Friday 11 June 2010

Maapin Bunda yah Sayang!

Astagfirullah, hari ini bener2 nightmare banget buat gw! Sampe sesek nafas gw dibuatnya! Tapi syukur Alhamdulillah Allah masih menyelamatkan keluarga gw. Jadi ceritanya begini. Kami (baca: gw, Zahia, nyokap) lagi nongkrong di ruang tamu nonton Happy Song di Indosiar [ga usah heran kenapa bisa dapet coz gw pake parabola disini]. Gw dan Uti makan nasi, Zahia sibuk ngerecokin nasi Bundanya, sambil nyomotin udang dan kol terus dimasukkin ke dalam mulut [ikutan makan]. Setelah gw selesai makan nasi, gw mengambil buah pear sebiji dari kulkas, dan mengupasnya di depan tipi. Zahia minta sepotong, gw kasih. Potongannya ga gituh besar koq, sedeng ajah. Gw liat Zahia anteng gunyam-ganyem.

Eh tiba2 ga ada angin ga ada ujan, 10 menit kemudian, Zahia gelagapan, kaya mo muntah. Gw langsung mijet2 bagian leher belakangnya, dengan maksud ngebantu Zahia ngeluarin muntahannya. Tapi yang keluar cuma aer. Abis itu gw denger sura ‘gluk....gluk....gluk’ dari tenggorokannya, sepertinya tu makanan lagi naek turun gitu, antara mo keluar lagi ato kaga. Ngeliat gituh gw bener2 panik, apalagi kemudian Zahia tercekik dan ga bisa bernafas. Badannya menggelepar2. Uti, yang masih asyik nonton, langsung turun dari sofa, dan mengambil alih Zahia dari gw yang mulai menangis. Zahia diposisikan telungkup dipaha Uti, sambil dipukul2 [dipukul pelan loh, bukannya digebugin. Tolong Ka Seto kalo baca postingan gw yang teliti, tar gw ditangkep KOMNAS anak pula karena dikira menganiaya anak sendiri]. Namun upaya itu ga berhasil, karena Zahia masih juga tercekik. Ganti posisi ampe 3x, Zahia tetep seperti itu. Ya Allah, gw panik bukan main ngeliatnya. Gimana kaga, anak gw kecekik, dengan suara ‘gluk....gluk....gluk’ yang terus menerus terdengar, badannya gelepar2 kaya ikan disimpen di darat, dan ga bersuara, even menangis. Mana Ayahnya kaga di Miri pula lagi dinas keluar kota, besok baru pulang.

Nyokap terus mengganti posisinya, kali ini Zahia digendong berdiri, sambil tetep dipukul2 belakangnya. Tapi tetep Zahia ga muntah2. Gw, dengan otak buntu, manggil2 tetangga dari pagar, karena kebetulan Mak Cik sebelah rumah adalah Nurse di Hospital Miri, yah sapa tau ga kerja lagi ngendon di rumah jadi bisa dimintain tolong. Apa daya gw udah teriak2 kaga ada orang yang nongol, padahal pintu kebuka, cuma emang tipi suaranya kenceng banget, jadi bisa dipastikan suara gw ketelen suara tipi. Disela2 itu, gw mendengar Nyokap manggil, so gw kabur masuk rumah. Akhirnyaaaaaaaaaaa, setelah 5 menit yang mendebarkan itu terlalui, Zahia menangis kenceeeeennng banget, dan bisa bernafas lagi dengan normal. Putri cantik AyBun langsung meronta2 dari pelukan Uti, nyariin Bunda. Gw ga langsung gendong, tapi lari ke meja makan dulu ngambil air putih, trus ngasih minum Zahia, biar yang mengganjal di tenggorokannya turun, baru deh gw nenenin.

