Friday, 16 July 2010

Bu Bunting Mau Apa??

Semenjak bunting, nafsu makan gw jadi gila2an. Okeh ... okeh, sebenernya emang bawaan orok gw udah rakus dari sononya. Percaya kaga seh, meskipun badan gw selangsing Aura Kasih, tapi kalo makan cuma 1 centong (baca: sendok nasi) bagi gw mah ga nampol. Yaaaahhh, at least 2,5 centong deh setiap makan. Belom lagi acara ngemil-mengemil, kaya ngemil buah, coklat, ato makanan2 ringan lainnya seperti nasi kuning, nasi uduk, dan nasi goreng. Apalagi sekarang, secara ada 3 mulut yang kudu gw kasih makan: mulut gw, Zahia (masih nenen gituh loh), dan adeknya. Gw bener2 terkena virus bentar-bentar-laper. Setiap hari, yang termasuk dalam menu wajib Bu Bunting adalah: nasi 3x sehari, minum susu 2 gelas, saban sore wajib kudu musti makan kentang goreng 4 biji [so saat ini dan seterusnya ampe berojol, gw memasukkan kentang goreng 2 kg di dalam list wajib belanja mingguan, it means 1 bulan 8 kg], dan 1 mangkok Quacker Oat setiap jam 10 am. Untuk menu yang sunahnya tergantung dari malas tidaknya gw membuat cemilan. Kalo minggu ini Alhamdulillah lagi semangat banget jadi tiap hari ada ajah yang bisa diganyem: pisang goreng, burjo (baca: bubur kacang ijo), spaghetti, es buah. Mmmmm….jadi laper lagi dah gw!

Pagi ini, dengan semangat membara gw berikrar untuk membuat balado udang + kentang super pedeeeessss. Cabe kering sebanyak 30 biji udah gw gunting2 trus direndem di air biar agak lembek. Bawang merah 2 biji, bawang putih 6 biji, dan kemiri 2 biji, juga udah siap sedia. Tapi apa boleh baut, pagi2 mani riweuh pisan ngerjain yang lain: bikin Milo laki, ngangetin ikan patin asam manis, nyetrika jeans dan baju yang mo dipake Abang, nenenin Zahia. Belum lagi pas Ayahnya mo berangkat tu bocah bangun, jadi acara masak-memasak di pagi hari ketunda lagi kusabab gw musti ngelayanin Tuan Putri dulu. Well, akhirnya setelah berbagai acara: mandiin Zahia, kasih susu segelas, nenen [kebayang kan nenenholicnya tu anak, udah minum susu masih juga nyari nenen], makan sphagetti 4 suap, makan oat 7 sendok, makan buah pear ½ biji, gw pun bisa memulai acara “Memasak Balado Bersama Chef Soes”, jam 11 teng.

Pertama2, gw menghaluskan bawang merput (baca: merah putih) dan kemiri terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan cabe kering yang udah direndem lama. FYI, mengulek cabe dilakukan sebanyak 3 kloter. Bukannya apa2, ulekan gw kan mini jadi ga bisa banyak2 sekali masukkin. Oya, gw juga anti banget yang namanya cabe diblender, soalnya rasanya pasti beda dengan diulek [enakan yang diulek]. Setelah cabe halus, proses masak pun dimulai.

Tahap 1 : Membuat Bumbu Balado

1. Siapkan wajan
2. Masukkan minyak secukupnya [buat ibu2 yang ga suka dengan kata ‘secukupnya’ gw minta maap lahir batin soalnya gw emang ga pernah memasukkan minyak pake sendok jadi ga tau takaran pastinya], tumis semua bumbu hasil ulekan sampe wangi
3. Masukkan air secukupnya
4. Tambahkan asam glugur 1 keping, garam dan gula secukupnya [serius gw ga ngitung berapa sendok, asal cempalng-cemplung ajah]
5. Biarkan sampe bumbu mengental. Ciri2 bumbu udah ‘jadi’ adalah warnanya merah mengkilap, minyak terlihat memisah dengan bumbu

Tahap 2 : Finishing Udang + Kentang

1. Kentang digoreng terlebih dahulu sampe berwarna kekuningan [terserah mo kuning golkar, kuning tweety, ato kuning buah belimbing]
2. Masukkan udang yang sebelumnya udah dikupis kulitnya, ke dalam sambal. Biarkan 10 menit sambil terus diaduk, hingga udang matang
3. Masukkan sang kentang, aduk rata
4. Balado udang + kentang pun siap dihidangkan

Begini neh penampakannya [uenaaaaakkkkkssss tenan]:




Yippie! Betapa senangnya gw setelah tu balado jadi. Apalagi memasaknya penuh perjuangan karena sambil ngegendong Zahia yang kaga mau disuruh main sendiri di ruang tamu sambil nonton tivi [padahal buku gambar dan pensil warnanya udah gw siapin]. Langsung gw ambil nasi 3 centong, 4 sendok balado, terus makan deh sampe kenyang. Alhamdulillah ya Allah, nikmat tiada tara. Zahia juga ikutan makan, tapi nyuilin nasi putihnya ajah. Belum kuat dia makan cabe 30 biji [kalo sambel ABC udah pernah nyoba 2x hehehe].

