Saturday 5 June 2010

Kelanjutan Cerita Jantung

Semenjak gw memosting mengenai kesehatan jantung gw disini, banyak sekali sahabat2 yang mengirimkan imel atopun sekedar chat di pesbuk, mulai dari sahabat jaman masih hobi berkeliaran telenji dengan kepala penuh kutu, ampe sohib2 pas Fir’aun heboh ngebonding rambutnya yang kriwil, bertanya mengenai hal itu [tengkiu for your support, Friends]. Well, secara keseluruhan, gw bisa mengatakan situasi Alhamdulillah sudah aman terkendali. Tanggal 24 Mei gw ke Hospital lagi untuk diambil darah. Resultnya keluar seminggu kemudian, yaitu kemarin lusa, tanggal 3 Juni. So kumaha Jeng hasil cek darah dan perjumpaan dengan Dokter Pakar? Baiklah, gw akan melaporkan kejadian rincinya.

Abang chayank berangkat ke kantor lebih pagi dari biasanya. Bukannya pengen dibilang karyawan teladan supaya dapet penghargaan Kalpataru [eh, apa Adipura yah?!], tapi karena tar jam 9 mo ijin sama Om Bos buat nganter bini tercinta nan bohai ke hospital. Setelah menyelesaikan laporan dan pekerjaan lainnya, Abang cabs ngejemput bala tentara yang udah standby di rumah. Alhamdulillah Zahia bangun jam 1/8 am, langsung Bunda mandiin, pake baju [milih sendiri mau pake batik merah u can see my keteks yang belom berbulu + legging merah + sepokat kets warna merah putih kaya bendera RI], minum susu, giliran Bunda dan Uti deh yang siap2. Ayah datang, rombongan dah ready, jadi jam ½ 10 kita udah sampe di Hospital. Wedeeehh, susye nian nyari tempat parkirnya. So, gw + Zahia + emak gw turun dulu, lagsung menuju Pakar 3, sedangkan Abang muter2 nyari tepat parkir, yang Alhamdulillah akhirnya dapet juga setelah melakukan tawaf 7x keliling2 tu Hospital.

Sebagai pasien baru, gw kudu mendaftar terlebih dahulu di counter pendaftaran. Seorang Nurse meminta passport, kemudian mengisi biodata yang diperlukan ke dalam Patient History Card. Abis itu menuju counter pembayaran, bayar 60 RM. Alamak, mahal amatz! Kaga bisa ditawar yah Mak Cik Nurse?? Dapet nomor antrian 24. Pas liat ke monitor2 yang ada di setiap pintu, ternyata baru ampe nomor 7 yang dipanggil. Hiks! Curiga bakal ampe lumutan neh nunggunya. Untuk mengisi waktu, gw nyuapin Zahia sarapan, soalnya dari rumah baru minum susu makanya gw bawa bekel nasi + udang + telur dadar [ga pake sayur coz pagi masak sayur paria dan paria kan pahit, Zahia kaga suka].

Setelah menunggu berabad2, tibalah giliran gw ketemu Dokter. Idih, laki gw mana seh? Udah tau bininya tadi minta ditemenin masuk ke ruangan Dokter, secara takut mendengar Dokter ngomong yang serem2 tentang jantung gw, eh malah ngabur ke mobil ngambilin minum buat Zahia. Yo weiss dengan gagah berani gw masuk sendiri ke dalam bilik Dokter.
Gw : “Good morning Dok”
Dokter Indihe [seterusnya gw singkat DI] : “Morning. Silahkan duduk Puan. Jadi apa keluhannya?” (sambil membolak-balik buku gw yang berisi hasil EKG sebelumnya)
Gw : “Bla-bla-bla-grok-grok-grok-dag-dig-dug-serrrrrr” (menjelaskan dengan berapi2 kronologis kejadian sebelumnya dengan Bahasa Inggris yang belepotan).
DI: “Ada sakit dada? Sakit menelan? Sesak nafas?”
Gw : “Ga Dok”
DI : (memeriksa kelenjar tiroid di bagian leher dengan cara menekan2) “Ada sakit bila ditekan?”
Gw : “Ga Dok. Btw, gimana Dok dengan hasil cek darah gw?”
DI : “Jadi begini ..……. Kriiiinnnnnngggg” (angkat telepon yang nongkrong di mejanya)
Gw : (mohon maap ada iklan dodara2)
*** Setelah Beliau menutup tu telepon, baru siap2 ambil nada C untuk memulai pembicaraan, eh tiba2 henponnya bunyi. Waduh Om Doks, yey sibuk pisan seh?! ***
DI : (berbicara dengan orang yang meneleponnya) “Ok …. Ok …. I will go now …. Wait a minute”
Gw : (Om, mau kemana? Lah pan giliran ekye belom selesai?! Apanya yang selesai wong baru kata pengantar!)
DI: “Sorry. Ok kita lanjut lagi. Puan ambil dulu hasil cek darahnya di lab, nanti datang lagi. Saya ada call dari emergency”
Gw : (%$!*&^+:!##%^&((_&^$@@!_((^^%$#@%&)

