Saturday, 29 May 2010

Libur ...... Hurraayyyyyy!!!!

Ketika melihat kalender, hati gw berbunga2. Bukannya karena laki gw bru gajian dan akan keluar travel allowance nya, ato gw menang togel 100 rebu RM, melainkan banyak sekali tanggal merah bertebaran selama seminggu ini. Seperti kemaren, tanggal 28, merupakan Wesak Day. Kemudian, tanggal 1 & 2 Juni, khusus Sarawak ada libur 2 hari memperingati Gawai Dayak. Gawai adalah Pesta Panen, yang diperingati oleh orang Dayak. Gawai ini meriahnya lebih2 dari Christmast loh [orang Dayak rata2 beragama Christian]. Waktu kami shopping ke mall hari Kamis malam, mall penuh sesak dengan makhluk2 yang belanjanya kesurupan. Gw ngintip ke kereta belanja beberapa orang isinya adalah minuman / soft drink ber-krat2, kue2 kering, kacang2an, biskuit, permen2, coklat, bumbu2 dapur, daging, ayam, dan beraneka jenis makanan ato bahan pangan lainnya. Persis kaya suasana mo Lebaran. Libur selanjutnya adalah tanggal 5 Juni, yang merupakan birthday of DYMM SPB Yang di-Pertuan Agong, alias Raja Malaysia.

Sebenernya, laki gw dapet wangsit untuk mudik ke Singkawang pake bis. Kan lumajan tuh kalo ditambah cuti 4 hari jadi total bisa liburan 10 hari. Tapi setelah kami pertimbangkan ulang, rencana itu pun batal. Alasannya :

1. Bulan September, mendekati Lebaran, mo ngambil jatah cuti taunan, yang mana jadwal roadshow keliling Jawa dan Kalimantan Barat sangatlah padat. Tentu saja uang yang harus dipersiapkan pun ga sedikit. Nah kalo bulan ini pulang, 3 bulan kemudian pulang lagi, pan jadinya dobel2 pengeluaran, bukan begituh penonton??
2. Kemarin Bapak baru main ke Miri. Tabungan 2 bulan kami udah disetor ke Bang Mastur. Hehehe, gw dah pernah cerita kan kalo Ayahnya Zahia ga pernah percaya sama yang namanya Bank, sehingga duit simpanan kami tabungkan ke Bang Mastur, yang tak lain adalah Bapaknya misua / mertua gw / Ni Aki Zahia. Keuntungan menabung di Bang Mastur adalah:
# Tidak ada potongan2
# Kalo saldo udah nol karena duit tabungan udah dibelikan tanah sebagai investasi, sedangkan kami harus membayar abodemen Kartu Halo, maka Bang akan memberikan pinjaman tanpa bunga dan ga ada time limit pembayarannya
# Terkadang, jika saldo di tabungan ga mencukupi, tapi Bang Mastur melihat ada tanah yang strategis maka pihak Bang akan menalangi dahulu pembelian tanah, dan kreditor boleh membayarkan tanah tersebut kapan2 kalo udah ada rezeki
Itulah sebabnya dari dulu ampe sekarang kami selalu menggunakan Bang Mastur sebagai tempat penyimpanan uang.
3. Secara gw udah ga ada ART, dan Uti ga kuat naik bis [24 jam bo duduknya, bisa encok lah emak gw!], dan pastinya Uti bakalan ngamuk kalo ditinggal sepuluh hari di rumah sendirian, maka dapat dipastikan rencana mudik 10 hari gatot (gagal total).

So, liburan ngapain ajah Jeng? Pastinya ngajak main Zahia dunks, soale kasian bo Princess keluar rumah cuma kalo Ayahnya ga sibuk dinas ke luar kota. Maklum lah Temans, demi mengumpulkan segenggam berlian dan sejumput permata, Ayah Zahia seringnya Senen berangkat keluar kota (baca: ke camp yang terpencar2 mulai dari Sarawak, Sabah, ampe perbatasan Brunei), baru pulang ke rumah Sabtu ato Minggu [hiks, jablay booo]. Kemaren, kami mengajak Zahia ke Taman Bulatan dan Tanjung Piasau. Pilihan simple karena ga jauh dari rumah, selain itu Zahia juga bisa bermain sekaligus belajar mengenal alam sekitarnya.

Pemerintah Malaysia memang memperhatikan sekali kesejahteraan rakyatnya, termasuk dalam hal menjaga kebugaran dengan berolahraga dan berefreshing. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya taman2 kota nan luas dan asri, yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas olahraga dan permainan. Di Miri, setau gw & Abang, ada 4 taman2 seperti ini. Salah satunya adalah Miri City Fun, tempat Zahia biasa berenang, merupakan tempat paling lengkap karena ada stadion sepakbola, lintasan lari, kolam renang, danau buatan, perpustakaan, dan taman rekreasi. Karena udah beberapa kali ke MCF, maka kami mencari tempat lain, yah supaya ada perubahan suasana ajah kan bosen kalo kesitu2 doang. Tujuan kami adalah ke Taman Bulatan, yang letaknya ga jauh dari Boulevard Mall.

Berangkat dari rumah jam 9 teng, dengan membawa 1 tas penuh berisi perbekalan perang: mie goreng seafood 1 kontainer, susis goreng, roti coklat 3 tangkep, melon, Milo dingin, oat Zahia, dan air mineral. Untuk migornya, gw masak ga menggunakan bumbu2 yang tersedia di dalam bungkus mie instan, sebab semenjak ada Zahia kami mengharamkan yang namanya MSG. So bumbu migornya yah bikinan sendiri (bawang + garem + kecap + merica). Perjalanan dari rumah ke Taman Bulatan hanya memakan waktu 20 menit. Nyampe, langsung nyari playgorund. Walopun permainannya masih ga cocok untuk anak gadis seusia Zahia (19 bulan), tapi Zahia tetap dunks semangat main, didampingi oleh AyBun. Apa aja sih mainan yang ada? Ayunan, perosotan, panjat2an, jembatan goyang, permainan2 untuk melatih keseimbangan, ada juga patung jerapah dan singa. Favorit zahia adalah main ayunan dan perosotan. Sama dunks Nak dengan Bunda yang semangat banget maen perosotannya hehehe, masa kecil kurang bahagia yah Bun? Ini dia poto2nya.


Oya, Taman Bulatan ini juga merupakan taman pendidikan karena terdapat miniatur kota. Jadi kita bisa menemukan bangunan2 yang diberi plang nama: sekolah, perpusatakaan, market, telepon umum, tempat letak kereta, tempat ibadah, etc. Jalan pun diberi penunjuk2 arah, persis kaya di jalan raya. Selain itu, disini juga terdapat danau buatan [walopun ga seindah yang di MCF], jogging track, lapangan basket, itu yang keliatan karena letaknya ga jauh dari Playgorund. Kami emang belom sempet berkeliling Taman Bulatan seluruhnya, karena luaaaassss, ada kali 2 Ha-an luasnya, dan cape kale kalo kudu disurvey satu2 [hihihi faktor M, judulnya. MALES].

Sekitar 1 jam-an disitu, kami pun cabut. Langsung nyari tempat yang wokeh untuk makan perbekalan dari rumah. Ayah dengan brilian mengajak jalan2 ke tepi pantai, yang sebenernya daerah ini merupakan Tanjung, disebut Tanjung Piasau karena diapit oleh 2 air, ga jauh dari situ merupakan tempat pertemuan antara Sungai Miri dan Laut Cina Selatan. Di sepanjang perjalanan kami bisa ngeliat kampung2 asal di Miri (terletak di seberang sungai), dan lapangan golf yang terhampar di sepanjang jalan. What a wonderful place. Setelah menemukan tempat yang strategis, Ayah menghentikan mobil. Sambil makan kami bisa ngeliat boat2 yang lewat. Zahia seneng ga ketulungan, kalo ada kapal langsung heboh deh nunjuk2. Alhamdulillah Zahia makannya lancar. Oat abis setengah, mo makan mie gorengnya juga [hebat euy anak AyBun kuat makan yang agak pedes], dan roti beberapa cuil.

Kontras. Rumah2 nelayan yang tampak kumuh, kampung asal Miri, pada bagian belakangnya menjulang gedung2 bertingkat menandakan kemodernitasan masa kini. Sedangkan di seberang sungai terbentang lapangan golf (Kelab Golf Miri), dimana orang2 yang hidup lebih dari cukup, sibuk bermesraan dengan bola2 golf dan stick nya.


Tempat piknik pilihan Ayah yang te-o-pe-be-ge-te. Parkir di pinggir jalan, mulailah menyikat habis perbekalan. Perut kenyang, mata pun terpuaskan dengan pemandangan nan menawan.







Narsis dulu aaaahhhhh


Berhubung Ayah harus sholat Jum’at, abis makan dan session narsis, kami pun langsung pulang ke rumah setelah semua bekal tandas tak bersisa. Zahia pelan2 ga kedengeran lagi suaranya, hanya mulutnya ajah yang sibuk kenyot2 (baac: nenen). Cape, Neng? Alhamdulillah yah Nak, hari ini Zahia bisa rekreasi sambil belajar mengenali banyak hal baru. Syipp deh, tar pas libur Gawai kita main2 lagi ke tempat yang lebih seru pastinya, dan tar sore seperti biasa berenang. Ato Zahia mo ke pantai? Mmmm….ocreh lah ntar kita pikirkan lagi mo jalan2 kemana. Sekarang Bunda mo beres2 tas dulu neh packing barang2 yang mo dibawa buat berenang. Dags2 Temans. Have a nice wiken yah.

35 comments:

Dian said...

Intinya bener2 liburan yang menyenangkan hehehe

Lidya said...

liburan dimana aja sama kok, ternyata disana juga ada yg kumuh juga ya hehehe

IbuDzakyFai said...

wah..wah..keren banget euyyy tamannya..Pikniknya asik bgt nih zahia.....Wah2, Bunda heubat nih investnya ...

Bekti said...

WHAT?? Long holidays? Wowow...asiik skali ya jeng*ngiri* Kalo aku wiken kali ini agak tdk asyik, karena bsok masuk! Bayangin hr minggu ngantor! Ih cape deh..coz hr senin page mo ada tamu dr world bank, ugh!

siroel said...

wah, pipinya zahia, lucu bgt...

Sang Cerpenis bercerita said...

asik amat. zahia kok melotot tuh?

Aulawi Ahmad said...

jalan2 teruuus, gak ngajak2 hehehe, btw zahia kapan tuh punya adik hihihi

Desy Noer said...

waah long wikenan yaaaah keyeeen nich zahia dah ketemu ma jerapah segala.

btw pemandangan nya wokeh banget jeng. aku jadi pengen loncat kesitu nich.

Jazz Muhammad said...

hehehee mantab banget teh liburannya..

di Jakarta, kalau g ke Mall kemana lagi? ada sih yang ada danau2 gitu, tapi kotor bangetttttt...

oya teh, aku mau tanya, kok air di son bersih yah? gimana manajemennya?

kalau soal kebiasaan buang sampah pada tempatnya gimana ya?

teteh,kalau dijawab, sekalian di blog aku yah..
makasih2

Blog Keluarga said...

Kwalitas lebih baik dari pada kuantitas sebuah pertemuan. Saya juga punya teman Istri di Samarinda, Anak di Surabaya dan Suami di Makasar. Tetapi ketika mereka bersama seperti lebih mesra ketimbang keluarga yang berkumpul satu rumah... Mungkin itu intinya...

Allisa Yustica Krones said...

muantap deh libur panjangnya. Di sini cm kebagian libur hari raya waisaknya ajah, he he, tapi itupun sudah bersyukur sekali lah bisa lebih lama ngumpul bareng :)

Zahia lucu banget pas foto bareng patung jerapah, he he... Jeng, klo diperhatiin, Zahia lebih mirip ayahnya ya drpd bundanya, he he...

Allisa Yustica Krones said...

o ya, San, soal pesta panen itu, klo kami di manado juga ada perayaan kayak gitu, tujuannya untuk mengucap syukur atas berkat Tuhan berupa rejeki dalam bentuk hasil ladang.

Kalo kami namanya hari raya ucapan syukur, yah hampir samalah dengan thanksgiving day di amrik sono, he he. Tapi karena di Indonesia ini cm di manado aja ada yang kayak gitu, makanya gak dibikin hari libur nasional, he he

catatan kecilku said...

Hore... Bunda ikutan perosotan dan Ayah ikutan ayunan... Seruuuuu... hehehe

the others... said...

Baju yg utk rekreasi kali ini dipilih sendiri juga oleh Zahia kah..? hehehe
Atau manut dg baju yg sudah disiapkan bunda..?

attayaya said...

yihaaaaaaaaaaaaaaaaa
liburan
tetapi
aku cuma
dirumah
saja
huaaaaaaaaaaaaaa

mami vaya said...

