Friday, 18 June 2010

Kenapa Lo betah Tinggal Disana?

Setting → Ruang makan, pada sebuah meja, depan lappie dan modem yang menunjukkan grafik HSDPA

Deskripsi → Seorang emak2 manis beranak satu sedang sibuk ceting dengan seorang sahabat nun jauh di Jakarta. Peristiwa ini terjadi tengah hari bolong, pada saat Zahia bobo sehingga emaknya bisa kelayapan di pesbuk

Sahabat : “San, apa kabar lo? Gimana Zahia, sehat?
Gw : “Alhamdulillah Say gw sekeluarga sehat. Lo apa kabs? Sehat dunks pastinya?”
Sahabat : “Alhamdulillah. Btw kapan mudik?”
Gw : “Rencana seh laki gw ambil cuti 20 hari, mulai tanggal 4 Sept. Sebelom Lebaran jadwal show cuma di Jakarta, Bekasi, Bogor, Cilegon. Lebaran di tempat Kakek gw (Pandeglang). Abis itu baru dah kelayapan ke Bandung, Singkawang dan Pontianak. Road show booo gw!”
Sahabat : “Syiiippp. Ketemuan yah. Kangen gw ama congor lo yang kaga berhenti ngoceeeehhhh”
Gw : “Hahahaha, satu lagi Bu. Kaga berhenti makan”
Sahabat : “Oh iya, lupa gw kalo lo rakus. Btw rencana ampe kapan di M’sia? Kaga niat lo stay di Indonesia? Betah amat Neng di Negara orang”
Gw : “Niat seh niat Say, tapi saat ini yang mo ngegaji laki gw kan perusahaan M’sia. Kalo emang nanti rezekinya di Indonesia yah pasti balik dunks”
Sahabat : Pasti udah keenakan digaji Ringgit deh”
Gw : “Hihihi, tau ajah lo”
Sahabat : “Eh gw mau tau dunks enak dan ga enaknya disono dibanding dengan di Indo”
Gw : “Iiiiihhhh bawel amat lo dari tadi nanya kaga kelar2. Udah jadi wartawan inpotemen yah?”
Sahabat : “Hahahaha. Eh sori dori neh gw cabs dulu. Ada tamu tuh ketok2 pintu”
Gw : “Ocreh Hon. Tar disambung lagi yah. Salam buat laki lo. Oya, bagus gw jawab pertanyaan lo di blog gw dah biar lo puasssss. Lo baca sendiri yah disitu. Bye”

Demikianlah sodara2, obrolan antara dua orang sahabat. Ga ada yang penting2 amat banget sebenernya, hanya percakapan seputar kabar. Tapi bagi gw menjadi amat penting, karena itu adalah ke 46x nya gw ditanya seperti itu. Ditanya apa maksud lo? Itu loh, ditanya kenapa betah amat di Negara orang. Sebenernya, jika disuruh milih, jelas lah gw (baca: kami) lebih cinta Indonesia dibandingkan M’sia. Gw dan laki ga akan murtad menukar kewarganegaraan kami. Zahia pun, yang punya akte lahir M’sia, dan bisa memilih untuk menjadi WN M’sia jika sudah berumur 14 taun, kemungkinan akan tetap berkewarganegaraan Indonesia seperti ortunya. Nah terus kenapa dong? Hadoh, nanya mulu! Baiklah, supaya kaga penasaran, gw akan jawab.