Sabar San, sabar! Orang sabar pantatnya besar! Dengan menyeret langkah dan mangkel berat, gw keluar ruangan, disambut oleh laki dan emak gw yang melontarkan seribu pertanyaan. Gw bilang kalo Dokternya ada arisan mendadak yang urgen sekali, dan gw disuruh ngambil sendiri hasil tes darah di Wad 25 (Bagian Makmal). Abang merepet “Lho, gimana seh? Kata petugas waktu ambil darah hasilnya bakal dianter ke Pakar 3? Ko sekarang kita yang disuruh ambil sendiri? Dasar ga professional. Ga memuaskan! Dimana2 kan bukan pasien yang ambil hasilnya tapi alif-ba-ta-tsa-jim-ha-kho-dal-dzal-ro-za-hamzah-ya”. Hihihi, pagi2 jangan marah2 Pak, tar gantengnya menguap loh! Gw dan Abang pergi menuju Wad 25, Uti dan Zahia ga ikutan, teteup dengan setia tidak beranjak dari kursi tempat menunggu.

Syukurlah kami bisa juga menemukan Wad 25. Kami menuju counter, gw bilang gw mo ambil hasil tes darah, disuruh menunggu, ga lama petugasnya bilang kalo hasilnya udah mereka antar kesono. Dia memberikan secarik kertas buat diberikan kepada petugas di counter Pakar 3, berisi keterangan kapan tu result diantar (tanggal & jam), sapa yang nganter, dan nama penerima. Ya ampyun, mulai esmosi dah gw! Ko jadi muter2 gini?! Bener2 ga propesional pisan! Emang ekye bola voli dioper2 kesana-kemari?! Laki gw mah jangan ditanya, gemes bukan main ampe perutnya nambah ndutz 2 inchi. Sebenernya, sebagai pawang, gw tau banget gimana cara menenangkan Ayahnya Zahia kalo lagi ngamuk, yaitu dengan memberikan ciuman mesra. Lah tapi kalo gw cium si Abang di depan khalayak rame jangan2 gw malah ditangkep satpam karena dalih melakukan adegan 17 taun ke atas di area umum. Kan berabe urusannya!

Sampe di counter, Abang dengan muka garang memberikan kertas tersebut. Nurse nguprek2 file, dan 3 menit kemudian memberikan hasil laboratorium gw. Alhamdulillah Temans, semuanya normal.

1. Calcium
Result : 2.27 mmol / L
Range Normal : 2.02 - 2.60
2. Creatinine
Result : 64bµmol / L
Range Normal : 58 - 96
3. Triglyceride
Result : 0.7 mmol / L
Range Normal : 0.6 - 2.3
4. Cholesterol
Result : 3.0 mmol / L
Range Normal : 0.0 - 5.0
5. Blood Glucose
Result : 3.8 mmol / L
Range Normal : 3.3 - 6.7
6. Serum TSH
Result : 1.53 miµ / L
Range Normal : 0.47 - 5.01
7. Serum T4
Result : 87 nmol / L
Range Normal : 60 - 155

Gw dengan hati riang mengetuk bilik Dokter, tapi hanya menjumpai Nurse yang bilang “You wait ha, Dokter sill in Emergency”. Oww oww oww, ok deh Hani Bani Swahili. Menunggu benar2 pekerjaan yang membosankan, walopun kami udah berasa mengisi waktu dengan membaca majalah2 yang ada. Jarum jam yang panjang dan pendek udah hampir ketemu di angka 12, pasien yang tersisa di ruangan pun tinggal beberapa gelintir lagi padahal tadi penuh banget ampe banyak yang ga dapet tempat duduk. Ampe kapan Katrina Kaif harus menunggu Om Shahrukh Khan dateng buat joget bareng muter2in pohon pisang? Bisa ambeyen gw kebanyakan duduk! Ternyata Allah mengabulkan doa orang yang kebelet. Ketika jarum jam perlahan namun pasti beranjak ke ½ 1, tuh Dokter muncul juga, dan gw dipanggil ke dalam bilik. Kali ini tentu ditemani Ayahnya Zahia dunks. Dokter bilang:

