Monday, 14 December 2009

Perbedaan Baby Zaman Dulu & Sekarang

Di era yang serba canggih ini, ternyata bukan cuma teknologi yang makin maju. Tapi baby juga loh. Maksudnya apa Bun?? Iya, ternyata baby zaman sekarang (baca: Zahia) beda dengan baby zaman dulu (baca: Bunda_based on Uti’s stories). Emang apa aja seh perbedaannya? Let’s start talk about that

Dibedong
# Kalo dulu mah Bunda dibedong sama Uti kalo abis mandi dan mau bobo. Tujuannya supaya kakinya lurus dan ga gerak2 (resep nenek moyang turun-temurun). Acara bedong-membedong ini dilakukan sejak Bunda lahir sampai umur 3 bulan.
# Zahia boro2 dibedong, baru dililitin kainnya ajah udah ngamuk nendang2. Preman bo!!

Tidur pake ayunan atau diayun2 dengan gendongan kain
# Bunda kalo mo bobo digendong dulu sama Yuyut Zahia (baca: Nenek Bunda / Mamanya Uti) pake kain, diayun2, plus didengerin musik. Lagunya apa ajah, dangdut ok, keroncongan ok, lagu2 perjuangan ok, lagu barat juga ok.
# Dari baru lahir ampe udah remaja berumur ampir 14 bulan Zahia baru 1x bobo digendong pake kain sama Neang (almh Mamahnya Ayah). Kalo sama Bunda mah langsung grok2 di tempat tidur sambil nenen. Selain Bundanya males ngegendong pake kain [cangkeul bo!], untuk bikin ayunan juga AyBun ko rasanya ga sreg yah coz banyak kasus sepupu2nya Zahia jatuh dari ayunan. Untuk lagunya pun ga perlu pake tape / radio segala, cukup mendengarkan nyanyian merdu Bunda [yiks!!] dengan lagi favorit Zahia “Shalawat Nabi” atau di-ngaji-in surat2 pendek dari An-Nas sampai Yasin. Cuma Zahia ga mau tuh ditidurin di box nya sendiri, jadi menjajah di tempat tidur AyBun deh [mana bobonya motah pula!_motah tuh Bahasa Sunda, artinya ga bisa diem].

Makan
# Untuk soal makan, Bunda seh gampang banget. Apa ajah dilahap ampe abis [bakat rakus Bunda udah keliatan dari orok]. Dikasih makannya dengan cara tradisional: Bunda dibaringkan di kaki Yuyut Zahia (kepala di ujung jari kaki), trus dibelitkan kain ke betis Yuyut supaya Bunda ga gerak2, baru deh disuapin. Oya, untuk jenis makannya, selain yang fresh2 buatan sendiri juga dikasih biskuit baby.
# Zahia makannya susaaaaaahhhhhhh buangeeeettttttzzzzz. Kadang ampe Bunda desperate tau, Nak! Penyakit susah makan ini mulainya sejak Zahia 8 bulanan. Kalo sebelumnya pas makan bubur apa ajah masuk hap-hep-hap-hep. Kentang, nasi, ubi, singkong, tempe, daging, ayam, bayam, kangkung, sawi, pokonya segala jenis makanan masuk lap-lep. Ludes tanpa sisa. 2 mangkok besar sehari. Tapi now what?? Yey, ampun2an Bunda kasih makannya. Makanan pagi kadang baru abis sore. Hiks! [mohon doanya yah sodara2 supaya Zahia makannya jadi mudah. Ato any suggestion about that??]. Mengenai jenis makannya Alhamdulillah Bunda selalu bikin sendiri, jadi Zahia ga dikasih makanan instant. Say NO to preservative food!!!!!!!

Mimik susu / nenen
# Karena dulu Uti kerja, maka Bunda selain mimik ASI juga dikasih susu tambahan (SuFor S26). Schedule mimiknya per 3 jam, yaitu sbb: jam 6 am sebelum Uti berangkat kerja Bunda dinenein dulu; jam 9 am SuFor; jam 12 pm Uti pulang dulu ke rumah untuk nenenin; jam 3 pm SuFor; jam 6 pm sampe besok pagi lagi Bunda puas2in nenen dunks pastinya.
# Sejak Zahia umur 3 bulan di kandungan Bunda ga kerja lagi (resign). So Alhamdulillah Zahia bisa mimik ASI sampai sekarang (Insya Allah bisa sampai 2 tahun atau lebih). Meskipun mulai dari 1 tahun Bunda udah kasih tambahan SuFor (Dutch Lady), tapi SuFor ini hanya Bunda campurkan di jusnya Zahia ajah. Untuk schedule, Zahia nenen sesuka hatinya, ga pake jadwal yang tetap [mmmm… sebenernya bagus terjadwal atau ga yah??]

Baby walker
# Bunda dimasukkan ke dalam baby walker jika hanya: Yuyutnya Zahia lagi ke kamar mandi; Ua sibuk masak (Ua adalah panggilan untuk ART-nya Uti jaman dulu); dan berbagai alasan urgent lainnya.
# AyBun sepakat bahwa baby walker tidak terlalu memberikan efek positif untuk baby (banyak pendapat ahli yang mengatakan seperti ini). Plus, buanyaaak case baby jatuh / terguling/ meluncur ga kekontrol saat di baby walker [oh no….!]. So, we choose to leave it!

Selimut
Bunda & Zahia termasuk baby AC eksklusif. Bedanya, kalo Bunda mau pakai selimut, kalo Zahia setiap diselimutin ga berapa lama pasti ditendang. Bahkan pemirsa, kalo malem2 Bundanya dah kedinginan & berselimut ria, Zahia mah teteup brutal ogah diselimutin. Pasti ini keturunan Ayah yang kelakuannya juga kaya gituh. Tapi Alhamdulillah Zahia jarang tuh kembung atau masuk angin.

Empeng
Kalo ini Bunda & Zahia memiliki kesamaan, yaitu sejak lahir tidak menggunakan empeng. Kalo Uti ga kasih empeng karena ga mau Bunda ngemut2 plastik (healthy reason) plus agar mulut Bunda ga dower (ngawur reason). Kalo Zahia buat apa pake empeng wong empeng fresh nya tersedia 24 jam sehari.

Dot / botol susu
Mengenai hal yang satu ini Zahia & Bunda pun mengalami nasib yang sama, yaitu GA DIBIASAKAN PAKAI DOT. So, mulai sejak dini kalo mimik kami berdua pakai gelas + sendok.

Cara orang tua membesarkan anaknya pasti berbeda2. Banyak yang mempengaruhi hal tersebut, seperti agama, budaya, lingkungan, pendidikan,serta faktor sosial. So, sebagai orang tua kita harus pintar memilah-milah mana cara yang terbaik, karena hanya kitalah yang tau mana yang terbaik untuk buah hati tercinta [ayo Ayah, kita pasti bisa!!! Luv u so much].

1 comments:

IBU HALIMAH Malaysia said...

Saya ingin menyampaikan kepada seluruh Tki yang bekerja di negeri orang saya ibu HALIMAH seorang TKI DI MALAYSIA pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan hamil gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak kebetulan suami saya buka-buka facebook mendapatkan nomor aki katanya bisa bantu orang melunasi hutang melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah jadi saya coba hubungi aki dan minta angka bocoran THAILAND angka yang di berikan 4D ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda hubungi aki wowo di nomor +6285328880180--/-085-328-880-180 silahkan buktikan sendiri aki tidak melayani SMS demi allah saya sudah membuktikan. untuk info lebih jelas Klik: KLIK DI SINI