Tuesday 11 May 2010

Swimming Time

Hari Sabtu kemarin, akhirnya niat ngajakin Zahia berenang terealisasi juga. Sebelumnya, di Bintulu, sejak umur 1 taun, Zahia udah kami cemplungkan ke kolam renang. 2 bulan semenjak migrasi ke Miri, ada ajah yang bikin kami gagal maning gagal maning untuk pergi berenang, mulai dari alasan standar dimana laki gw super duper sibuk, alasan dodol seperti Ayah ngaku belum tau dimana letak kolam renang awam [makanya nanya atuh Yah!], dan beribu2 alasan lainnya yang kadang2 bikin gw senewen. Bukannya apa2, nelongso gw ngeliat Zahia, yang setiap nonton Barney dan ada adegan berenang, tu bocah langsung ngacir ke kamar, mengambil ban pinkynya dan bikini. Kalo udah dipakein tu bikini, langsung deh tangannya digerak2in dengan hebohnya di depan dada, menyerupai orang berenang gaya bebas. Wadoohhh, cucian deh kamyu Nak.

Kami berangkat pukul 4 pm [Uti diajakin ga mo ikut karena mo beberes ajah di rumah], setelah sholat ashar, packing perlengkapan renang Ayah & Zahia beserta baju gantinya, peralatan mandi, dan bikin roti 3 tangkap untuk bekal. Ga sampe setengah jam, tibalah kami di tempat yang sangat diidam2kan oleh Zahia. Wuih, excited banget deh pokonya Nona Manis anak AyBun itu. Begitu liat kolam, penuh dengan air [iyalah Bun, masa penuh duren], masih berpakain lengkap bawaannya udah pengen nyemplung. Dengan dibantu Ayah untuk megangin Zahia, selesai juga rituil mengganti baju dengan swim suit, serta tidak lupa mengoleskan lotion ke seluruh badan Zahia. Kalo Ayahnya mah tinggal perosotin celana soalnya dari rumah udah di double pake celana renang. 1.....2.....3.....byuuuurrrrr!! Seekor ikan paus jantan dan anak gadisnya kembali ke habitat. Giliran gw yang siap2 menjalankan tugas sebagai paparazzi dari Majalah Kuncung.

Kolam Renang Awam Miri memiliki 3 buah kolam. Yang 1 khusus untuk baby, dengan kedalaman ± 60 cm. Halah, pantesan ajah Zahia ogah disuruh kecipak-kecipuk, dan lebih memilih jalan mengelilingi kolam. Kolam yang di tengah khusus dewasa. Kedalamannya bergradasi, mulai dari 1,5 m ampe 3 m [kalo ga salah, soalnya Ayah ga liat tulisan yang ada di tembok dengan jelas, hanya menggunakan ilmu kira2 ajah]. Kolam yang ke-3, yang dipagari, adalah kolam khusus anak2 peserta les berenang dan murid2 sekolah yang sedang mengambil kegiatan ekstrakurikuler.

Dilihat dari ukuran, jelas kolam yang di Bintulu lebih besar. Ayah ajah butuh napas buatan dari Jeng Soes, Sang Putri Duyung, kalo renang tawaf 7x bolak-balik, dikarenakan kolamnya luas banget. Tapi di Bintulu cuma ada 2 kolam. Tiket masuknya pun lebih mahal. Di Miri, orang dewasa dikenakan charge 1 RM, baby dan anak2 50 sen, sedangkan tukang antar dan pemandu sorak ga perlu mbayar. Kalo di Bintulu, harganya 2x lipat dari charge di Miri. Lumajan kan bo setiap renang hemat 1 RM 50 sen, bisa buat beli kangkung 3 ikat. Selain itu, di Kolam Renang Awam Miri, banyak terdapat kursi2 plastik dan meja kayu dengan naungan atap payung2an dari kayu dan seng, untuk tempat para pengantar / penunggu seperti gw. Senangnya ga kepanasan. Kalo di Bintulu mah cuma ada kursi panjang dari kayu 2 biji. Kita kesorean dateng, kursi tersebut udah ditempati orang, sehingga kita harus berdiri ketika menunggu.

