Sunday, 23 May 2010

Zahia ..... + Besar ..... + Ajaib

Zahia sekarang 19 bulan. Wah ga kerasa yah Princess nya AyBun udah jadi anak gadis. Perasaan baru kemaren deh berojol dari jendela via perut Bunda. Kayanya ga lama lagi AyBun punya besan neh [apa harus pesen kebaya dari sekarang yah? Hohoho]. Yang pasti Zahia udah makin pinter ajah, ceriwis buangetz kaya emaknya [tinggal Ayah yang elus2 dada sambil geleng2 kepala menghadapi dua makhluk manis yang cerewet …. eh, tiga deng ditambah Uti], dan makin banyak kelakuannya mulai dari yang standard sampe yang ajaib dan bikin pening kepala. Contohnya apa Bun? Contohnya yah seperti ini :

1. Pilih baju sendiri

Awalnya Bunda bingung udah semingguan Zahia kalo abis mandi dipakein baju ngamuk. Lari kesana-kemari berbugil ria. Pokonya perjuangan banget deh makein bajunya. Kadang bahkan butuh waktu ½ jam baru selesai berbaju. Pernah juga sekali Zahia nangis kejer banget, ampe sesegukan, kaya mo disunat. Binun dah Bunda jadinya! Selidik punya selidik, ternyata Zahia ga mau pake ‘baju jelek’. Baju jelek disini maksudnya adalah baju sehari2 di rumah. Memang Bunda nyimpen baju Zahia di 2 tempat. Yang baju2 buat dipakai sehari2 disimpen di keranjang plastik, sedangkan baju2 perginya yang bagus2 di lemari. Sekarang, Zahia dendi banget, cuma mau pake baju yang dari lemari. Tiap pagi dan sore, sehabis mandi, Zahia udah mejeng dengan legging [Zahia punya banyak legging aneka warna loh], ga mau pake celana2 panjang dan pendek yang ‘biasa2 ajah’, plus dress ato kaos yang keren. Pilihan favorit Zahia jatuh ke warna merah ato pink. Ya ampyun Nak, Bunda ajah baru ‘ngeh’ dengan model baju dan warna2 menarik pas SMA, lah ini Zahia dari 1,5 taun udah ngerti fashion?!?! Luarrr biasa!!!

2. Dandan

Kesukaan barunya ini karena sering ngeliat Bunda pake bedak, lipstik, dan celak mata kalo mo keluar rumah ato nge-mall. So, setiap abis mandi Zahia langsung standby depan kaca, minta bedak baby ditaburin di tangannya, terus langsung deh berbedak dengan genit. Abis itu tangannya ngambil apa ajah yang ada di sekitar, dioles2in ke bibir kaya orang pake lipstik, sambil bibirnya monyong2. Kadang kalo keras kepalanya kumat, Bunda kudu ikhlas meminjamkan lipstik yang asli [hiks, lipstik Bunda sebiji udah patah jadi korban kebrutalan Zahia]. Udah gituh, Bunda baru menemukan harta karun berupa: tas strawberi pemberian dari BiCil Lulu di Bandung, yang ternyata di dalamnya terdapat jepit rambut warna pink dan kuning dengan hiasan strawberi di ujungnya yang Ayah belikan semasa mudik Taun Baru Cina ke Singkawang, dan sebuah topi piknik warisan dari Bu Cu Jamilah (adik bungsu Ayah). Weleh weleh tambah ganjen ajah Zahia dengan pernak-pernik barunya.

3. Sholat

Bunda dah pernah cerita kan kalo Zahia selalu kami dengarkan adzan dan diletakkan disamping Bunda setiap AyBun sholat berjamaah? Nah, kalo dulu kan Zahia belum begitu fasih menirukan gerakan2 sholat. Sekarang, mulai dari takbiratul ikhram, ruku’, sujud, semuanya udah bisa diikuti. Terus kalo dulu agak2 ngeri mo makein mukena Bunda karena kebesaran banget dan takut Zahia kesandung terus jatuh, maka Ayah dengan jenius melilitkan sarung dan memakaikan kerudung Bunda, sebagai pengganti mukena untuk Zahia. Tapi kalo jailnya Zahia keluar, mulai deh keluar dari saf, ngerecokin imam (baca: Ayah) ato makmum (baca: Bunda dan Uti). Mulai dari duduk di pangkuan, nyium Bunda pas lagi ruku [hehehe jadi ga konsen deh Bundanya gemes pengen nyium balik], narik2 mukena, ampe narikin telunjuk pas lagi Tahiyat. Aya2 wae si Princess mah.


