Tuesday, 24 May 2011

Saat BatPil Melanda jiwa

Fiiuuuuhhh, akhirnya Princess Zahia bener2 say gudbay deh ama yang judulnya batuk-pilek-panu-kadas-kurap [3 terakhir itu mah penyakit langganan emaknya]. Ajegileeee, 1st time terinfeksi batpil, di usia 2 taun 6 bulan, ko kaga nanggung2 ampe 2 minggu sakitnya, mulai tanggal 26 April ampe 8 Mei. Wedeeeww, ini sakit ato jadwal penataran P4 yah???


So, begini kronologisnya. Tanggal 26 April, dini hari buta (sekitar jam 3 am) disaat ayam2 masih pada molor tapi the malingers (baca: para maling) beraksi dengan khusyu, mulut Zahia megap2 nyari kendi emaknya. Naluri seorang ibu, meski mata tetap terpicing dikarenakan masih terhanyut dalam mimpi indah barusan, dimana ekye lagi holidei di Al-Burj [kekeuh pengen kesono], dengan sigap menyodorkan benda yang dimaksud Sang Anak. Dan alangkah terkejutnya gw ketika menyadari betapa panasnya mulut Zahia. Pantes ajah sekitar jam 1 pas gw mo pepsi, gw ngerasa kening, badan, tangan, dan kaki Zahia agak2 anget [dengan dodolnya gw cuek bebek, belom menganggap ada keanehan]. Ketika di check pake thermometer, suhu tubuh Zahia 38,5°C. Tapiiiii, ndilalah Bu Bunting bukannya ngambil anduk kecil dan aer anget buat ngompres, eh malah lanjut berkebo-ria sambil terus nenenin [dasar emak durhaka!]. Setelah sholat subuh, gw kembali menge-cek keadaan Zahia. Alhamdulillah panasnya dah turun, suhun udah back to normal 37,6°C.

Well, seharian ituh Zahia emang masih sangat aktif dan pecicilan kaya bola bekel. Jadi, walopun badannya anget, gw ngerasa ga begitu kuatir, gw pikir treatment di rumah ajah insya Allah sembuh seperti biasanya ketika beberapa kali terkena demam. Mengenai makan, pagi dan siang masih makan seperti biasa, malah siang2 request minta dibikinin telur dadar campur wortel dan tomat. Cuma pas sore dikasih susu, langsung muntah. Begitu juga ketika disuapin makan malem, baru beberapa suap udah muntah.

Dini hari, tanggal 27 April. Badan Zahia kembali memanas, 38,6°C. Jadilah emaknya sibyuk ngeronda. Ngompres kening, ngecek suhu setiap 2 jam sekali, sms Om Zul kasih tau perkembangannya, sambil terus2an nyekokin nenen ke Zahia, yang bobonya juga kaga tenang alias sering terbangun2. Mana nafas Princess tumben2nan bunyi gituh kaya kesumbat sesuatu. Laki gw sms, nyuruh bawa ke Dokter ajah, daripada makin parah.

Pagi hari, Zahia bangun dengan iler meleber kemana2. Setelah gw teliti lebih lanjut, ups, ternyata eh ternyata itu bukan iler para pemirsa, melainkan ingus! Bagoooossss, demam ditambah pilek, memang paduan serasi. Langsung terbesit dalam otak gw pasti tar soulmatenya si pilek, yaitu batuk, bakalan nongol juga. Dan dugaan gw terbukti ketika Zahia mulai terbatuk2 ampe dadanya kesakitan. Tanpa ba-bi-bu lagi, jam 11 kami (baca: gw, Zahia, Uti) langsung cabs ke Klinik Desa Indah, tempat praktek Dokter terdekat dari rumah.