Sambil nenenin Zahia, tangis gw meledak. Gw cium2in Zahia, sambil gw usap2 kepalanya, wajahnya, tubuhnya, tangan mungilnya, kakinya. Gw ga kebayang kalo tadi sampe terjadi sesuatu yang fatal dengan Zahia, gw mungkin tidak akan pernah memaafkan diri gw sendiri! Mana tadi pas muntah aer sempet gw liat bercampur dengan bercak2 coklat, sepertinya darah. Kemungkinan pas Zahia mencoba muntahin makanannya, karena berusaha terlalu keras, bagian tenggorokannya ada yang luka. Yang bikin tambah sedih, disaat air mata gw tumpah ruah, Zahia yang ada di pelukan gw malah ngusap2 wajah gw, terus nepok2 tangan gw sambil tersenyum. Senyum yang manis sekali. Hati gw langsung nyeeeessssss dibuatnya.

Ya Allah, terima kasih Engkau menyelamatkan anak kami. Terima kasih karena Engkau masih memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjaga amanahmu. Maapkan aku yang telah lalai Ya Allah. Aku berjanji akan menjaga anak buah cinta kami sebaik2nya. Subhanallah. Alhamdulillah. Allah Akbar!! Zahia, maapin Bunda yah Sayang. Bunda sayang sama Zahia, sepenuh hati. Bunda akan menjaga Zahia sebaik2nya, sampai kapanpun. Love u much, Princess! [eh ketinggalan, love u juga suamikyu! Maapkan istrimu yah atas kejadian hari ini].

NB : Tadi sore, pas Mak Cik Nurse tetangga samping rumah pulang, gw ceritakan kejadian itu. Beliau memberikan tips2 yang bisa dilakukan jika anak mengalami tercekik / keselek :
1. Tepok2 punggung anak untuk membantu anak memuntahkan makanan yang menyumbatnya. Telapak tangan jangan dalam posisi datar kaya orang mo tepuk tangan, tapi dilengkungkan kaya busur [ngerti kaga yang gw maksud??], karena kalo tangan melengkung pukulannya ga akan terasa sakit
2. Sogok tenggorokan anak dengan jari kita, untuk merangsang anak muntah
3. Beri anak minum air putih
4. Kalo setelah kejadian itu anak tidak kembali aktif ato ada keluhan2 lainnya, segera bawa ke Dokter

Mak Cik itu juga bilang kalo bercak2 yang gw liat bercampur bersama aer yang dimuntahkan Zahia adalah darah [tapi bukan darah segar]. Sebaiknya kalo mengalami itu anak jangan diberi makanan yang keras2 dulu, kasih ajah bubur.


NB Lagee : Sorry kalo postingan kali ini hurufnya bukan Trebuchet seperti biasanya, spasinya pun kaga rata. Abis pada ngilang semuanya, yang ada di layar cuma fungsi buat masukkin poto dan video, bold, italic, sama link. Binun dah gw!! Nasib orang gaptek kaya begini neh!!!

35 comments:

Dian said...

Aku ikutan prihatin apa yang terjadi ama Zahia, semoga Zahia baik2 aja dan gak ada trauma ya

Unknown said...

tegang nih bacanya. untung gak apa2 ya..sigh...

anonym said...

nice blog..

salam kenal ya..

Bekti said...

Hiuft, berasa tegang deh Jeng baca Zahia keselek ampe kayak gtu...tapi syukurlah akirnya semuanya baik2 saja... Kalo Jos emang sukanya makanan yg kasar. Jeruk aja dkunyah gtu aja, kadang aku sampe deg2an kalo ga dkluar2in ampasnya. Karena aku tau dia blm bgitu terampil, tp kalo ga gtu makanan ga dmakan*sigh*.
Ntar aku mo buka2 lagi the baby book ttg pertolongn pertama pd anak kalo mengalami kecelakaan. Thanks 4 posting...

BundaAzam said...

