Tuesday, 16 March 2010

Tanda Cinta untuk Suami dan Princess Zahia

Mungkin banyak kaum hawa yang pada saat masih perawan tingting kaga bisa yang namanya masak, tapi setelah merid akhirnya bisa juga memasakkan suami dan anak2. Gw adalah orang yang seperti itu. Entah kenapa, meskipun memiliki Nyokap yang ahli masak, tapi gw maleeeesss banget bawaannya untuk belajar. Masak air sampe air di ketelnya abis sehingga tuh ketel loncat dari kompor; nyeplok telur dari jarak 7 meter karena takut kecepretan minyak, udah gituh telurnya gosong pula; menumis bawang sampe tutung (baca: lebih dari gosong) karena apinya terlalu besar dan kelamaan. Itu adalah beberapa bukti dari parahnya acara masak-memasak gw.

Beranjak dewasa, gw belum juga menemukan semangat untuk belajar memasak. SMA di Bandung gw tinggal di rumah adiknya Nyokap, dimana Om dan Tante gawe sehingga mereka memutuskan berlangganan katering saja untuk makan seluruh anggota keluarga. Waktu kuliah di Bogor, kesibukan perkuliahan serta pentas2 teater gw yang cukup tinggi, membuat gw selalu mengambil jalan praktis, yaitu beli makan di warung. Lagian males banget bukan dateng kuliah, udah mah cape dan perut kosong melompong, masih juga harus nguprek2 di dapur dulu baru bisa kenyang. Pas kerja di Riau dan Kaltim, dimana oleh perusahaan ditempatkan di mess yang ada tukang masaknya, membuat gw semakin terlena dan melupakan niatan mulia untuk test drive di dapur. Sering Nyokap bertanya “Kapan Nak kamu belajar masak? Gimana tar kalo merid, masa laki kamu disunguhin masakannya ART mulu! Untung2 dapet laki yang pandai masak, ato nrimo ajah dikasih makanan buatan orang lain. Nah kalo kaya alm Papa kamu yang maunya masakan Mama sendiri dan harus selalu fresh kaga suka dianget2in itu gimana??”. Well, gw pun menjawab dengan santainya sampe Nyokap mo ngelempar gw pake senter “Maka dari itu kalo aku sholat ga lupa berdoa supaya dikasih laki yang jago masak”.

Alhamdulillah Allah teramat sangat baik dengan gw. Doa gw terjawab sudah. Gw diberikan seorang suami yang pinter masak, enak pula rasanya [bisa buka restoran tau Bang, serius!]. Mulai dari cemilan sampe makanan berat, tradisional food sampe yang masa kini, semuanya dijabanin. Awalnya gw hepi2 ajah, dan laki gw pun ga protes dengan kebisaan gw yang kebisaannya eta-deui-eta-deui (telur, mie, ayam goreng tepung, dan sayur tumis2an). Apalagi setelah melahirkan, Abang dengan giat dan siap siaga selalu memasakkan gw bekal sebelum pergi dinas luar. Misalnya kalo Abang hari Senin berangkat dinas ampe Jum’at, hari Minggunya udah heboh masak ayam kecap, ikan balado, dan sayur daun katuk + pumpkin bersantan buat persediaan gw selama Beliau cabs. Suami yang sangat luar biasa, bukan?

Hingga suatu saat terucaplah dari mulut laki gw “Kapan yah bini gw bisa masakin gw? Mau dunks sekali2 makan hasil karya istri tercintah”. Deg! Gw berasa kena tampar! Ternyata laki gw mengidam2kan masakan gw. Bukan masakan yang itu2 ajah, tapi sesuatu yang lain seperti ikan bumbu kuning ala Bunda Zahia, ato ayam bakar plus sambal terasi khas Susan Noerina, ato nasi kuning dengan sambal teri kacang made-in anaknya Bu Noortje. Alhamdulillah sodara2, kesadaran untuk itu akhirnya tumbuh di hati gw, dang gw memulainya dengan belajar mengenali bumbu2 telebih dahulu. Bayangkan, udah 26 taun masih juga ga paham mana yang namanya ketumbar, jinten, kemiri, dan sebagainya. Wadohh, parah!!

Perlahan2 gw pun bisa memasak. Setelah gw mengenali berbagai jenis bumbu, gw mempelajari berbagai resep2 masakan, hasil searching dari internet, maupun copy paste resep misua, nyokap, ibu mertua, dan sodara2 sedulur. Akhirnya, di usia 27 taun, gw meraih gelar SD (Sarjana Dapur). Sekarang apapun yang laki gw request Alhamdulillah bisa gw buat. Gw pun merambah bukan hanya di makanan berat, tapi belajar untuk bikin cemilan. Karena gw ga mau kalo Zahia udah sekolah bawaannya jajan mulu karena emaknya ga bisa bikin bekel yang menggugah selera. So, meskipun saat ini kami memiliki seorang ART, tapi urusan masak teteup gw handle, khusus kalo laki ada di rumah. Tapi kalo untuk makan sehari2 pas Abang kaga ada mah Nyokap dan Mak Cik Eli yang nyiapin [hehehe, cuti bo!].

