Thursday 18 November 2010

Happy Idul Adha 1431 H

Keluarga Zulfadhli. HM mengucapkan

HAPPY IDUL ADHA 1431

MARI KITA PELIHARA SEMANGAT BERBAGI


(walopun telat ngucapinnya, teteup afdol kan Say?)


4x Lebaran di negeri orang (Idul Fitri 1429 H, Idul Adha 1429 H, Idul Adha 1430 H, Idul Adha 1431 H). Sesama negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Serumpun. Iklimnya pun sama, tropis. Tapi kenapa rasa ketika hari raya tiba jauh berbeda?


Idul Fitri 1429 H

Saat itu kami stayed di camp. Berdua saja, karena Zahia masih di dalam perut. Habis sholat magrib & Isya, Abang takbir sendirian di rumah, karena di camp memang ga ada masjid. Hiks, betapa gw merindukan susasana malam takbiran di kampung halaman: orang keliling2 kota sampe pagi; naik truk, motor, ato mobil; mengumandangkan takbir, kadang disertai dengan tetabuhan galon air minum, drum, gendang, ato apapun yang bisa ditabuh. Semarak dan meriah bukan main.

Keesokan hari, pukul 6 am, gw dan Abang bersiap2 menuju masjid di kampung Jepak, masjid terdekat dari camp, sekitar 20 menit perjalanan naek mobil, ato
Keluarga Zulfadhli. HM mengucapkan

HAPPY IDUL ADHA 1431

MARI KITA PELIHARA SEMANGAT BERBAGI


(walopun telat ngucapinnya, teteup afdol kan Say?)


4x Lebaran di negeri orang (Idul Fitri 1429 H, Idul Adha 1429 H, Idul Adha 1430 H, Idul Adha 1431 H). Sesama negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Serumpun. Iklimnya pun sama, tropis. Tapi kenapa rasa ketika hari raya tiba jauh berbeda?


Idul Fitri 1429 H

Saat itu kami stayed di camp. Berdua saja, karena Zahia masih di dalam perut. Habis sholat magrib & Isya, Abang takbir sendirian di rumah, karena di camp memang ga ada masjid. Hiks, betapa gw merindukan susasana malam takbiran di kampung halaman: orang keliling2 kota sampe pagi; naik truk, motor, ato mobil; mengumandangkan takbir, kadang disertai dengan tetabuhan galon air minum, drum, gendang, ato apapun yang bisa ditabuh. Semarak dan meriah bukan main.

Keesokan hari, pukul 6 am, gw dan Abang bersiap2 menuju masjid di kampung Jepak, masjid terdekat dari camp, sekitar 20 menit perjalanan naek mobil, ato 40 menit kalo naek andong. Beserta 3 orang pekerja Indonesia (Mba Pur, Mba Encing, dan Mba Wati), kami berangkat. 1/2 7 kurang sampe di masjid. Aneh, jam segitu masjid masih sepi. Bahkan shaf kedua di barisan wanita baru keisi setengah.

Jam 7-an orang mulai berdatangan. Bagian dalam dan luar (baca: halaman parkir) mulai terisi penuh. Seorang Bapak2 pengurus masjid berusaha mengatur para jama'ah. Sayang sungguh sayang Beliau menertibkan orang2 sambil memakai toa. Hasilnya? Suara takbir tumpang tindih dengan suara Si Bapak. Gw jadi keilangan mood tiba2, dan kepengen ngelempar tu orang dengan kotak amal. Ini masjid apa pasar ikan seh?!?! Alhamdulillah sebelum gw naik pitam ampe ubun2, lalu melakukan perbuatan tidak manusiawi, jarum jam menunjukkan angka 8. sholat Idul Fitri pun dimulai. Allahu Albar!

Selesai sholat, mendengarkan khutbah, kami bersalam2an dengan ibu2 disono. SKSD banget yah gw padahal kaga ada yang kenal sebijipun. Pulangnya, gw dan Abang diundang makan ke rumah2 pekerja Indonesia yang ada di barak. Hampir semua rumah kami datangin. Dan di setiap rumah itu pula dihidangkan makanan, mulai dari kue2 kering ato basah, ampe makanan berat seperti ketupat nasi, ketupat ketan, opor ayam, sup tulang, rendang, dll. Demi menghormati Tuan Rumah, kami menyantap hidangan itu. Ya ampyun, perut gw berasa mo meledak saking kekenyangan memamah biak mulu dari tadi. Alhasil nyampe rumah tepar.

Sorenya, kami mengundang tetangga [inget kan kalo tetangga gw cuma beberapa gelintir, yaitu Mr. Indihe, Mr. Phillipino + pacarnya] utuk makan di rumah. Menunya adalah ketupat nasi + ketupat ketan (mesen ke orang Bugis), opor ayam, sup tulang, daging rendang, es kopyor, kue lapis Marissa (beli di Farley), dan kue tart coklat (pesen di Chef). FYI, semua lauk yang gw sebutkan bikinan laki gw coz pada masa itu gw belom bisa masak. Oya, sebenernya kami juga mengundang pekerja2 di barak, tapi entah kenapa ga ada yang nongol sebijipun.

Idul Adha 1429 H

Lebaran kali ini gw kaga sholat, karena Zahia baru berumur 1,5 bulan. Laki gw, dan 6 orang pekerja nursery, sholat di Masjid Jepak. Pulangnya mereka mampir dulu ke rumah seorang mandor yang ngadain open house. Hiks, makan2 kaga ngajak bini sama anak ni yeee!

Idul Adha 1430 H

Penghuni rumah udah bertambah 1 lagi, yaitu Uti. Ber-4 kami sholat Ied, lagi2 di Masjid Jepak. Menjelang sholat, supaya ga rewel, Zahia gw empanin barang paporitnya, sisir dan kaca. Syukur Alhamdulillah gw bisa sholat dengan tenang. Selesai sholat kami keluyuran ke-3 rumah teman : Bos Bandi, Pak Haji Rahman, dan Dokter Endang. Makan teyuuusss. Sikat Mang!!

Idul Adha 1431 H

Gw pikir, Lebaran di Miri tentu akan sangat berbeda (baca: lebih meriah) dibandingkan dengan ber-Lebaran di camp. Wong kota besar gituh loh. Tapi harapan tinggallah harapan. Kami ga mendengar suara takbir [padahal dibelakang rumah ada surau. Setiap hari, setiap waktu sholat tiba, adzan bisa terdengar meskipun sayup2 suaranya]. Pun tidak ada orang bertakbir keliling kompleks. Yang ada hanyalah lampu warna warni menghiasi beberapa rumah, sebagai penanda bahwa penghuninya muslim. Lagi2, sama seperti waktu masih di camp, seusai sholat maghrib Abang bertakbir kenceng2, sendirian.

Lalu malam itu menjadi malam yang panjang. Gw dan Abang baru grok2 jam 12 lewat. Nyokap apalagi, jam 1 baru kebo. Penyebabnya bukan lain bukan tidak karena besok Abang mengundang beberapa teman asal Indonesia untuk makan siang di rumah. Berhubung di rumah kami diterapkan prinsip demokrasi kerakyatan yang penuh tenggang rasa, maka urusan masak-memasak dibagi2. Gw bertanggung jawab terhadap ayam bakar dan balado kentang udang. Nyokap ngerjain urap, sambel, dan tempe tahu bacem. Abang kebagian tugas bikin rendang daging. Nah Zahia ngapain, Bun? Tu bocah seperti biasa, S3. Seksi sibuk sekalee (baca: sibuk ngerecokin).

