Wednesday 28 April 2010

Bukan Cerpenis Biasa

Ketika menulis untuk postingan kali ini, gw sebenernya agak2 sedikit nervous. Tanda2nya jelas terlihat: sewaktu memencet keyboard tangan terkadang gemetar dan berkeringat dingin padahal kamar pake AC. Kerung2 di wajah gw juga semakin banyak, menandakan bahwa Sang Penulis, yaitu gw, sedang berkonsentrasi penuh untuk mengeluarkan segala kejeniusannya yang dimiliki. Juga entah kenapa tiba2 gw dilanda perasaan pengen BAB tiap 10 menit sekali. Ok, yang terakhir gw akui terjadi karena kemaren makan pecel ayam terlalu pedes sambelnya. So, kenapa Jeng Soes ko nulis buat postingan di blog pake acara nervous segala? Dulu ajah pas akad nikah ga segitu2nya deh [hehehe justru waktu malem pertama bo yang gw nervous banget, takut keselo. Sensor!!!!]? Ya ya ya, soalnya ekye lagi ikutan lomba menulis untuk pertama kalinya setelah jadi emak2, dan tulisan ini nantinya akan dinilai. Gimana kaga dag-dig-dug, wong terakhir bikin tulisan, dikasih penilaian sama juri, sekitar 6 taun yang lalu, yaitu saat PIMNAS [kalo ikutan lomba yang pemenangnya bisa langsung ketauan tanpa nilai seh baru 3 taun yang lalu gw jabanin waktu di Kaltim, tepatnya pas acara 17 Agustus-an di kantor, lomba makan kerupuk].

Well, Temans pasti bertanya2 lomba seperti apakah yang gw ikuti. Hayo deh ngaku kalo emang penasaran?! Jadi, perlombaan kali ini diadakan oleh Mba Fanny Fredlina, Sang Cerpenis, empunya blog just-fatamorgana.blogspot.com, menyambut postingan yang ke-1000. Bayangin bo, seceng postingan! Gw, sebagai pemula dalam dunia blog, yang postingannya baru 40-an, awalnya minder banget opo iya bisa bikin tulisan yang okeh dan edun surudut. Tapi karena gw merupakan makhluk manis dengan rasa percaya diri berlebih akibat penggunaan Rexona yang over dosis, maka gw putuskan untuk maju terus pantang mundur. Toh yang namanya mencoba kan kaga bayar. So, nothing to lose ajah deh penonton. Menang syukur, ga menang ora popo [tapi teteup dunks Mba ekye dikasih buku sebagai kado ultah, hihihi maksa!].

Asal muasal perkenalan gw dengan Mba Fanny adalah saat blogwalking ke blognya Mas Reza (Alrezzamitariq). Ada satu nama yang bikin gw bernafsu [tanpa birahi] untuk berkenalan dengan komentator yang bernama Sang Cerpenis. Kenapa gw pengen berkenalan? Pertama, dari jaman dulu, SMP tepatnya, gw hobi banget bikin cerpen, puisi, naskah teater [gini2 emaknya Zahia ketua klub teater di Fakultas loh waktu kuliah], sinopsis buku ato film, dan segala sesuatu yang berbau2 tulis-menulis, kecuali nulis2in tembok sekolah dengan kalimat norak tujuh keliling: “Susan love Anu” ato “Salam buat Kaka Kelas 3 yang ganteng dan berkacamata”. Sayangnya, aktivitas menulis saat ini udah jarang banget gw lakukan karena yang namanya emak2 punya toddler pasti lebih sibuk di dapur bikin makanan anak, main sama anak, nonton Barney sama anak, nenenin anak, dll. Pokonya semua dengan anak kecuali boker dan mandi. Jujur, seringkali gw merindukan dunia itu, sehingga terkadang gw butuh untuk “menyegarkan otak’. Caranya yah berkenalan dengan orang2 yang masih, pernah, ato sedang eksis disitu. Kedua, gw penasaran ingin liat gimana isi blog Sang Cerpenis, yang sepertinya orangnya sangat friendly. Kesimpulan ini diperoleh karena saat wara-wiri berkunjung dari blog satu ke blog lain, gw ngeliat Mba Fanny aktif sekali berkunjung dan berkomen, pada banyak blog, tanpa pandang bulu ketiak ato bulu kaki, apakah pemilik blog itu cowo ato cewe, apakah Bapak2 ato Ibu2 ato remaja ato udah Nenek / Kakek, semuanya ditandangin . Maka di taun 2010, tapi sori banget gw lupa tanggal dan bulannya, gw melakukan kunjungan perdana pada blog Jeng Fanny. Semenjak itu gw pasti berkunjung setiap Beliau memiliki postingan baru, yang biasanya mah bisa kaya orang minum obat, sehari 1-3x posting.

