Saturday, 29 September 2012

Bagaimanakah Efek Dari Bencana Asap

Nah.. ketemu lagi dan mumpung gw ada kesempatan buat sharing di week end ini, mari kita nikmati beberapa foto2 exclusive gw mengenai bencana kabut asap yang saat ini sedang melanda Kalsel & Kalteng.  Gw hanya ingin membahas masalah dengan ulasan yang ringan dan gak menggunakan berbagai terminology ilmiah. Sehingga jangan jadikan artikel ini sebagai kutipan bahan ilmiah.
Lihatlah kondisi lingkungan / hutan semak belukar yang berada di jalan Trans Kalimantan ini. Gambar ini di ambil di sekitar Kab. Pulang Pisau Kalteng. Dalam setiap pemberitaan selalu di tulis "Bencana Kebakaran Hutan" dan menurut gw secara pribadi statement ini salah total dan yang benar adalah "Pembakaran Hutan" jadi ini sifatnya adalah sengaja.
Kenapa di Bakar? karena untuk pembukaan lahan diperlukan biaya yang sangat besar sekitar 7 juta per hektar untuk suatu lahan sawit / karet, kalo di "Bakar" maka biayanya sangat murah sekali, karena modalnya hanya korek api dan sedikit minyak tanah.
Lihatlah asap yang masih terus mengepul di sepanjang kanan ruas jalan ini? sampai kapan kan kita baru bisa sadar akan ke khilafan ini? Akankah bencana BUATAN MANUSIA ini akan berakhir? atau kah sedemikian keras nya isi kepala manusia hingga sulit untuk di berikan pemahaman.
Situasi berasap dan bau gambut terbakar ini adalah sepanjang jalan dari kawasan Liang Anggang (Kab. Banjar) hingga ke daerah Anjir Kab. Barito Kuala Kalsel. Foto ini di ambil tanggal 24 September 2012. Ketika itu gw sedang dalam perjalanan dari Banjarbaru Kalsel menuju Sampit Kalteng.
Situasinya sangat mencekam sekali, kita hanya bisa mendengar adanya suara mesin mobil dan motor dan sekali-sekali di selingi dengan suara klakson para pengendara. Silakan perhatikan foto ini dengan seksama, jarak gw memgambil foto ini hanya sekitar 2 meter dari kendaraan dan posisinya adalah di bahu jalan dan samar-samar tak sampai kita bisa melihat adanya aspal di sebelah kanan mobil.
Bau gambut yang terbakar ini sangat gw kenal sekali ketika di Pontianak dan Pangkalan Kerinci Riau juga mengalami hal yang sama. Gw terpaksa berhenti karena hampir 2 kali gw mengalami kecelakaan di jalan. Yang pertama gw hampir nabrak truck karena gw ternyata sudah terlalu kesebelah kanan dan samar-samar gw baru lihat ada lampu truck, kemudian yang keduanya adalah, akibat dari terlalu berhati-hati gw berjalan terlalu kepinggir kiri dan akbitanya gw hampir masuk parit .... oh my god..... gw udah putus asa sebetulnya pengen pulang ke Banjarbaru lagi. Dua kejadin tersebut terjadi ketika gw membawa mobil dengan kecepatan sekitar 5 km/jam... nah bayangkan loooo..... bingung kan...

Perhatikan adanya motor di belakang, kita hanya bisa melihat adanya lampu... sedangkan jarak antara motor pertama dan kedua sekitar 4 meter saja looo.... Nah tahu gak bagaimana cara mengatasi keadaan ini..... motor-motor tersebut akhirnya berjalan secara konvoi seperti mau pawai... jadi dibagian belakang motor ini ramai sekali (ada sekitar 15-an motor looo).

Apa yang bisa di lihat..... hampir gak ada.. karena asap nya tebal sekali. 

Apakah anda melihat adanya titik yang sangat kecil berwarna keemasan di bagian langit... yuupppsss ... itu adalah matahari yang bersinar sangat terang dikarenakan suasa sangat cerah sebetulnya dan kemarau yang sangat panjang, tetapi sinar sang surya gak bisa menembus bumi. Bayangkan sodara-sodara....

Bencana asap sebetulnya adalah bencana yang sengaja di buat oleh manusia yang Rakus dan tidak bertanggung jawab. Kejadian ini berulang-ulang terjadi setiap tahun di Indonesia.

