Saturday, 23 January 2010

Saat Tangan Mulai Berbicara

Dua minggu yang lalu, datanglah seorang teman ke rumah. Panggil saja Kak Mawar, yang berasal dari Pontianak (sama seperti hubby). Setelah ngobrol ngalor-ngidul, Kak Mawar tiba2 menceritakan masa lalunya. Ternyata dirinya sudah menikah 2x. Pernikahan yang pertama dilakukan saat usianya 16 tahun, dengan seorang laki2 yang teramat sangat tampan dan kaya. Kak Mawar berasal dari keluarga yang kurang mampu dan memiliki banyak adik2 (Beliau anak ke-2 dari 9 bersaudara). Sekolahnya pun hanya tamat SD. Karena wajahnya yang cantik, maka banyak pria yang tergila2 padanya. Pilihan pun dijatuhkan pada pria kaya itu, dengan maksud jika menikah dengan orang kaya maka dia bisa membantu orang tuanya dan juga menyekolahkan adik2nya. Intinya adalah ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Tapi apa mau dikata, Kak Mawar yang pada awal pernikahan dihujani dengan hadiah2 mewah oleh Sang Suami seperti dibikinkan rumah yang besar, diberi banyak perhiasan yang diantaranya adalah kalung emas 100 gr serta gelang 50 gr, dibelikan pakaian bagus2 dan mahal, setelah hamil justru mendapatkan perlakuan sebaliknya. Keadaan berubah 100%. Kak Mawar dijadikan babu di rumahnya sendiri. Dipukuli oleh suami dan keluarga besarnya. Ditendangi sampai pingsan. Tidak cuma itu, bahkan Kak Mawar pernah ditusuk dengan pisau di bagian perutnya. Semua emas2nya disita oleh Ibu Mertua. Beras dijatah cukup ga cukup 5 kg untuk 1 minggu. Tidak pernah dipegangi uang sepeser pun (musnah sudah impian untuk menyenangkan orang tua, apalagi menyekolahkan adiknya). Puncak kesengsaraannya adalah ketika suaminya menghamili pembantunya sendiri.

Saat gw tanya kenapa Beliau tidak melaporkan kepada polisi atau setidaknya ketua RT / RW, Kak Mawar hanya bilang bahwa waktu itu dia masih kecil, masih sangat polos, belum menegrti apa2. Tidak memiliki keberanian untuk pergi ke rumah Pak RT / RW, apalagi ke Kantor Polisi. Bahkan untuk cerita kepada orang tua saja dia tidak bisa, karena tidak mau menambah beban hidup keluarganya.

4 tahun kemudian, Kak Mawar akhirnya bisa bercerai dari suaminya. Itupun setelah suatu kejadian yang sangat memalukan, dimana laki2 sinting itu membawa kabur istri tetangga yang rumahnya masih 1 jajaran dengan rumah Kak Mawar. Lalu perempuan gila yang bersedia dibawa kabur oleh suami Kak Mawar kembali ke tangan suaminya dalam keadaan hamil. LUARRR BIASA!!!!

Pernikahan yang awalnya bak hidup di surga dengan bergelimang harta itu memberikan trauma mendalam bagi Kak Mawar. Membuatnya menjadi teramat sangat takut jika mendengar kata2 pernikahan. Namun Beliau akhirnya berhasil “bangkit”, sampai akhirnya menikah kembali setelah 4 tahun menjanda. Alhamdulillah suaminya yang sekarang walaupun keras wataknya tapi tidak pernah memukul.

Ada juga kasus lain, yang mana pemeran utamanya adalah adik ipar gw sendiri. Awal tahun 2008 dia memutuskan untuk menikah dengan pacarnya. Undangan dicetak dan sudah disebarkan, tenda sudah disewa, souvenir untuk tamu disiapkan, bahan2 untuk konsumsi tamu sudah lengkap di dapur. Sang calon pun sudah menyerahkan seserahan kepada adik & keluarga, seperti tempat tidur, seperangkat emas, bed cover, dan masih banyak lagi. Manusia berencana tapi Tuhan berkehendak lain. Adik ipar gw, 3 minggu menjelang hari-H, memutuskan untuk TIDAK JADI menikah dengan pacarnya itu. Dia akhirnya bercerita bahwa dia pernah dipukul oleh pacarnya sehingga dia takut kalau sudah merid kejadian itu akan dialaminya lagi. Gw sempat bilang sama hubby “Alhamdulillah yah Bang wangsitnya ga datang terlambat”.