Hari Sabtu dan Minggu lalu gw membuat siomay dan bolu kacang, sedangkan Sabtu ini ketupat sayur dan ikan asam manis bumbu kuning. Resep siomaynya gw contek dari Motik_Mama Kyara, yang sebenernya dah ditulis resepnya sejak lama tapi belum sempat dipraktekin, sedangkan bolu kacangnya adalah hasil karangan gw [u know lah hai, yang namanya bikin kue pasti jadi asal ada telur, gula, terigu, mentega].

Siomay Laut Cina Selatan

Hihihi, nama yang aneh. Gw kasih judul begituh karena siomaynya keasinan bo, semangat pisan kasih garemnya. Tapi Alhamdulillah walopun asin teteup sold out. Cuma gw akhirnya memutuskan untuk ga kasih ke Zahia karena yah itu tadi asin banget. Padahal ni resep nyontek dari resep cemilan baby loh [Thanks yah Tik]. Oya, ada lagi saran dari pelanggan, Ayahnya Zahia, yaitu tambahin lagi tepung kanjinya supaya lebih kenyal.

Bahan:
Udang kupas 700 gram, dicacah halus
Ayam 2 buah, paha, diambil dagingnya ajah, lalu cacah halus
Tepung terigu 6 sdm
Tepung kanji 1 sdm (bisa ditambahkan secukupnya hingga mencapai tingkat kekenyalan yang diinginkan)
Tepung maizena 1 sdm
Bawang putih cincang, ditumis dulu sampai wangi
Garam, merica, gula secukupnya

Kentang, kol, dan telur rebus sebagai pelengkap hidangan

Cara bikinnya:
Campur semua bahan, aduk rata. Masukkan ke dalam cetakan, ato kalo ga ada cetakannya dibulet2in ajah pake sendok. Kukus selama 1 jam sampai matang. Hidangkan dengan bumbu kacang atau kecap atau apapun yang diinginkan selama dapat menambah selera makan.

Bolu Kacang Diskon

Diskon neh ceritanya. Kacang tanah versi bule (putih, besar, ga pake kulit) yang biasanya 1 kg RM 8,5 kemaren didiskon jadi RM 5,5. Ya sud deh diborong 2 kg. Yang ½ kg dipake buat campuran bolu. Sisanya buat keperluan lain semisalnya mo bikin gado2, rujak, ato sambal teri kacang. Alhamdulillah Zahia makan banyak banget bolu buatan emaknya. Bangun tidur nyari bolu, sebelum bobo nyari bolu, sore makan bolu, abis makan oat teteup mau bolu [saingan sama Ayahnya]. Wuah senangnya hatikyu!!

Bahan:
Telur ayam 5 butir
Tepung terigu 5 sdm
Gula 3 sdm
Susu kental manis 2 sdm, cairkan
Mentega 3 sdm, cairkan
Baking powder 1 sdt
Kacang ½ kg, diblender

Milo sedikit

Cara bikinnya :
Telur dan mentega dikocok sampai mengembang (berubah warna menjadi putih). Sambil terus dikocok pake mixer (kalo ada), masukkan terigu, susu kental manis, baking powder, mentega, dan terakhir kacangnya. Masukkan ke dalam cetakan, kukus selama 45 menit (dirasa ajah udah mateng belum. Kalo gw tau mateng enggaknya dicolok pake tusuk gigi. Kalo masih lengket ke tusuk gigi berarti masih belum mateng). Oya, setengah jam saat mengkukus taburkan Milo ke bagian atas bolu sebagai topping. Hidangkan panas2.

Ketupat Sayur Mini

Ketupatnya beli di supermarket. Udah ada yang ditempat2in di plastik, jadi kita tinggal cuci bersih, terus dikukus. Simple kan bo?! Nah untuk sayur santannya baru deh bikin sorangan.