Kebayang gak kalo Fuel Truck seperti ini gagal mencapai tempat yang ingin di tujunya.... Betulll..... maka akan terjadilah kelangkaan LPG... selanjutnya.... harga bahan makanan / sembako bisa langsung naek secara signifikan dan gak bisa di kendalikan, Berulang-ulang terjadi tetapi kita tidak pernah mau belajar dengan segala pengalaman selama bertahun-tahun. 
Sangat berbahaya sekali kondisi jalan untuk dapat di lalui dengan kondisi jalan dan lingkungan di penuhi asap seperti saat ini.
Tampak mobil juga membuat iring-iringan konvoi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Setidaknya dengan cara seperti ini maka dapat dengan mudah mendeteksi adanya kendaraan dibagian depan maupun dari arah yang berlawanan.
Konvoi seperti mau mudik lebaran. Sungguh kasihan sekali nasib para pengendara ini, karena meraka tidak berbuat tetapi juga harus ikut menanggung akibatnya. 











Semoga dengan tulisan ini kita menjadi lebih dewasa dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan hidup, karena yang ingin hidup bukan hanya anda sendiri, tetapi lingkungan hidup ini adalah juga hak semua mahluk hidup baik itu manusia, tumbuhan dan juga binatang. Mari kita sebarkan kesadaran lingkungan hidup kepada semua pihak dan mulailah dari diri kita sendiri.



Kotabaru, 29 September 2012


17 comments:

irniirmayani said...

Waaah.. bang.. asapnya parah benar yaaak... alhamdulillah pontianak gak separah iu seh.. walaupun di dinkes udah warning bahwa udara gak sehat.. tapi ya jalanan masih jauh jarak pandangnya..

Mudah2an ada ketegasan deh biat pengusaha yg nakal tersebut.. maunya aja untung banyak.. jmm..

Cerita Tugu said...

saya lihat fotonya saja sudah ikut sesak napas,mudah-mudahan masyarakat kalimantan tetap sehat

Lidya - Mama Cal-Vin said...

apa kabar bang zul? salam untuk susan ya

Adi Chimenk said...

kakak kelas gw yg (ngakunya) masih imut-imut.. mau menghaturkan undangan..

http://iniundanganku.blogspot.com

Allisa Yustica Krones said...

Samaaa...di Palembang juga lagi berasap karena alasan yang sama, pembakaran hutan untuk pembukaan lahan baru... Yah, yang punya lahan sih untung, masyarakat lain yang rugi karena udara jadi berpolusi banget :(

cara pemesanan ace maxs said...

wahhh parah asapnya, sangat berbahaya bagi yg berkendara, semoga bisa cepat ditanggulangi..

Pengobatan herbal untuk asam urat said...

woow asap nya sangat lebat sekali nie gan ,,,,makasih banyak atas semua info nya ,,,,,

Obat alami asam urat said...

asap nya sangat banyak banget nie gan,,,,,,,,

jelly gamat luxor said...

ko tega bener ya itu yang ngebakar.. ga mikir bagaimana efeknya... yang penting fulus....

cara pemesanan tricajus said...

kabut yah

cara pembelian ace maxs said...

ya allaahhh.. baru lhat gambarnya saya sudah deg-degan... ngeri ngelihat kayak begitu..

apalagi jalan raya -nya termasuk banyak pengguna ya??

cara pembelian ace maxs said...

ya amppun, gelap begitu ya? apkah disana banyak terjadi kecelakaan kendaraan..??

hendaknya pemerintah bertindak dan mencari jalan keluar segera..

cara pemesanan ace maxs said...

menyeramkan sekali.. saya sangat bersyukur tidak mengalami langsung dan tidak tinggal di tempat yang sering sekali terjadi kejadian tersebut..



bagi anda yang mengalami pesan saya, berhati-hatilah... berbahaya sekali

cara pembelian ace maxs said...

ih, sampe gelap kayak begitu.. apa enggak bahaya tuh?

pulsa said...

matahari ga bisa nembus sinarnya, parahhh...

obat impotensi said...

sngguh mnyeramkn jgn mpe tu smua terjadi

Bpk Baktiar said...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [9557] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 570 JUTA , wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D



DAN PESUGIHAN TUYUL