Alhamdulillah..jadi tegang neh bacanya..ya udah alhamdulillah bersyukur zahia ga kenapa napa ya..waduh mgk aku jg kalo ngalamin hal yang sama bisa panik kali...lebih hati hati lagi ya bun

yenni 'yendoel' said...

bunda zahia, aku pernah posting soal mengatasi anak yang tersedak. bisa coba lihat di sini.
http://yendoel.blogspot.com/2009/07/choking-be-aware.html
(semoga bermanfaat)

selain itu, kudu hati2 kasih anak makan semacam jelly (yg dibungkus dlm wadah plastik kecil). di china banyak anak yang mati tersedak jelly. baru2 setengah tahun lalu, ada anak di kotaku, mati tersedak anggur. itu adalah anak dari teman rekan kantor iparku di sini.

Motik said...

Aduh tegang banget san bacanya..
Alhamdulillah semua bisa teratasi ya. Meskipun anak kita udah pintar ngunyah,kayanya mesti ati2 banget ya ngasi potongan makanan, takut ngunyahnya nggak bener. Sementara kasih makan yg lembut dulu aja san spy leher zahia nggak sakit. Ya Allah smoga ngga kejadian lg ya hal ky gini di anak2 kita semua..

Lidya said...

Allhamdulillah Zahia gak apa2 ya, bisa dijadikan pelajaran buat semua

aishi lely said...

alhamdulillah tertolong... jagain anak kecil haus ekstra hati2 yah bun :)

Shmily family said...

Tegang bener San pas baca ceritanya. Tp syukur alhamdulillah Aya ga kenapa-napa.

DV said...

Bentar bentar.. saya mau komentari soal parabola.. ternyata Anda sama dengan saya... nggak bisa lepas dari Indonesia dan slalu muter stasiun televisi Indonesia.

Viva Indonesia!

Nikmatnya Hidup said...

Alhamdulilah si kecil centil ga papa, moga ga terulang lagi biar ga bikin deg2an...... :)

Ry's Blog said...

Salam kenal... benar2 menegangkan, cerita sehari2 yg ditemui para IRT. Aq suka bahasanya, enak d baca. Sampe geli sendiri bacanya, pdhal ceritanya menegangkan (habisnya bawa2 kak SETO)

Princess Kayla said...

Alhamdulillah ya mbak, akhirnya Zahia nggak apa2...memang kita hrs waspada apa pun yg dilakukan anak, tp memang manusiawi jg kalo kita lengah...Smg semua sehat ya mbak

Desy Noer said...

Ikutan tegang aku. Mudah2an zahia baik2 aja ya jeng. Sementara makan nya yg lembek2 dulu aja yaa

TUKANG CoLoNG said...

smoga gag trulang lg deh..:)

attayaya said...

uuuuuughhh aku jadi ikutan panik ngebacanya

moga2 sehat selalu

Anonymous said...

Ya ampun Susan, gw sampe berkerut keningnya ngebaca postingan ini. Memang sepertinya tersedak krn buah pear ya. Trs sekarang sudah dibawa ke dokter belum San, biar diperiksa lebih lanjut. Kalau sampe berdarah, takutnya ada indikasi lainnya.
Semoga cepat baik ya Zahia..

Zizy Damanik said...

Kenapa komen gw jd anonym? Hahahaha..
itu di atas td komen zizy ya san..

bintangair said...

alhamdulillah zahia gak kenapa-napa.. ampe takut auntie ngebacanya.
kiss zahia dulu ah ^^

syaiful said...

blognya bagus, salam kenal ya

BunDit said...

Duuuh saya bacanya sampai menahan nafas.Ahamdulillah Bun, Zahia gak kenapa2. Thanks banget tips nya :-)

Allisa Yustica Krones said...

Bisa kebayang deh san gimana perasaanmu ngeliat Zahia tercekik kayak gitu... Biarpun gak melihat, aku aja rasanya ngeriiii...

Tapi puji Tuhan ya San, Zahia akhirnya baek2 aja.. Sebagai orang tua, kita mmg selalu hati-hati ya..

Tks for sharing, san... Hugs buat Zahia yaaaa...

