Thursday 9 February 2012

Liburan Seruku : Mencoba Berbagai Alat Transportasi

Halo Om & Tante semua, jumpa lagi sama Princess Zahia. Kali ini Zahia mau cerita acara liburan Lebaran taun 2010, dimana Zahia dan AyBun mudik ke Pulau Jawa untuk pertama kalinya. Dari tanggal 2-14 September, Zahia keliling2 terus, mulai dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Cilegon, Pandeglang, dan Bandung. Walaupun cape tapi asyiiikkk dan seru banget.

Menuju Jakarta. Anteng baca2

Asyik karena bisa ketemu dengan Buyut, Kakek, Nenek, Ua, Om, Tante, sepupu yang masih perintil2 kaya Zahia. Seru karena AyBun ngajakin Zahia mencoba berbagai jenis alat transportasi. Jadi ceritanya, waktu Bunda mau reunian sama temen2 kuliahnya di Bogor, kami berangkat naek kendaraan umum. Bunda bilang ke Uti “Udah, ga usah dianter pake mobil Eyang Herry. Biar Zahia ngerasain naek angkot, busway, kereta, delman, bajaj”. Tuh kan seru banget! Maklum di Miri da ada yang kaya begituh hehehe. Zahia cuma pernah liat di buku Visual Dictionary yang AyBun beliin.

Buku paporit Zahia. Harganya diskon jadi 10 RM, padahal aselinya 42 RM
Salah satu isinya: travelling by road. Ada juga travelling by air, by sail, by rail. Dari sini Zahia kenal berbagai alat transportasi

Pertama2, dari Pondok Gede, kami naek angkot menuju Kp. Rambutan. Meski angkotnya sama2 berwarna biru, tapi harus ganti 2x loh Om & Tante. Ini pertama kali Zahia naek angot. Di Miri atopun di Singkawang (Zahia kan udah 2x mudik ke Kalimantan Barat, rumah Neang dan Ni Aki) ga ada tuh yang namanya angkot. Kata Bunda, harus diperhatiin nomer yang tertera di kaca depan / belakang supaya ga salah alamat kaya Tante Ayu Ting2. Atau kalo Zahia udah pandai baca bisa dibaca langsung jurusan angkotnya yang biasanya juga ditempel di kaca. Zahia kan udah gede, jadi duduk sendiri. Tapi Zahia takut dan minta pangku Bunda pas ada Om yang tiba2 naek, bawa kecrekan dari tutup botol, rambutnya berdiri semua, pake anting dimana2 (telinga, alis, bibir, idung), tangannya ber-tatto. Om itu aneh banget, nyanyi sebentar, lagunya pun ga jelas dan ga enak (coba kalo lagu Barney, pasti Zahia bantu nyanyi deh), terus minta uang. Waktu ga ada yang ngasih, Om itu langsung marah2 dan loncat dari angkot. Aduh, itu kan bahaya! Kalo jatuh gimana tuh??

Di terminal Rambutan, Zahia digendong sama Ayah. Kata Ayah supaya ga hilang karena banyak orang. Sebenernya Zahia pengen banget turun, soalnya disini banyak bus warna-warni lagi parkir. Istilah Bunda, ‘ngetem’ cari penumpang. Zahia maen tebak2 warna dan menghitung berapa banyak bus disitu. Onee, two, three, for. Huaaaaa, lebih dari seven! Hehehe, maklum waktu umur 2 taun kurang sebulan Zahia baru bisa ngitung sampai seven. Hampir di ujung, ada bus namanya “LIMAS”. Yup, itulah bus yang akan membawa kami ke Bogor.