Mata pencaharian. Yup, itu jawabannya. Demi segenggam berlian dan sejumput intan, serta masa depan secerah wajahnya Dian Sastro, maka kami bela2in ngungsi ke Negara orang, menjemput rezeki yang Allah berikan. Toh siapapun juga, jika ada kesempatan yang lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, pasti akan menjatuhkan pilihan kepada yang terbaik. Sebenernya, kalo diitung2, gaji gw digabung laki pas kerja di Kalimantan, ga begitu signifikan perbedaannya dengan gaji Abang yang sekarang. Tapi Abang bilang gpp, Beliau hanya berfikir pengalaman yang akan diperoleh, karena jika bikin CV, ada pengalaman bekerja di luar negeri selain negeri sendiri, tentu merupakan nilai plus. Dan itung2 sebagai batu loncatan jika mo mengepakkan saya ke Negara lain [Zimbabwe misalnya. Hohohoho, bercanda gw!]. Perbedaannya kalo dulu 2 orang yang mencari nafkah, sekarang 1 orang ajah, yang 1 nya lagi bisa jaga anak dan ngurus rumah. Akan tetapi, sebagai ekspat, keberlangsungan nafas ditentukan oleh kontrak. Kalo kontrak udah di penghujung taun [kontrak laki gw 2 taun sekali], maka jantung lumajan kebat-kebit juga karena yang namanya nasib kita ga bisa tau. Syukur Alhamdulillah kalo diperpanjang. Lah kalo kaga? Pulang kampung lah yau [semoga kontrakmyu diperpanjang terus yah Hon. Amien].

Menanggapi pertanyaan berikutnya tentang enaknya digaji Ringgit, jawabannya ada 2, enak dan ga enak. Enaknya apa Jeng? Ya itu dia, pendapatan dalam bentuk Ringgit. Kalo ga enaknya apa? Ya itu dia, pegeluarannya juga dalam bentuk Ringgit. Kondisi yang terenak dan sangat ideal adalah jika pendapatan Ringgit, pengeluaran Rupiah. Tapi masa iya gw seminggu sekali kudu belanja ke Entikong (perbatasan)? Tekor bo yang ada. Ni yah Say, gw kasih tau. Disini apa2 mahal. Kangkung di Singkawang, 2 rebu dapet 3 ikat, bahkan kalo Mamang Tukang Kangkung lagi kumat naluri bersedekahnya bisa dapet 6 ikat loh. Gw pernah ngalamin yang kaya begitu. Disini, 1 RM [kurs berkisar anatara Rp 2.600,- sd Rp 3.000,-] cuma dapet 1 ikat kangkung. Sawi 3 bonggol mini harganya 1 RM. Cabe merah, pernah sekilonya 25 RM. Ajegile lo beli cabe 75 rebu!! Tapi teteup musti kudu wajib harus beli secara Utinya Zahia Ratu Cabe, hampa hatinya kalo ga ngeliat cabe, nelongso hidupnya tanpa cabe. Pokonya mahal deh apa2, kecuali barang2 subsidi Kerajaan seperti: gula 1 kg = 1,8 RM; minyak goreng 5 kg = 13 RM; gas 1 tabung gede = 28 RM, dll [kalo mo liat yang detail, gw pernah posting harga barang2 di Bintulu. Silahkan dibaca postingan “Belanja…….Yuuuuukkkk Mariii”. Belom gw update lagi seh dengan harga2 di Miri karena beberapa item ada yang berubah harganya, soalnya yang namanya pasar kan fluktuatif].

Belum lagi, semenjak pindah dari Bintulu, rumah, air dan listrik kudu bayar sendiri. Waktu di camp, walopun jam 11 pm ampe jam 5 am listriknya mati, tapi kaga perlu mbayar [maklum lah disono pake genset. Perusahaan kaga mau gensetnya idup 24 jam tanpa istirahat karena bisa cepet rusak]. Emang seh laki gw semenjak pindah ke Miri dikasih housing allowance, tapi ga cukup bo kalo buat bayar semuanya. Tagihan listrik sebulan berkisar antara 200 - 350 RM [bikin pingsan!!], sedangkan air 15 - 25 RM. Ditambah dengan bayar sewa rumah? Nombok ekye.

