Sunday, 1 January 2012

Bagaimanakah Prosedur pembuatan SIM di Malaysia ?

Tulisan ini juga adalah hasil bongkar2 file dan ternyata ada bahan postingan yang udah lama sekali gak di published.
-------------------------------

Oleh Zulfadhli. HM   

Dewasa ini memiliki surat berharga seperti SIM mobil bukanlah sesuatu yang ekslusif atau mewah, selain dipakai oleh para supir taksi, truk2 dan pemberi jasa lain yang berhubungan dengan mobil maka banyak juga orang yang walaupun tidak memiliki mobil tetapi memiliki SIM.

Pembuatan SIM mobil di Indonesia, boleh dikatakan sangat mudah dan cepat melalui jasa atau diperhalus dengan istilah Biro “Calo” Jasa, cukup dengan Rp. 500.000 – 600.000 maka dalam hitungan jam walau dengan atau tanpa ujian maka SIM akan diperoleh.

Tingkat kecelakaan lalu lintas semakin tahun menunjukkan peningkatan angka yang sangat ekstrem. Pengetahuan dan kematangan pengendara dan atau pengemudi sangat buruk di Indonesia, hal ini diperparah dengan tingkat toleransi sesame pengguna selama menggunakan jalan rasa sebagai fasilitas umum sangat parah. Egois dan individualistic sebagai “Tuhan” baru para penduduk perkotaan membuat suasana jalan raya dan fasilitas umum lainnya sangat rentan terhadap kecelakaan dan menimbulkan rasa sangat tidak nyaman.

Malaysia sebagai salah satu Negara yang saat ini memiliki tingkat stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang baik khususnya di kawasan asia pasifik telah menerapkan law enforcement pada porsinya dengan pengawalan dan pengontrolan yang berkesinambungan dan totality.

Penyediaan sarana dan prasarana lalu lintas sangat ditekankan tidak hanya pada pembangunan fisik tetapi yang lebih penting adalah mental pengguna fasilitas umum tersebut.

Pada taraf inilah, Malaysia secara konsisten dan teratur telah membuktikan bahwa pengguna jalan menjadi mampu untuk bertindak arif & taat apabila sudah berada diatas jalan raya sebagai public facility.

Pembuatan Surat Izin Mengemudi (proses) sebagai salah satu  instrument terpenting dalam kelengkapan mengemudi menjadi momentum pendidikan yang paling berharga. Dalam pertauran lalu lintas Malaysia menetapkan prosedur tetap yang harus dilalui oleh setiap calon driver untuk dikuti secara menyeluruh dalam setiap step yang ada. Setidaknya ada 7 step yang harus dilalui 1. Kursus Kurikulum Pendidikan Pemandu (KPP) selama 6 jam, 2. Table test (computerize), 3. Kursus Amali teori (tata cara menggunakan mobil dan pengetahuin mengenai mobil) 6 jam, 4. Workshop training (praktek memperbaiki mobil dan pengecekan harian kendaraan) 6 jam, 5. Kursus praktek (mempelajari cara membawa mobil) 30 hari, 6. Pre Test (Persiapan Ujian akhir sebelum dengan petugas dan pemerintah) dan terakhir 7. Test Mengemudi dengan petugas JPJ (Jabatan Pengangkutan Jalan). Sebagai informasi, pemerintah Malaysia ataua lebih familiar disebut kerajaan tidak dapat langsung memproses SIM yang diajukan, calon driver harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Akademi Memandu terdekat untuk mendapatkan jadwal mengikuti kursus, kemudian pihak akademi memandu akan melihat kelas yang masih kosong dan membuat appointment. Pada saat kita mendaftar awal pihak akademi akan meminta foto copy IC (identity card) dan atau bagi foreigner Passport & Visa (work permit). Setelah itu dilanjutkan dengan scan finger sebagai  kepentingan data base JPJ pusat bahwa kita sudah terdaftar dan akan mengikuti kursus.

1. Kursus Kurikulum Pendidikan Pemandu (KPP) adalah kursus teoritis mengenai berbagai rambu2 lalu lintas dan peraturan2 tentang lalu lintas. Malaysia mengadopsi rambu2 lalu lintas dari Inggris & Australia (sebagai bekas Negara koloni UK – common wealth). Sebelum kita mengikuti kursus ini maka di ruang reception kita harus memidai (finger scan) jempol kanan terlebih dahulu sehingga data ini akan masuk secara otomatik ke dalam server JPJ pusat (kuala Lumpur). Setelah menyelesaikan kursus teoritis ini, maka langsung dilakukan ujian selama 15 menit terhadap soal yang sudah disediakan. 30 menit kemudian akan keluar result dan langsung diumumkan siapa saja yang lulus atau tidak lulus dengan disertai sertifikat bagi yang berhasil lulus. Setelah lulus dan sebelum pulang kita akan scan finger lagi sebagai absensi digital untuk data base dan bukti kita sudah berhasil pada step pertama.

