Tuesday, 12 January 2010

Nikah Koboy

Berapa banyak seh perempuan di dunia ini yang dilamar sama seseorang yang bukan pacarnya via email? Berapa banyak seh orang2 yang nentuin tanggal nikahnya berdasarkan perhitungan cutinya banyak pihak? Berapa banyak seh calon penganten pria datang ke tempat calon penganten perempuan yang beda pulau, 2 hari sebelum hari-H? Berapa banyak seh pasangan yang sama sekali ga melakoni tradisi menjelang merid seperti perawatan pra-nikah, siraman, malam midodareni, dll, tapi langsung tancap ke tujuan? Meskipun gw ga tau jawaban berdasarkan data yang akurat dari pertanyaan2 di atas, tapi gw tau pasti bahwa gw dan hubby adalah salah sau dari makhluk2 aneh itu, yang menikah dengan gaya koboy ala kadarnya.
Gw ga pacaran dengan Ayahnya Zahia (selanjutnya akan gw sebut dengan panggilan kesayangan: Abang). Karena apa? Karena gw pacaran ama orang laen, Abang pun seperti itu.

Assalamu'alikum Wr Wb.
Dengan Bismillahirahman nirrahim aku melalui email ini bermaksud MELAMARMU untuk kujadikan ISTRIKU.
Malam ini untuk terakhir kalinya aku membuka email dan berkelana di internet, karena besok pagi udah akan kembali ke camp (masa off berakhir).
Apapun keputusan dan jawabanmu tidak akan merubah sedikitpun perasaanku dan jalinan ini. semoga Allah memberikan segala kemudahannya kepada kita semua. Amien.
Jazakumullah khairan katsira.
Wassalamu'alaikum wr wb.
Zulfadhli. HM

Ketika gw dilamar via email yang isinya seperti gw tulis diatas [sangat pendek dan tanpa tedeng aling2], gw justru berfikir bahwa si pengirim yang notabene adalah sekutu gw dalam hal mengkomentari orang lain [kami memiliki hobi yang sama dan tidak beradab tentunya hehehe] sedang dalam keadaan sinting berat dan pastinya salah sasaran. Kenapa sinting berat? Karena itu tadi, gw lagi dalam kondisi punya pacar, Abang pun begitu. Lalu kenapa salah sasaran? Mungkin ajah karena mengirim email dalam keadaan mengantuk maka salah untuk memasukkan email address yang dituju.

Setelah gw mengkonfirmasi kepada yang bersangkutan via sms, ternyata Abang membenarkan bahwa email tersebut diujukan untuk gw, dilakukan dalam keadaan sadar, 100 % sehat wal’afiat ga kekurangan sesuatu apapun, dan telah diputuskan matang2. Uhmmm, secara tiba2 gw diserang oleh ribuan pertanyaan:
“Kenapa gw?” …..
“Kenapa dia?” ………
“Apa betul dia orangnya?”
“Harus gimana?” …………
Dan lain2 ……. Dan sebagainya …….
Gw brulang kali menghirup nafas dalam2. Mengeluarkannya perlahan2. Begitu terus berulang kali seperti ending gerakan senam SKJ waktu SD, sampai akhirnya gw bisa mencerna kejadian ini.

Hari2 gw berikutnya dipenuhi dengan malam2 panjang penuh tahajud & sholat hajat. Minta diberi petunjuk mana yang terbaik untuk menjadi suami dari seorang perempuan yang keras kepala, judes bukan main, sompral mulutnya, banyak makannya, dan kuli kelakuannya [yoi….itulah gw!]. Gw mengikhlaskan sepenuhnya pada Allah SWT, karena gw yakin Dialah Sang Maha Tahu. Jawaban itupun akhirnya datang sodara2. Bukan lewat mimpi. Bukan juga surat. Jawabannya secara implisit terbaca jelas dari tingkah laku+gerak-gerik+perilaku orang2 tersayang di sekeliling gw, yaitu Nyokap, Ua, Tante, Kakak Sepupu, Om, Bibi, Nenek, Kakek, dan semua keluarga besar.

Jadi ceritanya ketika gw bawa 2 kandidat Mr. Right itu ke hadapan Nyokap & keluarga besar, lalu keduanya menjalani rangkaian proses yang panjang mulai dari psikotes-interview awal-interview dengan user [mo ngelamar kerja yah Om??], seluruh juri secara bulat memilih Mr. Zulfadhli HM. Tapi tentu ajah Beliau2 mengembalikan keputusannya kepada gw. Sebelum gw memberikan jawaban, Nyokap menanyakan kenapa Abang memilih gw sebagai calon istrinya. Abang menjawab bahwa dia memilih gw karena Allah. Takjub banget gw ngedenger jawaban Abang, sehingga tanpa gw sadari mulut gw dengan semangat 45 menjawab IYAAAAAA MAUUUUUUU [ih jadi malu sendiri kalo inget2 waktu itu abis lagak gw malu2 kucing garong boooooo].
Nyokap pengen orang tuanya Abang datang untuk “minta” gw secara langsung, maka disepakati bahwa ortu Abang akan ke Jakarta. Tentunya lamaran ini hanya dilakukan oleh orang tua kami coz baik gw maupun Abang udah balik ke habitat masing2, Abang di Sanggau - Kalimantan Barat dan gw di Tidung Pala - Kalimantan Timur. Penetapan tanggal menikah pun dipilih berdasarkan kapan semua pihak bisa cuti, karena kami sependapat bahwa semua hari adalah baik.