Kisah seorang temen sewaktu gw kerja di Jakarta lebih miris lagi. Cewe ini, sebut saja Lina, tetap bertahan dengan pacarnya yang suka menyiksa [menurut gw cowo itu bener2 psikopat]. Sering kali kalau mereka berantem Lina dipukul, digampar, ditendang, dicaci maki dengan kata2 yang sangat kasar. Tapi setiap kita, teman2nya memberi saran untu meninggalkan cowo itu dan mencari cowo lain, Lina selalu bilang “Gw ga bisa hidup tanpanya. Ga ada orang lain yang begitu dalam mencintai dan menyayangi gw selain dia”. WHAT?!?! Setelah semua perlakuan buruknya itu elo masih nyebut2 kata “cinta” dan “sayang”??? Gw yang ngedengernya berasa mo pingsan. Berulang kali gw membodoh2i Lina, bahkan saking kepengen ngebenerin otaknya yang udah ga bisa berfikir waras itu gw berniat ngebawanya ke psikiater. Bener2 cinta buta dan sangat bodoh! Gw sampai heran ko ada orang yang rela hidupnya dihancurkan oleh orang lain. It’s totally stupid, honey!! Wake up atuh!!!! Kalo lagi pacaran ajah disiksa seperti itu gimana kalo udah nikah?!?!

Pepatah berkata, bahwa setiap manusia dicptakan berpasangan. Maka seharusnya konsep berpasangan adalah dimana dua orang yang menjadi pasangan itu dapat saling membahagiakan satu sama lain. Saling berbagi cinta kasih. Saling melengkapi kekurangan masing2. Saling memberi support. Seperti halnya hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan, dimana keuntungannya harus dirasakan oleh kedua belah pihak.

Jika memang kemudian semua hal yang indah2 itu berubah jadi mimpi buruk, ketika pasangan yang awalnya bersikap luar biasa manis dan lemah lembut berubah menjadi monster yang mengerikan, ketika tangan mulai berbicara menyakiti tubuh,atau kata2 makian yang sebelumnya tidak pernah terlontar dari bibirnya yang biasanya selalu memuji, maka “Sang Korban” harus bisa bangkit dan memutuskan segalanya. Demi keselamatan dirinya sendiri. Jangan menjadi bodoh, bisu, dan tuli dengan mengatasnamakan cinta. Bullshit itu!! Gw ulangi sekali lagi: BULLSHIT!!!! Karena cinta tidak ditandai dengan muka yang kusut, mata yang bengkak karena menangis terus2an, lebam di pipi, tusukan di perut, atau hati yang remuk redam setiap saat.

Ayo ladies, sudah waktunya untuk berani berkata TIDAK dan bertindak TEGAS. Karena hidup hanya sekali. Dan tidak akan ada yang menghargai diri kita kalau kita tidak menghargai diri sendiri.

NB: Gw sendiri teramat sangat bersyukur karena Allah memberikan gw seorang suami yang walopun ga seganteng Leonardo Di Caprio, ga sekaya Om Donald Trump, perutnya pun chabi [pipi kaleee], tapi ga pernah sekalipun menyakiti gw baik dengan kata2 apalagi perbuatan. I love u so much, my lovely husband. Mmmuuaaaccchhhh [sun sayang sampe bibir maju 7 cm]

16 comments:

Keluarga Fauzi said...

Wahhh,....kasian sekali Kak Mawar ya.

Apa semua perempuan di Malaysia mendapat perlakuan seperti itu dari suaminya??

Duhhh maaf jadi bawa2 suku bangsa, tapi miris aja bacanya.

Sebenarnya sih di Indonesia sendiri juga banyak perempuan2 Indonesia yang diperlakukan tidak adil ma suaminya. Tapi klo mereka sendiri tetap bertahan.....takut klo meninggalkan tuh lelaki ga akan bisa hidup/makan.....jadinya ya begitulah.


Bersukurlah kita memiliki suami yang sayang dengan kita dan anak2 kita :)


Btw, Zahia cacar???duhh kasian

cepet sembuh ya sayang....

Btw klo mau ngobrol langsung enaknya di mana ya mba Susan??? ada YM kah??

klo ada add aku ya di cemut_hi

:)

Mama Ben said...