# Melihat hasil lab gw, everything is normal.
# Pada sebagian orang, T-inversion dianggap normal. Lagipula, dari grafik V1 – V6, tidak semua grafiknya menurun, sehingga Dokter menyimpulkan kondisi tersebut masih dalam kategori normal.
# Kalopun misalnya ada kelainan di jantung, harusnya bisa diketahui pada saat gw melahirkan. Kalo ga ada komplikasi apapun saat melahirkan, berarti logikanya semua organ tubuh baik2 saja [Pingkan Mambo bangetz].
# Off all medicines. Obat cair darah dan kolesterol yang sebelumnya diberikan ke gw TIDAK BOLEH diminum lagi.
# Gw harus musti kudu wajib melakukan olahraga rutin setiap hari [ngangkat anak ber-BB 9 kg setiap hari juga kan termasuk olahraga, hihihi ngeles].
# Karena ada sejarah penyakit jantung dalam keluarga (Papa gw), maka gw harus mengontrol kondisi jantung gw secara rutin, setaun sekali.

Alhamdulillah. Subhanallah. Allah Akbar! Betapa gembira gw mendengar itu semua. Rasanya plong banget, keangkat semua beban di hati gw. Bukannya apa2, semenjak kejadian divonis lemah jantung sama Dokter sebelumnya, hari2 gw berikutnya bener2 mellow. Gw sering banget nangis Bombay, berjuta kali saat Abang dinas luar ga ada di rumah gw mengirimkan sms2 merana dangdut, otak selalu dipenuhi pikiran2 yang aneh bin mengerikan, ampe BB turun 3 kg dari 57 jadi 54 kg [tapi kalo efek yang ini mah wajib disyukuri karena gelambir agak2 berkurang]. Belum lagi jantung gw yang makin sering berdebar2nya. Kalo kata Dokter Shivanan, hal itu dikarenakan gw stress makanya jantung jadi berdebar2. Tengkiu pisan yah DokShi, ai lop yu. Eit, jangan GR dulu Dok! Lop nya hanya sebatas pasien ke Dokternya, ga lebih, ga kurang, ga bisa ditawar karena itu harga pas, kecuali Dokter ambil selusin [dagang kaleee].

Kami pun pulang dengan gembira, bernyanyi tralala-trilili sepanjang jalan. Nyokap gw juga keliatan lega banget, coz semenjak kejadian gw ke Hospital itu seringkali gw mendapati Uti Zahia suka memandang gw dengan tatapan ‘nelongso’. Kalo Zahia ngapain Bun? Biasalah, apalagi kalo bukan nenen sambil merem.
Ya Allah, sujud syukur hamba pada-Mu. Terima kasih atas ujian-Nya. Semoga kami termasuk ke dalam golongan orang2 yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada-Mu, dalam kondisi bagaimanapun. Nikmat sehat memang tidak ada duanya, Temans. Maka bersyukurlah kita2 yang masih diberi kesehatan, dan jangan lupa untuk menjaga badan agar sehat selalu.

Result Pap Smear

Name : Susan Noerina
No. Passport : sekian-sekian-sekian
Age : 28
Clinic : KKIA Tudan
Sample Taken On : April 30th, 2010
Sample Taken By : Empenai JM

Specimen / Method : Conventional Pap Smear
Specimen Adequacy : Satisfactory for evaluation. Absent of endocervical / transformation zone components
Interpretation / Result : Negative for intraepithelial lesion of malignancy
Comments : Nil
Suggestion : Please repeat smear as scheduled

Report Validation
Screened By : SKLO
Designation : Med. Lab. Technologist (Cytology), Jabatan Patologi, Hospital Miri, Sarawak
Date : May 25th, 2010

29 comments:

bintang said...

pa kabar sebelumnya mbak san...
sabtunya mo di abisin kemana nih.....
gak cuma neneni zahia doank kan. hehehhe
piss ah canda......

alhamdulillah semua selesai dengan baik ya mbak. semoga sehat selalu dan bahagia bersama keluarga
amin....

Bekti said...

Selamat ya Jeng...wow akhirnyah happy ending juga critanya! :D syukurlah semuanya baik2 saja, termasuk juga pap smearnya. Kalo saran dokter olah raga rutin, sebaiknya dilaksanakan. Dokternya kasih tau olahraga yg cocok ga? Kalo ga ada pantangan, pilih aja olah raga yg disukai, kalo hati senang kan selain tubuh tambah sehat, pikiran jadi fresh! Hati yg gembira itu sangat penting Jeng, bahkan spt obat yg manjur..

Lidya said...

syukur deh kalo baik2 aja ya San

vamos angie said...

wah...alhamdulillah gak kenapa2 mbak... btw, aku baru sadar kalo mbak sekeluarga ada di Malay, hehehehehehe.... kiss and hug buat zahia ya :)

Diyah-ummi Zalfa said...

Alhamdulillah....syukurlah kalo akhirnya semua baik2 aja mbak.

Semoga sehat selalu ya mbak....

Unknown said...

wah, aku pernah dibilang jantungnya lemah.

Aulawi Ahmad said...

syukurlah sist gak apa2, gue dah menduga loe sebenernya sehat wa'alfiat hehehe, btw ternyata pelayanan RS di Indo ma di sono samimawon ya hmmmmm ada juga yg sama ternyata wkwkwkwkwkwk

Nikmatnya Hidup said...

alhamdulilah akhirnya hasilnya bagus.... nah harus rajin jaga kesehatan sekarang...... biar ga pusing lagi mikirin badan :)

catatan kecilku said...

Alhamdulillah jika ternyata semua normal mbak.. jadi gak usah mellow lagi ya..?
Jangan stress lagi biar jantung gak kerja keras lagi.. hehehe

the others.. said...

Olahraga... itu adalah kata yg aku tak suka... Hikss...
Padahal aku tahu sekali manfaatnya tapi kok males banget ya melakukannya.. :((

TUKANG CoLoNG said...

paling suka deh kalo sains dijadiin cerita kayak gini. kreatif

Elsa said...

amiiiiiiin amiiiiiiiiiiiiiiin
semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan yaa...

salam buat Kak Zahia Cantik dari adik Khadijah yaa

Desy Noer said...

yuuu mareee rajin2 olah raga.. lari-lari kek, apa kek, mumpung wiken kan ada temennya, si hubby.

baik-baik juga jaga pola makan dan hidup sehat, sayangi jantung kita. ceileee... sok berpetuah. hehe

sempet ikutan geram juga nech, soal pelayanannya, dioper-oper gitu.

but alhamdulillah everything is okay ya jeng..

Zulfadhli's Family said...

Mba Bintang : Amien, thanks doanya yah Mba. Hihihi, hari Sabtu cuma shopping ajah belanja kebutuhan rumah buat seminggu, mo JJS ujan bo. Tapi hari ini, Minggu, kami main ke Taman Awam. Wuihhh, seru pisan loh! Coba Aunty Bintang ikut *kata Zahia* :-)

Jeng Bekti : Alhamdulillah Jeng. Jenis olahraganya mah kaga ada pantangan, apa ajah boleh. Tapi disini ga ada klub panco, kalo ada gw milih olahraga ini ajah hihihi boong deng! Gw rencananya mo berenang tiap minggu bareng Zahia & Ayahnya. Tapi baju renang khusus jilbaber masih di Pontianak, belum nyampe ke Miri. So, sementara menunggu kedatangan baju renang yah gw olahraga seadanya dulu lah, misalnya angkat beras, ato becete ama laki (hihihi, sensor!! Soalnya kan becete membakar kalori juga)

Teh Lidya : Alhamulillah :-)

Mba Angie : Iya Mba alhamdulillah banget, soalnya gw udah parno banget! Kata Zahia kiss kiss juga buat Aunty Angie. Mmmuuaaaccchhh

Mba Diyah : Thanks yah Mba doanya. Semoga Mba sekeluarga juga sehat selalu :-)

Mba Fanny : Oya, kapan jeng? Emang Mba udah pernah EKG kah?

Bang Aulawi : Iya Bang, syukur alhamdulillah banget ga kenapa2 dengan jantung gw. Hihihi, ga di Indo ga di M'sia yang namanya Government Hospital kayanya yah sami mawon

Mas Richo : Betul Mas, hayoooo kita olahragaaaaaa :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Iya Mba alhamdulillah. pasti dunks sekarang kembali ceria seperti sedia kala :-)

Mba Reni (The Others) : Toss ah Mba, gw juga semenjak berojol Zahia mualeeesss banget olahraga. padahal jaman masih perawan tingting demen banget sit-up, terus joging :-(

Tukang Colong : Thank you :-)

Mba Elsa : Amien. Syip syip, salamnya udah disampein. Kata Zahia nitip cubit buat Ade Khadijah yang cantik dan menggemaskan :-)

Mba Desy : Yuks mareee. Hihihi, makasih yah Jeng atas petuahnya, Insya Allah gw akan rajin berolahraga. Kalo dirimyu olahraga rutinnya apa? :-)

Dian said...

Syukur deh kalo kondisi kesehatannya baik2 aja

Kiki - BundaAzam said...

Salam kenal bun...aku baca postingannya bunda neh..Wah alhamdulillah ya sehat2 aja,rajin olahraga bun biar tambah sehat lagi heheheh..salam kenal ya bun..oia bisa tukeran link ngga?

BunDit said...

Alhamdulillah, jadi ikut lega bacanya. Semoga mbak Susan selalu sehat ya. Jadi diingetin buat olah raga deh. Semenjak jadi emak, saya gak pernah olahraga. Sama sih olahraganya ngegendong anak hehehe

Fitri3boys said...

Alhamdulillah, moga slalu sehat ya jeng

Shmily family said...

Alhamdulillah.......ikut seneng deh dengernya San =)

Blog Keluarga said...

Tetap jaga makanan ya??? Insya Allah tetap sehat...

DewiFatma said...

Alhamdulillah, semua baik-baik aja Jeng. Tetap jaga kesehatan.
Saya seneng baca postingannya, biz lucu..hihihi... Mungkin karena Zahia sedang lucu-lucunya yah? *eh, pa hubungannya*
Jeng, link nya udah ta' pasang tuh... :)

TUKANG CoLoNG said...

jumpa lagi

TUKANG CoLoNG said...

oia link nya udah ku pasang

Marlina Nugraningsih said...

tetep semangat dan selalu bersyukur...

ceritatugu said...

selamat malam, semoga sehat selalu,tetap semangat

Allisa Yustica Krones said...

Huwaaaaa!!!!!

Puji Tuhan ya san, ternyata hasilnya negatif. Turut bahagia juga aku san, dengar ceritanya. Semoga sehat terus ya jeng, spy bisa ngerawat Zahia sampe tar Zahia ngasih cucu klo perlu sampe cucumu jg ngasih cicit buat dirimu :D

yenni 'yendoel' said...

yah baguslah kalo gapapa. ygpenting rutin olah raga. tetap rutin check-up. selamat beraktivitas lagi yah!

TUKANG CoLoNG said...

berkunjung lagi nih..:)

Zulfadhli's Family said...

Mba Dian : Syukur alhamdulillah, Mba :-)

Mba Kiki : Thanks doanya Mba. Btw boleh dunks tukeran link. Gw link back ya Say :-)

Mba Ririn : Hihihi, ternyata olahraga kita sama yah Mba. Btw thanks atas doanya :-)

Mba Fitri : Thanks Mba fit doanya :-)

Indah (Shmily Family) : Kalo gituh ga jadi deh Ndah saygudbay sama coklatnya hehehe dasar orang ga konsisten!!

Blog Keluarga : Siaaaapppp Komandan!!! :-)

Mba Dewi : Thanks Mba doanya. Blog Mba udah saay link juga :-)

Tukang Colong lageee : Thanks yah dah mau tkeran link :-)

Mba Lina : Pasti dunks Mba :-)

Pak Eka : Matur nuwun doanya, Pak :-)

Jeng Alissa : Thanks yah Jeng. Yoi, tar cicit2 kita shopping bareng, kita sambil nunggu mereka belanja sibuk berdua ngunyah2 sirih hahahaha

Mba Yenni : Betul Mba, olahraga, dan check-up setaun sekali :-)

Tukang colong lagi lagi lagi : Thanks Bro :-)