2. Keesokan harinya kalau kita memang sudah siap dapat langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti table test (computerize test) di tempat yang telah di tunjuk JPJ. Pada saat mendaftar kita akan diminta untuk langsung scan finger, maka akan keluar semua data2 calon secara online. Setelah mendaftarkan diri maka kita akan di jadwalkan sesuai dengan computer yang tersedia (daftar antrian cukup panjang, karena jumlah computer tidak berimbang dengan jumlah calon. Pada saat ujian maka kita akan diberikan waktu selama 60 menit untuk dapat menyelesaikan 50 pertanyaan online langsung dari JPJ kuala Lumpur. Setelah kita yakin akan jawaban multiple choice (setiap pertanyaan / pernyataan terdiri atas 4 pilihan jawaban). Setelah mendapatkan result dari table test yang juga akan keluar secara online, maka kita akan mendapatkan certificate kembali sebagai bukti. Sertifikat ini haraus di bawa kembali ke akademi memandu untuk kemudian di jadwalkan mengikuti tahap selanjutnya.

3.  Kursus Amali teori merupakan kelanjutan dari tahapan yang ada. Selama 6 jam instruktur akan memberikan pengetahuan praktis (best code of practices) kendaraan. Pada tahap ini juga sama dengan sebelumnya, sebelum dan setelah menghadiri harus scan finger kembali untuk bukti absensi dan ada ujian selanjutnya. Setelah lulus dan mendapatkan sertifikat kembali, maka kita akan di jadwalkan kembali untuk mulai mengikuti pelajaran di tahapan yang lebih tinggi. Sebelumnya kita harus menunggu dulu konfirmasi dari JPJ mengenai License L (SIM Latihan). Setelah mendapatkan sertifikat Amali kita akan mendapatkan SIM latihan.

4. Workshop atau ilmu perbengkelan secara langsung harus mampu di lakukan oleh setiap calon yang akan membuat SIM. Kita akan dilatih untuk membuka ban, memeriksa oli, segala macam pelumas dan perawatan rutin atau minimum kendaraan. Pada tahap ini tidak ada ujian, tetapi instruktur akan melihat secara seksama setiap calon yang harus menyelesaikan pemeriksaan kendaraan masing2. kendaraan yang dipakai untuk latihan adalah sudah disediakan oleh pihak akademi.

5. Ini merupakan momentum yang paling membosankan, setelah mendapatkan SIM latihan kita baru boleh belajar mengendarai mobil. Semua calon baik yang belum pernah ataupun sudah mahir sekalipun membawa mobil harus mengikuti sesi latihan pada jalur yang sudah disediakan. Ada 2 bagian latihan. Pertama latihan dijalur dalam akademi dan yang Kedua latihan  langsung di jalan raya. Dalam seminggu kita dijadwalkan 3 kali mengikuti sesi latihan mengendarai kendaraan. Bagi yang sudah pandai dan disetujui instruktur boleh hanya 2 kali seminggu. Bagi yang belum pernah sama sekali boleh setiap hari dating ke akademi untuk latihan. 

6.  Setelah mendapatkan SIM latihan 30 hari minimal kita boleh mengajukan untuk mengikuti Pre test / pra ujian untuk persiapan akhir sebelum ujian final dengan JPJ. Pada sesi pra ujian kita langsung di uji oleh owner dari Akademi yang merupakan orang yang sudah mendapatkan sertifikat dari Pemerintah Malaysia dan berhak untuk menguji. Jika lulus maka kita akan langsung dijadwalkan untuk mengikuti ujian dengan JPJ. Dalam 1 bulan hanya ada 1 kali ujian dengan JPJ oleh akademi, jadi pesertanya rame sekali, mobil yang disediakan untuk ujian juga cukup banyak.