Bahan:
Ketupat 15 bungkus
Labu siam 1 buah
Ayam
Telur, rebus terlebih dahulu
Santan 1/2 bungkus (disini kelapa parut mehong banget, maka gw menggunakan santan instant)
Bawang putih 3 biji
Bawang merah 3 biji
Kemiri 4 biji
Cabe merah 3 biji

Cabe bubuk secukupnya (tergantung suka pedes ato ga)
Tomat 1/4 biji
Daun salam 2 lembar
Lengkuas sedikit, dimemarkan
Garam dan gula putih secukupnya

Cara bikinnya :
Ulek bawang merah, bawang putih, cabe merah, tomat, garam, gula, dan kemiri sampai halus. Tumis sampai wangi, tambahkan air. Cemplungkan ayam, daun salam, dan sedikit lengkuas. Setelah ayam empuk, masukkan telur rebus dan terakhir labu siam sebentar ajah. Tambahkan cabe bubuk dan garam serta gula jika dirasa kurang. Siapkan santan yang sebelumnya diberi air supaya larut (ga ada yang gerenjel2), tuang ke dalam masakkan. Kalo labu siamnya udah agak2 layu, matikan kompor, dan masakan siap disajikan.

Ikan Patin Asam Manis Bumbu Kuning ala Jeng Soes

Kekuatan rasa menjadikan hidangan ini sangat2 digemari oleh Ayahnya Zahia. Makanya gw memberikan cuka, garam, dan gula ga nanggung2 supaya rasa asam, asin, dan manisnya kuat. Nano2 gituh deh pokonya. Untuk ikannya bisa memakai ikan jenis apapun, tapi favorit kami adalah ikan patin, tongkol, kembung, atau sarden.

Bahan:
Ikan patin 4 slice (soalnya di rumah yang hobi makan ikan cuma gw & hubby)
Bawang putih 3 biji yang besar
Bawang merah 2 biji yang kecil
Cabe merah, iris2 memanjang tipis
Kemiri 2 biji
Serai, memarkan terlebih dahulu
Kunyit secukupnya (kemarin, karena ga punya kunyit yang fresh, maka gw memakai kunyit bubuk)
Cuka, garam, dan gula putih secukupnya

Cara bikinnya :
Ulek bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kemiri. Tumis bahan2 yang sudah dihaluskan tersebut beserta irisan cabe merah dan serai. Setelah wangi, tambahkan air secukupnya. Masukkan cuka, garam, dan gula sesuka hati. Masak sampai airnya berkurang, cemplungkan ikan, aduk sampai menyatu dengan bumbu. Oya, sebelumnya ikan patinnya digoreng terlebih dahulu (dibumbuin dulu dengan garam sedikit dan jeruk nipis supaya ga amis). Akhirnya ikan siap dihidangkan.

Ok deh Temans, selamat mencoba yah [kalo ada yang niat mencobanya]. Insya Allah ga keracunan ko hehehe, harap cemas juga neh gw! Bisa juga dimodifikasi dengan bahan2 yang lain. Semoga masakan kita membuat para Bunda, Ibu, Mama, Mami, Emak, Ummi, Unda, dan apapun namanya semakin disayang suami dan anak. Amien.


..... Tentang Awards .....
Oya, gw mo ngucapin makasih banyak buat Teh Lidya_Mama Pascal dan Mba Diyah_Ummi Zalfa yang udah kasih award. Hihihi senangnya soale ini 1st time bo dapet award [moga2 tar bisa dapet Grammy ato Oscar]. Thanks yah Jeng atas komplimennya. Dan award ini gw lanjutkan [SBY banget] kepada semua temen2 keluargazulfadhli. Ayo Temans silahkan diambil awardnya. Monggo.

17 comments:

Lidya said...

ketupat sayur mini nya unik, lucu imut gitu tuh. mau ah nyobain nanti

Anonymous said...

Susan, kamu hebad bener, akhirnya mau juga memasak. Gw termasuk yang tidak pernah masak, apalagi krn bekerja, jd sabtu pengennya istirahat aja. So far msh pembantu sj yg masak. Terus terang gw malas sih hehee. Masak tuk anak saja biasanya buat dulu utk awalnya biar pembantu ngliat caranya, hbs tu dia yg masak utk selanjutnya.
Baca ini diriku jd kepikir jg utk masak.. :D
-Zizy-

Motik said...

waw ini nih hasil si sarjana dapur xixixi.... keren...
emang masak itu udah nature ya. gw juga ga berminat oprek2 dapur jaman masih perawan tingting hehehe. Abis nikah pun masak masih milih2. Setelah punya anak baru deh jiwa koki nya muncul. kok siomay nya bisa asin San? kurang pake perasaan nih hehe... kata orang kan kalo masaknya asin kebelet kawin. hayoooo.... :p

mimiajadeh said...

wakakakakakaka.....baca crita ini jadi tamparan ni bwt mimi...sampe skrg blum bs memenuhi hasrat laki, bsnya tumis-bening-tumislagi-bening lagi...salut bwt bunda deh

Alrezamittariq said...

hmmm...enaknye makanan2 tu...

