Wednesday, 8 December 2010

BBM & Subsidinya Apakah Masih Relevan?

Akhir2 ini banyak sekali pemberitaan di TV2 tanah air tentang BBM bersubsidi. Pro dan kontra sering terjadi dalam setiap kebijakan yang diambil atau akan diambil oleh pemerintah. Kebijakan subsidi BBM ini dalam jangka waktu yang sudah sangat lama telah membebani / merongrong APBN.

Berdasarkan data2 / celotehan para ekonom di tahun 2008 saja pemerintah mengeluarkan Rp.130T untuk subsidi BBM (bayangin kalo di bikin jembatan antara Merak - Lampung pasti sudah jadi dengan anggaran tersebut). Belum tahu lagi entah berapa banyak subsidi yang akan dikeluarkan untuk tahun ini.

Kalau kita lihat harga BBM di Indonesia saat ini untuk Bensin (RON88) Rp. 4.500,- & Solar (Diesel) Rp. 4.500,- mungkin masih murah kalau dibandingkan dengan Negara lain.

Mari kita lihat harga BBM di Malaysia Petrol RON95 (bensin) & Diesel (solar) adalah MYR 1.90. Untuk Petrol RON97 (selevel dengan pertamax) adalah MYR 2.30. Seandainya kita menggunakan kurs saat ini adalah Rp. 2.868,- maka harga bensin dan solar di Malaysia adalah Rp. 5.449,- per liter dan untuk yang selevel dengan pertamax-nya Rp. 6.596,-. Untuk Pertamax di Indonesia harga sangat berfluktuatif / berbeda2 tergantung pada lokasi, wilayah, provinsi, dll dan range nya antara Rp. 6.500,- sampai Rp. 9.400,-.

Bagaimana dengan Brunai Darussalam??? Harga Premiun 97 BND 0.53, Super 92 BND 0.52, Regular 85 BND 0.36 & Diesel BND 0.31. Jadi kalo menggunakan kurs BND hari ini √°dalah Rp. 6.856,- maka berturut2 sbb : Rp. 3.634,-, Rp. 3.558,-, Rp. 2.468,- & Dieselnya Rp. 2.125,-.
Seterusnya gimana dengan harga BBM di negara lain?? Silakan lihat tabel / figure dibawah yang di sadur dari berbagai sumber :
No
Negara
Petroleum RON95
1
Eritrea
USD 2.53
IDR 22,782
2
Brazil
USD 1.48
IDR 13,327
3
India
USD 1.30
IDR 11,706
4
Singapore
USD 1.30
IDR 11,706
5
Albania
USD 1.29
IDR 11,616
6
Belanda
USD 1.23
IDR 11,076
7
Australia
USD 1.14
IDR 10,265
8
Filipina
USD 0.95
IDR 8,555
9
China
USD 0.95
IDR 8,519
10
Argentina
USD 0.92
IDR 8,284
11
Vietnam
USD 0.83
IDR 7,474
12
Indonesia
USD 0.59
IDR 5,313
13
Malaysia
USD 0.54
IDR 4,863
14
Algeria
USD 0.41
IDR 3,692
15
Brunai Darussalam
USD 0.39
IDR 3,512
16
Qatar
USD 0.22
IDR 1,981
17
Saudi Arabia
USD 0.16
IDR 1,441

Harga BBM diatas adalah berdasarkan nilai kurs pada saat tulisan dibuat dari salah satu website online. Petroleum RON95 adalah standard yang biasa digunakan dibanyak Negara. Indonesia menjual 2 macam bensin sama dengan Malaysia. Brunai & Singapura menjual 3 jenis Premium dan negara yang lain juga memiliki Standard yang berbeda tergantung kepada kebutuhan pasarnya.

Dalam tabel diatas yang semoga bisa mewakili benua, level negara, lifestyle standard, warna kulit, dll. Di kawasan asia tenggara Filipina, Singapura & Vietnam memiliki harga BBM yang masih jauh di atas Indonesia. Hal ini membuat mereka lebih bisa menghormati / respek terhadap BBM.

Penggunaan BBM bersubsidi yang akan mulai di batasi oleh pemerintah hanya untuk roda 2, roda 3 dan nelayan terasa lebih tepat sasaran ketimbang pembagian BLT yang gak jelas juntrunganya.

Pengurangan subsidi secara gradual akan meringankan beban APBN dan bias memberikan ruang yang cukup untuk perbaikan pada sector yang lainnya. Selama ini BBM bersubsidi hanya di gunakan segelintir orang saja dan tidak memberikan dampak yang signifikan kepada rakyat pada umumnya.

Banyak sudah riset yang menyatakan Triliyunan rupiah menguap di Jakarta tiap tahun akibat macet dan semua kendaraan itu menggunakan BBM bersubsidi. Hal inilah membuat / mengusik rasa keadilan bagi rakyat yang jauh dari suasana macet seperti di Pegunungan Jayawijaya, Pedalaman Kalimantan, Puncak Gunung Kidul, Pulau Nias, dll…Mereka juga harus menanggung beban subsidi secara tidak langsung. Tidak ada yang memikirkan bagaimana akses kesehatan bagi mereka, akses jalan, listrik, air bersih, pendidikan, internet, dll.

Ide brilliant pemerintah yang akan membatasi penggunaan BBM bersubsidi selayaknya didukung dan diawasi dengan benar oleh semua elemen.

Malaysia sudah mencanangkan tahun 2020 akan menjadi Negara Maju dan melepaskan predikatnya sebagai Negara berkembang, Brunai juga sudah mendeklarasikan akan menjadi Negara maju pada 2035… Trus Indonesia kapan???.... Semua perubahan ada di tangan kita dan hanya kita yang bisa memperbaiki Indonesia….


Marudi – Sarawak
… Ayah …

28 comments:

Reni Dwi Astuti said...

mbak, aku masih memimpikan kapan BBM gratis ya....he he he...

Allisa Yustica Krones said...

Wah, si ayah Zulfadhli merilis album lagi...keknya ini album yang keempat ya klo gak salah?

Saya sih setuju2 aja subsidi BBM dikurangi bahkan dihilangkan utk segmen tertentu asal jgn msk pos anggaran baru untuk dikorupsi aja, hehe

Indonesia mau maju, ya jangan apa-ap dikorupsi dunks :D

zee said...

Wah.

Benar sekali Mr. Zul.
Harga bbm di Indonesia ini termasuk sangat murah karena disubsidi sangat banyak oleh pemerintah. Harus kita dukung pemerintah agar uangnya bisa dipakai untuk pembangunan lainnya.

Utk di daerah jg harus cepat tanggap ya. Krn di daerah umumnya hanya ada premium dan solar saja.

Simpel saja. Kalau sudah bisa beli mobil pribadi, maka jgnlah pakai bbm subsidi. Mo tampil jadi orang kaya tp gembel, sama saja toh... :). BBM bersubsidi masih layak utk kendaraan roda dua dan angkutan umum. Tp utk mobil pribadi, sudahlah, jgn mengeluh... mari kita bantu pemerintah. Semoga Indonesia jadi lebih baik.

Clara Canceriana said...

wah kali ini masnya yg posting ya? hehehehe~ iya nih daripada BLT nggak jelas mending bbm subsidi dibatasi. dan sekarang aku mulai kebingungan mau isi apa mobilku ini T_T

Bekti said...

Ciee... cat rumahnya baru yaa, dulu warna hijau sekarang jadi abu-abu, heu....

Ganti solar energy aja yuks (or ganti sepeda engkol) lingkungan sehat, badan kuatt....

Lidya said...

pusing san mikirin itu, mending mikir yang asyik2 hehehe.siapa yang ga mau BBM gratis ya

Bunda Farras said...

waahh rumah baru nih .. simpel but elegan .. siiip , maaf ah gak komen buat postingannya .. ppuuciiinngg ..

attayaya said...

aku dulu jugapernah posting "saya setuju BBM naik" mengingat bahwa terlalu banyak mubazir alias penguapan uang subsidi di jalanan. subsidi bisa saja dialihkan dalam bentuk lain kepada masyarakat yang tepat dan membutuhkan, bukan subsidi kepada pemilik mobil yang jelas udah kaya. semua pemilik mobil adalah orang kaya, dibanding gw yang cuma punya motor butut hehehehehe..... Dan kenaikan harga BBM INdonesia akan dapat mengurangi penyelundupan BBM ke luar negeri yang dilakukan oleh para pengoplos yang biasanya beroperasi di perairan laut Indonesia. Penjualan BBM selundupan dilakukan kepada kapal2 asing yang melewati perairan Indonesia.

ayo naikin lagi harga BBM

attayaya said...

yihaaaaaaaaaaaaaa
ganti timplet neh

kok ga gambar durian?
jiahahahahahahaha

Elsa said...

aku pikir, BBM di indonesia emang terlalu murah sih
itulah kenapa mobil dan motor jadi semakin banyak...
jadinya yaa padat dan nambah polusi

bandingkan saja dengan BBM di negara eropa, wuih bisa selangit ya Pak...

tapi kacau juga nih aku
jika BBM digratiskan saja, aku juga gak nolak.
hahahahahahahahaaa

plin plan nih

BABY DIJA said...

ini template pilihan ayahnya Zahia ya??

DewiFatma said...

Wah...rumah baru nih... Cakeep..!

Kalao Ayah Zahia yang nulis, serius amit. Jauh beda ama Mak-mak bohay yang satu itu..hehehe...

Saya sih setuju aja kalo subsidi BBM di cabut, Mas. Asal jgn lantas dimakan aja sama pejabatnya. Kebiasaan... Wong dana BOSS aja ditilep. Heran ya? Kok ya nggak kapok-kapok, gitu lo.

Aulawi Ahmad said...

Indonesia sebenarnya sudah jadi negara maju, cuma majunya yang negatif doang hehehe, btw sori ewod kemaren lum dipajang entar ya nggu postingan berikutnya :)

attayaya said...

jalan2 sore

IbuDzakyFai said...

keren banget dech abu2nya...

Keluarga Zulfadhli said...

Mbak Reni : Ehmmmm.... BBM Gratis........