Latar belakang hitam sebagai background menurut gw merupakan pemilihan yang tepat, karena tampilan blognya menjadi elegan. Ditambah dengan header berupa keyboard ¼ bagian bawahnya saja, mouse, bulpen, dan kertas yang di-klip, sangat sesuai dengan citra diri Beliau sebagai seorang penulis, Lalu bagaimana dengan tulisannya? Isinya sederhana saja, tapi pesennya ada dan ‘kena’ kepada orang yang baca, dan itu yang penting menurut gw. Dari postingan2 yang pernah gw baca, isinya bermacam2: ada curhatan pribadi, misalnya saat membeli lemari besi baru untuk nyimpen file2 klien, tapi terjadi misunderstanding pada saat barang datang karena tu lemari diantar tanpa notifikasi sebelumnya; ada juga tulisan tentang indahnya persahabatan, seperti kesedihan Mba Fanny plus rasa bangga pada seorang sohibnya yang mo berangkat ke LN; banyak pula goresan2 cinta mengenai keluarga, dan gw sangat tersentuh dengan tulisan Mba Fanny mengenai Nyokapnya, yang meskipun ga sekolah tinggi tapi sukses membesarkan anak2 Beliau sehingga ‘jadi orang’ semuanya [lha emang sebelumnya apa, San??]; terselip pula2 homor2 ringan nan gayus; awards2 yang diperoleh sebagai tanda perhatian dari teman2 blogger [thanks yah Mba udah ngasih 3 awards ke gw]; renungan2 dengan pesan moral yang dalam, terutama mengenai Tuhan dan sesama manusia; serta cerpen2 made in Mba Fanny yang beberapa dari cerpen tersebut sudah diterbitkan di majalah. Meskipun mohon maap gw ga pernah beli majalahnya soale di Miri ga pernah nemu tabloid Gaul, salah satunya yang pernah mempublikasikan cerpen Mbakyu.

Kreatip, pake ‘P’ bukan pake ‘F’. Itulah kesan gw saat mendengar bahwa Mba Fanny mengadakan beberapa lomba untuk menyambut postingan ke-1000-nya. Meskipun ada ajah yang menganggap Beliau melakukan hal tersebut untuk menaikkan PR dan merampingkan Mbakyu Alexa [kalo boleh jujur gw neh gapteks pisan, jadi kaga paham dengan PR dan Alexa, cuma sering liat ajah di beberapa blog], tapi gw tidak melihatnya seperti itu. Yang namanya meluapkan kegembiraan kan tindakannya bisa beraneka ragam. Bisa ajah kalo postingan gw udah 275 biji gw akan membuat lomba mewarnai, dan menghibahkan poto2 gw dan Zahia ukuran poster bagi para pemenangnya [dijamin pasti orang yang menang pasti hepi berat dapet alat buat nakut2in tikus di rumah]. So Jeng Fanny, biarlah kambing mengembik, ayam ber-kukuruyuk, burung bercicit, dan anjing menyalak, karena itu hak mereka. Tetap lanjutkan perjuanganmu, ekye bangga dengan apa yang dirimyu lakukan.