Next question adalah enak ga enaknya, ato let’s say positif negatifnya tinggal di M’sia dibanding dengan di Indo. Gw akan mencoba mengkomparasi kedua Negara ini, berdasarkan pengalaman kami tinggal di Bintulu dan Miri:

1. Biaya Kesehatan

→ Ini yang bikin gw seneng. Kalo kita sakit, pergi ke Klinik Kerajaan, bagi WNM bayar cuma 1 RM, warga asing 15 RM. Biaya tersebut udah mengcover ketemu Dokter, minta obat, cek2 segala macem (cek laboratorium, cek darah, X-ray), dan tetek bengek lainnya jika diperlukan. Untuk pap-smear kan udah pernah gw ceritakan jika PS dilakukan sepaket dengan ECG, tes urine, tes darah, tes payudara, baik WNM atopun foreigner tidak dipungut bayaran alias gretong. Waktu ngelahirin Zahia, total biaya yang kami keluarkan adalah 1700 RM, udah termasuk di dalamnya biaya caesarian, obat2an, nginep 3 malam, tes makmal (baca : laboratorium), USG, Zahia berada di wad anak 1 malam. Lain ceritanya kalo kita pergi ke klinik / hospital di luar Kerajaan. Ini chargenya lumayan mahal.

→ Di Indonesia banyak istilah ‘yang boleh sakit cuma orang2 yang berduit’. Apa halnya? Karena biaya berobat mahal. Bagi warga yang ga mampu dan pake Jamkesmas, gw banyak tuh mendengar cerita2 mengenai mereka2 yang tidak mendapakan pelayanan dengan baik dari pihak RS. Untuk berojol dengan operasi, di Singkawang ajah yang kota kecil Tantenya Abang kena 7 jeti, Bibi gw di Serang pake laser kena 18 jeti, apalagi di Jakarta. Ini juga yang memperkuat alasan gw dan Abang untuk bikin anak di M’sia ajah hohohoho.

2. Transportasi Umum

→ Susah kalo ga punya kendaraan disini. Emang seh ada bus, tapi ga menjangkau ke semua wilayah. Maksud gw bus nya ga masuk ke kompleks perumahan. Kalo yang rumahnya deket jalan mah enak, tinggal cari halte terdekat, ngendon bentar nunggu bus dateng, naik deh ampe tempat tujuan. Lah gw tinggalnya di dalem kompleks, mo jalan ke halte bus yang ada keburu gempor secara jauh banget haltenya. Disini ada juga taxi dan kereta sapu (baca: angkot / taxi gelap), tapi lumajan mahal. Itulah sebabnya gw belanjanya seminggu sekali nunggu Ayahnya Zahia pulang dinas luar, nyetok bahan pangan untuk seminggu.

→ Di Indonesia mulai dari kendaraan umum beroda dua (ojeg motor ato sepeda), beroda tiga (becak, bajaj, bemo), beroda empat (angkot, elep / mini bus, taxi), beroda lima (ojeg becak kaya di Medan ato Riau) beroda banyak (bus, kereta api), ampe yang ga beroda (ojeg gendong) [pegel booooo], berkeliaran dimana2 dan mudah ditemui dari pelosok2 desa ampe kota besar.

3. Fasilitas Rekreasi Umum

→ Dibanding Bintulu yang fasilitas untuk rekreasinya cuma beberapa biji, di Miri banyak banget bertebaran tempat2 rekreasi. Ada Miri City Fan, Taman Bulatan, Taman Awam, dan taman2 lainnya. Masuknya gratis, tempat bersih, terawat, enak buat piknik karena ga ada sampah nan bau disana-sini, banyak permainannya, juga tempat berolahraga. Di Taman Awam, malah ada jembatan gantung (canopy bridge), kolam bermain anak, tempat barbeque dimana panggangannya udah tersedia jadi para pemirsa tinggal membawa daging, ikan, ato ayam sendiri. Kalo playground jangan ditanya, buanyaaaakkkkkk banget. Ga cuma di taman2 rekreasi, di tempat2 umum kaya pantai, pinggiran kompleks, rata2 ada playground. Lumayan lah kalo mo bawa anak main2 ayunan, perosotan, panjat2an, dll. Oya, di M’sia ini juga sangat tertib. Ga ada tuh yang namanya pedagang asongan dan kaki lima. Kalo mo jualan, kudu ada izin dulu, kalo kaga bisa langsung ditangkep sama Polisi ato at least Kamtibmas. Buang sampah sembarangan? Rasakan akibatanya jika diketahui petugas, kecuali kalo pas buangnya ga keliatan sapa2 [hihihi bandel].