Petualangan dimulai. Dari rumah, jalan dulu ke halte bus sekitar 600 meter. Alhamdulillah ga pake lama bus dateng. Turun di E-Mart, celingak-celinguk bentar untuk ngecek dimanakah gerangan klinik tersebut, gw akhirnya memutuskan untuk berjalan kaki secara klinik keliatan deket di depan mata, sedangkan Uti Zahia belanja beberapa keperluan di E-Mart (dan gw berpesan kalo belanjanya udah selesei bagus pulang ajah duluan, takut lama di dokter. Lagian tar Nyokap jamuran trus dilalerin kalo kelamaan ngetem di pasar). FYI, klinik ituh kaga dilewatin angkutan umum seperti bus ato ojeg gendong. Jangan ngarepin ada angkot ato becak yah di Miri. Atraksi pun dimulai. Bu Bunting, udah mah di bagian depan bawa drum sebiji, bawa tas berisi perlengkapan perang (biskuit, air minum Zahia, baju & diapers cadangan, tissue, dompet, kartu kesehatan), pegang payung, kudu ngegendong anak seberat 11 kilo pula ketika lagi nyebrang jalan [ajegilee mobilnya kenceng2 amith kaya lagi rally].

Nyampe di seberang E-Mart, gw turunin Zahia. “Sayang, Kaka jalan sendri ajah yah. Bunda ga kuat gendong, kasian dedeknya keteken”. Dengan manis Zahia bilang “Iya doooonnngg Bunda Kaka jalan cendiyi ajaaaa. Kan Kaka udah gadis, udah mo punya dedek”. Para pemirsa, jangan bayangkan di pinggiran jalan ada trotoar bagi pejalan kaki. Penampakan tepi jalan ini sangatlah horor, berupa rumput2 gondrong setinggi betis. Ngeri boo ngebayangin tiba2 ngejogrog uler dan sodara2 sebangsanya. Mo jalan agak2 ke aspal ekye ngeri dicipok sama mobil / bus / truk yang lewat. Untungnya perjuangan berjalan kaki sepanjang 500 meter itu selesei juga, ketika kami sampe di depan Klinik. Alhamdulillah masuk ke dalem langsung disambut oleh dinginnya AC. Lumajan bisa numpang ngeringin ketek yang basah. Sambil menunggu dipanggil, gw bersihin celana Zahia yang banyak ketempelan rumput jarum, nyuapin biskuit, dan ngasih minum. Hehehe, haus yah Nak ko mimiknya ampir abis setengah botol??

Tibalah giliran Princess diperiksa. Kata Uncle Daniel (nama si Om Doks), tenggorokan Zahia merah (radang). Di dalam dadanya pun banyak lendir. A lot of. Pantes nafasnya bunyi seakan2 dada Zahia dihuni kodok satu kampung. Dokter pun ngasih obat penurun demam lewat anus (yang sebelomnya gw pertanyakan tingkat urgensitas kenapa obat ini kudu diberikan) [biasa, emak2 bawel, kaga mau anaknya terkontaminasi obat2an sembarangan]. Beliau juga ngasih bekel 4 biji obat laennya, semua berupa sirup. Ada obat demam, batuk, bla-bla-bla. Setelah bayar 40 RM, kami cabs dari sono, kembali memulai atraksi menghebohkan melintasi padang ilalang. Doohh, tau gini ekye sekalian bawa gunting rumput ato arit deh dari rumah! Dalam perjalanan pulang banyak banget iklannya, bentar2 Zahia minta minum lah, ngeluh cape trus minta gendong lah, minta dipijet lah.

Sampai di halte, dengan perasaan bangga karena Princess mampu berjalan kaki sejauh 1 kilo (pp E-Mart-Klinik Desa Indah), meski lagi sakit, gw mengusap2 kening Zahia yang bercucuran peluh. Ga lama bus datang. Di bus, gw paksa Zahia untuk makan biskuit, supaya perut ada isinya (karena susu yang pagi sukses dimuntahin). Apakah perjuagan sudah berakhir, Temans? Tentu belum dunks, kan dari tempat bus berhenti ampe ke rumah masih kudu jalan kaki lagi. Ada tambahan jogging track Zahia sepanjang 600 m (kalo pp menjadi 1,2 kilo). So, total panjang rute ngesot kami berdua pada hari yang terik namun membahagiakan ini adalah 2,2 kilo. Nyampe rumah, makan bubur sedikit, minum obat, langsung deh Princess bobo.

