Wednesday, 2 June 2010

Gawai's Open House

Pesta Panen adalah ungkapan syukur orang Dayak kepada Tuhan terhadap panen padi yang telah berhasil diselesaikan. Dalam bahasa lugasnya, seperti yang dikatakan oleh teman laki gw yang berasal dari suku Dayak Iban, para petani mengambil cuti 2 hari dari bekerja ladang, untuk beristirahat. Sebagai ungkapan penghormatan terhadap tradisi ini, maka Kerajaan Malaysia menetapkan tanggal merah setiap 1 & 2 Juni, khusus di Sarawak. Mengapa di Sabah dan Semenanjung (KL) tidak? Karena orang2 Dayak Iban mayoritas berdomisili di Sarawak. Itulah sebabnya di Sarawak ini masih banyak terdapat rumah panjang, yaitu rumah yang dihuni oleh banyak keluarga, masing2 keluarga menempati rumah yang letaknya menempel memanjang hingga bisa mencapai 300 meter untuk panjang satu rumah panjang, seperti hal nya bedeng2 kalo di Indonesia. Jadi, di dalam suatu komunitas rumah panjang bisa dihuni oleh orang tua, kakek nenek, paman, bibi, tante, om, sepupu, pokoknya keluarga besar kumpul di satu lokasi.

Gawai taun lalu, saat kami tinggal di camp, kami menghabiskan masa liburan 2 hari di rumah saja, sebab tetangga kiri kanan yang cuma 3 gelintir itu tidak ada yang Dayak [masih inget kan tetangga kami: Mr. Indihe yang boker di hutan, gw pernah cerita di postingan Camp vs City; dan 2 orang Mr. Phillipino]. Gawai sekarang, kami diundang ke teman Ayahnya Zahia yang mengadakan Open House di rumahnya, Mr. Raymond dan Ms. Sopia.

Karena ada 2 rumah yang harus dikunjungi, maka Ayah memutuskan untuk ke rumah Mr. Raymond dulu di daerah Taman Tungku, baru ke rumah Ms. Sopia di Permy Jaya. Peserta yang berangkat adalah: Ayah Zahia, Pak Supir; Jeng Soes yang manis; Zahia nan menawan; Uti Zahia Sang Nenek Trendi; dan bos nya Ayah, Mr. C yang males bawa mobil sendiri jadi nebeng ajah. Pukul 1 pm kami shalat dzuhur dulu, habis itu langsung berdendi ria. Pada kesempatan kali ini kami menggunakan batik. Maklumlah, baru dapet kiriman Sarimbit dari Indonesia [beli dari temen gw 3 biji 150 rebu. Muraaaahhhhh!! Tengkiu yah Mamake Tegar]. Sarimbitnya warna ijo kalem gituh deh. Batik laki gw model kemeja, baju gw model kalong tangan ¾ sehingga gw kudu pake daleman lagi, sedangkan Zahia model sekdress berleher Sabrina [Zahia hepi pisan pake baju baru. Bolak-balik ngaca terus senyum2 sendiri]. Deuuhhh, mo kondangan kemana neh bajunya kompakan gituh?! Nah Uti Zahia, karena ga dibeliin Sarimbit [maapkan akyu yah Mom, soalnya kalo Mama dibeliin tar Bapak Singkawang kudu dibeliin juga], maka pake batik warna merah juga berleher Sabrina. Kompak euy sama cucu! Jam 1.30 pm akhirnya selesai juga acara dandannya, kami langsung cabs menjemput Mr. C, yang tinggal di mess bujangan ga jauh dari rumah kami, hanya 7 menit naik mobil, ato 30 menit naik sepeda, ato 1 jam lari sambil dikejar anjing, nyampe deh. Ternyata eh ternyata, meski kami ga janjian, Mr. C juga menggunakan batik, berwarna ijo ngejreng. Cucok lah kami tampil sebagai perwakilan kelompencapir antar desa.

Kami tiba di rumah Mr. Raymond pukul 2 pm lewatnya ga tau berapa menit [maklum ga pake jam], disambut oleh istrinya yang sedang bunting ampir 9 bulan, dan 2 anaknya, cowo & cewe. Emak gw langsung heboh liat2 ruangan, inspeksi dari depan ke belakang. Hihihi, Utinya Zahia emang hobi banget liat2 model rumah. Untungnya Tuan Rumah juga ga keberatan memperlihatkan ruangan2 di rumahnya. Abis itu, demi menghargai Sang Empunya Rumah yang udah repot2 nyediain hidangan dan ga enak kalo ga diicip2, maka acara berikutnya adalah acara makan. Menunya: lemang, bihun goreng, ayam kari, semangka. Hah, makan semangka pake nasi? Yah ga lah yau! Semangkanya kan sebagai hidangan penutup.

Mmmm awalnya gw sempet ragu juga untuk makan, sebab dari rumah gw dan Abang udah berdiskusi dan memutuskan hanya akan memakan kue2 kaleng ato minuman ajah, jika ada. Sebab bukannya apa2, kita kan ga tau makanan itu halal / ga, misalnya tu ayam disembelih pake Bismillah ato ga; apakah alat2 masaknya pernah digunakan untuk masak pork ato ga; begitu juga dengan perlengkapan makannya apakah pernah digunakan untuk makan pork ato ga. Tapi, sesampainya disana, melihat Tuan Rumah udah mempersiapkan makanan dan dengan excited menyuruh kami makan, akhirnya laki gw bilang bismillah ajah, dan kami pun makan. Memang yah Temans, terkadang gw & Abang suka bingung kalo ngadepin situasi kaya begini. Untuk bertanya langsung kan ga mungkin, karena yakin dah Tuan Rumah pasti bakalan tersungging kalo ditanya kaya gituh. Cuma beberapa kali pengalaman diundang makan di rumah Temans yang non-muslim, mereka selalu menyediakan makanan halal. Contohnya waktu Natal kami diundang ke rumah pacarnya Mr. Phillipino, disono pacarnya membedakan makanan buat tamu yang muslim ato non-muslim. Bagi tamu muslim, mulai dari makanan hingga perlengkapan makannya dia pesan dari catering Melayu muslim.

Neng Zahia ngapain ajah Bun? Karena Princess bangunnya kepagian, maka pas di pertengahan jalan Zahia langsung minta nenen dan ga lama grok2 deh. Baru kebangun setelah AyBun selesai makan. Bangun tidur langsung melayangkan panadangan ke seluruh penjuru, sambil bibir manyun2. Hal ini terjadi akibat masih kleyengan baru bangun tidur, dengan bingung ngeliat wajah2 baru yang belom pernah diliat sebelumnya. Setelah nyawanya kekumpul semua, baru deh Zahia dengan semangat makan semangka 2 slice, kue lapis 1 slice, kerupuk kembang goyang 1 bulet. Doyan apa rakus, Nak?



Ga kerasa udah ampir 2 jam kami bertamu. Makan berat udah, ngejarah kue2 udah, ngabisin soft drink 1 botol 1,5 liter udah [gw mah minum 2 gelas kecil ajah coz emang ga gituh suka soft drink], ngerumpi ngalor ngidul dari Barat ampe Timur udah, mengiklankan baju2 dagangan udah [Alhamdulillah, nemu reseller lagi], nyanyi2 Karokean lagu2 Iban udah, sesi pemotretan juga udah, so kami pun berpamitan pulang, karena masih harus berkunjung ke 1 rumah lagi. Bersalaman, cipika cipiki, lalu ngambil kembang goyang sebiji buat bekel Zahia di jalan [ngaku deh, buat Zahia to Bundanya?!], diakhiri dengan gudbay dadah. Next destination: Ms. Sopia’s house.

Kami sampai di rumah Ms. Sopia jam 4 pm. Di ruang tamunya yang penuh dengan pernak-pernik baju Dayak lengkap beserta aksesorinya, kami mendapati toples2 yang diisi dengan aneka penganan mulai dari kue kering, kue lapis, kacang, dan sebangsanya. Persis kan kaya suasana Lebaran? Tanpa tau malu gerombolan si berat menggasak isi di dalamnya. Zahia, yang dari di mobil pecicilannya kumat ga bisa diem barang satu menit, heboh makanin kue semprong. Disini Tuan rumah juga udah menyiapkan hidangan, yaitu: salad, ketupat ketan, ayam kari [hidup kari!! Wewww!!], ayam rendang, dan pepaya. Tapi karena udah keburu kenyang makan di rumah sebelumnya, maka kami pun hanya makan sedikit ajah. Zahia Alhamdulillah mau makan pepaya 2 slice.




Jam 5 pm kami pamit pulang, tidak lupa sebelumnya cuci tangan dan kaki lalu gosok gigi …. Hehehe ngawur! Maksud gw tidak lupa sebelumnya poto2 dulu, menyalurkan bakat kami sebagai potomodel Majalah Sobek. Abis nganterin Mr. C ke messnya, kami nyampe di rumah jam 5.30 pm, langsung terbirit2 ngibrit ke kamar mandi. Bukan buat pipis berjama’ah yah Temans, tapi wudhu soalnya belum sholat ashar. GUBRAG!! [Ya Allah, ampuni kami baru sholat jam segini].


HAPPY PADDY'S HARVEST FESTIVAL 2010

Gayu Guru Gerai Nyamai

Gawai Dayak

28 comments:

Clara said...

wah enak ya mbak bisa numpang makan di rumah orang :P

Desy Noer said...

Happy paddy' harvest festvl yaa zahia... Mau atuh makan nasi plus semangka. Hehe..

Lidya said...

mana foto nasi nya? :-D

Bekti said...

Baca postingan kali ini jadi teringat masa kecil di Pontianak deh,jeng. Dulu diriku tinggal di kompleks UNTAN selama 7 tahun. Orang dayak mah, nanas dimasak bersama daging. Hihi... betul jeng, bukan semangka ya? Kalau orang jawa krupuk buat teman nasi, disana buat cemilan, hehe....

Zahia makannya gampang gitu kok jeng, ikut seneng juga nih. Dikit2 asal sering gpp.

Oya, fotonya yang menghadap kamera, yg dibelakangnya ada uti, luttu juga.Imuut, ciee...

Woow, Utinya zahia emang trendy...

Sang Cerpenis bercerita said...

hehee..ada ya majalah sobek? h i hi..

putilaksmi said...

baca postingan lo emang selalu bikin gw ngakak san..:)
gw jadi inget waktu di sanggau dulu.. selalu ngider keliling rumah temen tiap imlek & natal. *coz kalo lebaran gw mudik ke jawa*..
apalagi tujuannya kalo bukan ngabisin jajanan yang ada... ;)

Vera said...

waaaah...utinya zahia awet muda ya. asyik nih dijamu makanan seabrek2, berasa lebaran aja ya

Lina Sukadi said...

Zahia pasti seneng ya kalau acara rame2 gini... Fotonya udah kaya model professional...he.he. Salam dari Azka..

Dian said...

Ya ya pesta panen berasa agak2 seperti lebaran ya, full makanan di mana2, bener2 mantap !!

siroel said...

perjalanan yg sgt membahagiankan nih...


saya daftar jd coverboy majalah sobek dong mbak....hihihi....

richoyul said...

wah wah wah makan2 terus nih.... bikin laper hehe

Diyah-ummi Zalfa said...

Enak ya mbak Susan acaranya jalan2 & makan2 terus hehehe.....

Zahia emang cantiiiiikkkkk.....

aishi lely said...

ow ad acara libur panen yah... baru tau... hehehe

*makasi yah bun buat doanya..^^

Motik said...

wiiiihhhh aybund sama zahia kompak deh pake bajunya tema abu2 hhii....
Happy Paddy's Harvest Festival ya buat keluarga Zulfadli :)

Allisa Yustica Krones said...

mantap deh San, seragam batiknya. Batiknya Zahia juga keren, apalagi yang fotonya ada Utinya di belakang, wow, Zahia keliatan sexi bo'!! hehe

Herien Kriestia said...

Ihh.. asyik ya Zahia sekeluarga jalan2 plus ngejarah makanan kayak lebaran aja. Begitu ya bun kalo lg Festival Panen Padi, asyik ya.. Jadi pengen ikutan.. hehehe.. Wah kenyang donk Zahia (bunda plus ayahnya juga) hihi..

attayaya said...

panen melimpah
jalan2
makan2
poto2
asiiiikkkk
yihaaaaaaaaaaaaaa

BunDit said...

Waaa..aku bacanya pas puasa (bayar hutang puasa), jadi langsung berasa kenyang. Isinya makan semua hehehe.

catatan kecilku said...

Enak tuh dapat hidangan aneka rupa... hehehe jadi ikutan lapar nih mbak.
Eh, foto Zahia yg baru bangun tidur lucu, manyun... hehehe

the others.. said...

Wah, bertiga kompakan ya bajunya, bernuansa abu2... Keren.

BTW, maaf ya mbak, baru bisa mampir.. coz sakit mataku baru sembuh nih.

Blog Keluarga said...

Makanan lagi... ya iyalah.. namanya juga pesta... hehehe....

yenni 'yendoel' said...

wow, zahia bajunya keren dan matching sama ayah-bunda yah! matanya belok banget.. bagi sikit sini nah.. bagi ke crystal dan angie yg keturunan mata sipit. huehhehee...
btw, makan mulu yah..hahahaa

TUKANG CoLoNG said...

wah abis seru2an toh..:)
salam kenal ya mbak..:)

Zulfadhli's Family said...

Clara : Hohohohoho

Mba Desy : Hadoh, makan nasi pake semangka? Ogah aaaahhhhh :-)

Teh Lidya : Puguhan karena semangat banget makannya jadi ga sempet poto hidangannya :-)

Jeng Bekti : Hihihi, betul Jeng laki gw tuh hobi pisan makan nasi pake nanas. isebutnya sayur pacri. Hih, kalo gw mah mo pingsan makannya. Wong buah ko makan pake nasi! Dirimyu taun berapa stay di KALBAR? Sekolah di Pontianak atuh yah??

Mba Fanny : Ada ko :-)

Jeng Puti : So kapan atuh main2 ke KALBAR lagi? Tar gw ajak ke tempat mertua gw di Singkawang :-)

Teh Vera : Hihihi, kaya Lebaran Teh banyak kue

Mba Lina : Wuih Zahia mah seneng banget kalo jadi pusat perhatian :-)

Mba Dian : Betulll Mba, mantap surantap :-)

Siroel : Boleh boleh kalo mo daftar. gratis ko Uncle :-)

Mas Richo : Yoi asyik dunks, mana gretong pula :-)

Mba Diyah : Makasih Aunty Diyah udah bilang Zahia cntik :-) Ka Zalfa juga cantik. Toss ah sesama orang cantik (hahaha narsis)

Mba Lely : Kalo di Indonesia mah petani mo panen yah panen ajah, mana mau pemerintah bikin jadi hari libur spesial :-)

Zulfadhli's Family said...

Jeng Motik : Sebenrnya warna Sarimbitnya ijo kalem gituh deh Tik, gw juga binun ko di poto jadi tampak abu2 :-(

Jeng Alissa : Hihihi karena kerah Sabrinanya suka turun2 jadi Zahia keliatan sexi abiezzz. Aura KAsih idola Bang Raja ajah lewatttt :-)

Mba Herien : Hooho, bukan kenyang lagi, tapi kenyang buangeeetttzzz :-)

Bang Atta : Yiiiihhhhhhaaaaa :-)

Mba Ririn : Waduh, orang puasa juga sempat icip2 yah? :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Hihihi Zahia kalo baru bangun tidur emang manyun kaya gituh Mba :-)


Mba Reni (The Others) : Warna bajunya kalo diliat langsung mah ijo Mba, tapi tau dah kenapa di poto jadi abu2. Alhamdulillah kalo sakita mata Mba Reni udah sembuh :-)

Blog Keluarga : Hehehehe, hobi makan

Mba Yenni : Ka Chrstal dan Angie bagi sikit dunks putihnya ke Zahia, biar Zahia agak kinclong hehehe

Tukang Colong : Thanks dah mampir kesini. Salam kenal juga yah :-)

Elsa said...

Zahia judulnya: Bangun tidur ku terus makan....
hehehehehhee


eh kompak bener tuh bajunya
oke banget!!!
kereeeeeeeeeen...
sampe Zahia juga ikutan kompak.

Zulfadhli's Family said...

Mba Elsa : Makasih Aunty Elsa atas pujiannya. Hihihi, serasa bener2 Lebaranan pake baju kompak2 begituh

Agus@ kayu jabon said...

mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam....