ueenaaak banget inyong suka nih makasih-makasih,kalau tambah es lebih nikmat,selamat ulang tahun kebebasan

astin said...

aloha...lama ya gak mampir2, bukan karena sibuk...tapi malesss aja ni bawaannya :p
wah dah setaon ya blog ini...hepi eniversary ya...semoga tetep semangat nulis, gak kayak diriku yang angot2an :p ..nyesel juga si cerita anak2 akhirnya banyak yang terlewat, hiks :( *lah malah curhat eike nih :P8
btw thanks awardnya ya jeng soes sayang, ntar aku pajang deh di blogku...

Muhammad Sabili said...

hmmm cerita di blog asik ya

Reni Dwi Astuti said...

emang kalo sdh jodoh nggak peduli ketemunya dimana...makasih durennya yaa....

Herien Kriestia said...

happy anniversary bun tuk blognya yg makin keren aja, maaf baru sempat mampir, shishil lg kurang sehat nih. Makasih durennya ya, shishil doyan banget (upss salah bukan shishil, tapi bundanya, qiqiqi)

Zulfadhli's Family said...

Teh Fitriasih : Nuhun pisan yah Teh, walopun dirimyu ga suka duren tapi teteup mau terima :-)

Mba Fanny : Hihihi, kepiting sebagian botak, sebagian keriting papan, Mba :-)

Mba Fanny lagee : Thanks yah Mba dah majang awardnya di Gudang Awards. Wah, Ny. duren? Boleh juga tuh sarannya. Apa nama blog ini diganti jadi Durian's Family yah? Huahahah

Mba Wina (Bintangair) : Jangan ngakak sendirian Mba, tar dibawa ke Grogol loh :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Thanks doanya Mba. Gpp ko jarang mampir, yang penting kerjaan Mba Reni berse :-)

Mba wina lagee (Bintangair) : Hihihi pengalamna pribadi yah Jeng? Hayo bilang Bang Atta jangan nanggung2 :-)

Mba Reni (The Others) : Sekarang durennya udah keliatan belom, Mba? :-)

Mba Wina again (Bintangair) : Tengkiu ucapannya. Tapi pipi Zahia jangan dicubit yah. Di kiss boleh :-)

Anggar Berkawand : Thanks dah mampir kesini :-)

Mba Nia : Ka Ina & Papanya uga boleh icip2 durennya looohh :-)

komuter said...

alhamdulillah, selesai juga bacanya. sekarang jadi binun, mo komen apaan yah...
salam kenal

Zulfadhli's Family said...

Jeng Alissa : Thanks yah Say kalo dirimyu suka dengan blog ini. Ketemu langsung & tukeran duren? Wah mau bangets. Tapi kayanya durennya kudu di cat ungu deh biar dirimyu tambah suka :-)

Jeng Bekti : Tengkiu Jeng dah melarika diri dari kantor demi duren. Hahaha, moga2 kaga dimarahin sama Om Bis yah :-)

Noah Lirik Video : Salam kenal juga. Thanks dah mampir kesini :-)

Mba Dewi Fatma : Alhamdulillah kalo dirimyu suka. Muach muach juga untuk Aunty Dewi & Ka VAleska dari Zahia :-)

Mba Mietha : Hihihi ternyata dirimyu udah sadar perbedaan antara Bunda ato Zahia yang nulis. Makasih yah Mba. Syukurlah kalo suka sama durennya :-)

Pak Budi Setiawan : Thanks yah Pak dah mampir kesini. Insya Allah saya main ke rumah Bapak :-)

Indah (Shmily Family) : Indah, gw juga kangen tau sama lo! Yuks atuh rayu Mas-mu biar mo ngajak maen2 ke Miri :-)

Sukrawan Madi (Tukang Colong) : Isinya bukan batu, tapi tipi flat booo :-)

Mba lely : Kalo mo yang betulan Aunty maen2 ke Miri yaaaa :-)

Mba Bintang : Makasih Mba. JAdi malyu secara dirimyu dah bertaun2 malang-melintang di dunia blog :-)

Ajeng said...

Waaaa.. Saya datangnya terlambat nih, masih kebagian duren apa enggak ya?
Selamat ya mbak untuk anniversary-nya, semoga semakin semangat blogging. Terus berbagi ^_^

Zulfadhli's Family said...

Jeng Putilaksmi : Tengkiu Put kalo lo suka baca2 cerita disini :-)

Penghuni 60 : Boleh ko Om kalo durennya mo dituker baso. Ambil langsung ke Miri yah, boleh nambah sepuasnya :-)

Science Box : Makasih ucapannya, Sob :-)

Mba Rita : Iyah Mba, gaptek bukan berarti ga bisa berselancar di dunia maya *toss ahhh sebagai sesama orang gaptek hihihi*

Pak Eka (Ceita Tugu) : Aduh Bapak, saya jadi kepengen makan es duren neh tiba2 :-)

Mba Astien : Curhat ni yeeee hehehe. Hayo Mba, up date dunks blognya :-)

Hamba Allah : Yup, asyik banget. Btw, thanks dah main kesini :-)

Mb Reni : Bener banget Mba, kaya gw nemuin Abang di tengah hutan belantara hehehe

Mba Herien : Shisil sakit apaan Bun? Moga2 cepet sembuh yaaaahhh

Komuter : Jangan binun dunks tar jatoh loh hehehe. Thanks dah mampir kesini :-)

Mba Ajeng : Durennya masih ada ko Mba, tenang ajah :-)

Mulyani Adini said...

Assalamualikum..
Pagi Bun, maaf ya baru bisa mengunjungi.
Selamat ulang tahun buat blognya ya, semoga semakin hari semakin rajin dalam postingan dan bercerita....

Dengan tanpa basa basi akan segera ku ambil duriannya..hmm yammi udah lama gak makan durian, dapat durian gratis rasanya enak sekali...

Mama Kinan said...

Alhamdulilah..aku menemukan blog jeng Soes, tapi maaf yah telat banget..dan itupun jeng soes yang sapa duluan..dah setahun ada blog nya tapi baru 2 minggu ini mulai sambang ke blognya...aku ini pemalu jeng soes, membaca posting jeng soes yang ini mewakili lah, ada banyak kesamaan..bedanya aku nggak diluar negeri tapi dikepualaun Riau..hehehe...hari minggu kemarin ku ropel, kupantengin terus info sudut demi sudut di blog nya jeng soes, mulai dari awal ke miri sampai mudik nya ke indonesia ...wah dah sedikit besar tahu lah...siapa bunda zahia dan ayahnya..dan juga Princess Zahia...waduh kok panjang banget komentnya...bisa ditimpuk pake durian neh...ampyunnnnnn ahhh..aku mau durian aslinya aja jeng...hehehhe

TUKANG CoLoNG said...

berapa inci tv flat dalem durennya? isi BB juga gak? kwkwkwk

eh awardnya udah dipajang tuh..
makasi ya tante..
:)

Marlina Nugraningsih said...

Selamat untuk setahun blog Zulfadhli's Family, semoga makin semangat untuk berbagi...

Maaf baru ngambil durennya sekarang he.he
terimakasih buat durennya ya... :)