Hari2 selanjutnya demam kaga dateng2 lagi, tapi virus batpil semakin membabi-buta. Bahkan, saking kesulitan bernafas, Zahia bobo dengan mulut terbuka ala kuda nil. Padahal biasanya mingkem loh selayaknya ningrat berdarah ungu [kalo biru takut dikira kader Demokrat]. Mana urusan minum obat susaaaaahhh minta ampyun, sesusah polisi menemukan keberadaan Nunun Nurbaiti, ibu2 pikun yang bagi2 sedekah dalam bentuk travel cek untuk menyukseskan pemilihan Deputi Gubernur BI taun 2004. Setiap abis minum obat selalu muntah. Jadi lah semua makanan dan minuman (baca: susu, air putih) yang udah bersemayam di tembolok ikutan keluar. Kaga heran, seminggu sakit, BB langsung turun dari 11,5 kilo menjadi 10,8 kilo. Rugi bandar dah ekye! Mana urusan muntah2 ini bikin Bu Bunting dilanda sutrisno berat, ngeliat Zahia kurus kerontang. Tapi anehnya tu bocah teteup aktif. Maen sepeda (di dalem rumah), lari2, manjat2, konser 2 album, baca buku, ngacak2in rumah, ampe koprol ratusan kali dijabanin selayaknya orang sehat. Luaaaarrr biasaaa!!

Hari Minggu, tanggal 1 Mei, sekalian Bu Bunting kontrol si Unyil, Zahia juga ikutan diperiksa lagi sama Dokter Teo [obat dari Dokter Daniel sebelumnya udah habis, tapi batpil tak kunjung reda]. Beliau bilang ada infeksi. Zahia dikasih antibiotik 2 biji, plus vitamin. Gw suka banget ke Klinik Teo, coz murah boo. Bayangin ajah, Bu Bunting USG + dikasih vitamin 2 biji (zat besi & minyak ikan), Om Zul minta obat juga [tapi bukan obat kuat loh, secara doski mah udah terbukti kuat luar dalem bak Gatot Koco], Zahia dicheck + dikasih obat, bayarnya cuma 46 RM. Murce pisan kaaaann??

Singkat kata singkat cerita, setelah meminum obat dari Dokter Teo, berangsur2 batpil Zahia angkat kaki. Sekarang, Alhamdulillah Princess sedang dalam keadaan mamayu kata orang Sunda mah. Makan jadi standard kuli panggul lagi. Memamah-biak tanpa henti. Pokonya gw kudu berhasil ‘menggemukan’ tu bocah [kaya sapi ajah ada program penggemukkannya?!], secara Lebaran sebentar lagi [maksud lo Bun?? Mo dikilo gituh??].

Wokeh deh, sekian rumpian kita pada hari ini. Sampai jumpa pada episode berikutnya, Temans. Cup muach mmuuuaaaaccchhh [bibir maju 7 senti]. Ekye mo makan dulu aaahhh, si Unyil nendang2 mulu dari tadi. Bujug dah, padahal baru ajah disumpel susu 1 gelas dan roti 2 tangkep (baca: 4 slice) tapi masih kurang yah Nak??

NOTE : Pas Zahia masih sakit, tu anak masih ajah ngikut AyBunnya shopping ke mall. Terus pas hari Senen tanggal 2 libur Labour Day, doski request maen di playground pula. Huehehe, gadis Banten gituh loh!! [hubungannya Jeng??]

 Walopun sakit tapi teteup dunks bergaya, bakat poto modol gituh looohhh. Zahia cantik kan, Om dan Tante sekalian??