4. Baca Qur’an

Dulu, sebelum bobo, Bunda disuruh nyanyi, lagu apapun mulai dari pop, dangdut, keroncong, rock, jingle2 iklan, shalawat Nabi, ato lagu2 perjuangan, secara medley, ampe bibir nyonyor. Ato kalo bosen minta dibacain buku cerita “Rori si Anjing Kecil” kesukaannya, or majalah hasil colongan Ayah dari pesawat. Sekarang, Qur’an dan Yasin Neang (baca: alm. Ibu mertua gw / Nyokapnya Abang) harus standby di tempat tidur. Sambil nenen, Bunda disuruh baca tu Qur’an. Zahia juga ga kalah dunks ikutan baca Yasinnya Neang. Was-we-wos-was-wes-wos. Anak sholehah! Tar Bunda ajarin cara bacanya yah Nak kalo Zahia udah paham huruf2 Arab.

5. Makan kerupuk, kacang, dan segala sesuatu yang berbunyi ‘kres….kres….”

Untuk urusan makan, Zahia memang dari dulu tergolong anak yang susah makan. Sekarang, setelah Bunda kasih vitamin penambah nafsu makan dari Dokter yang bentuknya kaya permen Yupi, agak ada sedikit pengaruh ke Zahia. Kadang2, kalo moodnya lagi bagus, makannya lancar tanpa diemut. Bunda sebenernya ga mau memperkenalkan Zahia dengan kerupuk dulu, karena ga ada gizinya. Apa mo dikata, pas ngeliat AyBunnya makan kerupuk ikan, langsung deh tangannya minta, sambil tak lupa melemparkan senyum andalan. Ayah kan jadi kasian liat mimik muka Zahia yang sepertinya ngiler banget pengen kerupuk, maka dikasihlah sedikit. Wedeh, sekejap ajah udah habis kerupuk di tangannya dan langsung minta lagi. Nah dari situlah semenjak ada kerupuk di meja terus Zahia liat, pasti langsung minta. Sedangkan perkenalan dengan kacang tanah baru kemaren kejadiannya karena Uti goreng kacang tanah skinless. Zahia denger Bunda dan Uti heboh makan kacang, langsung ngedeketin dan minta. Dikasih setengah, langsung digigitin sedikit2. Ok deh Honey, gapapa ko kalo mo olahraga mulut dan mengasah gigi. Tapi ingat yah, Bunda mah ga akan ngasih kerupuk ato kacang banyak2, cukup secuil ajah supaya ga penasaran. Sepakat Honey?!

6. Ada gatel2 di kulit? Tuntaskan dengan Caladine dan balsem tutup kuning
Bulan lalu, pas Ayah dinas ke Lawas, pulangnya Ayah bawa oleh2. Oleh2nya bukan makanan ato tas ato sepatu buat Bunda, tapi berupa gatal2 di leher dan wajah. Ngeri dah liat laki gw saat itu. Leher dan wajahnya menebal, merah. Yang bikin merinding dangdut setiap ngeliat, gatal2 di wajah bagian kanan itu berbentuk seperti ulet yang nempel dari leher ke kepala. Hiiihhh!! Untuk mengobatinya, saban malam Bunda kasih bedak tabur untuk gatal2 Caladine bawaan dari Indonesia [disini mah kaga ada yang jual], sedangkan kalo pagi hari Ayah ke kantor Bunda oleskan salep ajah [malu ah ngantor dengan muka kaya kesemek, tar menguap sepersekian persen kegantengan laki gw]. Ngeliat Bunda bedakin Ayah, Zahia ga mo kalah. Diambilnya tu bedak dari tangan Bunda, bantal dari tempat tidur diturunkan ke lantai, nyuruh Ayah melepas kaosnya, lalu beraksilah Dokter Zahia mengobati pasien yang kegatalan. Setelah Ayah sembuh dari gatel2, Zahia teteup ajah kekeuh ngasih bedak gatel ke leher dan wajah Ayah kalo malem. Hihihi, semangat banget yah bu Dokter yang satu itu?! Oya, untuk balsem, mengikuti kebiasaan Ayah setiap digigit nyamuk selalu mengoleskan balsem ke areal yang gatal, maka Zahia pun kalo kaki ato tangannya digigit nyamuk langsung ngambil balsem tutup kuning, yang memang Bunda simpan di atas meja rias supaya user gampang nyarinya. Bener2 like father like daughter.

7. Beres2 rumah + bantu2 pekerjaan rumah

Alhamdulillah Zahia ga nurunin bakat males emaknya, tapi mewarisi bakat cleaning service Uti. Tiap Bunda beresin tempat tidur, Zahia langsung heboh ambil sapu lidi terus pura2 nepok2 kasur [padahal sapu lidi sama Zahia masih tinggian sapunya tuh]. Liat Uti nyuci baju, Zahia bantu isi air ke mesin cuci. Pokonya pekerjaan apapun, Zahia dengan senang hati ikut meramaikan suasana, walopun yang ada bukannya tambah cepet beres malah makin lama dan berantakan. But it’s ok Sweetheart, AyBun ga ngelarang ko kalo Zahia mau mengeksplor apapun, asal bukan barang2 yang berbahaya seperti pisau. Semoga tar kalo udah gede ga luntur rajinnya. Amien.

8. Menggambar

Lagi demen banget ngejiplak tangan dan kaki. Jadi tangan / kaki Bunda ato Uti disuruh diletakkan di atas buku gambarnya, abis itu dengan serius Zahia langsung ngejiplaknya ke buku. Sering banget loh tangan Bunda dan Uti jadi belepotan stabillo, tapi gapapa lah demi anak. Nah yang Bunda sutrisno, kalo Zahia udah nyuruh Bunda ngegambar. Bukannya apa2, Bunda tuh ga bisa ngegambar. Waktu sekolah ajah hasil karya Bunda menggambar gunung, sawah, rumah, jalan, pohon, bungan, pokonya yang standard anak2 TK & SD jaman dulu, dapet ponten pas2an dari guru. Lah ini Zahia minta Bunda gambar beruang, kambing, ayam, sapi, buaya. Huehehehe, yang ada kambing bentuknya jadi beruang, beruang jadi ayam, ayam jadi sapi, sapi jadi buaya, buaya jadi pening. Nah lho?!

9. Nenen

Sebagai pamungkas, Bunda akan membahas soal nenen. Alhamdulillah Zahia sampe sekarang masih ASI, walopun udah Bunda kasih SuFor khusus untuk anak yang susye makan (rekomendasi Dokter), sehari 2-3 gelas. Makin gede Zahia malah makin nenenholic. Kalo mo bobo siang misalnya, nenen bisa ampe 1,5 jam. Malem juga gituh, kadang 1 jam masih juga belom selesai. Pokonya abis mandi nenen, abis main nenen, sambil nonton Barneny nenen [hidup nenen!] Anehnya, kalo Zahia sepertinya udah nyenyak tidur, terus pelan2 Bunda tarik tu nenen dari mulutnya, eh langsung nangis, marah2, ngamuk, ato yang parah kebangun dan alhasil ga jadi tidur. Ko bisa yah?! Padahal kaya yang udah tibra pisan tidurnya. Kecuali kalo emang ngantuk bangets gara2 kebanyakan maen nah itu nenen sebentar juga langsung grok2. Bunda ga keberatan ko Sayang, cuma kalo Zahia nenen kelamaan Bunda mau ga mau jadi ikutan ngantuk terus bobo deh, padahal kerjaan rumah masih banyak yang terlantar. Syukurnya produksi susu dari si induk sapi, yaitu gw, masih melimpah [tapi hanya bagian kanan, karena sejak umur 6 bulan Zahia ga mo nenen lagi di bagian kiri. So sekarang nenen yang kiri kempes dan menjadi jatah Ayahnya hehehe]. Ya sutralah, nikmati ajah Bund! Toh tar juga ada saatnya dimana Zahia disapih dan dengan sendirinya ga mo nenen lagi. Tul ga Temans?

Ocreh lah, sekian pembahasan mengenai Princess Zahia. Ekye mo masak dulu, ikan merah goreng tepung, plus sambel kecap. Mmmm …. jadi laper! Met wiken yah Temans. Hari Minggu mo kemana neh? Kalo gw mah ngendon di rumah ajah secara Ayahnya Zahia baru pulang tar sore dari KK. Have a nice weekend everybody.

28 comments:

Bekti said...