Marlina Nugraningsih said...

yang baca aja jadi ikut kuatir, harus lebih hati2 lagi sama Zahia... yang penting endingnya baik2 saja...Tq

Anonymous said...

Alhamdulillah zahia gak papa ya san.. Sebenarnya ada cara buat ngatasin kesedak 'n sebenarnya semua orang harus bisa,jadi kalau ada kejadian kayak gini enggak bikin panik. Buat anak kecil, kalau tersedak, posisikan anaknya terbalik, kepala lebih dibawah dibanding badan, terus ditepuk punggungnya.. percis kayak yang makcik bilang... Semoga gak keulang lagi yach..
Btw baru sekarang gw kasih comment yach... ihat..

Blog Keluarga said...

Awalnya santai bacanya nieh... eh malah jadi tegang, pake tercekik segala lagi... Alhamdulillah gak papa... Salam sahabat dari Balikpapan...

catatan kecilku said...

Mbak.., ikutan tegang nih waktu bacanya. Duh, untung aja bisa teratasi mbak. Kebayang betapa paniknya Zahia saat dia gak bisa nafas. Aku ngebayangin kalau aku ada di posisi mbak, pasti aku udah panik dan nangis2 juga...

the others.. said...

Semoga kisah ini jadi pembelajaran buat kita semua ya mbak.., agar lebih berhati2 lagi.
Thanks for sharing.

entik said...

yah, jelas tegang deh kalau ngadepin situasi kek gitu. Palagi suami ga di rumah ya? untung ada uti...

syukur deh, kalau zahia ga papa...

Bunda Farras said...

hadooh tegang bacanya .. alhamdulillah zahia gak kenapa .. sehat slalu ya cantik .. ngomong 2 bisa keluar gitu di apain ma uti .. untungnya uti gak ikutan tegang ya .

Cerita Keluarga Fauzi said...

Huh,...tegang gw bacanya San....alhamdulillah Allah masih ngelindungin Zahia :)

Udah dibawa ke dokter?takut kenapa2? jadi pelajaran gw juga nih semoga Fadly ga ngalamin secara Fadly tuh suka banget mungut makanan :D

Sun sayang buat princess cantik yaa

Zulfadhli's Family said...

Sorry Temans gw baru sempat balas komennya. 4 hari bo kaga internetan :-)

Mba Dian : Amien. Semoga ga trauma, soalnya ampe sekarang Zaia tuh inget adegan kesedaknya. Waktu Ayahnya dateng dengan heboh tu anak ceritain, pake gerakan. Mulai dari tangannya megangin lehernya, terus pura2 nepok punggung (ngikutin Uti).

Mba Fanny : Alhamdulillah gpp :-)

Anonym : Thanks dah mampir kesini. Salam kenal juga. Btw namanya sapa? kenalan atuuhh :-)

Jeng Bekti : Wah sama tuh Jeng Zahia juga suka makan jeruk dan ampasnya kaga dikeluarin main telen ajah. Gw dah dapet first aid buat baby dan orang dewasa kalo mengalami kejadian kaya gituh. Tar gw share yah :-)

Mba Kiki : Alhamdulillah. Yup, pasti gw akan sangat berhati2. Jangan ampe deh keulang lagi. Hiiiihhh!! :-)

Mba Yenni : Thanks banget yah Mba infonya. Gw hari Jum'at langsung menuju TKP. Zahia mah ga pernah gw kasih jelly yang pake tempat itu Mba, selalu gw bikin jelly sendiri. Kalo anggur Zahia suka, tapi kalo tu anak mo makan anggurnya gw bagi 2 ato 4 dulu biar gampang nelennya :-)

Jeng Motik : Amien. Emang ngeri banget loh Tik, gw ajah ampe deg2an pisan. Alhmd Zahia sekarang udah gw kasih nasi lagi. Dan untuk buah gw jus ajah untuk sementara, kecuali pisang

Teh Lidya : Iya Teh alhamdulillah ga kenapa2 :-)