7. Final Test. Ujian akhir dengan petugas dari JPJ (kalo di Indonesia DLLAJR). Ada sekitar 8 orang petugas yang dating untuk menguji dengan 2 tahap ujian : a. ujian didalam jalur yang sudah ada (seperti sirkuit) dan b. ujian dijalan raya. Sesi ujian oleh JPJ dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas pagi dan kelas siang. Setiap peserta hanya memiliki satu kali kesempatan untuk unjuk kemampuan. Dalam jalur sirkuit ada 4 penilaian dan diberikan waktu setiap peserta 15 menit. Jika gagal 1 saja maka langsung di diskualifikasi alias mengulang dan membayar penalty. Dalam ujian dijalan raya ada 20 parameter yang dinilai dan setiap peserta harus lulus 20 point tanpa cacat. Setelah semua ujian selesai maka kita akan mendapatkan sertifikat dari penguji. Dengan sertifikat itu maka kita baru berhak mengajukan pembuatan Probationary Driving Licence (SIM Percobaan) yang masa berlakunya 2 tahun dan didepan serta belakang mobil akan ditempelkan stiker P dengan ukuran stiker 15 cm x 15 cm. artinya sang driver masih dalam tahap percobaan. Setelah 2 tahun maka kita baru merhak mendapatkan SIM yang sebenarnya atau competent driving license (CDL) dan stiker P sudah boleh dilepaskan.

Total biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM percobaan di Malaysia RM. 1.300 (kalau kurs sekarang RM. 1 = Rp. 2.850,-) lumayan banyak yach. Uang sebanyak itu adalah sama buat foreigner maupun citizen. Setelah mendapatkan SIM dan lebih 2 tahun maka perpanjangan SIM dapat dilakukan mengikuti keinginan kita. Contoh kita ingin perpanjangan hanya 3 tahun maka kita harus membayar 3 x RM. 30 (biaya pertahun) = RM. 90. kita juga dapat langsung memperpanjang 10 tahun sekali jadi biayanya 10 x RM. 30 = RM. 300. untuk perpanjangan tidak perlu ujian dan urusan yang berbelit2. kita cukup datang ke counter JPJ dan tidak lebih 5 menit kita akan mendapatkan SIM perpanjangan dengan tanpa melewati CALO.

Kapankah Indonesia akan lebih teratur dan taat hukum??


Segan, 13 Apr 2009

11 comments:

Herry said...

Pantas saja di indonesia itu mobil bukannya berkurang tapi semakin banyak ya, karena penerapan pembuatan SIMnya terlalu mudah.
Jauh berbeda dengan negara tetangga yang memang benar-benar mau maju.

Vicky Laurentina said...

Astaga, tertib banget yah, mau punya SIM aja kursusnya ribet gitu. Apakah angka kecelakaan lalu lintasnya juga lebih rendah daripada Indonesia?

Lidya - Mama Pascal said...

sim malaysai berlaku disana saja ya ? :)
selamat tahun baru

kakaakin said...

Istilah SIM 'nembak' sudah terlalu lazim di Indonesia :(

Atma Muthmainna said...

akhhh,pada ngomongin SIM,
jadi lupa klo udah 2hari jangka waktu SIMku habis,denda ga ya?hehee#ga nyambung

Gaphe said...

kyaaa jadi inget kalo SIMKu dah mati..

saya pernah denger kalo di Malaysia di beberapa negara bagian ada hari liburnya yang berbeda. ada yang sabtu minggu, ada yang kamis jumatnya yang libur

jadii kadang kalo ada waktunya pas libur kerja, bisa ngurus di negara bagian yang lagi nggak libur.

bener gak sih?

Elsa said...

Postingannnya Ayahnya Double Zee ini kok selaluuuu bikin rakyat indonesia iri dan miris ya?
hehehheheee

berapa kita "njomplang" banget gitu keadaaannya

Della said...

Cieeee.. ganti cat rumah, nih ;)

Tiap negara pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, kok :)

Btw aku jadi bingung, ini blog punya Jeng Soes atau suami, ya? Atau blog bersama? :D

Pakde Cholik said...

Ijin mendaftarkan artikel

Nama : Pakde Cholik
Kategori : Cerita Lucu
Judul : Silent Attack

Url : http://abdulcholik.com/2012/01/10/silent-attack/

Terima kasih

lukisan pemandangan said...

wah ternyata lebih rumit dari indonesia tpi lebih bagus seh,,,

PAK SOLIHIN DI MEDANG said...

saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH KABOIRENG dan dia memberikan nomor MBAH KABOIRENG,dia bilan kepada saya kalau MBAH KABOIRENG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan dengan senan hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085=260=482=111 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH KABOIRENG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya.. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI













saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama MBAH KABOIRENG dan dia memberikan nomor MBAH KABOIRENG,dia bilan kepada saya kalau MBAH KABOIRENG bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi MBAH KABOIRENG dan dengan senan hati MBAH KABOIRENG ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIRENG di 085=260=482=111 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan MBAH KABOIRENG dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya.. KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI