Friday, 10 December 2010

Ayo.... Liburan & Plesiran ke Miri ...

Sebenarnya agak sungkan juga dengan Jeng Soes yang masih dorman sampai saat ini. Tapi ya biar ajalah, mungkin belum dapet wangsit untuk posting kali ya… Jadi sebagai Ayah & merangkap suami yang bertanggung jawab dan juga udah jelas ganteng maka postingan dalam Blog ini juga harus tetap ada yang baru, karena biar gak keburu habis tahun 2010 dan masuk taon baru 2011.

Bandaraya Miri (selevel dengan Kotamadya kalo di Indonesia) adalah merupakan kota yang unik, karena dibagian utaranya langsung menghadap Laut China Selatan yang kaya dengan hasil lautnya & juga minyak + gas, kemudian bagian timur lautnya langsung berbatasan dengan Negara kaya raya Brunai Darussalam yang hanya perlu waktu 2 jam menggunakan kendaraan roda 4 menuju ke Bandar Seri Begawan.

Sebagai Bandaraya, kota ini dilengkapi dengan hampir segala fasilitas berstandard Internasional. Hingga saat ini proses pembangunan fisik masih banyak sekali dilakukan dan juga proses menata ulang kawasan tua menjadi modern dan up to date.

Ayo kita intip ada apa saja fasilitas yang tersedia di Bandaraya Miri :

  1. Miri Internasional Airport. Yes ini adalah kunci kesuksesan sebuah kota. Kalau banyak orang dari luar datang walaupun mungkin hanya transit, maka otomatis akan meningkatkan income banyak sektor dan juga prestige sebuah kota, apalagi dengan label Internasional yang memiliki rute / akses langsung ke beberapa negara.

  1. Rumah Sakit. Disini ada beberapa fasilitas kesehatan seperti Government Hospital (RSUD), Miri City Medical Center & Columbia Asia. Ini juga penting agar ada rasa nyaman dan aman anytime. Gak perlu was-was jika terjadi hal2 yang gak diinginkan ketika piknik, karena semuanya sudah siaga.

  1. Rumah Bahagia.  Atau kalo di Indonesia adalah RS Jiwa. Nah gw juga belum pasti sebetulnya apakah ini penting atao kagak. Tetapi yang jelas fasilitas ini ada di Miri… he…hee…. gak penting….

  1. Hotel. Kalo mau plesiran otomatis perlu tempat nginap kan. Gak mungkin bawa tenda camping trus ngampar di taman. Di Miri kita dapat memilih dengan leluasa hotel2 yang diinginkan mulai dari yang berbintang 5 seperti Marriot resort & spa dengan harga kamar saat ini mulai dari MYR 340++, berbintang 4 seperti Parkcity Everly hotel mulai dari MYR 190++, Mega hotel sama yaitu mulai dari MYR 190++, Imperial hotel & condominium tarif mulai dari MYR 180++, Grand Palace hotel dengan tarif MYR 190++, dll. Ato yang budget hostel / backpacker class juga ada kok dengan tariff mulai dari MYR 30++

  1. Transportasi. Untuk mencapai Bandaraya Miri tidaklah rumit. Kalo mau yang budget maka pilihlah bus (bis) yang banyak sekali dan hampir setiap jam ada menuju Miri baik itu kalo kita dari Kuching (sekitar 910 km) dengan harga tiket MYR 90 atau dari Pontianak (sekitar 24 jam). Dari Pontianak kita bisa menggunakan bis DAMRI yang merentasi Sarawak dan berakhir di Bandar Seri Begawan. Kalo tiket DAMRI Pontianak – Miri sekitar Rp. 350 ribu. Untuk didalam kota sendiri banyak sekali taxi dan bis kota jadi gak perlu khawatir.  Di beberapa tempat juga menyediakan fasilitas sewa sepeda. Tapi jangan kaget karena gak ada ojek, bajaj apalagi becak & bemo.

  1. Tempat Makan. Ini juga sangat penting karena gak mungkin bawa bekal dari tanah air selama plesiran. Nah untuk itu maka be careful kalo mau makan, karena untuk mencari tempat makan yang halal agak sulit bagi yang kurang mengetahui seluk beluk kota ini. Tetapi hal ini sangat jelas (ada logo Halal dari Departemen Agama) bagi yang memang sudah mendapat sertifikat Halal, jadi waspadalah. Secara umum ataupun khususnya di Miri gak ada makanan yang begitu special atau makanan utama. Kebanyakan masyarakat di sini sangat gemar makan makanan bernuansa “India / Bangalore”, seperti roti canai, nasi briyani, roti naan, curry, dll. Tetapi kami punya tempat paporit di Miri yaitu Resporan Surabaya yang menyajikan menu Indonesia walaupun kata mama mertua taste “jawa” nya udah agak aneh atau berubah… mungkin tastenya udah “customized” sesuai dengan permintaan local. But at least bisa menghibur lidah yang lagi kangen bakso, nasi pecel, nasi rawon, dll.

  1. Museum. Disini ada museum yang lumayan mewah dan bagus untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yaitu Museum Minyak & Gas di Canada Hill. Disini adalah point / tonggak pertama pengeboran / ladang minyak di Miri yang sekarang sudah gak beroperasi karena udah kering. Masuk ke museum ini adalah “percuma” alias gratis.

  1. Shopping Complex. Ada beberapa tempat2 yang menjadi pusat perbelanjaan seperti Bintang Plaza, Boulevard, Imperial Mall, Soon Hup tower, dll. Sejujurnya shopping complex disini tidak semewah yang kita biasa jumpai di Indonesia. But ok lah untuk mencuci mata. Kalo kami senang belanja di E-mart karena dekat dengan rumah dan harga2nya cukup kompetitip. Di Miri juga memiliki beberapa “pasar tradisional” atau di sini dikenal sebagai Tamu’. Tetapi jangan salah kaprah..walaupun berlabel tradisional bukan berarti jorok, becek, dll. Bisa kita katakan walaupun wet market tetapi tetap clean dan tertata baik.

  1. Taman & Playground. Ini adalah fasilitas umum yang cukup banyak di Miri seperti Miri City Fan, Taman Bulatan, Taman Awam, Tanjung Lobang, Luak Bay Esplanade, Marina Bay, dll. Disemua tempat yang kami sebutkan diatas tersedia peralatan / permainan untuk anak2 yang cukup standard, fasiltas untuk berolahraga ringan dan juga jogging track.

  1. Taman Nasional. Dari Miri kita dapat menuju Taman Nasional Bukit Lambir yang hanya berjarak sekitar 24km saja. Ini adalah TN yang menyajikan suasana hutan hujan tropis dataran rendah dengan berbagai fasiltas seperti resort, canteen, dll. Bagi yang menyukai suasana alami maka ini adalah tempat yang bagus sekali. Kemudian ada juga Borneo Tropical Rain Forest Resort yang merupakan milik swasta menyajikan suasa hutan alam juga yang hanya berjarak lebih kurang 30km dari Miri. Disini suasanya juga seperti taman buah mekar sari tetapi dalam skala yang lebih kecil sekali….karena koleksi buahnya hanya sedikit aja kok.

  1. Zoo. Miri juga memiliki sebuah crocodile farm cum mini zoo. Sejujurnya kamipun belum pernah ke sana karena charge nya lumayan boo sekitar MYR 20. menurut hikayatnya didalam mini zoo ini hanya ada beberapa jenis hewan saja. So, itulah alas an kami belum pernah ke sana. Dari Miri ke zoo tersebut sekitar 30km.

  1. Fasilitas Olah Raga. Kota ini dilengkapi dengan fasilitas olah raga yang bisa dipakai umum seperti lapangan sepak bola, futsal, swimming pool, indoor stadium, dll.

  1. Wi Fi / Internet. Kalau ke Miri jangan lupa membawa lappie / apa aja yang bisa menangkap signal Wi Fi (kalo di Indonesia biasa di kenal dengan istilah hot spot). Hampir semua hotel di Miri menyediakan fasilitas Wi Fi secara gratis dan unlimited. Restoran seperti KFC, Marry Brown, dll juga menyediakannya secara gratis dan termasuk di beberapa tempat umum.