Mba Lely : Yoi Mba, wajib kudu harus musti ekstar hati2 :-)

Indah (Shmily Family) : Apalagi gw Nda tegangnya tingkat tinggi. Iya alhamdulillah sekarang dah ok :-)

Mas DV : Hohohoho ternyata di Sidney ada juga yah parabol?! Hihihi, kalo gw mah ogah nonton siaran M'sia. Garing bo. Serasa nonton acara Dari Desa ke Desa jaman di TVRI dulu :-)

Mas Richo ; Amien. Bundanya akan berusaha agar kejadian ini ga terulang ko Mas :-)

Ry's Blog : Thanks dah mampir kesni yah Mba :-)

Mba Reni : Thanks doanya yah Mba. Semoga Ka Kayla + Ayah + Bunda juga sehat selalu. Amien :-)

Zulfadhli's Family said...

Mba Desy : Thanks doanya Mba Des. Dari semenjak kejadian Zahia makan yang lembut2, tapi hari ini udah dicoba makan nasi lagi :-)

Tukang Colong : Amien :-)

Bang Atta : Thanks doanya, Uncle Atta. Mana neh oleh2 dari Solonya?? :-)

Mba Zee : Iya Mba sepertinya penyebabnya adalah buah pear. Alhamdulillah sekarang udah gpp. Udah mulai makan nasi lagi tuh anaknya. Tapi untuk buah sementara di jus dulu deh. Bundanya yang masih trauma ngasih makanan finger food :-)

Mba Wina (Bintangair): Alhamdulillah Zahia udah fit lagi. Kiss kiss juga buat Aunty Wina chayank :-)

Mas Syaiful : Salam kenal juga. Thanks dah mampir ke blog keluargazulfadhli :-)

Mba Ririn : Alhamdulillah Mba Zahia gpp. Tipsnya tar gw posting yang lebih lengkap, hasil copas dari Mba Yenni :-)

Jeng Alissa : Hadoh Lis, ngeri banget deh pokonya. Semoga ga terjadi sama Raja yah. Alhamdulillah sekarang anaknya udah mulai makan nasi lagi :-)

Mba Lina : Iya neh sekarang Bundanya ekstra hati2 :-)

Jeng Ihat : Tengkiu Bu Doks sarannya. Yoi alhamdulillah ga terjadi sesuatu yang fatal. Duh kaga kebayang dah gw Hat!! :-(

Blog Keluarga : Alhamdulillah Allah masih menjaga Zahia :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Wuih gw bukan panik lagi Mba, tapi udah paaaannnnnniiiiiikkkkk. Alhamdulillah Zahia gpp :-)

Mba Reni (the Others) : Semoga pengalaman Zahia ga terjadi dengan anak2 lain. Amien :-)

Tukang Colong : Siap Pak! Thanks yah :-)

Mba Entik : Yup, untung ada Ibunda tercinta. Duh ga kebayang deh kalo ga ada Beliau :-)

Mba Sally : Iya Mba alhamdulillah banget. Kita harus ekstra hati2 yah Mba sama anak kecil. kata Ayahnya Zahia ga usah ke Dokter, coz anaknya udah aktif seperti sedia kala. Makannya pun udah mulai nasi, dan ga ada kesulitan dalam menelan. Kiss kiss juga buat ka Fadly ganteng :-)

Elsa said...

duh
bisa ngebayangin
gimana ngerinya menghadapi hal itu.
pasti paniknya luar biasa...

untung saja
Zahia sekarang sudah baik baik saja yaa

Zulfadhli's Family said...

Mba Elsa : Iya Mba, gw panik bukan main tuh pada saat kejadian itu. ALhamdulillah sekarang semuanya udah berlalu. Dan yang ada gw jadi ekstra hati2 kalo ngasih makan Zahia. Pokonya bener2 diperhatiin potongannya harus kecil2, karena kalo gede takutnya kesedak lagi :-(