Hahaha... Zahia luttu banget lho jeng :D, idiih... Udah mulai centil ya, kayak sapa hayo? Difoto2nya ga keliatan lho kalo Zahia syusah makannya, jeng. Ok, cepat besal ya nak, jadi kebanggaan ayah-bunda :-)

Lidya said...

hobi dandan kaya bunda nya ya hehehe. Zahia dibeliin mukena anak2 atuh San, masa sholat tomboy :)

Anazkia said...

Lama banget nggak ke sini. Mbak, ada FB gak? ada yang mau saya ceritain :D hehehe...

catatan kecilku said...

Duh, Zahia makin pinter dan nggemesin aja nih....
Bentar lagi Zahia yg masakin AyBund deh.. hehehe

the others.. said...

Kalau gitu, tak ada salahnya pesen kebaya utk pernikahannya Zahia mulai sekarang mbak... hehehe
Waktu berlalu dg sangat cepat ya..?

Sang Cerpenis bercerita said...

waduh, kecil2 dah bisa dandan.hehehe...ngikutin emaknya.

Clara said...

hihihihi Zahia pinter, mau membantu pekerjaan rumah sejak kecil, saya aja udah segede gini males bener kalo disuruh beberes rumah :P

jadi malu kalah sama Zahia

CLara said...

makasih ya Mbak, juga Zahia sekeluarga buat ucapan atas novel saya

hihihi

Ada kontes kecil-kecilan
hadiahnya pun tak seberapa,
hanya sebuah Novel Rain Affair...

kunjungi http://rainaffair.blogspot.com

salam,
Clara

nietha said...

lucunya zahia.. rajin dan sholehah

rita asmaraningsih said...

aduh.. Zahia lucu banget ya.. kecil2 sudah pandai..

richoyul said...

wah dah mulai centil tuh si zahia, adekku yang paling kecil aja suka ngabisin lipstick ama bedake mamahe....jan mana klo ada cowok kecentilan gt heheh

Aulawi Ahmad said...

tunggu bentar lagi pasti die minta dibuatin blog juga hahahahaha, salam buat zahia sang fotomodel cilik :)

Bunda Nayla said...

Zahia udah tambah gede, tambah centil ya kyk bundanya :)
Bentar lagi tambah cerewet, bisa berantem deh sama bundanya hehehe

lianurmalasari said...

hmm.. sama yah sama varo usianya. tambah pinter deh zahia :)

Bunda Shishil said...

Aih.. aih.. kaka Zahia makin pinter aja bun.. Sampe ketawa aku baca postingan ini, ada2 aja ya tingkah polah anak2 yang kadang bikin kita kagum N amazing liatnya. Ga beda jauh yah sm shishil, walaupun br 1 tahun, tp utk urusan usil+jail paling jago deh. Makin pinter ya Kaka Zahia, jd anak sholeha, kebanggaan ayah bunda. Oia jangan lupa minta beliin mukena kecil+lip gloss sm bundanya ya.. hehehe ;D

IbuDzakyFai said...

zahia tambah pinter ya...kayaknya niru abiss bundanya ya...

Allisa Yustica Krones said...

Kak Zahia.... Hidup NENEN!!!!

hehehehehe...

Iya, san, dinikmatin aja klo anak kita bener2 nenenholic, itu berarti dia bener2 butuh kita dan bikin status kita dibanding suami jadi lbh tinggi, secara anak kan gak mungkin nenen ma laki kita, huehehehehehe...

Zahia udah keliatan gede ya, gak keliatan lho San klo Zahia tipe anak yg susah makan, soalnya posturnya bagus, tuh. Tambah pinter dan cerdas ya kak Zahia. Salam muanis dari dedek Raja yaaa....

attayaya said...

waaaa alhamdulillah mau ikutan shalat
lha tapi mukenanya mana?

so ssuiiiit...

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, kecil2 dah bisa sembahyang.

Dian said...

Wah itu muin niru Bunda nya waktu kecil kali bunda nya juga seperti itu hahaha gpp...baguskan cewek feminim dari pada tomboy

BunDit said...

Hahaha lucu pisan nih eneng cantik satu ini. Anak2 emang peniru ulung Bun. Makin dewasa makin punya kemauan sendiri. Soal nenen, sama tuh Bun. Kayaknya anak udh tidur, giliran nenen di tarik, mulutnya mangap2 kayak ikan koki cari nenen. Kalau Dita nenennya harus lepas sendiri dr mullut, baru deh artinya sdh terlelap tidur :-)

Selalu sehat ya dedek Zahia. Explore apa aja disekelilingmu sesuka hatimu. Gak papa Bunda dan Ayahmu jd pusing karenanya hehehe

Sang Cerpenis bercerita said...