Reni Dwi Astuti said...

Jadi ngiri nih mbak, aku orangnya juga paling males kalo masak-memasak. Apalagi selera aku dan suami beda banget. Salut nih,buat mbak soesa nmsh mau belajar di sela-sela sibuknya bekerja.

Nia said...

waduhh jadi ceritanya sekarang udah jago masak nechh? jadi ngiri, soale smpe skrang aku belum pernah masakin utk suami, kecuali mie instan utk sarapan hehehe....untungnya lg suamiku smpe hr ini belum pernah minta dimasakin, jadinya aku masih nyantai2 aja hehehe....tapi satu saat nanti aku harus bisa masak, biar makin disayang suami hihihi....

Indri said...

jadi maluuuuu.... ga juga blom bisa masak. padahal merit dah 6 taun, tetep aja males buat masak-masak.....
belajar ach.......!!!!!!!

Zamrud said...

Jd pengen nyoba ketupat-nya hmmmm... salam kenyal hehehehe

Anonymous said...

Pengen dunk nyobain masakannya bundanya Aya....... =)

Zulfadhli's Family said...

Teh Lidya : Sok atuh Teh kalo mo nyoba. Kirim ajah alamatnya biar tar ekye kirim

Mba Zee ; Gw bukan hebad Mba, cuma sadar. Hihihi kasian juga liat laki udah mah cape kerja eh pulangnya harus masak buat dirinya sendiri plus bininya pula. Hiks, betapa durhakanya gw!!

Motik : Kalo buat yang single masak keasinan berarti pengen kawin. Nah kalo buat kita2 yang udah berbuntut ini, apalagi gw yang ditinggal laki dinas luar mulu, masak keasinan berarti lagi jablay Tik. Huahahaha, jablay pisan.

Mimi Arie : Hidup tumis - bening!!

Kang Tariq : Insya Allah enak Kang soalnya pake bumbu cinta seh masaknya. Hadooh dangdut banget yah gw?!

Mba Reni : Gw udah ga kerja Mba. Semenjak hamil 4 bulan memutuskan untk jadi pul-taim-mader :-)

Mba Nia : Iya Mba, yakin deh kalo kita bisa masak pasti misua tambah sayangnya berlipat2 (pengalaman pribado boo)

Mba Indri : Yuuukkssss mariiii

Zamrud : Salam kenyal juga. thanks yah dah mampir ke blog gw & hubby :-)

Anonymous : Boleh....boleh....main atuh ke Miri tar dimasakkin yang spesial

May-Danis's Mom said...

Wuaaa, pas mampir kesini tau-tau disuguhin aneka masakan nih, huhuy jadi laper nih bun, salam buat si cantik Zahia yah ;-)

Keluarga pak Anton said...

ngeceeeessss...enaaakk smuaa...mau juga aahh coba2 buat, tapi yg gampil2 dulu yah hahaha dan yg kira2 bakanl sold out kl dimakan krucil, mo nyoba siomay lautan jawa aja haha sama bolu kacang ga diskon ( soalnya pasti disini ga diskon :P)...oiyaaa ada ide buat apa utk cumi ga kebetulan ada cumi nganggur di kulkas hihihih

oiya btw thanks yaa postingannya justru jd tamparan buat dirikyuu pdhal ayahnya krucil dah sering minta dibuatin tapi yaa itu lagi.itu lagiii hihihihi

Anggorowati said...

wah..hebat,bund.. pinter bgt masaknya.. bolehlah nanti nyontek resepnya yah..;)

oiya salam kenal jg yah,bund.. kita tuker link yuk..

Zulfadhli's Family said...

Mba May : Laper yah Jeng? Hayu atuh dicicipin hidangannya. Salam juga buat Ka Danish yah Mom :-)

Mba Mila : Waduh ternyata banyak yang kena tampar gara2 postingan ini. Maapkan ekye yah. Btw cuminya jadinya diapain??

Mba Wati : Saya ga begitu pinter masak ko Mba, kan baru belajar. Tapi selalu berusaha memasakkan yang terenak bagi keluarga. Thanks yah Mba udah mampir kesini. Blognya udah saya link

IBU AMELIA KALIMANTAGN said...

saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RIJI atas bantuannya saya bisa menang togel 4D nya..saya ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang TKI dari malaysia dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon MBAH RIJI dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi MBAH RIJI dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan MBAH RIJI saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja MBAH RIJI di 082 388 362 128 karna beliau meman benar-benar paranormal yang bisa dipercaya dan yang punya room terimah kasih banyak atas tumpangannya.

Kiyai kanjeng dimas taat pribadi said...

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<