 Baru pulang dari Teo's Klinic neh. Oya, sempet mampir juga ke Boulevard beli guling baru warna pinky aming untuk Zahia peluk2

32 comments:

hilsya said...

udah sembuh ya, Nak..maem yg banyak ya..

gadis banten?
dibawa ke gantarawang?
sekarang sih kabarnya udah ga serem lagi

Gaphe said...

emaknya Zahia hebaaat berjuang demi kesembuhan sang anak.. nyampe dibela-belain beli belanjaan di E mart segala lagi.. *ups, itu malah nyambilan yak?.

tuh nama si om dokter udah kayak VJ aja, jangan-jangan kerjaan sampingan ngemce kawinan lagi?. hahaha... yaa kalo biaya 43 RM tuh dirupiahkan masih 120 ribuan... masuk mahal, enakan puskesmas. gratis!

#modal askes sama KMS

lidya said...

dokter danielnya ganteng ga san? :)
Pantesan nih emaknya zahia ngumpet trus ternyata princess lagi sakit ya

Ladyonthemirror said...

Alhamdulilah Zahia udah sembuh yaa..begitulah Jeng Soes balada ibu2 apalagi kalo anak sakit, nyeka air mata peras keringat. Anakku Icha dulu sering batpil mana dia kalo batpil ngga bisa ngeluarin lendir kalo gitu siap-siap sesek nafas, kasihan loh liatnya apalagi kalo malam nangis semalam suntuk nafasnya sesak,dulu waktu masih kecil banget siap2 deh cabut ke UGD apalagi serangan sesaknya tengah malam, sekarang aku langsung nebus resep untung saja agak gedean sesak nafasnya udah ngga lagi dan sudah bisa dikasih obat batpil bukan resep dokter, tapi obat batuknya kalo sesak pasti yg ada obat anti sesak nafasnya kayak salbutamol.

IbuDzakyFai said...

Alhamdulillah Zahia dah sembuh yaks.....Moga semua selau sehat ya, salam buat si Unyil.

Allisa Yustica Krones said...

Hahahaha....soal kuatnya om Zul emang deh emaknya Zahia yang paling tau..lha trus sapa lagi dong yak??? :D :D

Salut deh sama Zahia, yang walopun sakit bisa2 aja jalan 2,2 kilo gitu. Hebat banget lho untuk anak kecil gitu..

Syukur ya San, Zahia dah sehat. Bener kan yang ku bilang, kalo sehabis sakit, anak akan makan lebih banyak. Udah naluri kemanusiaan kali' yah??? :D

attayaya-mading said...

itu si unyil yang laper ato mak nya yg rakus???
1 gls susu + 4 slice roti

Cerita Tugu said...

Zahia lekas sembuh ya

Desy Noer said...

Syukurlah zahia dah sehat lagi. mangga dilanjutkan mamayu-nya. mumpung lagi mamayu, mesti nyetok amunisi sebanyak-banyaknya bun, biar program penggemukannya sukses. jadi pas ntar lebaran siap dippanen, hehe... siap bersaing BB maksudnya ma sodara-sodara nya.

alhamdulillah, zaheer sehat walafiat. Btw jenis kelamin calon baby nya dirahasiain juga nich ya??

Arman said...

ikutan seneng denger zahia udah sembuh.. paling sedih emang kalo anak sakit ya.
tapi emang belakangan ini kayaknya semakin banyak virus dimana2. dimana2 denger dari temen/sodara, kalo anaknya lagi batuk. si andrew juga nih, belum lagi temen2 sekolahnya.. gantian aja pada batuk. ampun dah...

bintangair said...

biar sakit masih tetep eksis.
wah ini emang bener-bener keturunan emaknya nih. hehhehehe

Desy Noer said...

ada apa dengan blogspot ya? komen-komen terakhir juga pada ilang??

Arman said...

lho perasaan gua udah pernah komen disini... gak masuk ya san?

glad to hear zahia udah sembuh yaaa....