Zahia kok hobi nyuci baju ya? main air kali jadi seneng tuh

Vera said...

Zahia rajin euy bantuin nyuci apa mainin busa sabun hehehe...

Zulfadhli's Family said...

Jeng Bekti : Hehehe, kalo centil yah pasti kaya Ayahnya. Lho?!?! Alhamdulillah kalo Zahia tampak 'normal' dan ga keliatan kaya yang sulit makan. Semoga jadi kenyataan :-)

Teh Lidya : Insya Allah dibeliin di Bandung Teh pas mudik Lebaran. Hehehe, biar dibeliin sama Kakek Neneknya dan Tante Om yang ada di Bandung (hihi AyBunnya ga modal)

Mba Anazkia : FB gw Zulfadhli Susan Noerina, Mba. Kan udah di add :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Iya neh Mba gw mo ngajarin Zahia masak semenjak dini, biar ga kaya emaknya yang belajar masak pas udah tuwir hehehe

Mba Reni (The Others) : Itulah Mba, kasih referensi dunks tempat jait kebaya yang bagus dimana hahahaa

Mba Fanny : Tau ajah jeng. Oya, satu lagi, ngikutin Utinya juga yang lebih hobi dandan dibanding gw :-)

Clara : Ayo Aunty jangan kalah sama Zahia. Mulai sekarang harus rajin bantu2 Mama Papa yaaaahhhh (hihihi Zahia sok tua yah pake acara nasehatin orang gede)

Clara lagee : Insya Allah gw ikutan :-)

Mba Nietha : Makasih Tante Nietha :-)

Mba Rita : Alhamdulillah :-)

Mas Richo : Hihihi, emang kalo anak cewe rata2 begituh yah suka dandan. Tar juga Mas Richo juga ngalamin kalo dah punya anak cewe

Bang Aulawi : Wadooohhh Bang, kalo Zahia minta dibikinin blog sendiri repot neh emaknya. Wong blog yang ini ajah updatenya susye :-)

Zulfadhli's Family said...

Teh Fitriasih : Sekarang ajah udah sering berantem Teh, komo kalo pas dikasih makan. Hiiihhh, mani hese :-(

Mba Lia : Sama2 yah Mom, pasti ka varo juga tambah pinter :-)

Mba Herien : Hihihi, kalo Shishil kaya gimana jailnya Bund? tar ajah ah beli mukenanya di Bandung / Jakarta pas mudik, disini udah nyari2 ga ada tuh mukena yang kecil

Mba Fitri : bukan niru Mba, tapi potokopi hehehe

Jeng Alissa : Betul Jeng, tar pas masuk masa menyapih malah kita yang nangis2 bombay merindukan anak2 kita nenen dan bermanja2an di dada kita. Kiss buat Bang Raja yang ganteng

Bang Atta : Mukenanya nunggu dikirim sama uncle Atta neh :-)

Mba Fanny lagi : Hehehe, iya neh Tante. Zahia kan anak sholehah. Amien

Mba Dian : Bagian dandan emang tomboy Mba, tapi bagin teriak2, panjat teralis, guling2, nah ini turunan dari Ayahnya :-)

Mba Ririn : Betul Mba, emang harus lepas sendiri. Nah kalo itu memang baru bener2 tidur deh. Zahia juga gituh :-)

Mba Fanny lageeee : Hihihi, emang yang disukai adegan main airnya Aunty sama ngutak-ngatik tombol2 di mesin cuci

Teh Vera : bukan nyucinya teh yang demen, tapi maen aernya :-)

Diyah-ummi Zalfa said...

Met ulbul ya Zahia.....smoga sehat, tambah pinter lagi & jadi anak sholeha, amin.....

Salam dari Zalfa..... :-)

Zulfadhli's Family said...

Amien. Makasih yah Ka Zalfa & Ummi :-) Kiss dari Zahia. Mmuuaacchh

Elsa said...

waaaah Zahia keren
pasti sebentar lagi koleksi alat alat make up nih.

ntar gantian, Bunda yang minjem ke Zahia karena koleksinya Zahia lebih lengkap. hehehehehee