→ Jangankan yang gratis, yang masuknya bayar ajah kaya Pantai Ancol, perasaan setiap liburan anak sekolah ato taun baru, gw liat di tipi timbunan sampah lebih banyak dari pasir di pantainya. Apalagi kalo gratis, duh pasti banyak gepeng, ateng, sapiteng ngumpul disono, dan menjadikannya tempat tinggal. Seperti budaya ‘membuang sampah pada tempatnya’ belum jadi budaya negeri kita tercinta.

Segituh ajah dulu yang gw jabarkan. Gw dan Abang, memiliki prinsip bahwa dimanapun berada, entah di negeri pertiwi ato negara orang, harus dibetah2in. Kuncinya adalah adaptasi. Semua tempat pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kalo bentar2 mewek pengen pulang kampung karena kangen ortu lah, kangen masakan rumah lah, kangen ini itu lah, yang ada jebol bo keuangan negara. So, bagi yang sedang merantau, yuks mari kita beradaptasi dengan tempat kita berpijak sekarang, dan jangan lupa selalu menjaga kehormatan bangsa kita sendiri. Jangan ampe jadi kacang lupa kulitnya yah.

48 comments:

Bekti said...

Sambil baca postingan kali ini, aku sekalian buka google earth Jeng. Mo lihat Miri dari atas.Ck, ck,ck... Miri city tuh ternyata rapi banget yah? dari udara keliatan banget kotanya tertata rapih! Wow, pengeenn doung ke sana *ngarep ada rejeki turun dari langit* hahaha....
Btw, aku juga kangen dengan pontianak. Emang mertua tinggal di mana di pontianaknya Jeng?

Allisa Yustica Krones said...

Cabe 75rebu???? wakkksss.... mo pingsan aku bacanya, scr kemaren cabe sempat 20ribu sekilo aja buat aku dah mahal banget :D :D

BTW, biaya melahirkan cesar di sana murah banget ya San. Aku kmrn cesar jg angka 15jeti lewat...Puji Tuhan dibayarin kantor..hihihihi

IbuDzakyFai said...

Semua ada kelebihan juga ada kekurangannya ya, tergantung bagaimana kita mensikapinya...dan beradaptasi ....

catatan kecilku said...

Aku sih pengennya negara kita tercinta bersih dari sampah agar masyarakat dapat hidup lebih sehat.
Tapi... membudayakan disiplin itu di negara kita ternyata sulit juga ya... hehehe

the others... said...

Untung aja aku gak suka sambel.. Gak kebayang kalau harus beli cabe seharga 75ribu... hehehe

BunDit said...

Waduh...mau nikmat makan pakai sambel kok muahil banget ya mbak hehehe. Tapi sy setuju prinsip mbak sama suami, dimanapun kita ya harus adaptasi. Namanya tempat tinggal pasti ada plus minusnya.. just enjoy it :-)

DewiFatma said...

"hampa hatinya kalo ga ngeliat cabe, nelongso hidupnya tanpa cabe.."
hahahaha...gw ketawa sakit perut mbaca ini. Aduh, emak2 manis satu ini, lutu banget siihh...

Sang Cerpenis bercerita said...

emang paling enak negeri sendiri deh.

DewiFatma said...