Abang melamar gw di 1 Syawal 1429 H. Kami menikah 3 bulan kemudian pada 9 Muharram 1429 H (19 Januari 2008) di Cilegon. Munduh mantu diadakan di Singkawang 1 minggu setelah itu, yaitu tanggal 26 Januari.
Persiapan pernikahan yang tergolong mepet waktunya itu dipersiapkan seorang diri sama Nyokap, mulai dari cottage tempat prosesi akad nikah & resepsi diadakan, catering, dekorasi, tukang rias pengenten, music, MC, dll. Dua jempol buat Nyokap sang event organizer handal (apalagi Nyokap sempet masuk Siloam untuk operasi pembetulan urat saraf di punggung_maap neh gw ga tau istilah kedokterannya apa). Oya sodara2, Nyokap bukannya autis, tapi karena sodara2 kandungnya bertebaran di Jakarta dan Bandung, plus semuanya bekerja, jadi Nyokap di Cilegon dibantu sohib2nya untuk prepare semua ini.
Gw datang 7 hari sebelum hari-H, dan dengan dodolnya malah asyik kongkow2 ama temen2, bukannya melakukan perawatan2 seperti luluran dll. Abang dan rombongan datang 2 hari menjelamg hari-H (hari Kamis), itu juga sore baru sampai di Cilegon karena pesawatnya delay. Keesokan harinya (Jum’at) diadakan pengajian kecil2an mengundang tetangga kompleks. Hari Sabtu siang pukul 13.30 akad nikah di cottage Sari Kuring Indah, malamnya resepsi mulai pukul 19.00-21.00 WIB dengan tamu undangan sekitar 300 orang. Habis resepsi kami pun masuk ke kamar pengantin; mulai melepaskan jepit, peniti, dan bunga yang bertebaran di kerudung gw; melepaskan kebaya pesta; menghapus make-up yang tebal teramat sangat; sholat Isya; lalu tidur karena tepar. Eeeehhh ….. tar dulu …. Mana cerita malam pertamanya?? Huehehhe …… yukkkksss mariiiiii ….. bablas angine ….. !!!!
Honey moon nya kumaha Jeng?? Secara gw & Abang udah dikejar2 jadwal cuti yang dah mo abis, jadi bulan madunya di …… RUMAH AJAH [wadoowww, ini ga sempet ato ngirit?]. Meskipun tanpa acara2 spesial kaya di sinetron2 yang pergi ke Bali ato Singapore ato Cangkurawok (kampung kecil di dekat IPB Dramaga), teteup ajah kalo yang namanya sama laki2 yang udah sah buat jadi temen tidur mah asyik2 ajah. Serasa di surga tau hihihi.
Menikah adalah suatu bentuk ibadah. Dengan menikah berarti kita menyempurnakan agama kita. Menjadikan halal segala sesuatu yang tidak halal (baca: haram). Menyatukan jatah rezeki 2 orang. Memperdalam ilmu management secara gratisan. Dan gw pun bersyukur atas apa yang Allah berikan kepada gw: suami tercinta yang mencintai gw teramat sangat, ga neko2, nrimo, pekerja keras, tipikal “family man” sekali, dan paham betul cara yang tepat buat menjinakkan gw. Mengenai prosesnya, ternyata pacaran after merid tuh mantapz bangets. Bisa langsung eksplor teori yang diperoleh tanpa takut tambahan dosa. Akhirnya Sang Koboy pun berbahagia. The End.

10 comments:

Nia said...

hihihih seru juga cerita menjelang ke pelaminan...hebat euuy udah sama2 punya pacar tp malah kawin sm orang lain, btw gimana tuch perasaan pacar masing2? trs mrk di undang ngga ke pesta perkawinan itu? hehehe penasaran aja pengen tau kelanjutan ceritanya, kayak di sinetron2 ngga yach? yg pada sakit hati hihihi....

tapi aku juga dulu ngga pacaran koq....pertamanya dikenalin sm temen, trs baru sekali ketemu si dia dah tugas ke luar kota, jadi kita berhubungan cuma lewat email, chating sm telepon....pada satu waktu aku lagi ngobrolin keponakan aku yg baru aja melangsungkan pernikahan, eh tiba2 aja topiknya jadi berubah ke pernikahan kita (aku juga rada lupa kenapa bisa begitu, soale dah malam juga, dah lewat dr jam 12). trs kita langsung nyari waktu yg bisa cuti panjang. setelah ketemu waktunya baru kita ngomong sm ortu masing2. dah gitu tgl 4/2 si dia dtg ke jakarta utk ngelamar seorang diri, satu bulan kemudian kawin....lebih koboy lagi khan? heheheh....

jadi orangtuaku baru kenal sama si dia pas lamaran itu heheheh....

Zulfadhli's Family said...