Zahia seneng banget bisa loncat2 di dalam bus karena masih lumayan kosong. Zahia juga sibuk perhatiin pedagang yang ga henti2 berseliweran. Ada yang nawarin jam tangan, kacamata, bulpen, majalah, teka-teki silang, senter, alat tulis, donat, permen, air minum, jeruk, duku, salak. Untung ga ada yang jualan kompor ato lemari, kalo ga busnya pasti tambah sesak hihihi.
Heran ngeliatin emang2 pedagang yang lalu-lalang

Setelah bus penuh, kami pun berangkat. Awalnya Zahia berdiri di jendela liat2 sepanjang jalan. Tapi lama2 Zahia malah mantengin Kakak perempuan yang duduk di bangku seberang, lagi makan jeruk. Duh, jadi kepengen. Karena Zahia ngeliatin Kakak itu melulu, si Kakak nawarin jeruk ke Zahia, dan tanpa malu2 langsung diambil. Alhamdulillah, rezeki. Zahia ga lupa loh bilang “Aciihh”. Bunda bukain, Zahia makan dengan lahap. Nyam … nyam … nyam. Seger dan manis. Bun, nanti beliin Zahia jeruk yah. Pliiizzz.

Tugu Kujang, ikon Kota Bogor
Sampe di Terminal Baranangsiang, kami turun. Ternyata jauh juga jalan kaki dari terminal ke kampus Bunda yang sekarang bagan depannya udah dijadiin mall Botani Square. Ayah lumayan pegel ngegendong Zahia yang udah kecapean jalan. Bunda janjian mo ketemu sama sahabat waktu jaman kuliah di HPT (Hama & Penyakit Tumbuhan). Ga lama Tante Emma pun datang. Abis cipika-cipiki sama Bunda, Tante ngegendong Zahia. Hehehe, kata Tante "Zahia cantik banget”. Iya dong, sapa dulu Bundanya. Tante terus nyetop taxi berwarna biru laut. Kalo di Miri taxi berwarna kuning-merah, ato biru tua metalik untuk taxi executive. 
Ternyata Om & Tante, di taxi Zahia ngompol. Huaaaaaa, maapin Zahia yah Om Driver. Soalnya diapers Zahia jebol udah terlalu berat. Bunda lupa ngeganti hiks! 15 menit kemudian, taxi berhenti. Alhamdulillah rumah Tante Emma udah di depan mata.

Zahia dan Ayah dikenalin sama Om Didiet, suami Tante Emma, yang juga temen sejurusan. Bunda bilang cinta lokasi hahaha. Ga lama Om Didiet pergi naek motor, katanya ada urusan. Sementara Ayah istirahat di kamar yang udah disiapin, Bunda & Tante Emma ngobrol melepas rindu secara 5 taun ga ketemu, Zahia sibuk menjelajah. Mulai dari nyobain treadmill, loncat2 di atas tempat tidur, nurunin semua piring+gelas+sendok+panci+keranjang yang ada di rak piring, buka-tutup kulkas, bolak-balik ke meja makan ambil cake, maen air di lantai. Pokonya asyik deh maen sendirian.

Jam 5 sore kami berangkat ke Bakoel-Bakoel, tempat dimana Bunda mo reunian, naek angkot warna hijau. Cuma Zahia ngantuk, jadi bobo deh sepanjang jalan. Disana temen2 Bunda udah pada ngumpul di 1 meja. Ada 11 orang. Rame kan? Ada temen Zahia juga namanya Abang Tegar, anak Tante Anggie & Om Ucup. Bangun tidur Zahia langsung makan disuapin Bunda sambil maen sama Abang Tegar.

Zahia & Bang Tegar masih pada bobo di pelukan mamake

Bangun tidur ko langsung pegangan tangan seh Cyiiinn?? Ajaran sesat sapa neh?!

Bunda & temen2 HPT. Eh ada juga sohib teater Bunda: Om Piir (lagi ngambil poto) dan Tante Vika (baju merah pojok kanan)
Pulang dari Bakoel2, Om Ucup ngajakin tamu dari Miri jalan putar2 Bogor. Safari malam ceritanya. Di mobil suasana hiruk pikuk. Orang tua ngerumpi, Zahia dan Bang Tegar loncat2. Lama2 Bang Tegar nyubitin tangan dan wajah Zahia. Huhuhuhu Zahia akhirnya nangis deh dan ngambek ga mau maen lagi. Kata Tante Anggie, Bang Tegar gemes ngeliat keimutan Zahia. Ih Abang, gemes ko nyubit? Mbok yah beliin coklat ato boneka supaya Zahia seneng!