Mbak Allisa : Yes.... tulisan ini di dedikasikan untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh hari ini 09 Dec setiap tahun... konferensi anti korupsi dunia telah di mulai di Mexico pertama kalinya tahun 2004 ... mari kita sama2 bebaskan Indonesia dari praktek2 korupsi dan kolusi....

Mbak Zee : Hopefully everybody understood with the main objective "Subsidized"

Mbak Clara : hikss.... jangan binun kalo mau ngisi BBM mobil.... yang jelas harus pakai UANG ....

Bunda Farras : Jangan pucing Bun..... karena biasanya ada efek domino dari pembatasan BBM termasuk harga2 untuk kebutuhan hidup sehari2..... konsekuensi logis....

Bang Atta : Wah ini suhu ato simpai nya Blogger ...... yes ini hanyalah keluh kesah seorang "TKI" di luar negeri ....

Mak Elsa : itulah sebabnya banyak BBM kita di jual ke singapura / thailand... karena disana muahal booo.... jangan plin plan..... keep smile....

Keluarga Zulfadhli said...

Mbak Bekti : Yups... sesuai keinginan Nyonya Rumah..... dia mau ketika New Year Eve 2011 sudah punya "warna" baru dengan nuansa yang lebih simple but nice.....

Mbak Lidya : Hee........ heee.... biasanya harga susu baby juga akan naik tuch.......

Baby Dija : Pastinya dong.... ini pilihan Ayah Zahia.... Thank you yach suka dengan warna nya....

Mbak Dewi : Nah... itu dia mbak... mari kita bantu dengan melakukan pengawasan ketat atas segala hal dari segala lini agar gak ada lagi korupsi.... kayak Gayus baru golongan IIIA tapi punya uang ratusan milyar...... dari mana tuch.....

Bang Aulawi : Haa....... mungkin apa yang abang katakan itu memang sudah terjadi di Indonesia....... but be positive thinking aja kaleee yach.... agar kita bisa moving forward ....

Ibu DzakyFai : Terima kasih banyak atas pujianya Bu.......

Keluarga Zulfadhli said...

Upsss... Sorry.... maksud yang diatas adalah Mbak Elsa .... sorry yach.... Hiksss....

ReBorn said...

hmm, saya juga merasa ada kesalahan dalam penempatan subsidi. klo udah punya kendaran mah, ga usah di subsidi lagi kali. :p

klo kasus korupsi bisa diselesaikan dengan transparan, indonesia pasti bisa segera menjadi negara maju.

TUKANG CoLoNG said...

tapi ngeri juga kalo BBM kita habis.

penghuni60 said...

pertanyaan kapan itu udh sering aku pertanyakan, tp toh msh blm ada kenyataannya...
ya mdh2n di tahun mendtg akan ada perubahan yg lbh baik utk Indonesia...

BTW, thnks atas tips utk ngilangin BT nya...
tp kpalaku msh terasa berat nih...
mgkin butuh istirahat kali...

NURA said...

salam sobat
memang BBM masih memprihatinkan ya di negara kita ,malahan saya dengar di berita akan dicabut subsidi premium.
trims visitnya ke S.A
salam kenal juga

attayaya said...

mba mau yg model gimana?
2 kolom seperti punyaku "blogger around" di kiri dan "bertuah" di kanan?

atau yg mau satu kolom panjang aja ke bawah?

Aulawi Ahmad said...

Ini linknya sist, coba aja dicari disini ttg menu bar khusus blogspot spt pyku :)(http://magnakanta.blogspot.com, http://www.edisamsuri.com,http://pernakpernikblog.blogspot.com,http://amatullah83.blogspot.com,http://www.belajarngeblog.com)

bintangair said...

ngomongin BBM ya bu eh salah ini kan album nya si bapak.
hmm BBM ya pak, entahlah pak, yang jelas saya prihatin banget sama negeri kita tercinta ini karena kemarin ternyataaa hasil poling mengatakan bahwa indonesia adalah negera paling korup se asean. ckckkckck dan yakin deh pasti salah satu yang dikorupin itu BBM

bintangair said...

emaknye zahia mana ye..
gw keder kalo ngoceh di album bapak e zahia. xiixixiix

r10 said...

tidak akan ada BBM gratis karena hanya akan menambah polusi

di keluarga kami, motor menggunakan pertamax... bukan...bukan krn kami kaya... tapi krn motor honda beat yang aku gunakan, pakai premium malah bikin mogok >,<'

keluargazulfadhli.blogspot.com said...

Re Born : Benar tuch..... masalahnya adalah korupsi....

Tu Col : nah itu diaaa... gemana naseb kita kalooo BBBM habisss...??? ngeriii...

Penghuni60 : isthrt kalooo masih kurang fit....

Mbak Nura : yesss... itulah yang terhjdi di Indonesia......

Bang Atta : Ok, thank you yach...

Bang Aulawi : ok,,, makasih yach...

Mbak Wina : nah itu diaaa...... semua mau di korupin.....

R10 : waahhh bagus tuch kalo diciptain kendaraan yang hanya bisa pake pertamax..... berati gak bisa miilih pake yang bersubsidi.... Good idea...