Gw jadi lupa mo komeng apa...@#$%^&%@#@%
Ketawa mulu baca postinganmu Jeng...
Ntar aja yah komengnya...gw mau nyelesein ketawa dulu..

Aulawi Ahmad said...

gitu ya sist perbedaannya, cabe keriting, cabe rawit muaahhal ternyata hmmm (bisa jadi bisnis tuh), btw semua memang ada enak gak enaknya, artinya harus pandai mensyukuri apa yang didapat betuuuul (awas kalau kalau bilang salah) wkwkwkw

richoyul said...

dimanapun itu yang penting asik gt aja heheh...... klo gt kirimin oleh2 dari m'sia donk biar bisa bayangin klo di m'sia kaya apa, di tunggu loh :)

Dian said...

Pantesan dirimu pernah komen di blog ku tentang cabe, lha wong ternyata mahal banget ya ! Ya gpp hidup dimana2 itu pasti ada Plus dan Minus nya, jalani aja dengan lapang dada dan iklas

Lidya said...

dibikin happy aja deh tinggal dimanapun :)

Blog Keluarga said...

terkadang pandangan dan rasa setiap orang berbeda,,, begitu pun dengan salahsatunya bumi tempat kaki dipijak...

aishi lely said...

mmm..kerja ap bun suaminya...
senengnya punya pengalaman tinggal di negeri orang..^^

attayaya said...

aku mau juga dooong segenggam intan

zee said...

Memang benar jeung susan, dimanapun kita berada memang harus pintar-2 beradaptasi. Yang penting kan ada suami yg selalu bersama kita. Jadi ke ujung duniapun hayo aja..

Yg paling gw harapin di negara kita ini ya fasilitas kesehatan yang layak dan murah. Pusing kan dikit2 harus bikin asuransi biar bisa cover klo sakit....

Desy Noer said...

Setuju! dimanapun kita berada yang penting sejahtera..hehe..itu yang utama.

dan yang terpenting lagi hubungan tali silaturahmi dengan keluarga sedunia tetep erat yah..

eh,btw menurutku lebih cerahan mukanya miyabi daripada dian santro, ..????

bintang air said...

zahiaaaaa auntie wina datang nih...
yuk maen ke medan...
membelanjakan ringgit ke rupiah asik deh..

kalo di msia kan pendapatan banyak, harga barang tinggi. so emang udah gitu ya mbak. pendapatan di sesuaikan ama pasar.

Jazz Muhammad said...

yah, ini soal pilihan

mana yang baik dan menyejahterakan ya dipilih.
Kenapa g di Indo aja? Salah sendiri pemerentahnya g beres2 (hehe..)

ya sudah, semoga kehidupannya lancar teh.....

ini aku mampir lagi, UAS selese, n kemren baru pulkam.. ke Blitar, Bumi Bung Karno..

oya nilai semua baik2 alhamdulillah

oya teh, ada g tulisan teteh soal gimana ceritanya bisa ke negeri sono tu?

TUKANG CoLoNG said...

iya, city itu emang bagus banget..:)

btw, boleh tu intannya dibagi2..:)

bunda Aliyyah said...

Ho oh, dimanapun kita menetap yang penting bisa adaptasinya. Karena kalo ndak bisa adaptasi, susah, ... ngga betah kan repot. Apalagi dah ada anak, terus kitanya juga tipe yang ngga mau pisah ma suami (aku disini abang disono) .... wah emang benaer2 deh, musti ridho. Dimanapun asal kita bisa adaptasi akan senang kok *kecuali kutub kali ya, karena disana jelas ngga mungkin nyaman buat tempat tinggal* hi hi hi

rosanakmami said...

yap, tinggal dimana aja sama aja kok ya, mbak..
selalu ada kelebihna dan kekurangannya..
lagipula yang terpenting bukan lah dimana kita tinggal, tapi bersama siapa kita tinggal.

selamat hari senin, mbak..
semoga hari ini menyenangkan.. ^^
salam kecup untuk zahia, sehat selalu yaaa... :)

Zulfadhli's Family said...

Every body, sorry yah baru bales komennya. Biasalah ada laki di rumah, jadi kaga bisa ngenet :-)

Jeng Bekti : Miri emang kotanya tertata rapih. Btw pertanyaan dirimyu tentang mertoku udah dijawab langsung yah di blog dirimyu :-)

Jeng Alissa : Hihihi, gw ajah mencret Lis tiap mo beli cabe. Untung sekarang lagi musim jadi harganya sekilo 10 RM. Wah enaknya yang biaya melahirkan dicover 100 % sama kantor, kalo di M'sia mah kudu bayar sendiri. Kantor kaga nanggung bo :-(

Mb Reni (Catatan Kecilku) : Budaya itu harusnya timbul dari pribadi masing2 orang yah Mba. Btw selamat loh tulisannya mengenai sampah menang lomba :-)

Mba reni (The Others) : Gw juga ga gituh hobi cabe Mba, tapi Nyokap ga bisa hidup tanpa cabe. Bisa uring2an bo kalo sehari ga makan cabe hehehe

Mba Ririn : Betul Mba, just enjoy the place :-)

Mba Dewi : Ati2 Mba, tar dikira gila pula sama orang2 gara2 ketawa-ketiwi sendirian :-)

Mba Fanny : Setubuuuhhhh!! :-)

Mba Dewi lagee : Sekarang udah selesai kan Mba ketawanya?? Hohohoho

Bang Aulawi : Bettttuuuuuullllll (soalnya kalo bilang ga takut bonyok hehehehe)

Mas Richo : Mau oleh2 apa uncle? Upin Ipin ato Mak cik Melayu?? :-)

Mba Dian : Yoi Mba, selama kita menjalaninya dengan ikhlas Insya Allah ga kerasa berat :-)

Teh Lidya : Betul banget Teh :-)

Blog Keluarga : Akan tetapi kalo selalu berpikir positif maka dimanapun berada Insya Allah akan terasa nikmat, apalagi dengan keluarga :-)

Zulfadhli's Family said...
This comment has been removed by the author.
Zulfadhli's Family said...

Mba Lely ; Ayahnya Zahia kerja di forestry company Mba. Hihihi orang utan booo :-)

Bang Atta : Kalo cuma segenggam nanggung Bang, segerobak mau ga? :-)

Mba Zee : Istilahnya Mba, kemanapun laki pergi gw mah ngekor ajah. betul, di Indoenesia kalo sakit mah mahal :-(

Mba Desy : Gw mah ogah kalo Miyabi, soalnya bintang bokep seh :-)

Rosyid : Belom ada Syid, tapi khusus buat lo akan gw bikin tulisan itu. Ditunggu ajah yah Say. Btw mana atuh oleh2nya buat Zahia dari Blitar????

Tukang Colong : Mau berapa kilo Om intannya?? :-)

Jeng Henny : Kemana ajah jeng baru muncul lagi? Sibuk yah? Misyu!! Hihihi, kalo di Kutub tar gw bertetangganya sama beruang pula!

Mba Ros : Selamat hari Senin juga buat dirimyu Say. Have a nice day yah :-)

Bunda Shishil said...

Allow bunda Zahia, lama ya ga ketemu, gmn kabarnya?? Iya ya, kalo ga pinter2 adaptasi, bisa susah sendiri, apalagi tinggal di negeri orang. Tapi emang bagus loh Miri City itu. Btw lebaran mo ke jakarta ya,, wah asyik donk. Trus mo mudik ke pandeglang (emang aslinya sana ya??) wah bisa kopdaran nih, hihi.. aku jg tangerang tp cikupa, tau ga bun??

rosanakmami said...

aku datang lagiiiiii... :D

mbak dulu kuliahnya di bogor taaaa?
bogor enak ya, mbak, adem.....
cuma ya itu, tiap hari hujan, heheu..

eh yaaa, temenku ada loh yang tinggal di singkawang, itu dekat ya sama kotanya si mbak?

Jazz Muhammad said...

oleh-olenya doa aja yah

hehe semoga tetap sehat dan jadi anak kebanggaan ortu

Vera said...

Hidup dimanapun pasti enak klo masi kumpul ma kluarga ya, kan? emang bener, kudu dibetah2in dimana aja kita tinggal. Btw, papa azka udah pernah loh ke Miri tp udah lama...sekitar tahun 2000-2001,waktu dia masih kerja di Bakeratlas. ayah zahia kerja di shell ya?

Klo biaya kesehatan di indonesia bukannya beberapa kantor ada yg mengcover 100 %, ky aku melahirkan selalu diganti 100 %, ada jatahnya tergantung grade suami, jadi bisa ambil yg kelas I, II, VIP hihihi..kayak sekolah aja ada kelasnya.

Ohya, mo curhat, waktu aku tinggal di camp Sangasanga, listrik, telpon, gas, rumah semuanya gratis. Begitu pindah ke jkt yg semuanya kudu bayar kok ya sama2 aja rasanya..berarti tergantung gimana kita pake uangnya ya. Klo kita dikasi serba gratis tapi boros dlm hal lain ya sama aja hehee...

Ntar klo mudik ke bekasi/jakarta, mampir yaaa

Bekti said...

Dulu tinggal dikomplek untan Jeng. Cukup sering juga ke singkawang wkt itu :-)

Anazkia said...

Salahnya, orang2 kita di Indonesia selalu menukarkan gaji kita dengan nilai tukar uang. Padahal, seharusnya di manapun kita kerja, kita menggunakan nilai uang di negara kita tinggal. Bukan begitu, Mbak...???

Mbak di Miri yah? miris yah, Mbak di sana...?? Puluhan ribu anak2 Indonesia masih banyak yang buta hururf *kata Pak Duta*

senja said...

cabe 75 ribu,...wah kalo tinggal disana gak bisa nyambel tiap hari dong hehe...

selamat pagi mba,...zahia apa kabar ?

mksh ya sharenya mba,kita jadi tahu kehidupan disana...

Zulfadhli's Family said...

Mba Herien : Iya neh Bun kemana ajah baru mampir? Sibuk yah? Alhamdulillah kami sehat. Shishil+AyBun gimana, sehat kan? Mmmmm....gw bukan asli Pandeglang ko. Tar lah diceritain asal muasalnya :-)

Mba Ros : Yup, dulu gw kul di IPB Darmaga. Bogor emang enak. adem. Tapi kalo ujan ngeri coz sering banyak pohon tumbang. Oya, temennya di Singkawang di daerah mana? :-)

Rosyid : Ok deh Uncle Ocid, thanks yah doanya :-)

Teh Vera : Udah dateng Teh dari KL? mana atuh oleh2nya (hihihihi). Pasti dunks teh kalo pas ke Jakarta gw call Teteh, biar janjian ketemuan gituh looohhh :-) Btw bener tuh Teh, mo tinggal di tengah utan, ato di kota besar, kalo ga bisa mengatur keuangan yah abis2 mulu bawaannya. Tapi di Kaltim emang apa2 mahal ko harganya. Mahal pisan :-(

Jeng Bekti : Sok tuh ke Singkawang lagi. Tar tidurnya di tempat mertua gw ajah :-)

Mba Anaz ; Iya Mba di Miri neh buaaannnyyyaaakkk tenaga kerja Indonesia illegal. Masih banyak dari mereka yang ga bisa baca ga bisa nulis. kebanyakan kerja di ladang

Mba Irma Senja : Secara Utinya Zahia ratu Cabe jadi yah nyambelnya tiap hari deh. Hiks! :-)

yenni 'yendoel' said...

lain ladang lain belalang...
ada enak ada gak enaknya.
kalo aku disini, gak enaknya gak bisa jajan pempek, syomai, ayam bakar...sate padang..

richoyul said...

mak cik melayu yang padat merayap kliatane asik tuh...... pesen 2 yah yang masih anget tapi wew......

