Tuesday, 5 July 2011

Forester / Farmers Salary's at Indonesian Company

Udah lama sekali gak liat blog istri tersayang…. Eeehhhhmmm rupanya udah bulukan… gak ada tulisan, ulasan, atao apapun namanya…


Mumpung ada waktu gw mau melanjutkan niat istri tersayang yang ingin membuat blog ini ajang sharing pengalaman selama kita masih hidup.

Dalam live traffic feed ada teman2 dari Indonesia yang menggunakan kata dasar salary expart dan juga salary di kebun. Udah lama sebenarnya gw pengen sharing kepada sedulur2 sekalian berapa she sebetulnya salary orang kebun…. Haaa… gileee gw kok yah blak2an masalah yang sensitif ini….

Bekerja di kebun untuk kalangan professional di Indonesia sudah bukan barang baru. Untuk informasi kasar : kebun sawit Indonesia sudah hampir 2,5 juta hektar (terluas di dunia melampaui Malaysia). Kebun kayu untuk pulp, paper, furniture, etc sekarang udah hampir 1 juta hektar. Belum lagi kebun sayur mang udjo, kebun teh pak de kumis, kebun terong mbak yunce dan kebun cabe teh lina… apaaan seh gw neeh…. Intinya adalah banyak sekali orang udah bekerja di kebun sejak jaman soekarno belum sunat lagi.

Based on my experienced selama ampir 7 taon di Indonesia (2 group & 4 company). Maka gw coba bikin synopsis… (eeehhh ngarang gw),,,.. gw coba bikin ulasan dalam bentuk table di bawah ini.

No
Level
IDR
Low
High
1
Fresh Graduate
2,500,000
3,000,000
2
Jr. Executive / Supervisor
3,000,000
5,000,000
3
Sr. Executive / Supervisor
5,000,000
7,000,000
4
Jr. Assistant Manager / Supt.
7,000,000
10,000,000
5
Sr. Assistant Manager / Supt.
10,000,000
12,000,000
6
Jr. Manager
15,000,000
20,000,000
7
Sr. Manager
20,000,000
80,000,000
8
Director / GM
80,000,000
> 80 jeti

Nah…. Udah clear bukan…. Itulah lebih kurang bentuk nya (untuk menghindari fitnah dan prejudice maka gw tegaskan lagi bahwa data ini bersifat estimate dan bukan fixed rate.. Ok…). Kita bisa lihat berapa range salary setiap unitnya. Ini biasanya adalah basic salary. Banyak lagi factor yang bisa membuat income semakin tinggi seperti :

  1. Production. Seperti di kebun sawit / pulp & paper yang productionnya sudah bersifat rutin maka dapat di pastikan setiap bulan kita akan mendapatkan insentive / bonus bulanan based on pencapaian estate secara keseluruhan vs budget & target. Besarannya bermacam2 dan sangat fluktuatif. Tetapi insyaallah kita akan dapat bonus tiap bulan deh…. Yakin Usaha Sampai …
  2. Annual Appraisal. Ini adalah berdasarkan KPI (key performances index / indicator), KRA (key result areas) atau ada juga yang menggunakan BSC (balance score card). Ini adalah metode yang paling lazim dipakai untuk menentukan besaran bonus tahunan kepada setiap employee.
  3. Allowances. Ini adalah berdasarkan posisi kita bekerja. Misalnya kita harus menetap di dalam camp / estate yang jauh dari peradaban manusia modern sehingga untuk mencapai kota kecamatan / kabupaten terdekat memakan waktu lebih dari 3 jam maka biasanya company akan memberikan hardship allowance / jungle allowance atau apapunlah namanya… intinya ada allowance buat yang bersedia nginap dan tinggal di hutan dengan monkey…. Heeehhhee… ini mah gw lebay……
  4. Special Award. Beberapa company yang sudah sangat modern dan menerapkan visi employee adalah partner maka setiap tahun mereka juga memberikan yang namanya bermacam2 untuk special award. Seperti president special award (PSA), atau apapunlah namanya. Ini bertujuan untuk memacu karyawan untuk lebih baik dan kreatif. Angkanya berapa… wowww… luar biasa bisa lebih dari 25 kali gaji bulanan kita…. Ada yang pernah lebih dari 40 kali gaji bulanan….. ada juga yang menyelenggarakan kegiatan persaingan atau sering mereka sebut Management By Olympic System. Ini pun angkanya luar biasa….. kalo mendapatkannya bias beli grand livina 2 plus becak 10 buah……Company yang loyal seperti ini menyaring dengan teliti setiap employee yang memang berhak. Ada juga yang namanya Long Service Award….. untuk masa kerja 5, 10, 15, 20 tahun…. Dan seterusnya…..

Paling tidak ada 4 hal yang bisa mendongkrak income para farmers / forester yang bersedia bekerja di kebun….. nah apakah bekerja di kebun masih kurang menjanjikan buat para calon mertua…. Haaa…haaa.. lumajan booo kalo dapat menantu forester… at least bisa buat beli kerupuk sari raos dan pecel lele….. di restoran Surabaya Miri Sarawak.

Semoga ulasan ini berguna buat siapa aja yang pengen tahu income para farmers / forester yang bekerja di company2 di Indonesia…. Kalo standard salary di Malaysia berapa yach……. Haaa…. Gw curang…. Gw akan cerita hal ini kalo gw udah gak di Malaysia lagi aja……tapi mungkin itu setelah 2013 atau entah taon kapan…. Sorry sodara2…… masih private….


Miri – Sarawak
… Ayah Zahia …

10 comments:

Anonymous said...

Allhamdulillah akhirnya update juga walaupun ayah Zahia yang posting.
Kalau ayah Zahia masuk kemana nih?
ooh ya mamanya Susan udah mudik?

Lidya said...

sorry komen diatas punya aku, tadi salah klik

IbuDini said...

Dimana nich bunda susannya...lagi sibuk ya atau lagi rujaan nich hehehhe
Salam biat ibu gendutnya ya Ayah Zahia

Arman said...

gede juga ya standard gaji di bidang perkebunan...

advertiyha said...

setelah menyimak ulasan diatas, mulai berpikir buat ngurusin kebon ajah, hehehhe,,,
*ajak2 kita dong ayah zahiaaaa*

jeng Soes ngumpet kemana bang???

Gaphe said...

weleh, kirain mau bagi-bagi gaji lagi jeng?..

iya, rasanya emang segituan kalo kerja di perkebunan.. tergantung sama pendidikan dan spesialisasinya juga sih jeng.

temen saya, researcher gitu fresh graduate dapet 5 jutaan baru masuk aja..

yang jelas itu ntar ditambah sama bonus2 dan allowance. gede sih, tapi rela bagi2?? *plaak..

resiko sepadan, di tengah hutan, jarang pulang. siap-siap jadi bang toyib aja!

catatan kecilku said...

Wah, bunda Zahia pasti sedang sibuk nih sampai2 ayah Zahia yg posting.

Ternyata gajinya lumayan juga nih.. tapi masih penasaran dg gaji yg di Malaysia.. hehehe

Mama Kinan said...

wah mantap, ayah kak zahia beraksi nieh...:)
thanks for sharing yah om zul...
bu bunting alias bunda zahia kemana nieh om zul, sibuk yah..wah salam aja yah..buat bunda zahia, uti-nya zahia, kak zahia sama dedek yang didalam perut...:)

DewiFatma said...

Gede ya gaji orang kebon...
Yang pasti gaji Om Zul lebih gede doooonggg... *twink2*

Template Booklet Company Profile said...

mulai berpikir buat ngurusin kebon ajah, hehehhe,,,