Huehehe, ternyata Mba Nia lebih koboy lagi yah. 1 bulan bo persiapannya. Itulah kalo udah jodoh emang ga kmana. Dan Sang Maha Tahu pasti memberikan yang terbaik untuk umat-Nya. Btw gimana kehamilan ke-2 nya? Ati2 yah Mba kalo naik turun tangga kantor.

zee said...

Mbak, agak susah nih komen di sini, krn bbrp ISP ngeblokir kolom komennya. Mgkn bs diganti settingnya jd pop up mbak? Biar gampang komennya :D.

Bicara soal nikah koboynya mbak, gimana dgn mantan masing2 ya, sama nih dgn Nia, penasaran hehee...

Zulfadhli's Family said...

Mbak Zee, Makasih udah ngebantu untuk mempermudah, maklum kami masih gaptek... aku udah pindahin settingannya ke pop up. masalah mantan masing-masing......ehhhh hingga kini mereka masih melajang lagi..... dan udah pada pindah lokasi kerja / provinsi...... hikssss....

Keluarga Fauzi said...

Hehehe,...klo aku kenal sama Bapaknya Fadly Des 2005 dan menikah Sept 2007.

Kenalan via ceting, ketemuan dan akhirnya dia nembak aku hihihihi...

3 Minggu pacaran udah ngajak nikah walaupun persiapannya maju mundur :)

Akhirnya bulan Juni 2007, keluarganya datang untuk bertemu dan kenalan dengan keluarga aku sekaligus lamaran.

Dari Juni - Sept, aku, Bapaknya FAdly, oom dan tante ku sibuk grasak grusuk untuk ngurus acara :)

Sempet sih ikut paket perawatan pra nikah (hihihihi tetep pengen tampil cantik) tapi aku di rumah boro2 ngadain acara siraman, midodareni en sebangsanya....wong pengajian aja engga :D

Malem akad nikah, nenek suami ku meninggal...so aku jadi kepikiran ga bisa tidur:)

Malam pertama???hihihihi molor dengan sukses :D

Zulfadhli's Family said...

Hahaha, ternyata kita senasib yah Mba malam pertamanya malah grok2. Tapi Mba hebat loh kenalan via cetting terus bisa berlanjut ke merid, soalnya kan yang namanya cetingan suka banyak ajah orang yang boong :-) Yah, balik lagi ke pepatah lama kalo dah jodoh ga kemana. Iya khan??

sinta zarius said...

hi mbak...lagi blogwalking nih...salam kenal ya... =)

Zulfadhli's Family said...

Mbak Sinta : Thanks yah Mba dah mampir di blog kami :-) Saya udah berkunjung ke blog bisnis Mba

Anonymous said...

ohhh gitu toh ceritanya....ternyata gw baru tau setelah lo dah merit hampir 3 taun lamanya.... welll berhhubung gw belum merit gw ga bisa curhatan disini ya. Tapi pertemuan gw sama yang sekarang juga rada ajaib juga ihh...ah tapi ntar aja deh ceritanya biar susan penasaran. hehehheehehe. -ayu-

MBAH JAYA WARSITO said...

SALAM KOMPAK SELALU….dan selamat buat yg JUPE hari ini.
KALAU ANDA INGGIN TAU INFO TOGEL, KENAL,KAN NAMA AWA IBU SRI YUNITA, KAMI TINGGAL SARAWAK PEKERJAAN USAHA KECI-KECI LAH, DAN TUKAN MASAK DI RESTORAN ,SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA KI JAYA NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA KY JAYA BERKAT ANGKA YANG DI BAGI SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTA ANGKA,4D…5D…DAN 6D…
ANGKA NAIK YAITU,DI.
SPORTS,TOTO 4D,5D, 6D , 6-5-7-4-1-6
SIAPA TAU AWA SEMUA MAU SILAH KAN GABUNG SAMA KAMI,DI BOCORAN RAMALAN TOGEL,KI JAYA…
DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,28,12 ,2014…
….
SEMUA UTANG UTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI SEMUA,KAMI PUN BISAH MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI AKI/SMS KE NMR INI,085-321-606-847—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
TOGEL DI,JAMIN [3] KALI PUTARAN…
ATAU, KUNGJUNGGI, BLOG, KI JAYA…
DAN SUKUR ALHANDULILLA MENANG LAGI, …
Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada KI JAYA yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang …Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari KI JAYA yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih KI …Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apakaH 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja Pada KI JAYA…di nmr hpnya [085-321-606-847] pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!
DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos
angka ritual gaib kuda lari
TOTO, 2D, 3D, 4D, 5D, 6D…
SUPREME TOTO 6/58,/MEGA TOTO,6/52,POWER TOTO 6/55…
MAKNUM 4D,/STS,/88,/DA MA CAI 1+3D,/ DAN LAIN-LAIN parah pencinta togel.
DAN LAIN-LAIN,ITU SEMUA TERGANTUNG PERMINTAAN KAMI…ATAU SEPESIAL DEROH 4D ANGKA RITUAL ADA PADA KI JAYA…..
Di jamin anda pasti menang seperti kami >>>>>>