Biasanya, selama di Bintulu, Zahia selalu menjadi peserta termungil dan terkecil. Kali ini, kedudukannya menjadi no.2 karena ada juga baby yang berusia 2 bulan lebih muda dari Zahia, tapi dengan ukuran tubuh lebih besar [hiks!!], berenang dengan emaknya. Kemajuan apa yang diraih Zahia dalam session hari ini? Zahia udah bisa dilepas sama Ayahnya. Jadi Ayahnya sengaja ga megangin Zahia. Nah, Zahia dengan semangat langsung ngejar2 Ayah. Kadang berenang, kadang berjalan. Ayah juga mengajak Zahia berkeliling kolam. Tujuan utamanya adalah dengan membuat Zahia cape diharapkan tar sampe rumah makannya bisa banyak. Tapi apa boleh dikata, cape iya, makan mah teteup susyeee.



Hayo tebak berapa lama Zahia ngetem di kolam? Hohohoho, ga lama ko, 45 menit ajah! Ampe jari2 tangan dan kakinya kisut. Itupun keluar dari kolam pake acara ngamuk dan kudu ditarik oleh 2 orang dewasa. Ok ok, gw tau harusnya ga boleh maksa kaya gituh ke anak, tapi gimana lagi dunks. Zahia dibujuk rayu, ga mempan. Diiming2i bakalan dikasih kerupuk, diacuhkan. Dijanjikan mo diajak main mobil2an yang pake koin, tidak diindahkan. So terpaksa lah dengan cara preman. Zahia mandi di pancuran dengan Ayah [eits, jangan parno dulu! Laki gw nya mah kaga ikutan mandi berbugil2 ria di depan khalayak ramai], sedangkan Bunda berperan sebagai helper yang menyediakan sabun, shampoo, dan handuk. WHAT, MANA HANDUKNYA?? Ohmigod, ternyata eh ternyata gw lupa kaga bawa handuk!! Ok, otak brilian gw langsung bekerja. Habis mandi, Zahia gw balut dengan jubah renang bergambar strawberi pemberian dari Uti, yang sumpah deh keren banget tapi ga menyerap air. Abis itu, untuk menghilangkan tetes2 air yang masih menempel di tubuh Zahia, Bunda menggunakan baju yang tadi Zahia pake [untungnya ga kelupaan bawa baju ganti].

Selesai juga acara dandannya. Zahia sekarang rapi jali, dengan kecantikan memancar ke segala penjuru, dan harum mewangi semerbak sepanjang hari. Ya sud, gw pun merapihkan segala tetek-bengek yang tersebar dimana2. Pas lagi sibuk2 gituh, langsung lah gw sadar kalo Zahia kaga ada di sekittar. Oalala Nduk, dirimyu udah standby di tepi kolam dan siap untuk menceburkan diri [lagi??], untung Bunda berhasil mencegah tindakan tersebut. Telat dikit ajah gw bisa kena gorok sama Ayahnya.

Sambil menunggu hubby yang masih memuaskan naluri piscesnya, gw ngerumpi2 dengan remaja putri alias ABG berusia 19 taun yang lagi nungguin adik2nya berenang. 25 menit kemudian, di sela2 obrolan cerdas gw dengan remaja tersebut, mengenai kontes bayi sehat dan asal muasal Bahasa Melayu di Malaysia dan Indonesia, laki gw ga ujug2 nongol. Langsung gw berikan sandal jepit, peralatan mandi, dan baju ganti, minus handuk pastinya. Ga lama, Ayah pun kelar. Nah, sekarang Ayah udah ganteng lagi, dan kami bersiap2 untuk cabut [oya, gw sempat bertukaran nomor telepon dengan ABG itu, sapa tau ibunya ato dia niat mo beli batik2 jualan gw].

Pas keluar, ternyata ga jauh dari kolam renang ada sebuah danau buatan, dengan jembatan dan kursi2 cantik di pinggirannya. Kami bersantai2 dulu disana, sambil menikmati roti bekel dari rumah. Zahia heboh ngelemparin rotinya ke ikan [di kolamnya banyak ikan, pantesan ada sign board dilarang memancing]. Ga jauh dari situ, ada stadion dengan lintasan lari, dan aktivitas2 olahraga lainnya. Dasar ndeso, setelah sekian lama berjalan2 disitu dan menemukan map, kami baru ‘ngeh’ kalo kawasan yang bernama Miri City Fan ini memang dibangun oleh Kerajaan untuk aktivitas2 olahraga dan refreshing. Pantesan ajah tamannya ada 6 biji, yaitu: Garden of Vision, Islamic Garden, Botanical Ethnic Garden, Formal Garden, Chinese Garden, Health Garden (yang kami kunjungi baru 2, itupun yang 1 selewatan ajah). Terus disini juga ada air mancur menari, dan gedung besar yang baru kami ketahui bahwa itu adalah perpustakaan. Wah wah wah, jadi pengen kesini lagi, ato gw jadikan program rutin 2 minggu sekali bagi keluargazulfadhli. Bukannya apa2, bisa olahraga sambil berekreasi dengan keluarga di tempat yang indah, bersih, dan berfasilitas lengkap tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal, alangkah mantapnya bukan?



Jam di tangan sudah menunjukkan pukul 6 pm lewat 15 menit. Perut pun mulai bernyanyi medley. Ya sud kami pun langsung kabur, karena takut kelewatan magrib. Hadoh, Zahia pake acara nangis ga mau masuk mobil pula! Udah berhasil gw masukkin ke mobil, makin ngamuk goyang2in kepala dan badannya ampe akhirnya kejedot kaca. Ya ampyun Nak, tambah besar ko malah tambah keras kepala seh Sayang? Ketauan banget jarang diajakin jalan2 sama AyBun nya hehehe. Ocreh deh Temans, sekian dulu liputannya. Walopun siaran tunda tapi teteup hangat kan beritanya?

38 comments:

Unknown said...

wah, bajunya ada gambar stroberi? mauu dong.hehee..kalo soal keras kepala tuh pasti nurunin dari salah satu ortunya lho. hi hi hi...

yenni 'yendoel' said...

enak yah zahia gak takut air. dan pasti senang diajak main2 seharian!
anakku waktu dibawa ke laut, takut banget sama air laut. ngomngnya gaya: "mama kalo di kolam renang aku mau." di sini kita gak sempat2 buat ngajak2 ke kolam, repot juga... terus kadang tau2 suhu udara dah dingin... jadi sampai skrg anak sulungku dha 4.5 tahun gka pernah nyobain berenang

Lidya said...

asyiknya berenang, knapa bundanya gak ikutan nyebur?

Nikmatnya Hidup said...

wah dah lama aku ga renang nih, tapi klo renang aku paling males ngajak adikku paling kecil soale ga mau di ajak pulang mesti. Ngendon di kolam mulu, ujung2e nangis...... whuahhhh di kirain menganiaya aku tar heheh

Bunda Shishil said...

Wah pintar ya Zahia ga takut renang. Kalo shishil mah takut bun (gara2nya waktu baru masuk kolam, dia liat tampungan air yg berbentuk gentong raksasa itu tumpah, so jd ketakutan bgt dia). Akhirnya ga mau masuk air sama sekali deh, hiks.. Mana aybun'nya juga ga boleh masuk air juga, gggrrr...
Dijadiin agenda rutin aja bun, biar Zahia jd mahir renang nantinya.. Shishil juga lg diusahakan banget nih.. Salam sayang utk kaka Zahia ya..

Fitri3boys said...

he he he zahia heubat dech renangnya...olahraga sambil rekreasi bs dijadiin acara mingguannya zahia dan keluarga yach..bagus bener tempatnya....

Allisa Yustica Krones said...

Wkwkwkwkwk...yang mo nyebur lagi itu lucu banget, san, hi hi, kebayang deh gimana bentukmu kalo digorok sama ayahnya Zahia..kekekekek

Zahia asik banget yah berenangnya sayang? Sampe musti dipaksa gitu buat keluar dr kolam, hi hi... yah, namanya anak2 ya jeng, kecil2 tp mmg bisa keras kepala juga :D

catatan kecilku said...

Acara renangnya seru mbak... Asyik banget kayaknya.

Anonymous said...

Tamannya bagus mbak... Wah, sptnya sarana olahraga dan refreshing yg dibangun emang menarik tuh...

the others... said...

Ups.. sorry, yg di atas itu komen dariku mbak.

vamos_angie said...

Halooo... Maaf ya baru sempet maen kesini...hehehehehe....

Anaknya lucu banget.... jd inget ma ponakanku nih... hehehehehe

Ijin naruh linknya di blogku ya :)

Ummi Zalfa said...

Wah...asik ya Zahia berenangnya. Kalo Zalfa belum pernah aq ajak berenang mbak coz umi abinya juga gak bisa renang hehehe.....

Itu taman nya bagus banget mbak.....lumayan tuh mbak buat jalan2.

attayaya said...

zahiaaaaaaaaaa
imut deh
nggemesin

Bundanya Nay dan Carissa said...

Ayoo dong bun ngojay, kan aku pengen liat dirimu juga, hehehehe
Ayo Zahia ajak aybun tiap minggu berenang ya :)

Unknown said...

wah wah wah...

sungguh keluarga yang ayem tentrem
semoga langgeng deh teh

semoga juga zahianya bia sehat terus ampe gedhe terus jadi orang suksesssss

oya udah bisa gaya apa aja? udah bisa gaya da-da belum?

itu gaya yang habis nyemplung, langsung da...da.... (kelelep..hehe)

siplah teh..semoga jadi keluarga yang seruuu

sip2

Irma Senja said...

senangnya zahia abis berenang dan jalan2 sama ayah dan bunda ya.

mba,...zahianya lucu dan imut bgt ya ^^

Bekti said...

Alo jeng, aku suka banget foto pas Zahia jalan2 dijalan setapak, hihi ekspresinya luttuu... Zahia masih susah makannya jeng? Dulu pas priksa terakhir kali dikasih vitamin ga? Rencana Jos mo aku kasih suplemen penambah nafsu makan, cuma masih ngumpulin info tentang produk yg terbaik...

Zulfadhli's Family said...

Jeng Fanny : Hihihi, kayanya nurun dari dua2nya deh Jeng secara gw sama Ayahnya Zahia sama2 kepala batu

Mba Yenni : Ngeri juga yah Mba kalo cuaca tiba2 berubah dengan cepat. Kalo ke laut Zahia juga udah pernah kami bawa 1x. Alhamdulillah dia enjoy banget tuh. Kami bawa jalan di pinggir pantai eh malah minta ke tengah. Hehehe, emaknya yang justru takut coz kaga bisa berenang. Kiss buat Ka Crystal dan Angie dari Zahia

Teh Lidya : Bundanya belum punya baju renang khusus jilbaber neh. Teteh tau ga kalo mo beli dimana?

Mas Richo : Hahaha anak kecil dimana2 sama yah. iya tar dilaporin ke KOMNAS HAM loh soalnya dikirain nyulik anak2 :-)

Mba Herien : Wah Shishil trauma tuh. Untung disini kolamnya normal2 ajah ga ada ember2 yang ngejatohin air itu. Bisa jadi kalo Zahia ngeliat kaya gituan bakalan takut juga. Semoga Shishil ga takut lagi yah jadi bisa berenang dengan AyBunnya :-)

Mba Fitri : Iyah Mba, rencana juga mo dijadiin acara rutin soalnya murah meriah booo :-)

Jeng Alissa : Itulah Jeng gw juga dah was2 ajah kebayang dah kalo Zahia nyemplung lagi gw kena amuk Ayahnya. Btw Bang Raja udah pernah dibawa ke kolam renang umum belom? Coba deh, pasti ketagihan

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Iya Mba, seru bangeeettttsss :-)

Mba Reni (The Others) : Fasilitas umum tapi tetap terjaga keindahan dan kebersihannya loh Mba. Ga kebayang deh kalo di Indonesia pasti orang udah buang sampah sembarangan dimana2 terus ikannya diambilin hehehe

Zulfadhli's Family said...