  1. Bank. Kebanyakan bank2 di Malaysia juga bekerja sama dengan bank2 di Indonesia itu terbukti dengan banyak logo ATM bersama di berbagai ATM2 di Malaysia. Jadi kita juga bisa tarik tunai pakai ATM local, tetapi itu tidak terlalu di sarankan karena charge nya lumayan mahal per transaksi.

  1. Aman. Ini adalah salah satu keunggulan utama di sini, suasana aman dari tukang ngamen, gepeng, tukang copet, dll yang banyak beredar di tanah air. Suasana ini membuat kita menjadi lebih relax ketimbang kalo picnic ke Jakarta… hee….heee maaf yach warga Jakarta.

Setidaknya ada 15 alasan mengapa harus liburan ke Miri…… yach cukup sampai disini aja dulu….


Marudi – Sarawak
… Ayah …


24 comments:

Lidya said...

mau dong plesiran ke miri, ada tiket gratis ga? :)

BunDit said...

Wuih, mantap ulasan "pariwisata" nya Pak. Oh ya, kalau Miri itu dari Nilai jauh gak? Saya pernah ke Nilai 2x. Hehehe saya tersenyum baca yang no 11. Kok ada kata "boo" nya...ketularan sang istri nih hehehe. Mohon sampaikan ke Jeng Soes ya pak, ada kuis di blog saya, siapa tahu mau berpartisipasi :-)

attayaya said...

ntar aku buat postingan aja deh utk menjawab pertanyaan mba.
cuma pertanyaanku :
apakah "home" dibuat dengan menggunakan "edit laman" ato manual (menambah widget)?
edit laman berada disampaing "edit entri"

Keluarga Zulfadhli said...

Dear Bang Atta.

aku juga sebetulnya binun,,, apa istilahnya... mungkin sidebar yach... jadi aku bisa nambah apa aja yang diinginkan disamping home yang sudah ada... heeee.... mangap kalo ngerepotin...mulu......

Zulfadhli's Family said...

Mbak Lidya : ....eeehmm... ntar mau tanya dulu ama nyonya.... apakah ada quiz untuk ticket gratis..... haaa....haaa,,..

Bundit : haaaaaaaa...... itu toh yang menarik.... ok.. ntar tak kabarin ama nyonya biar ikutan sapa tau menang dan dapat hadiah jalan2 ke mesir mau liat spinx...

attayaya said...

udah diposting mba
pake gadget html/javascript

http://www.attayaya.net/2010/12/cara-membuat-link-exchange-tukeran-link.html

Allisa Yustica Krones said...

Wah, kali ini tulisannya agak beda ya pak, agak nyantai gitu, hehe...

Saya selalu senang sama tulisan ttg taman2 di Miri yang selaluuu....aja bikin saya iri. Bkn cm soal bersih dari sampahnya. Bkn cm soal fasilitasnya. Tapi jg soal aman dan bebas dr org jahat n gelandangan.

Heran juga yah, kan sama2 org Melayu, tp di sana bs segitu tertibnya menjaga kebersihan, tp kok di kita kyknya berat bgt yah?

catatan kecilku said...

Wah, rumah baru... keren banget..!!
Ini masih dalam rangka ulang tahun ya, maka rumahnya juga dibenahi juga ?

the others.... said...

Pengen juga jalan2 ke Miri... tapi kapan ya..? *mimpi mode on*

Elsa said...

waaah ayahnya Zahia makin rajin bikin postingan yaa...
selamat selamat!!!!

heehehhehe
kapan giliran Zahia???

btw, fasilitas di Miri lengkap juga ya
keren banget

four dreams said...

hey kunjungan perdana :)
izin follow, ditunggu follow backnya

bintangair said...

hmmm.....
ngayal dot com
kapan ya di ajak mister atta ke miri....???

mbak sus... maaf sangat-sangat.. temlate nya kok burem ^^ soale saya jadi agak susah mbacanya mbak... hmm kalo boleh sarannnn warna tulisan di ganti agak terang dikittttt gitu, biar lebih jelas. maaf ya...mbakkk.. nih tak kasih permen gula jawa... ga ada nih di miri... hehehhe

ReBorn said...

waduh, ayah... klo liburan ke miri ajak-ajak dong. ghehe.

putilaksmi said...

awalnya saya pikir jeng soes yg posting, maafkeun, biarpun sudah dijelaskan di awal, tapi saya ndak percaya..hehehe, soalnya si bapak nampak lebih santei gaya tulisannnya..
nice info pak zul..
owiyah mau nanya, kalo dari pontianak ke Miri bisa ditempuh dalam waktu berapa jam ya? saya dulu pernah tinggal di sanggau. Dan setau saya , dulu kalo dari pontianak ke kuching bisa naek bus SJS.. kalo ke miri gimana pak??

CORETAN HIDUP said...

Banyak banget sih, tempat-tempat menarik yang bisa di kunjungi di daerah ini. Tentu, masyarakat disana bangga dengan kota mereka. Apalagi kelihatannya dari foto diatas, tertata dgn rapi

attayaya database online said...

rumah bahagia????
jiahahahahaha...
terasa asing nama itu bagi aku

penghuni60 said...

kyknya aku perlu jln2 kesitu deh bwt ngilangin bete...

Kay said...

Hello, I'm a newbie
please support me...!

kira said...

liburannya bikin ngiri. hehehehe
kapan ya aku liburan, kangen kampung halaman...

bintangair said...

ooaallaahh ini juga karya si abang tha... lah kirain emanknye zahia ngaku-ngaku jadi ayah...hahhahahha

masalah si abang atta yang lembur karena ngerjain tugas dari jeng soes it's oke jeng... lah lemburnya juga di temani ma saya kok. hehehe cuma pas udah jam setengah dua saya ga tahan. ngantuuuukkkk akhirnya pamit bobo duluan sementara si abang lanjut ampe jam 2-an kalo ga salah.

diyannovrida said...

lengkaaappp....rumah sakit jiawa namanya daleeemm bgt y,rumah bahagia,he2..sepertinya paZul dh ketularan JenkSoes ni gaya bahasanya,he2..salam kenal pa :)

Zulfadhli's Family said...

Dear all,

Thank you so much udah bersedia mampir and baca postingan ini.... maaaff baru ada waktu lagi untuk membalas koment2 terdahulu....


... Ayah Zahia ...

Zulfadhli's Family said...

Ibu Allisa : heee.... heee..... yach jangan terlalu serius ntar cepat tuir.......

Catatan kecilkku : Yup..... itu bagian dari permintaan nyonya untuk beres2 rumah baru katanya... biar gak boring.....

The others : Mimpi mode on itu adalah langkah awal sebuah mimpi.... trussss hayooooo persiapkan jalan / langkah selanjutnya....

Mbak Elsa : hiksss...... emang lengkap... padahal saya lupa menulis ada 2 lapangan golf & resort yang berstandard international juga plus ada fasilitas para gliding di tepian pantai lutong.... bagi pecinta / glider...

Four dream : oooohhh... Ok... and thank you....

Mbak wina : heee.... boleh jugaaa.... tuch.... yachh.... backgroundnya udah berubah menjadi putih dengan text hitam... semoga gak burem lageee.... thank you so much feed backnya...

ReBorn : hayooooo maen ke Miri.....

Mbak Puti : kalo dari Pontianak kita bisa pakai SJS ato Damri dan langsung ke Brunei..... kalo pakai yang lainnya maka akan transit dulu di kuching / serian untuk ganti bus.... tapi gak ada masalah dan sama saja.....

Coretan hidup : yesss..... betolll sekaleee... banyak tempat yang enak untuk kongkoiw2... secara gratisss....

Bang atta : maaaffffff kami belum sempat untuk mengikuti tutorial yang sudah di posted duluuu... maaaff yach belum ada waktu mode on....

Penghuni 60 : mareeeeeee ke Miri, enak kok untuk nyantai........ ayooooo

Kay : Ok and welcome.......

Kira : emang kampungnya dimana???

Mbak wina : hikssss jadi maluuu karena sering ngereporinnn.......... ketemu aja belum pernah... ngerepotin trosss...

Diyannovrida : yes..... memang daleeeeeeeemmm sekaleee...

... Ayah Zahia ...

bpk wijaya said...

JIKA ANDA BUTUH ANGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PUTARANG SGP/HKG SILAHKAN SAJA ANDA TLP KY JAYA DI NOMOR 085-342-064-735 TRIMAH KASIH