Jam 11 malem acara puter2nya selesei. Whuaaa Bunda, udah waktunya Zahia bobo neh. Di rumah biasanya paling lambat jam 10 Zahia udah harus bobo. Tapi berhubung Bunda + Tante Emma + Tante Anggie masih sibuk ngegosip di kamar, sedangkan Ayah + Om Didiet + Om Ucup juga heboh ngobrol di ruang tamu, jadilah Zahia dan Bang Tegar lari2 kesana kemari. Ujung2nya Zahia nangis lagi, kali ini didorong Bang Tegar. Akhirnya Tante Anggie dan Om Ucup pamit karena udah hampir tengah malam. Selesei AyBun sholat, Zahia nenen sebentar, terus bobo.

Jam 1/2 4 subuh AyBun, Tante Emma, Om Didiet sahur pake Hoka2 Bento. Abis sholat subuh Bunda packing, trus nyiapin bekal untuk Zahia di jalan: nasi + daging + brokoli. Zahia bangun jam 8, mandi, minum susu. Jam 9 kami berpamitan. Makasih banyak  Tante Emma dan Om Didiet atas servis hotelnya yang the best pisan. Laen kali boleh kan Zahia nginep lagi??

Penampakan Aunty Emma & Uncle Didiet waktu kuliah
Sesuai janji Bunda, pulang ke Jakartanya naek Kereta Ekspress Pakuan. Horeeee Zahia mau naek kereta!! Di Miri ga ada kereta Om & Tante, kalo di KL ada monorail. dan commuter. Beli tiket 2 untuk AyBun, harga @ 11 ribu. Zahia mah free, kan masih cuilik. Keretanya bersih, penumpangnya sedikit (maklum hari libur). Zahia heboh manjat kursi karena pengen liat pemandangan. Tapi 15 menit kemudian Zahia ngantuk, bobo dulu ah. 

Tanda bukti kalo AyBun adalah penumpang resmi

Zahia da mulai keleyep2 matanya

Bersih kan dalemnya?? Zahia sukaaaaa banget naek kereta
Kami turun di Stasiun Kota. Dari sini lanjut naek busway ato Bus Trans Jakarta. Lagi2 penumpangnya ga begituh banyak, jadi Zahia bisa duduk sendiri. Untuk sampai di Kp. Melayu, kami berganti bus 3x. Untungnya bayar cuma sekali. Kata Bunda, untuk perjalanan sejauh ini bayar tiket 5 ribu per orang murah banget. Dari Kp. Melayu, lanjut naek metromini nomer 18. Alhamdulillah, jam 5 sore kami sampai juga di rumah Pd. Gede.

"Bun, Zahia mo duduk sendiri. Kan banyak bangku yang kosong"

Hayoo yang mo ke Kp.Melayu nuggunya di sebelah kanan
Metromini no.18 jurusan Kp.Melayu - Pd.Gede

Psssstt, Zahia belom sempet naek becak dan delman. Moga2 kalo mudik lagi bisa nyobain yah Om & Tante. Duh, baru ngebayangin naek kuda Zahia udah hepi banget. Apalagi sekarang udah ada Dedek Zafira, pasti tambah seru jalan2nya.

Nah, itulah pengalaman Zahia nyobain berbagai alat transportasi selama liburan di Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Bener2 liburan yang mengasyikan. Ga sabar deh nunggu Ayah cuti lagi. See you Om & Tante semuaaaaa.

Hehehe, kalo mudik lagi tambah seru neh kan udah ada Dede Zafira
"Hiks hiks, tinggal akyu seorang yang belom pernah ngerasain pulang kampung"

Karya ini saya tulis dalam rangka turut meramaikan hajatan Liburan Seru: Say No To Mall!