Selain makanan, Bu Bunting juga mo cerita tentang betapa budimannya hati suami terhadap bininya yang sedang berbadan dua. Jadi sodara2, begini ceritanya. Hari Minggu kemaren kami jalan2 ke Bintang Plaza. Cuci mata ajah sekalian mo nyari sandal untuk Zahia. Kasian bo sandal dan sepatunya dah pada kecil semua. Setelah mendapat barang yang dituju (beli di Super Save), gw pun mengajak Nyokap liat2 tas, di Department Store di mall itu (Parkson namanya), sementara Ayahnya Zahia masih sibuk liat2 VCD anak2. Gw emang lagi kepengen beli tas, tapi niatnya tar ajah pas mudik ke Indonesia karena harganya pasti lebih murah daripada disini. Kulintang-kulinting kesana-kemari, memilah-milah dengan mata berbinar karena ngeliat dimana2 ada tulisan segede2 bagong: diskon 20%, diskon 50%, diskon 70%. Dari sekian banyak tas yang ada, gw tertarik pada model tas nya Guess, yang ajegile harganya minimal 500 RM. Walah, kaga mampu bo belinya, yang ada malah mencret deh gw! Tiba2, di counter Polo, gw ngeliat ada tas lucu [menurut gw], warna coklat, bahan kulit, harga setelah diskonnya 104,95 RM. Gw langsung nyamperin laki gw, trus kasih liat tu tas sambil bilang “Bagus pisan Yah, keren”. Eh tanpa gw duga, laki gw yang biasanya sangat penuh pertimbangan, langsung mengeluarkan sinyal2 ‘oke’ terhadap tas itu. Hohohoho, pucuk dicinta ulam tiba. Gw pun dengan binal langsung mencium laki gw saking senengnya, untung ga sampe ditangkep satpam karena melakukan tindakan asusila di depan khalayak ramai.
Sandal sepatunya Zahia, harganya 4 RM
Kalo yang ini 3 RM

Tengkiu yah Cinta. Lup yu pisan lah pokona mah! Bunda seneeeeennnnnggg banget udah dibeliin tas. Dan tau ga seh lo, ini tuh tas paling mahal yang pernah gw punya, secara kalo dirupiahin harganya sekitar 280 rebu [sebelumnya tas termahal adalah tas seserahan waktu merid dari Abang, harganya 150 rebu]. Dulu mah pas masih perawan gw kalo beli tas hobinya di lelong (baca: yang jual barang2 second-nan itu loh). Kalo orang Bandung pasti tau dah dengan CiMol (Cibadak Mol) [dah berapa kali pindah ke Kebon Kalapa trus Tegal Lega], dimana sepanjang jalan itu ngejual barang bekas mulai dari baju, tas, sepatu, horden, ampe daleman [jijay bajay!]. Kalo beruntung, bisa nemuin merk2 terkenal seperti : ‘Esprit’, ‘Guess’, ‘Benetton’, ‘Nike’, dan sebangsanya. Pernah gw dapet tas selendang ‘Benetton’ denga harga 5 rebu perak ajah [puas ampe keubun2]. Kalo di Riau, Pangkalan Kerinci, pasar lelongnya di depan Masjid Agung, tapi ini mah ga ada seberapanya dengan yang di Bandung, kecil bo jadi cuma dikit yang jualannya. Tar deh kapan2 gw cerita tentang kegemaran gw berburu barang bekas.
.... Ini dia tas barunya. Hihihi, senangnya hatikyu ....


.... Tas andalan gw kalo kongkow nge-mall. Terbuat dari tali rafia (bagian yang merah oranye), dan kulit (bagian yang merah menyala). Tas ini gw beli di pasar lelong di Pangkalan kerinci, dengan harga 5 rebu rupiah. I love lelong! ....
.... Tas seserahan dari Abang. gw yang beli sendiri di MangDu. Dipakenya kalo acara yang agak2 resmi ajah soalnya bentuknya formal pisan [ga gw banget dah pokonya] ....

Otreh deh, sekian rumpiannya hari ini. Bu Bunting mo makan lagee. Sekalian nyambi kasih makan Zahia. Tapi sebelumnya mo sholat dulu coz disini baru ajah berkumandang adzan magrib. Dags Temans. Met wiken yah.

27 comments:

Bekti said...

Waw...dirimu bener2 jago masak deh, Jeng. Sampe sdh bs mengira-ira takaran yg pas*2 jempol*,tambah lagi sdh bisa memasak berbagai macam resep, ciee...chef nya sedang beraksi nih. Btw, suami beruntung doung punya istri pintar masak. Ga pake mengernyitkan kening kalo dimasakkan sesuatu, hehe..

TUKANG CoLoNG said...

Numpang ngrumpi juga ya jeng..

kalo nafsu makan yei terus kayak gini bisa2 body yei gag kayak aura kasih lagi tapi berubah jadi prety asmara boo..

IbuDzakyFai said...

wah si bunda makannya TOB bgt dach, masakan juga ehemmmmm jadi pengen nih...



ssstttt sandal pinknya kembaran ma ibuya faidzaky nich zahia

fan said...

hehe..suaminya baik sekali dah. hahaa..tasnya banyak juga ya, sis

Aulawi Ahmad said...

harus bunting terus biar dibeliin tas lagi wkwkwkwkwkw, btw ane cum mau mendoakan moga sehat selalu selama kehamilan n pasca melahirkannya...amiiin :)

BunDit said...

Waah..emang kalau lg hamil itu saat2 yang indah dan mengntungkan hahaha sampai dibeliin tas mahal :D

Blog Keluarga said...

Itulah rejekinya bumil...

Lidya said...

ga kapok hamil kalo gitu ya san hehehe

catatan kecilku said...

Ya ampun BuMil... makan nasi 3 centong plus balado kentang... Karbohidrat semua tuh.. Kok muat ya ? hehehe

Semoga kehamilannya lancar ya mbak.. dan saat melahirkan nanti juga mudah. Amin.

Anazkia said...

Wekekekeke.. Mbak, gokil abis deh :P kalau cerita itu lho, gayanya ampun deh *nepuk2 jidat*

Kapan ke KL? biar bisa lihat Mbak ngoceh2 secara nyata? hehehe Lah, tak kira untuk ekspatriat kayak bak, beli RM.500 tuh murah :D mahal juga rupanya hehehehe...

Saya gak pernah ngulek chili kering, Mbak. Always blender... :D *alas eui...*

Jazz Muhammad said...

waaaaahh Teteh, namanya ganti aja.. hehe bukan Jeng Soes lagi, tapi Jeng Boen... hehe Jeng Boenting hehehe

Aku cuma doain aja teh biar kehamilannya lancar hingga nanti adiknya Zahia lahir...

hehe itu masakan bisa dikirim ke Jakarta ngga teh? wkwkwkwkw

oya, sau lagi, untuk kali ini, blog teteh ini jadi blog kuliner.. kalo bisa terusin teh... biar aku yang perantauan ini bisa dapat ilmu masak n hemat... hehe

sip2

Dian said...

Wah lagi hamil ya ?? Selamat ya...gpp makan banyak kan demi kesehatan si jabang bayi juga

Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat dan manfaat said...

selamat juga jeng..semoga si jabang bayi di rahmati ALLAH..amin ^_^

attayaya said...

eeeeh masih ada "batu tumbuk"
hmmm batu tumbuk emak taruh dimana ya?
udah jarang dipake sejak ada blender

binaural beats said...

makan terussss
jaga kesehatan ya mba

Vera said...

ya ampyuuun itu ulekan meni seuprit, pantesan 3 kloter nguleknya hehee...yg penting mah udah jadi ya...nyam..nyam...uwenaaak...

asyik nih dibeliin tas, ntar bulan depan pasti dibeliin baju ma sepatu buat lebaran hehehe.

senja said...

hihihi,...makan trus mba,yg penting sehat ya ^^

aku juga suka bgt beli2 tas mba,gak hrs branded yg penting aku suka ya beli. dan gila banget sama sandal/alas kaki.

kalo liat yg lucu udh deh lapar mata,padahal alas kaki udh numpuk :(

kadang dicemberutin jg hihihi....

apa kabar bumil ? sepertinya sehat,semoga seterusnya ya mba :)

Herien Kriestia said...

Asyiknya yg lg dimanja sm suami sm dibeliin tas, emang masa2 yg membahagiakan ya hamil itu, hehehe... Dah naik berapa kilo bun BB nya sekarang?? Zahia banyak juga ya makannya, padahal kata bunda susah makannya (apa kalo dibuat iseng2 aja jd gampang makannya??)

Bagus loh bun tasnya, ohya nanti resepnya nyontek yah... ^_^

Sang Cerpenis bercerita said...

selangsing aura kasih? weedeew..hi hi hi..jadi ngebayangin nih.

btw, emang kalo diblender rasa bumbu apapun jadi kurang afdol. tapi kalo numbuk terus pegel juga ya

Baby Dija said...

Tante, sandalnya Kak Zahia lagi ngetren tuh di Indonesia...
tanteku juga punya
warnanya kuning
hehehehee

Elsa said...

contek ah resepnyaaaaaaaa...
kayaknya asyik ya
udang campur kentang....

hati hati kolesterol aja
hehehee

Butik Manis *Butik Mama Danis* said...

Wow resepnya mak nyoss n kayaknya perlu dicoba deh.

Duh mbak, kangen banget baca blogmu yg full banyol words ini, hehehehe.... salam buat zahia yah ;-) wah bentar lagi bakalan punya dede' nih si zahia...

gaelby salahuddin said...

hmm,yummi... jdi lapar neh :) Pasti Zahia senang bnget punya bokap pintar masak.
Salam kenal bro :)

Zulfadhli's Family said...

Jeng Bekti : Hihihihi, gw justru belajar masak dari laki gw boooo. Beliaulah Chef sejati :-)

Tukang Colong : Hadooooohhh, ekye bener2 merenungkan apa yang yey bilang. Ngeri juga yah bo kalo segede Pretty Asmara. Kalo Pretty Shinta boleh juga tuuhhh :-)

Mba Fitri : Toss dunks Ibu FaiDzaky. Tar pas di JKT kalo ketemuan Aunty pake sandal yang pinky juga yah biar kembar sama Zahia :-)

Mba Fanny : Huehehe, laki gw emang baik hati dan tidak sombong :-)

Bang Aulawi : Thanks oanya, Uncle. Zahia + AyBun juga ngedoain biar Uncle cepat menemukan tulang rusuk, biar Zahia ada sepupu baru. Amieeeennnn :-)

Mba Ririn : HBunting tuh udah kaya bisnis yah Mba, menguntungkan boooo :-)

Blog Keluarga : Alhamdulillah :-)

Teh Lidya : Hamilnya mah ga teh, tapi melahirkannya yang serem juga :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Thanks yah Mba doanya. Gw berharap banget yang kedua ini bisa lahiran normal (kemaren Zahia kan caesar)

Mba Anaz : Insya Allah kalo ke KL gw kasih tau. Udah ada plan seh, kepengennya sebelom lahiran. Soalnya kalo udah punya anak 2 ribet mo kemana2. tar kita smsan yah Mba. Nomor henpon Mba Anaz berapa?? :-)

Zulfadhli's Family said...

Rosyid : Thanks doanya, juga sarannya. Tar dah gw posting resep2 masakan yang lain :-)

Mba Dian : Iya Mba alhamdulillah buntin lagee :-)

Blogger Indonesia dkung internet aman, sehat dan manfaat : Amien. Thanks yah doanya. Thanks juga dah mampir kesini :-)

Bang Atta : Hidup batu tumbuuukkk!! Hihihi, coba cari di lemari baju sapa tau tu ulekan nyempil disono

Binaural Bets : Syiiippp, pasti dunks Bu Bunting akan menjaga kesehatan. Eniwei, tengkiu dah mampir ke blog keluargazulfadhli :-)

Teh Vera : Hohoho, tas baru, baju baru, sepatu baru, siap deh Lebaranan. Siga budak leutik pisan nya Teh :-)

Mba Senja : Amien, thanks doanya Mba. Widih, ternyata penggemar tas dan alas kaki toh. Boleh dunks dihibahkan bebberapa ke gw :-)

Mba Herien : Belom tau Mba dah naik berapa, belom nimbang lagi :-)

Sang cerpenis : Kalo cuma Aura Kasih sih lewat Jeng :-)

Baby Dija : Pasti sandalnya Tante Elsa deh kalo kuning. Iya kan?? :-)

Mba Elsa : Maknya udangnya ga usah 1 kontainer Mba, 1/2 kg ato 1 kg juga udah cukup :-)

Mba May (Butik Mama Danis) : Iya Aunty May, bentar lagi Zahia mo punya dedek. ka Danish kapan tuh dibikin dedek?? :-)

Gaelby Salahuddin : Ayah emang pinter masak, Uncle. Tapi kali ini yang masak Bunda :-)

yenni 'yendoel' said...

wah, baladonya menggairahkan! aku dulu hamil, memang laperan, tapi makannya gak bisa banyak. hamil kedua, cuman naik kalo gak salah sekitar 7.5-8kg.

Zulfadhli's Family said...

Mba Yenni : Mau nyobain Mba baladonya? Sok atuh main ke Miri tar gw masakkin. Mo balado ikan, udang, ayam, cumi, pokonya siaaaapppp :-)