Hai susan, apa kabarnya? maap baru mampir nih,...
salam kenal ya san.......

Wah baca cerita di postingan ini bagus banget.....cara menyampaikannya bagus, dan memang fakta begitu banyak kejadian kekerasan dlm rt....

Akuun setuju dg pndapat susan, bukan cinta namanya kalo yg ada cuma sakit, baik hati dan tubuh...

buta namanya!!!!!

Sudah saatnya wanita sadar, bahwa cinta itu bukan seperti itu.....cinta itu mesti membuat kita lebih baik.....bukan lebih sakit.....

salam buat keluarga ya....duh putrinya manis sekali :)

zee said...

Wah tragis benar nasib kak Mawar itu. Ternyata ketampanan dan kekayaan tidak berbanding lurus dng kelakuannya.

Hmm si Lina itu sudah buta barangkali ya. Wanita memang sering tidak bisa logis klo sdh berhubungan dgn perasaan. Suatu saat dia datang ke kita utk curhat, bilang pacarnya brengsek atau kurang ajar, selingkuh dst, dan bertanya apa yg harus dia lakukan. Lalu ketika kita mengatakan bahwa dia harus tinggalkan pacarnya, dia lgsg defense. Mendadak dia jadi si Galak yang akan membela pacarnya mati2an, bahwa pacarnya itu melakukan itu krn sayang padanya, bhw kita sama sekali gak tahu apa2 ttg hubungan dia dan pacarnya. Bah! Kalo gitu kenapa lo curhat? :)).

Yah begitulah perempuan. Butuh triger yang pas agar wanita tahu bhw lelaki itu tidak pantas untuknya,

Lidya said...

Berumah tangga tidak hanya makan cinta kan hehehe. tapi butuh yang lain juga. Tapi juga tidak hanya materi loh

Allisa Yustica Krones said...

Sebenarnya cinta itu bukannya buta, tapi ada orang-orang yang dengan sendirinya membutakan mata hati hingga batas antara cinta dan nafsu tidak terlihat lagi...

Nia said...

aduh mbak, miris banget yach denger cerita perempuan yang disakiti sama pasangannya...tp klo aku bilang sbgai perempuan kita juga harus tegas dan berani sama pasangan...klo dibentak atau dimarahin jgn cuma diem aja, apalagi kalo sampe dipukul...wadohhh....

Mudah2an kita tidak mengalami nasib seperti mawar dan teman2 yang mengalami KDRT....

Rita Kusuma said...

Baca tulisan ini bikin aku jadi lebih bersyukur punya suami yang alahmdulillah jauh dari cerita d atas ..

tapi cerita tentang lina ini banyak ya ? temen kuliah juga dulu biar di siksa sama cowoknnya ...selalu aja gak bisa putus :(

Smoga kita d jauhkan ya dari hal-hal yang seperti ini ..

Zulfadhli's Family said...

Ibu Fadly : Setuju Mba, masih banyak wanita yang takut ninggalin pacar ato suami yang suka nyiksa karena ketakutan2 yang berlebih (takut ga bisa makan, dll). Tapi daripada kita yang menderita yang menurut saya mah lebih baik leave it. Iya toh?? Btw kita memang harus bersyukur Mba punya misua yang sayang sama kita & anak2 :-)Alhamdulillah cacar Zahia & Bunda udah tahap penyembuhan. Tar aku add yah Mba plus facebooknya sekalian :-) Salam buat Ka Fadly. Gimana sekolahnya?

Mama Ben : Thanks yah Mba dah mampir. Aku dah link blognya. Thanks juga atas komplimennya :-) Tar kalo pas aku ke KL ktemuan yah Mba. Salam buat Ka Ben

Mami vaya : Hahaha, stuju Mba. Bikin ilfill ajah sama orang2 yang curhat, terus kita kasih saran, eh trus kita malah kena damprat dia!

Mama Pascal : Syipp Mba. Hari gini makan cinta?! Dangdut bo :-)

Mama Raja : Betul Mba, kadang orang2 ajah yang emang sengaja membutakan mata hatinya sendiri. Jadi mo kita kasih saran kaya gimanapun tetep ajah ga didenger

Zulfadhli's Family said...

Mama Ina : Amien Mba. Semoga kita adem ayem ajah ama pasangan dan jauh2 deh dari yang namanya KDRT. Btw gimana ka Ina & dede di perut? Sehat khan?