Apa jadinya jika seorang penggemar strawberi ketemu dengan maniak duren, yang ga begitu suka dengan strawberi, karena rasa asamnya yang menggigit? Yah jadinya seperti kami. Gw, walopun belum pernah berjabat tangan, bertatap muka, dan ngobrol langsung dengan Beliau sambil minum milk shake strawberi dan makan roti bakar, langsung ngerasa nyambung ajah kalo lagi berbalas pantun via komen di blog. Yah moga2 ajah kalo pas gw mudix ke Jakarta bisa KopDar sambil ditraktir oleh Sang Cerpenis bin Notaris bin Bloggeris, di Bakmi Gajah Mada, ato Hoka2 Bento [tempat lain juga gpp ko Mba, ini kan hanya sekedar saran, soalnya dah lama juga gw kaga makan tu bakmi dan HokBen hehehe].

Akhirul kata, beli batik di Mangga Dua, Susan cantik Bang Zul yang punya. Hihihi, mangap yah, salah sambung pantunnya! Begini yang betul: beli batik di Mangga Dua, sekian dulu review blognya. Ocre lah kalo begitu. Gw ngantuks bo, soale dari bangun jam 5 pagi kaga tidur lagi. Maklum ART dah resign, jadi yah gotong-royong sama Nyokap deh ngerjain segala pekerjaan rumah tangga. Gudnite Temans, have a nice dream yah. Oya buat Mba Fanny, ini ada kado dari gw, untuk postingan ke-1000 nya.

Sang Penulis bercerita.....
Dengan kalimat2 penuh makna.....
Tentang segalanya, kepada dunia.....
Jika kau terlena dibuatnya, jangan salahkan dia.....!
Karena kata serta bait adalah kekuatannya.....
Maka sudah jelas bahwa merekalah pelakunya.....
Sssstttt.....sini aku kasih tau.....
Jaga baik2 dirimu.....!!!!
Karena tulisannya membuat orang ketagihan, seperti candu.....

Note : sebenernya tulisan ini mo gw posting semalem. Tapi karena signal buruk jadi gagal maning gagal maning. Makanya baru bisa diposting pagi ini.

43 comments:

Bekti said...

Hahaha... Ternyata dirimu mantan penulis juga ta jeng, seeepp deh :-D Reviewnya bagus lho jeng: jujur, apa adanya, so funny and jeng Fanny bgt (artinya apa yg ditulis dirimuh mngenai jeng Fanny, betul bgt!) *two tumbs*
Aku mah ikut lomba voting jeng, mem-voting blognya dirimu, hihihi... Karena ternyata kalo aku ikut lomba review blog, aku punya pesaing berat, yakni dirimu, xexexe...

catatan kecilku said...

Seep... semoga reviewnya menang mbak dan berhasil ngangkut novelnya.
BTW, novelnya dikirim ke alamat Indonesia ? Atau diambil sendiri di Jakarta ? hehehe

Oya mbak, sekalian mau kasih tahu kalau link blogku yg terpasang disini URL-nya belum diganti tuh.
Yang benar adalah : renijudhanto.blogspot.com
Tolong diperbaiki ya mbak..?

Lidya said...

komen dulu aja ah, belum sempet baca smuanya mau jemput sekolah pascal dulu ya.
hebat ya bisa nulis, ajarin doong

Unknown said...

wakkkkka..Susan..Susan...dikau lucu juga ya, boo...eyke jadi ngakak bin terharu. Tapi, gak berarti ente bakal menang lho. Eyke mesti rundingan dulu nih ama 2 juri tersayang yang lagi puyeng bin bingung karena semua artikel peserta heboh markoboh.

btw, bener ya kalo ente ke Jakarta kita kopdar? nanti eyke traktir jus duren, roti duren, selei duren sama pohon duren plus abang penjual durennya deeh. hahahha

Unknown said...

satu lagi, mesti cari waktu buat nulis, sis. biar ilmu nulisnya gak ilang., halaah..emang ilmu sirep apa? hahaha...

novel yg dipilih apa nih?