TUKANG CoLoNG said...

@Zulfadhli-> seikhlasnya aja..:)

ary said...

halo jeng, dah lama nih aku gak ngeblog, kangen baca cerita2mu. Iya lah, kalo mikirin masa depan, kan kadang kita harus menyingkirkan keinginan, ego, kenyamanan sesaat. Pokoknya dimanapun kita tinggal, pastinya tetep cinta n peduli ama Indonesia ya San ..
hugs ..

mella said...

wah.. segitu detailnya plus minus idup di negri jiran yak!! hehe
hubbyku jg pengen bgt tinggal di indo.. secara dia kan org malay.. gak punya kampung halaman (asli org KL) klo lebaran gak berasa kayak dikampung soalnya rumah neneknya bener2 di belakang menara KLCC.. udhh jd bandar :(,, makanya klo lebaran di indo dia suka.. berasa suasana mudik ke kampung katanya hehe

tapi about fasilitas kesehatan di m'sia aku setuju bgt.;)

Zico Alviandri said...

Emang di sana gak ada ojek ya mbak? Kereta sapu.. lucu juga namanya. :D

attayaya said...

semoga selalu mendapat berkah dari-Nya

Lina Sukadi said...

dimana tempat saya pikir sama, yg penting bisa menemukan ke tentraman hidup :D

putilaksmi said...

dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung..
kayak gw yang awalnya sempet gak relaa banget tinggal disini. tapi skarang, mulai bisa menikmati..
alhamdulilah...
gw lebih memilih untuk menikmati apa yang ada dari pada meratapi nasib san!!! hehehehheheheh

entik said...

jauh di negeri orang yang penting tetep kumpul ma suami dan anak jeng...

attayaya said...

keep smile
keep fight
keep blog
jiahahahahaha....

Zulfadhli's Family said...

Mba Yenni : Hihihi, ternyata yang dikangenin adalah urusan lidah yah Mba. Sama, gw juga langen banget sama siomay, sate, pempek. Kalo ayam bakar mah sering bikin sendiri plus sambal pecel. Mmmmm....jadi laper :-)

Mas Rciho lagee : Anget? Syiiipppp dah. Pokonya fresh from the oven :-)

Tukang Colong : Ok :-)

Mba Ary : Sepakat banget Mba. Btw gw juga kangen sama dirimyu. Juli dah mo ke Paris yah Mba? Hiks, kaga bisa ketemuan dunks pas Lebaran :-(

Mba Mella : Oooohhh, suami asli orang KL toh? ceritain dunks Mba ketemunya gimana hehehe pengen tauuuuu ajah. Btw Lebaran taun ini rencananya pulang ga ke Indonesia? Kalo pulang sapa tau bisa ketemu :-)

Mas Zico : Kaga ada ojeg, wong motor pribadi ajah jumlahnya sedikit. Rata2 orang sini punya mobil (belinya kredit boooo)

Bang Atta : Amieeennnn :-)

Mba Lina : Sepakat Mba :-)

Jeng Puti : Yoi Put, meratapi nasib cuma buang2 energi ajah :-(

Mba Entik : Itu yang utama Mba, asal bareng anal dan laki apapun terasa indah :-)

Bang Atta lageeee : Keep in touch :-)

Elsa said...

murtad kewarganegaraan???
huahahahahahaa......

enak dong, Zahia bisa jadi wrga asing.
tapi tetep pilih Indonesia ya
bagus deh kalo gitu

Zulfadhli's Family said...

Zahia soalnya cinta mati sama Indonesia, Aunty Elsa. Disono apa2 murah, cuma enaknya kalo di M'sia sekolah dan biaya kesehatan terjamin :-)