Celotehan said...

princess zahia wonder woman yah, walaupun sakit tetep jalan2 :D,
alhamdulillah sudah sembuh yah princes zahia cantik :)

Ajeng Sari Rahayu said...

pendapat dokternya kok beda2 ya mbak, hehe.
tapi syukur alhamdulillah Zahia dah sehat...anehnya ya mbak, anak kecil kalo sakit tambah aktif, ndak bisa diem..mirip ponakanku mbak :D

IbuDini said...

Tetep eksis ya zahia orang mau jadi model kok hehehhe....
tapi syukurlah semua baik2 aja yan Bun....

Bun susan pasti kecapean ya...anak udah deman panas masih juga mau molor hehehhehe...

Saya jadi inget waktu Dini demam sampai 39 waktu usia 7 bulan.

DewiFatma said...

Akhirnya....bisa juga namu dimari setelah melalui perjuangan melelahkan menerobos keanehan blogspot yang merajalela akhir-akhir ini *lebay*

Pa kabar Zahia today, Bun? Sudah sehat khan? Kubayangkan dirimu berjalan kaki dengan si comel itu ditengah panas sambil membawa drum. HEbat ya anak itu? Kuat juga ya dia, padahal lagi sakit? Anak pinter.. *terharu biru akyu*

Salam sayang buat Zahia, sehat selalu yah, Nak?

jasmineamira said...

batpil itu batuk pilek toh ternyata -.-' hehehe
Alhamdulillah atuh kalo udah sembuh mah :D

dey said...

Alhamdulillah, Zahia udah sehat. Sok-lah sing seueur makannya, jangan kalah ama mama-nya .. hehe

Cerita Tugu said...

udah sehat ya, syukurlah kan bisa berman lagi

attayaya-mading said...

test dari kompi

attayaya said...

Test BB opera

niee said...

Ini sakit yang kemaren kah mbak? Untung udah sembuh yak! Secara anak aktif gitu kasian klo jadwalnya yang padat keganggu sakit, hehehe..

Bunda Farras said...

jelas donk zahia kuat .. gadis banten .. samma donk ma eyke .. xixiixix

Blog Keluarga Keuangan said...

Hebat ya Zahia.... hehehe....

Orin said...

Maafkan baru berkunjung lagi Teh. Tapi alhamdulillah atuh ya ci princess udah ga batpil lagi..

Mama Kinan said...

Waduh membaca perjuangannya menuju klinik membuat terharu...dan akhirnya Syukurlah jeng, kakak Zahia dah sembuh dari batuk pilek,semoga program mamayunya suksyes yah jeng..dan sehat sehat selalu yah kakak Zahia...juga untuk jeng susan dan dedek didalam perut :)

Aulawi Ahmad said...

alhamdulillah dah sembuh ponakan cantikku ini, jgn cakit lagi yeeee, kapan ya om bisa maen2 ke brunei hehehe

Susindra said...

Alhamdulillah princess Zahia sudah sembuh.
Batpil memang jadi musuh para ortu ya, mbak. Kasian sekali kalo anak sakit. Dada berasa diiris-iris. Padahal si anak enjoy saja tidak terganggu sakitnya *dikiit*
Tapi salut dengan mbak Susan, meski tengah hamil tetap mau berjalan kaki sambil gendong Zahia 2,2 km. Ga kebayang capeknya. Apalagi tiap malam pasti meronda di kamar Zahia. *Kita wanita adalah makhluk luar biasa kuat*

bintangair said...

Alhamdulillah kalo zahia udah sembuh...
salut buat jeung susan yang kuat gendong zahia padahal di dalam juga udah ada baby yang minta di gendong terus. wah ga kebayang deh gimana penat nya jeung susan waktu itu.
hmmm semoga zahia tetep sehat selalu ya.. amin..

Kakaakin said...

Lama amat sakitnya, Mbak...
Kebayang deh ribetnya berpetualang ke klinik (heh?) dengan sebiji drum dan bawa zahia juga...
Semoga sehat selalu yaa...

Template Booklet Company Profile said...

alhamdulillah dah sembuh ponakan cantikku ini, jgn cakit lagi yeeee, kapan ya om bisa maen2 ke brunei hehehe