Unknown said...

yah, kalo pas kopdar gak ada yg jual duren, cari jus duren aja deh di foodcourt. hahah..maksa mode on.

judul novel yg dipilih apa nih jeng? ditunggu ya.

yenni 'yendoel' said...

nulis reviewnya dah seperti nulis cerpen juga.
btw, aku juga suka bakmi gajahmada (paling demen bakmi ayam jamur, dan selalu kalo makan di sono milihnya mie satu ini) atau di hokben. btw, gak takut... kan dulu pernah ada gosip, bakmi gm itu pakai minyak 'haram' .. hahahaha...

secangkir teh dan sekerat roti said...

wah.. salam hangat saja dah :)

Anazkia said...

aih, ini orang heboh banget yaks...??? hihihi.. sumpe! jadi pengen kenalan. Aye ada di KL mpom :D hehehe.. yuk, kita kopdaran..??

Diyah-ummi Zalfa said...

Pantes......ide cerita plus ngebanyol gak abis2 ternyata emang punya bakat menulis tho mbak Susan....

Semoga menang ya mbak.....bagus kok review blognya, lucu hehehe....

Unknown said...

Assalamu'alaikum, Bunda Aya

kok, seperti ga berubah gaya ngomong dan gaya menulisnya. sukses, ya...
salam dari keluarga Abu Zahran

None said...

wawww.... repiew yang hebat.. strowberi plus duren, enak kok ;)), apalagi di jus, tapi di gelas yang beda :-P, semoga menang ya

makasih atas kunjungannya :)

None said...

eh iya kalo lomba mewarnai aku ikutan deh, menangin ya :P, jangan berhenti menulis :D

Latifah hizboel said...

Ikut review juga ya mba...semoga mendapatkannya ya...

Nikmatnya Hidup said...

wah judulnya kok pake anu2 an heheh.... wah klo duren aku juga mau mbak, sampai mabuk tak akan ku lepas si duren hehehe....

rita asmaraningsih said...

aslkm.. wah,saya makasih banget sudah diajak tukeran link.. nah, sekarang link mbak sudah terpasang dalam blog saya.. sering2 mampir ya.. ohya, saya sangat senang berkenalan dgn mbak yg tinggal di serawak.. ngomong2 asli serawak atau indonesia nih?

bintang said...

mbak .... asli sumpe lucu pisan.

hehehhe salam kenal semoga jadi pemenang yah...
mbak fanny emang te o pe banget. bikin postingan ampe seribu. kalo saya mah udah kelenger hehehhe

makasih udah mampir ke blog saya yah...
let's be friend....

Clara Canceriana said...

ahakakak...semoga menang ya mbak ikut lomba review blog itu...
bener, harus berani nyoba, toh ga disuruh bayar ini :P

Unknown said...

teteh semoga sukses,
tapi aku surprised lho baca tulisan ini..hehe ngga nyangka aja ternyata punya latar belakang penulis juga

hehehe

pokoknya top markotop surotop deh

oya main2 dunk ke tempatku
ada tulisan menarik tentang negeri belanda....

ceritatugu said...

selamat ikut lomba semga menang jadi juara

Unknown said...

wah komennya tambah terussss

semoga menang!

oya aku insya allah selesai pada 2012 awal teh, mohon doanya ya..

zee said...

Hehehee...
Sebenarnya sah2 saja kalau buat lomba biar naikin PR. Gak masalah toh, kalo ada yg sirik ya biar aja mereka sirik sama fanny hehehe..
Mudah2an menang deh San... tar ongkir ke sana tanggung sendiri ya klo dapat hadiahnya :D

Zulfadhli's Family said...