Zahia...
Sepatu kuningmu sama dengan sepatu kuning Vaya... dikasih Opungnya hehehe.. kok bisa sama ya produksi sini sama sana San? hehehe..

Nah itulah enaknya di sana, lahan2 hijau masih banyak ya. Jd biarpun tidak berlibur kemana2 ya liburan dalam kota juga cukup asyik kan?
:)

Vera said...

wahwahwah...hebat juga euy bangnya, mau dunk hehehe invest di bang mastur.

Zahia seneng banget yah jalan2, kayaknya masi seger ya suasananya ga ada polusi ky di jkt.

Ntar september roadshownya diagendakan juga ya ke jkt, ntar kita main2 yuk ke manalah gitu.

BunDit said...

Wuah..liburanya Zahia seru banget deh. Pemandangannya juga bagus banget :-)

bunda zikra said...

walo patung tapi tetap mirip banget sama asli, jadi bisa sekalian buat belajar ya zahia. tempatnya bagus banget ya bun. aku paling seneng jalan2 ke tempat yang seger2 kayak gini, udaranya bagus buat anak2:)
semoga berlian dll terkumpul deh ya bun buat lebaran ntar hehe:)

umi said...

Wah seneng banget nich jalan ke tepi pantai pasti enak banget,oh iy lams kenal dari ummi haikal

Bunda Fisa/ D'Luna said...

enaknya yg bisa liburan...
Hiks, sy mah di rmh aja...

nice picture

Zulfadhli's Family said...

Mba Dian : Betul banget Mba :-)

Teh Lidya : Hihihi, ga di Indo ga di Malay yang kumuh mah teteup ajah ada :-)

Mba Fitri : Selain keren, bersih pula Mba. Dan yang pasti murah meriah kaga perlu ngeluarin biaya hehehe (Bunda pengiritan)

Jeng Bekti : Selamat menerima tamu yah Jeng :-) Wah kalo lembur gituh biasanya dapet bonus tuh hehehe. Amien

Si Roel : Hiks Uncle Roel, masa pipinya doang seh yang lucu?!

Mba Fanny : Melotot karena sama Bunda diuber2 mulu pas main coz mo dikasih makan hehehe

Bang Aulawi : Makanya Uncle main kesini, tar Zahia ajak jalan2. Adik?! Wedeh, Ayah mah ok2 ajah, tapi Bunda masih belum kasih lampu ijo tuuuhhhh :-)

Mba Desy : Zahia tunggu yah Tante Desy dan Ka Zaheer main ke Miri :-)

Rosyid : Wah kalo gw & Abang ga demen yang namanya ke mall (kecuali kalo emang ada yang mo dibeli, seperti belanja mingguan). Syiipp, tar gw jawab pertanyaan lo langsung di blog lo yah Syid :-)

Pak Budi & Bu Henny (Blog Keluarga) : Betul sekali, kualitas lebih penting dibanding kuantitas tanpa kualitas (nah lho, binun kan bacanya hehehe?!)

richoyul said...

lah tuh di taman ada singane ga gigit po??? hehehe.....ada kapalnya juga tuh..... jadi pengen naek

Zulfadhli's Family said...

Jeng Alissa : Hihihi, yang penting masih ada libur kan Jeng jadi bisa berlama2 bermesraan dengan apanya raja :-) Yup, Zahia emang potokopian Ayahnya. Gw mah cuma kebagian golongan darah doang yang sama

Jeng Alissa lagee : Disini Gawai liburnya juga khusus di Sarawak. Sabah & Semenanjung (KL) kaga libur. Wah, Manado sepertinya harus minta libur juga tuh ke SBY :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Aunty Reni mau ikut main perosotan ato ayunan? :-)

Mba Reni (The Others) : Pilihan sendiri tuh Mba. Duuuhhh, baru 19 bulan ajah udah ganjen kaya gituh :-)

Bang Atta : Cucian deh Uncle Atta hehehe sok atuh main ke Miri tar Zahia ajak jalan2 :-)

Mba Zee : Hihihi, toss ah sepatunya sama. Itu sepatu bukan beli disini ko Mba, tapi pengasih sepupu gw di Jakarta. Jadi yah made in Indonesia :-) Yup, enaknya disini banyak sekali tempat2 terbuka seperti taman, danau, sungai, pantai, yang sangat bersih dan fasilitasnya lengkap. Kapan atuh Mba ajak Ka Vaya main ke Miri?

Teh Vera : Bisa...bisa...tar gw tanya dulu yah Teh ke Bang Masturnya hehehe. Wah jadwal roadshow di jawa emang ke Cilegon, Pandeglang, Bogor, Jakarta, Bekasi, Bandung. Insya Allah kita KopDar yah Teh :-)

Mba Ririn : Seru banget Aunty. Ka Dita main atuh ke Miri, tar Zahia ajak piknik ke banyak tempat :-)

Mba evy : iya Mba, gw juga daripada ke mall lebih seneng ngajak Zahia jalan ke tempat2 outdoor. Selain bisa bermain, berolahraga, berekreasi, juga belajar :-) Amien, tar kalo berlian dan permatanya udah banyak Ka Zikra pasti kecipratan hehehe

Ummi Haikal : Salam kenal juga, Ummi. thanks yah dah mampir kesini :-)

Bunda Fisa / D'luna : Thanks yah Bund dah mampir ke blog keluargazulfadhli :-)

CLara said...

tempatnya enakkkk
aku pengen deh duduk di pinggir situ sambil ditemenin ilalang.
hehehe salam buat Zahia ya mbak ^^

entik said...

asyik juga tuh acara jalan2nya...
keknya zahia enjoy banget..

membayangkan di djogja ada taman kayak gitu...

Sang Cerpenis bercerita said...

aku suka mainan ayunan lho. hi hi hi..masa kecil kurang happy nih.

attayaya said...

met siang Brunei
met siang Indonesia
met siang semuanya
hurrrayyyyy

Princess Kayla said...

wooii...senangnya Zahia nih...liburan terussss...ikutan dong Zahia....
cup cup ah...buat zahia yg imut dan centil

Herien Kriestia said...

asyik ya kaka zahia liburannya.. koq kaka zahia lebih mirip ayahnya (setelah diliat2).. bundanya kebagian apanya neh?? kapan2 main donk ke jakarta, nanti kita kopdar'an, hehehe.. cium sayang utk kaka zahia ya dari dede shishil..

senja said...

danaunya indah bangeetttsss....

dan zahia senang bgt ya main bersama ayah bundanya ^^

Lina Sukadi said...

wah, kalo sudah bicara liburan pastinya menyenangkan ya.... oya, sudah saya pasang balik link nya... terimakasih

Zulfadhli's Family said...

Mas Richo : Singa nya baek ko Uncle, lagian dah tua 7 ompong, jadi ga bisa gigit hehehe. Wah Uncle mo pergi kemana naik kapal?? Jangan lupa yah oleh2nya buat Zahia

Mba Clara ; Wah, kalo kelamaan duduk di tepi ilalang pasti ga lama Aunty Clara langsung deh nelurin novel ke-3 nya :-)

Mba Entik : Wah, Zahia hei ga ketulungan Tante. Amien, semoga di Jogja cepet dibangun taman yang indah yah supaya Mas Ikhsan bisa sering main2 disitu :-)

Mba Fanny lagee : Toss ah sebagai sesama masa kecil kurang bahagia hihihi

Bang Atta : Met siang jugaaaaa, Pekanbaru :-)

Mba Reni : Boleh ko Aunty ikutan, sekalian ajak Ka Kayla nya yah :-)

Mba Herien : Wah, Mbakyu orang ke 10.100 yang bilang kalo Zahia potokopian Ayahnya. Lah gw mah cuma kebagian sama golongan darah ajah. Hiks! Ocreh, Insya Allah kan Lebaran kami mudik ke JKT, tar ketemuan yah :-)

Mba Irma Senja : kalo Aunty Irma diem di pinggir danau yang indah pasti banyak deh puisi yang indah bikinan Aunty :-)

Mba Lina : Betul itu Mba, dimana2 yang judulnya liburan pasti menyenangkan :-) Thanks dah mo tukeran link

Elsa said...

aku suka sepatunya Zahia yang warna kuniiiiiiiiiiiiiiing.....

Zulfadhli's Family said...

Mba Elsa : Hehehe, sepatunya boleh pengasih dari Tante Zahia (sepupunya Bunda) yang di Jakarta, Tante :-)