42 comments:

Gaphe said...

hemm kalo ginian mah emang udah rencana pulang kampung.. jadi nggak ke mal. coba gak ada rencana pulang kampung, paling ke mall lagi ya? ehehe


eh, di miri ada mall kan bun?
#ditoyor

semangaat ngontees laah pokoknya! sukses yaaa

Mami Zidane said...

wah..seru ya zahia...liburan naik angkot, busway, kereta api....ayo ke jawa lagi....hehe..

eh dede zafira lucu banget sih....pipinya itu lho,apalagi yg pake baju mpink...nggemesin...salam sayang buat double zee ya mbak...

Elsa said...

ya ampuuuuuun
Zhafira gendut banget yaa pipinyaaaa
hihihihihi.... lucu!!!!

Baby Dija said...

kapan pulang kampung bun??

Mabruri said...

yalaahh,, kapan mau mudik lagi bu?? :D
kalau mau mudik lagi, jangan lupa jalan2 nyisir pulau jawa.. hhheh

walank ergea said...

Makasih ya udah ikutan kontes GA liburan seru, langsung dicatat dan dinilai :)

Unknown said...

kok Teh Syifa gag diajakin siih.. huhuu

Budi Arnaya said...

Zhafira imut dan lucu banget...ngebayangin perjalanannya pasti seru dan dinikmati banget mbak yach

Bunda Kanaya said...

ke bekasi kok ga mampir ke rumah Kanaya.... senangnya jalan2 seru yaa...

ainuq said...

Wah, mudik dan jalan2 yang seru ya Bun...Zahia happy sekali menikmati jalan2nya....Aybun juga tentunya ya....

dey said...

ayo kesini, nanti fauzan ajakin naik delman keliling kota Lembang.

eh, fauzan malah belum pernah naik kereta api lho ..

bintangair said...

Subhanallah,,, zafira seger banget,,, pipinya itu loh.,, iiiihh cubit..cubit..
daku ga bisa ikut kontes sebab belom pulang kampung dan belom liburan. huaaaaa.. #goyang dombret

Keke Naima said...

Zahia puas bgt dong ya naik segala macem transportasi.. ^^

indieprasatya said...

Zafira ndut banget San......gemessss pengen nyium pipinya

Della said...

Zahiaaaaaaaaaaaaa.. Zafiraaaaaaaa.. 2012 ke Indonesia lagi nggak? Ktemuan yuuuuuuuuuuukk.. nanti kenalan sama Nadya deh ;)
Eh awas itu Zafira pipinya jatoh :p

Muhammad A Vip said...

keretanya kosong, asyik dong. kalo saya biasanya mpet-npetan

Ajeng said...

Jadi pengen kesana mbak.. :)

niee said...

Aaahhh emang harus dirasain yak mbak anak-anak buat transportasi gitu.. Kalau di Kalimantan kan gak ada kereta *hiks

Berarti cuma belum pernah naek kapal aja yak mbak.. Aku juga belum pernah neh naek kapal dengan perjalanan jauh.. tapi kalau motor air seh sering di kalbar.. hahaha

advertiyha said...

Kak Zahiaaa... ikutttttttttttttttt... :)

seru banget pastinya ya,,
Osar belum pernah kuajak naik apa2 jeng, nanti deh, nyoba2 naik traktor, lhoh, hehe

catatan kecilku said...

Zafira... ya ampun endut banget kamu, sayang... hehehe. Lucu banget lihat Zafira in pink...

Ayo Double Zee ke Madiun, ntar tak ajak naik becak dan andong. :)

Selamat ngontes ya mbak... semoga beruntung.

Audrey Marsha said...

Ih senengnya dik Zahia bisa naik bus, busway, kereta, pesawat.... naik kapalnya belum kan dik?
Kapan2 dik Zafira diajak ke Indonesia dan muter2 pakai kendaraan umum lagi ya?

ESSIP said...

Zahia..oh Zahia.. bakat kamu nak jadi pejabat nanti.. soalnya masih kecil dah padet jadwal kunjungan hehe

Allisa Yustica Krones said...

Zafira endut ya San! Lucuuukk! :D

Zahia keren, dah nyobain aneka jenis transportasi. Raja baru pernah naek becak, bus, perahu, sama pesawat doang :D

kakaakin said...

Huhuhu... tante akin kalah nih...
Malah belum pernah naik kereta :(

Anonymous said...

Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer senilai @Rp.900.000 dan voucher belanja.
Info lengkapnya bisa cek disini http://www.anugrahpratama.com/shop/blog/77/

Terima kasih

marsudiyanto said...

Saya pernah naik kereta ekspress itu...
Juga pernah naik angkot biru...

HP Yitno said...

wah liburan yang benar benar seru. Semua alat transportasi di cobain semua. Tinggal pesawat terbang, kapal selam yang belum. Perlu di coba juga tuh sob

entik said...

senengnya bisa muter-muter pake transportasi umum..

zahia, zafira kapan mudik lagi?

NECKY said...

salah nulis komentar nih...maklum lagi sedikit error...nulis komentarnya di face book hehehehehe

Lyliana Thia said...

duh Zahia... becak dan delman udah mulai langka nih Dek.. hehehe..

ternyata deket kita ya... deket Pd. Gede... :-D

kapan2 jalan2 ke taman mini yuk Zahia.. di tmii ada delman dan becak loh... tp vania blm pernah naik jg sih.. hihihi

vera said...

Waahh seru banget ya Zahia, semuanya dicobain, walopun cape tapi pasti berkesan banget ya.

Ntar klo mudik lagi, kita jalan2 bareng yuuuu

Nia said...

hihihi zafira pipinya kayak bakpao...saingan kk ina waktu bayi hihihi....

Orin said...

eyampun, ateu Orin mah ga bs lg baca di bus kek gitu princess, matanya lgsg pusyiiiing *udh tuwir* qiqiqiqi

Mugniar said...

Seru ya ...
Hebat deh ingatannya Zahia, masih bisa nulis detil begini. Gimana caranya ya? Kalo tante koq suka lupa. Kalo sudah lama susah nginget detilnya. Bagi tipsnya dong Zahia ^__^

chocoVanilla said...

Waah, seruuu ya Zahia. Untunglah kau gak sempat naik bajaj. Bisa-bisa jantungan, selain berisik hanya Tuhan dan abangnya yang tau mau belok ke mana :lol: Nanti kalo ke Pd. Gede lagi kabarin BuLik Choco yaa, kan dekeeet :D

attayaya said...

huaaaa... liburan seru
kemaren aku libur juga dari bewe
baru 2 hari ini mulai bewe lagi
jiahahahahaa

BunDit said...

Waaaa..seruuuu....Dita yang belum pernah naik KA dan kapal laut nih hehehe. Sekali2 pengin nyobain naik KA deh. Ituuu pipi Zahira ndutss banget ya. Kiss dari Dita :-)

nh18 said...

Tugu kujaaaannnggg ...

(histeris liat landmark yang satu itu ...)
soalnya ini selalu jadi meeting point kalo mau praktikum ke Darmaga ...

Yang jelas ...
Saya bisa merasakan kehangatan reuni HPT itu ...

Ini pasti sangat memmorable ... bukan saja untuk The First Z ... tapi juga untuk her Mom and Dad

Salam saya Jeng Soes

nh18 said...

Tugu kujaaaannnggg ...

(histeris liat landmark yang satu itu ...)
soalnya ini selalu jadi meeting point kalo mau praktikum ke Darmaga ...

Yang jelas ...
Saya bisa merasakan kehangatan reuni HPT itu ...

Ini pasti sangat memmorable ... bukan saja untuk The First Z ... tapi juga untuk her Mom and Dad

Salam saya Jeng Soes

Mas said...

Enak ya jalan2 bareng keluarga hehehe.

pengobatan diare alami said...

wihh pualng kampung... kayanya seru bangt gan

obat herbal xamthone said...

wihh kayanya seru banget tu mba.. :D