Mba Bekti : Heheheh, thanks yah Jeng buat komplimennya. Jadi tersandung akyuuuuu :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Amien. moga2 bisa ngangkut bukunya Mba Fanny. Hihihi, kalo menang bukunya dikirim ke Singkawang Mba, tempat mertua.Syippp, udah gw benerin Mba URL nhya. Thanks :-)

Teh Lidya : ka Pascal jam berapa Teh pulang sekolahnya? Hihihi, emak siaga yah bo, siap antar jaga

Mba Reni (The Others) : Thanks yah Mba. Hayo jangan lupa kirim sms dukungan :-)

Mba Fanny : Yuks mari kita KopDar. Bener loh, tar ekye tagih janjimyu mentraktir duren beserta tukangnya sekalian :-)

Mba fanny lagi : Yup, sekarang ajah ngerasa otak udah tumpul. Ga tau deh masih bisa bikin naskah teateran ato ga kalo misalnya ada yang nyuruh :-( Oya, novelnya yang Girls from Riyadh ajah yah Say

Mba Fanny : Ga ada rotan akar pun jadi. ga ada duren fresh yang di juice pun ocreh :-)

Mba Yenni : Hihihi, itu kan cuma gosyip Mba, gw mah bismillah ajah pas makannhya. Yuks Mba tar kalo sama2 pulang ke Jakarta kita makan Bakmi GM barengan :-)

Secangkir teh dan sekerat roti : Salam suam2 kuku kembali, Mas. Thanks udah berkunjung lagi kesini :-)

Mba Anazkia : Yuks kita KopDar kalo pas gw ke KL. Mba KL nya dimana?? Thanks udah berkunjung ke blog ini. Gw link yah Mba blognya :-)

Mba Diyah : Amien, doakan gw penonton. Jangan lupa Ka Zalfa kirim sms ke 3988 ketik Bunda spasi Zahia :-)

Zulfadhli's Family said...

Jeng Mira : Miraaaaaa.....kangen gw ama lo!!!! Yuks kita reunian ke Tidung Pala makan baso depan bekas mess kita hihihihi ogaaaahhhhh!! Misyu Say. Kiss buat Zahran yah dan salam buat Akang. Thanks dah baca2 tulisan gw yang kacrutz :-)

Mba Inuel : Thanks udah mampir balik yah Mba. Hehehe, thanks juga buat komplimennya. Mo ikutan nge-jus bareng ga?? :-)

Mba Inuel lagi : Tunggu tanggal mainnya yah :-)

Mba Latifah : Thanks udah berkunjung balik ke blog keluaragzulfadhli yah Mba :-)

Mas Richo : Toss ah sesama maniak duren. Yuks ngeduren bareng :-)

Mba Rita : Gw dan suami sama2 dari indonesia, Mba. Ke M'sia cuma buat nyari sesuap berlian. Hihihi. Gw dari jakarta, Bandng, Cilegon (complicated deh pokonya kalo musti dijelasin), laki dari Singkawang, Kalbar

Mba Bintang : Thanks udah mampir balik kesini yah Mba. gw link yah blognya :-)

Mba Clara : Thanks doanya yah Say. Yup, jangan menyerah sebelum perang :-)

Rosyid : Gw pasti main ke blog lo dunks, kan lo adikku gw yang paling ganteng hehehe. Tapi tunggu masakan gw kelar dulu, sibuk bo udah kaga ada ART. Tunggu akyuuuuu Syid :-)

Pak Eka : Thanks doanya, Pak :-)

Rosyid : Thanks doanya. Gw dan Abang pasti doain lo cepet lulus dan dapet awe yang ok. Amien :-)

Mba Zee : Hehehe, kata Mba Fanny dikirimnya kudu ke alamat Indoensia, jadi yah gw kasih alamat mertua jah deh Mba. Btw gimana tokonya? makin rame dunks pastinya? Sukses terus yah Mba :-)

Unknown said...

teh, sori ya terjadi misunderstanding
hehehehee..

oya aku kuliah jurusan Manajemen. masih semester 4. usia aslinya 19 taon, kalau yang di blog itu aku tuain, hehehee...

sip2

nietha said...

ikutan review juga ya bunda.. salam kenal.moga menang ya?