Mba Angie : Thanks yah Mba udah mampir kesni. Syiipp, blog Mba juga gw link yaaahhh :-)

Mba Diyah : Ajak Ummi yah ka Zalfa. Hehehe. gw juga ga bisa berenang Mba, tapi kalo di kolam anak2 mah ga kuatir tenggelem ko :-)

Bang Atta : Zahia imut kan turunan Bunda, Uncle Atta hohoho hayo jangan timpuk ekye!!

Teh Fitriasih : Puguhan belum punya baju renang khusus jilbaber Teh, makanya ga ikutan nyemplung :-)

Rosyid : Kalo gaya da-da mah paporitnya Bunda, Uncle Ocid. Kalo Zahia spesialis gaya bebas hihihi

Senja : Thanks yah Aunty Senja udah bilang Zahia imut (aduh, idung Zahia tambah besar neeehhhh)

jeng Bekti : Itulah Jeng, Zahia udah gw kasih vitamin dari yang harga biasa2 ajah ampe yang paling mehong, dari berbagai Dokter, tapi teteup ajah susye makan. Nasib....nasib.... :-( Kalo Josh gimana Jeng?

Mai said...

Wuaa, asyik ya Zahia berenangnya, sampe gak mau diajak pulang hehehe...

Weekend berenang lagi yuk anak cantik :-)

attayaya said...

bbbbbbbbbbbrrr..........
dingin air kolamnya
ga jadi berenang aaaaahhh

Elsa said...

waaaaaaaah lucunya Zahia
nanti kalo sudah pinter berenang, ajarin adik Khadijah juga yaa

Shmily family said...

Aya dah pinter berenang ya....lucu banget liat Aya pake ban pinkynya.

ceritatugu said...

duh senangnya berenang sama ayah,tolong ya ayah dijagain tu jangan samapi klelep hehehe...

Bekti said...

Jos belum pernah aku kasih suplemen vitamin apapun jeng (ini baru mo coba), emang kata om nya Jos, kayak gitu itu tergantung cocok tidaknya si anak terhadap suplemen... Kalo sudah dicoba berbagai suplemen & tdk mempan juga, apa mungkin menunya mesti ganti ya jeng? Zahia bosen kali? Kalo Jos sringkali berhasil dgn menu baru. Tapi jgn harap besoknya doyan lagi T_T Misal: hr ini nasi&sayur bening, besoknya tim roti tawar sayur, besoknya roti sus ragut daging, besoknya nagasari bandung, weleeh... Mana teksturnya mesti disesuaikan pulak. Ok, tetap smangat ya jeng, kalo ditelateni niscaya gizinya tetap tercukupi :D

Zulfadhli's Family said...

Mba May : Yuks Ka Danish kita berenang rame2 :-)

Bang Atta : Uncle mo coba kolam renang air hangat ga? tapi kasian yah pejaganya harus masak air berapa panci buat ngisi kolamnya hehehe

Mba Elsa : Thanks Mba udah mampir kesini. Kiss buat Khadijah yang cantik dan montok. Blognya saya link yah Mba :-)

Jeng Indah (Shmily Family) : Ka Praaassss, kapan kita berenang bareng? Abis itu pulangnya traktir Zahia makan di HokBen yah hihihi ini mah emaknya yang ngidam

Pk Eka : Siap Grandpa, Zahia bakal ngejaga Ayah takutnya kelelep :-)

Jeng Bekti : Thanks yah Jeng sarannya. Menu makan Zahia gw ganti2 mulu tiap hari. Mulai dari nasi + ayam kecap + capcay; nasi + sawi cah udang; kentang + bistik daging + tomat; burjo; dll. Permasalahannya yah itu, kalo kana di kemut jadi lambreta bambang euy (baca: lama banget). Terus kelakuannya kaya Josh juga. Kadang sukaaaa banget sama kentang + bistik daging. Eh pas makan berikutnya moodnya berubah. Yup, kita sama2 berdoa yah Jeng untuk menyelesaikan masalah anak kita yang sealiran ini (aliran susah makan hehehe). Wah kapan2 boleh dunks konsul gretongan ke Om nya Josh :-)

Nikmatnya Hidup said...

nah itu tar di marahin kak seto lagi, lagian tar klo ngajak adik acara tebar pesona keganggu donk hahahah

Vera said...

waaaaa...asyik nih berenang, anak2 dimana2 emang suka banget ya ma renang. Zahia mo nyebur lagi ya hehehe.....Bundanya kenapa ga ikutan nyemplung..oh iya kan lagi jd paparazi dr majalah Kuncung (wakakakaa...asli aku ngakak bacanya, dirimu itu loh klo bikin postingan seger kayak rujak serut)

attayaya said...

hmmmmmmmmmmmmm.........
jangan kezedot kaca lagi yah Zahia.
jadi anak manis sayang mak bapak

Aulawi Ahmad said...

bundanya kok gak mandi wkwkwkw, btw salam buat Zahia :)

Unknown said...

aku juga suka berenang lho, hehee..

Yanuar Catur said...

kalau gerah kayak sekarang emank pas buat renang nih kayaknya..
segerrrr

entik said...

wuih serunya acara berenang zahia.
Ikhsan juga kalau berenang susah diajak udahan, emang kudu ditarik keluar kolam baru mau brenti hehe..

btw tamannya ok juga tuh jeng...

omietha said...

wah..kakak Zahia renang..senengnya..

Duh... difoto cantiknya deh..bisa bergaya pulak heheehe

Unknown said...

haloo bunda salam kenal yah dari Dewi Bunda Kyla, semoga berkenan mau jadi teman, main2 ke blog kami yah bunda dewihusmawati.blogspot.com

zee said...

Wah Zahia hebat ya, udah pinter berenang pake ban biasa begitu. Si Vaya ga suka pake ban dan lebih suka main air, jadi harus "dipaksa" biar dicelupin ampe leher di tengah-2.. hehehe...

BunDit said...

Wah...dedek Zahia udah makin berani renang sendiri tanpa dipegangin ya. Anak2 kalau udah seneng mana mau disudahi kesenangannya ya hehehe. Selalu sehat ya dedek Zahia :-)

Zulfadhli's Family said...

Mas Richo lagee : Hihihi, ternyata tujuan berenangnya bukan olahraga toh, melainkan TP

Teh Vera : Kirim atuh Teh rujak serutnya :-) Kiss buat Alisha yang habis b'day. Mau dunks icip2 kuenya

Bang Atta : Kejedot kaca lagi? wadoh, jangan sampe deh Uncle soalnya yang kena pelototan Ayah bukan Zahia tapi Bunda :-(

Bang Aulawi : Soalnya Bunda belum punya baju renangnya, Uncle. Beliin dunks :-)

Mba Fanny : hayo atuh Aunty Fanny kita berenang barengan. Tapi Zahia belum berani kalo berenangnya di kolam dewasa, jadi Aunty yah yang ngalah berenang di kolam baby :-)

Yanuar : Apalagi kalo abis berenang minum es kelapa muda. Mmmm....tambah suegerrrrr!! Btw thaks yah dah mampir kesini :-)

Mbakyu Entik : Hehehe anak2 emang kaya gituh yah Mba. Sueneng maen aer. Yuks Ka Ikhsan kita berenang bareng :-)

Mba Omietha : Kalo soal gaya mah Zahia nomor 1, Aunty :-)

Mba Dewi : Thanks yah Bund dah mampir kesini. Tar saya gantian mampir ke blog dirimyu. Kita tukeran link yuuukkkss :-)

Mba Zee : Hadoh kejam euy Ka Vaya dicelupin hehehe. Ka Vaya udah bisa gaya apa ajah? :-)

Mba Ririn : ka Dita suka berenang juga kah Bun? Kalo iya, berenang bareng yuuukkksss :-)