Pagi menjelang. Seisi rumah bangun hampir bersamaan, jam 5 am, kecuali Zahia baru bangun setengah jam kemudian. Abang & Nyokap pergi ke Masjid Ar-Rayyan, teletak di dalem kompleks, jam 1/2 7. Tanpa buang waktu gw langsung memulai kerja rodi. Mandiin Zahia, pakein baju, gantian gw yang mandi, beresin tempat tidur, nyapu, mulai manasin rendang, balado kentang udang, dan bikin breakfast Zahia. Kelar itu semua, gw nyiapin es pinky, lalapan ketimun, nyusun buah ke piring, sambil nyuapin Princess. Jam 1/2 9 laki & emak gw dateng. Jam 1/2 10 tamu dateng. Hadooohhh, gw & Zahia belom 'dress up' pula! Terpaksa deh Abang sendiri yang nyambut tamu. Gagal sudah rencana penyambutan dengan tari Serampang Dua Belas.

Dari 6 orang yang diundang, hanya 4 yang bisa dateng (Pak CSA, Mas Tunggul + Mba Desi + Hexa). 2 orang lainnya, Pak Edi pulang ke Jawa, sedangkan Pak Makmur terdampar di camp karena ga dapet driver yang mau nemenin ke Miri. Alhamdulillah mereka seneng dengan makanan yang dihidangkan. Ya iyalah, wong Indonesia banget gituh loh menunya!



Plizz jangan suudzon, 2 kue di atas jelas bukan bikinan Bunda Zahia



Mineral water, susu soya & green tea. Hayo mau yang mana??


Akibat keterbatasan kursi (baca: pengiritan), maka tuan rumah ngampar di lantai

Ti, lagi ngelamunin apa?

Penampakan meja makan. Liat piring kosong samping ketimun? Itu adalah tempat sambel, tapi belom ready karena pada waktu sesi pemotretan sambelnya masih dalam proses diulek

Bukan lagi promosi merk magic jar yaaaaa

Emping. Beli 2 kg di Singkawang pas mudik Lebaran Idul Fitri

Ayam Bakar Mamake Zahia. Alhamdulillah banyak yang bilang uenak. Jadi kepikiran deh pengen buka lapak : warung pecel lele, pecel ayam, pecel bebek, dan pecel buaya

Hasil karya seorang chef, merangkap Ayah Zahia, merangkap lakinya Jeng Soes. Rendang suka2

Balado kentang udang andalan Sang Bunda

Tempe tahu bacem. Legitnya pas di lidah

Urap buatan Ibu Noortje te-o-pe-be-ge-te. Jempoooollll ... !!

Ketimun + sambel? Matching!

Semangka. Merah menggoda

Es Pinky Tralala Trilili. Nata de coco + sirup leci + selasih, jangan lupa dicemplungin es batu segede baskom. Suegeeeerrrr pisan
Note : Sorenya gw & Abang mo Lebaranan ke rumah2 tetangga yang muslim, tapi dibatalkan karena ga ada yang buka pintu (baca : pintu rumah tertutup dan pagarnya digembok).

29 comments:

vera said...

met idul adha juga ya...makanannya menggoda euy....

diyannovrida said...

met idul adha jg JenkSoes...meriah pisan ya meja makannya..itu saya nunggu2 penampakan sambelnya ko ga ada y,hahaha...

attayaya mobil keluarga said...

aku naksir banget ma kue yang tersedia
jhhhmmmm nyam...nyaaam....

Fitri3boys said...

gak pa pa dech, biar Sepi di sana , yang penting makan - makannya......Met lebaran yach...

Mulyani Adini said...

Urapnya mengoda Mb...saya suka itu, jadi pengen buat

Bunda Farras said...

met idul adha ... hmm yummy jadi laper jeung .. hehehe .. kalo baca ceritanya jeung soes .. Indonesia mah gak ada duanya kalo dalam hal menyambut lebaran , kadang berlebihan tapi yang memang begitu adanya dan kita juga kayaknya sudah terbiasa dengan hal itu .. hehehe

bintangair said...

mbak.......... mau nanya resep es tralala trilili...

kok warnayna pinky
sedangkan bahannya pake leci, nata de coco, selasih ma es batu segedhe kapal tengker eh salah segedhe baskom,
perasaan dari bahannya ga ada yang warna pink deh... bingung? tuing...tuingg...

Bekti said...

Hay Jeng Soes, met idul adha ya.. Lewat postingannya jadi tau kalo idul adha disana kayaknya ga semeriah disini. But it's ok ;)
waw, liat makanan yg disajikan jd pengen icip2, hihi... Yg jelas jago bgt tuh nata makanannya, Jeng bener2 hebatt!

Lidya said...

makanya kirimke bekasi aja san :)

Allisa Yustica Krones said...

Jeng Soes, aku ngiler liat menunya, seneng juga ngeliat penataannya yang rapi, hehe...

Selamat Idul Adha ya Jeng....hugz n kiss for Zahia yaaa..

Allisa Yustica Krones said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Allisa Yustica Krones said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Zulfadhli's Family said...

Teh Vera : Sok atuh Teh kesini, icip2 makanannya :-)

Jeng Rida : Hehehe, itulah Jeng giliran sambelnya dah diulek lupa deh sama yang judulnya poto secara perut dah kriuk2 :-)

Bang Atta : Minta bikinin ajah Uncle kue kaya begituh sama Mba Wina. Pasti buatan istri mah lebih uenak rasanya coz pake bumbu cinta :-)

Mba Fitri : Hihihi makan2 mulu neh kerjanya :-)

Ibu Dini : Itu urap bikinan Uti Zahia. Uenak loh Mba :-)

Mba Yulie : Iya Mba, pokonya kalo mengenai kemeriahan menyambut Lebaran Indonesia lah juaranya!! :-)

Mba Wina (Bintang Air) : Hihihi ga usah binun Mba. Secara nata de coconya yang rasa strawberi makanya warnanya pinky aming. Ga binun lagi kan sekarang? :-)

Jeng Bekti : Tengkiu Jeng. Gw emang hobi seh yang judulnya menata, menyusun, dan menghabiskan makanan :-)

Teh Lidya : Boleh, pake TKI ato pos biasa Teh? :-)

Jeng Allisa : Ilernya di elap atuh Mama raja, masa udah gede masih ngiler ajah :-)

penghuni60 said...

Met idul adha sobatku...
waah, emang kalo lebaran itu identik dgn makanan yg enak2...
:D

Science Box said...

kok ada ya nama es pinky tralala trilili....
hihihi... rasanya gmn tuh sob???

zee said...

Selamat Idul Adha ya jeng Susan.
Memang kalau lebaran jauh dari keluarga besar dan teman2 pasti terasa kurang lengkap.... suasananya juga beda pasti krn meski serumpun tp ada bbrp budaya yg hanya ada di daerah kita.

Ah berarti benar ya sekarang udah jago masak, jadi ingat dl dirimu cerita blm bs masak trs belajar sama si abang hehehe...

Eh bener Sus, bukalah warung pecel lele... tp jgn mahal2 yaa.... biar banyak pelanggan balik... heheee..

annie said...

salam silaturahim, mama Zahia ...
selamat Idul Adha ya. Aiiih ... tuh ayam bakar menggoda 'iman' deh hehe
Kok namanya camp sih?
Mampir yuk di Garut

catatan kecilku said...

Mbak... Aku ngucapin Selamat Idul Adha juga ya... *telat banget*

Wah, kok aku gak diundang ikutan makan2 sih mbak.. bener2 naksir deh soalnya menu yg disajikan benar2 menggoda tuh.

the others said...

Enak tenan... pasti yg makan bingung deh milih yang mana yg akan dimakan hehehe

Anonymous said...

loooks yummy jeng.. biarpun sepi dan bukan di kampung sendiri, tapi kalo ngerayainnya kumplit dengan keluarga kecil kita dan kerabat di rantau, rasanya pun gak kalah syahdu nya...

biarpun, tetep ajah enakan di kampung sendiri yaaa??? hehehhehe

ituu balado udang sambel yg dulu pernah di share resep nya yaaa?? pengen nyoba belum kesampaian niy, wiken ini harus dicoba deh!!!

kiss kiss buat princess zahiaa..

entik said...

met idul adha jeng...

wah gotong royong masaknya, seru deh..
masakannya juga bikin ngiler palagi tahu bacem dan urapnya hehe..

Aulawi Ahmad said...

met idul adha sist, mohon maaf lahir dan bathin :) btw lebaran paling enak emang di negeri sendiri ye n esnya enak tuh kapan bisa ngincipi hehe

TUKANG CoLoNG said...

tante, tante, boleh kok gambarnya gag dipamerin gitu mamamnya. ngiler nih..*mupeng*

Motik said...

selamat idul adha keluarga zulfadly :)
ya ampun san bikin ngiler bin laper abis baca postingan lo. itu es nata de coco seger banged *glek*
nyebrang dong ke indonesia makanannya :D

fb said...

Hujan emas di negeri orang memang lebih enak hujan intan di negeri sendiri :D.

BTW Di negara mana tuh ya mbak

Nia said...

Jeng Susan, klo disana lebaran idul adhanya ngga ada takbiran plus sepi begitu, berarti di masjid2 ngga ada pemotongan hewan kurban yach setelah sholat ied????

aku ngga ngucapin selamat idul adha ahh...soale udah telat banget...cuma mau ngomentarin makanannya, kayaknya ueenaakk tenannn, jadi ngiler...untung lagi ngga hamil hehhehe....

Elsa said...

Mbak kalo jadi buka lapak dan jualan pecel buaya, aku pasti jadi pembeli pertama. soalnya pingin nyobain pecel buayanya itu!!
hehehehee

BABY DIJA said...

enak enak ya Tante
Dija sih kepingin semangkanya itu
soalnya diatur bagus banget sih

Zulfadhli's Family said...

Penghuni 60 : Yup, tapi secara gw mo bikin beda ama orang laen, makanya Lebaran ga pake ketupat, tapi ayam bakar & sambel hihihi

Science Box : Rasanya? Muantaaaappp. Mo nyoba ga, Om? :-)

Mba Zee : Amien, doain ajah Mba Zee supaya niat gw untuk buka warung pecel lele bisa terwujud. tar kalo Mba maen kesini boleh makan gratis sekenyangnya loh :-)

Mba Annie : Camp itu waktu gw sekeluarga masih tinggal di dalem hutan, Mba (maklum lah kerja di perusahaan foresyry) :-)

Mba Reni (Catatan Kecilku) : Hadooohh maap yah Mba gw lupa ngundang Mba Reni. Lagian kalo ngundang Mba kan kudu beliin tiket PP nya juga, bisa bangkrut deh :-)

Mba Reni (The Others) : ga usah binun Mba, cobain ajah semua. Gretong kooo :-)

Jeng Putilaksmi : hayo dicoba resepnya. Tar kalo dah dicoba gw tunggu yah ceritanya :-)

Jeng Enntik : Hihihi, menunya Jawa banget neh :-)

Bang Aulawi : Bener Bang, Lebaran emang cuma Indoensia deh yang paling meriah :-)

Tukang Colong : Kalo dipamerin tar tambah ngiler pula dirimyu :-)

Jeng Motik : gw kirim pake TIKI yah Say :-)

fb : Kami di M'sia. Thanks yah dah mampir kesini :-)

Mba Nia : Sama ko disini ada juga pemotongan hewan kurban. Tapi yah ituh deh, ga rame kaya di Indonesia :-(

Mba Elsa : makasih loh Mba Elsa udah ngedaftar jadi pelanggan pertama warung pecel buaya :-)

baby Dija : nanti tante bikinin jus semangka spesial deh buat Dija cantik :-)