Aulawi Ahmad said...

waduh kalau duren mah ke palembang aj sist,tapi entar nunggu musim ye hehehehe, btw reviewnya khas "soesan" banget, mantap euy :) moga menang ya :)

Unknown said...

kapan nih lomba mewarnainya? ikut boleh? asal hadiahnya jus stroberi. oke dhe, novelnya aye catet ya, mpok

T.Yonaskummen said...

Ikutan lomba ini juga ya...... semoga menang yah....

attayaya said...

salam juga kenal mba
lha pernah tinggal di kerinci tho?

nb :
waaaah ini ripiu paling kreatip (pake p)

attayaya said...

pokoke tetap semangat

abis majang link
Zulfadhli's Family

tengkyu berat ya

fanny dan fanda said...

met sore, mbak..bawain lempok nih. sama permen durian.

Nikmatnya Hidup said...

wah tuh tawaran menarik dan susah di tolak mbak...... klo ada duren di depan mata hajarrrrrrr heheh

Zulfadhli's Family said...

Rosyid lagi : Hehehe, makanya kalo baca komen tuh yang bener dunks :-)

Mba Nietha : Salam kenal juga, Mba. Thanks yah dah mampir kesini :-)

Bang Aulawi : Betul yah Bang tar kirimin duren dari Palembang. Kalo sampe lupa gw tagih loh :-)

Mba Fanny : Tar, tunggu ajah pengumumannya yah Say. Hadiahnya pasti dunks gambar stroberi segede bagong hihihi

Tukang komen : Thanks doanya yah. Thanks juga udah mampir ke blog kelargazulfadhli :-)

Bang Atta : Thanks dah mampir balik kesini, Bang. Iya gw dulu di Kerinci 1 taun, abis itu langsung melanglang buana lagi ke Kaltim :-)

Bang Atta lagee : Thanks loh Bang link keluargazulfadhli udah dipasang :-)

Mba Fanny dan Fanda : Sore juga jeng 9eh tapi pas gw bales ni komen disini mah subuh). Syiiippp, lagsung dimakan yah lempok sama permennya (hiks, serius deh jadi ngiler ekye!!)

Mas Richo lagee : Hajaarrrrrrrr, Mas!! :-)

attayaya said...

tos lima jari untuk Zahia

yihaaaaaaaaaa.....

Ajeng said...

Assalamu'alaikum..
Terima kasih kunjungannya ke rumah bunga saya, maaf baru sempat berkunjung. Link sudah saya pasang diBlog saya.

Ayo, kita rame-rame 'menyerbu' Mbak Fanny ^_^

bintang said...

met hari minggu mbak....
ayo mbak nulis lagi....

Vera said...

waaa..asyik ikutan lomba nulis ya, klo aku ikutan lomba makan krupuk aja deh hehhe..tp hadiahnya duren ada kaga

Thariq said...

wow...kereennn.....

jelas dan panjang...huehuehue...

maafkan aku mbak, dah lama banget gak silaturahim.....

Zulfadhli's Family said...

Bang Atta lageeee : Yihaaaaa, toss lagi ahh buat Uncle Atta :-)

Mba Ajeng : Thanks yah Mba udah berkunjung balik kesini. Link Mba juga saya pasang yah. Thanks :-)

Mba Bintang lagee : Met wiken juga Mba. Iya neh baru sempet hari ini posting, maklum lah emak2 repoootttzzz :-)

Mba Vera : Hihihi, kalo mau hadiahnya duren ikutan lomba makan duren ajah Teh

Mas reza ; ora popo, Mas. yng penting kan sesekali mampir :-)

Desy Noer said...

mantap surantap revwew nya. Good luck dech...

Zulfadhli's Family said...

Mba Desy : Hehehe, thanks yah Say :-)

Call me Batz said...

wah ..ikutan lomba nih..semoga menang ya? salam kenal..blogwalking nih.haha