Ibu Elang : Iya Mba, kita harus bersyukur punya suami yang baik hati. Amien, semoga kita dijauhkan dari hal2 seperti itu

bunda zikra said...

setuju sekali. kalo pas pacaran aja berani pukul2an, gimana kalo udah nikah beneran. kalo udah begini, aku bersukur sekali punya suami yang baik dan pantang main fisik.
smoga temen2 kita yang udah disakiti itu bisa segera terbebaskan dan nemuin kebahagian sendiri.

Motik said...

Kisahnya seperti sinetron aja ya mbak, tp memang itulah kenyataannya. Bikin aku makin bersyukur sama anugrah dr Allah dikasih suami yg baik dan bertanggungjawab.

fifit said...

Wahh...TErnyata ada ya Kisah Nyata KAya Gitu..ckckkckc

Mudah2an ga terjadi ma daku Amiinnn ;)

henny said...

Iya, saya juga punya sahabat yang pernah punya pengalaman sama kayak yang mba susan ceritakan. Dia mendapat perlakukan kasar dari
pacarnya (untung sekarng ga jadi nikah ma dia). Masa kalau ada sedikit yang ngga pacarnya suka, dia dipukul, dibenturin kepalanya di dinding, dll. Saya pernah ditunjukkin lengannya yang memar lho waktu dia habis berantem ma pacarnya. Hiii ngeri ya mba ... dan benar kita memang harus tegas berkata tidak lanjut begitu tahu ada hal yang ngga beres dari pasanan kita, lebih2 sebelum memutuskan kita menikah dengannya. Salam kenal mba susan, iya saya link blognya ya :)

Zulfadhli's Family said...

Bunda Zikra : Sepakat Mba. Amien, semoga kaum perempuan yang menerima tindak kekerasan bisa segera bebas & hidup berbahagia

Mama Kyara : Iya Mbak kaya sinetronnya Soraya Intercine Film khan hobinya pemeran utama cewenya disiksa sampe titik darah penghabisan

Mba Fifit : Amien. Semoga kejadian kaya gituh dijauhkan dari kita semua. Btw makasih yah Mba udah mampir ke blog kami. Tar aku main balik :-)

Ibu Aliyyah : Thanks yah Mba Henny dah main kesini. Aku link blognya :-) Salam buat Ka Aliyyah dari Zahia

MBAH JAYA WARSITO said...

SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.
KALAU ANDA INGGIN TAU INFO TOGEL, KENAL,KAN NAMA AWA IBU SRI YUNITA, KAMI TINGGAL SARAWAK PEKERJAAN USAHA KECI-KECI LAH, DAN TUKAN MASAK DI RESTORAN ,SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA KI JAYA NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA KY JAYA BERKAT ANGKA YANG DI BAGI SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTA ANGKA,4D…5D…DAN 6D…
ANGKA NAIK YAITU,DI.
SPORTS,TOTO 4D,5D, 6D , 6-5-7-4-1-6
SIAPA TAU AWA SEMUA MAU SILAH KAN GABUNG SAMA KAMI,DI BOCORAN RAMALAN TOGEL,KI JAYA…
DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,28,12 ,2014…
….
SEMUA UTANG UTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI SEMUA,KAMI PUN BISAH MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI AKI/SMS KE NMR INI,085-321-606-847—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
TOGEL DI,JAMIN [3] KALI PUTARAN…
ATAU, KUNGJUNGGI, BLOG, KI JAYA…
DAN SUKUR ALHANDULILLA MENANG LAGI, …
Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada KI JAYA yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang …Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari KI JAYA yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih KI …Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apakaH 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja Pada KI JAYA…di nmr hpnya [085-321-606-847] pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!
DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos
angka ritual gaib kuda lari
TOTO, 2D, 3D, 4D, 5D, 6D…
SUPREME TOTO 6/58,/MEGA TOTO,6/52,POWER TOTO 6/55…
MAKNUM 4D,/STS,/88,/DA MA CAI 1+3D,/ DAN LAIN-LAIN parah pencinta togel.
DAN LAIN-LAIN,ITU SEMUA TERGANTUNG PERMINTAAN KAMI…ATAU SEPESIAL DEROH 4D ANGKA RITUAL ADA PADA KI JAYA…..
Di jamin anda pasti menang seperti kami >>>>>>

IBU HAYATI said...

Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI