Sunday, 27 November 2011

Bagaimana Cara Menjadi Expartriate ???

Wah gw serasa udah menjadi pakar mau ngebahas masalah ini. Sebetulnya nggak seperti itu ceritanya. Dalam postingan kali ini gw hanya ingin sharing aja bagaimana seh caranya menjadi expartriate atau bagaimana cara untuk bekerja di luar negeri??? terutama bagi para pemula yang memiliki cita-cita untuk bekerja di luar negeri as a expartriate. Postingan ini juga ada hubungan yang tidak langsung dengan bahasan terdahulu mengenai Brain Drain atau Human Capital Flight. Mari kita mulai untuk melihat step demi step yang harus di jalani :


Tahap Pertama
  1. Kenali dahulu potensi diri dan ukur secara seksama kemampuan diri, kalau perlu lakukan sedikit interview kepada orang-orang terdekat untuk melakukan analisis diri dan kemampuan kita, jangan sampai kita over confident and akhirnya gagal berantakan karena salah ukur.
  2. Penuhi berbagai persyaratan minimal untuk dapat bekerja di luar negeri seperti : mampu berbahasa asing sesuai dengan negara yang akan di tuju dan juga bahasa internasional lainnya seperti bahasa inggris, Mandarin dan lain-lainnya yang bisa menopang dan membantu dalam berkomunikasi. Kemudian yang tak kalah pentingnya di ketahui adalah bahwa tujuan sebuah negara memberikan working permit kepada skilled workers adalah untuk transfer knowledge dan bukan untuk jangka panjang / selama-lamanya melainkan hanya seperti short period / term sampai warna negara mereka sendiri mampu untuk mengerjakan sendiri. Seperti yang gw alami dalam mengajukan working permit / visa kerja maka dalam form immigration gw harus menuliskan nama local resident yang menjadi successor / orang yang gw training secara langsung.
  3. Siapkan diri anda secara fisik dan mental terhadap berbagai kemungkinan yang paling buruk seperti probation period anda dianggap fail / gagal sehingga harus pulang lagi ke tanah air. Jadi mental juga harus kuat looooh. karena kemungkinan ini ada dan dalam setiap kontrak kerja juga akan termaktub.
Tahap Kedua
  1. Searching  berbagai job yang di inginkan, bisa di cari di majalah, koran & internet seperti job seeker, jobstreet, jobsdb, deee..eell.elll. atau yang specific buat forestry seperti di fridayoffcut.com yang selalu menyediakan informasi terkini lowongan kerja di seputaran Australia, New Zealand, PNG & Solomon Island. Yang paling mudah dan kemungkinan diterima besar adalah kalo kita di rekomendasikan oleh teman yang emang sudah lebih dahulu bekerja di luar negeri. Seperti pengalaman gw ketika udah setahun bekerja di Malaysia kemudian ternyata GM suka dengan style gw dan secara pribadi GM memangggil gw dan meminta untuk mencarikan beberapa Manager, assistant manager dan executive level. Dan akhirnya at least 5 orang teman2 gw sekarang juga sudah bekerja di company yang sama dengan gw.
  2. Setelah mendapatkan posisi yang menarik sesuai dengan kemampuan dan tawaran yang ada maka kirimkan CV secara lengkap dan padat. Jangan bertele-tele, buat CV dalam bahasa inggris dan juga kalau bisa dalam bahasa negara setempat yang ingin di tuju dengan grammar dan structure yang baik dan benar. Curriculum Vitae adalah jembatan awal anda akan di kenal oleh orang lain maka jangan sia-siakan kesempatan ini karena orang tersebut hanya akan sekali membaca CV anda. Kalau CV menarik maka anda sudah memenangkan game tahap awal. Buat juga CV secara natural dan jangan terlalu berlebihan karena akan membuat yang membaca menjadi ragu-ragu dan juga mungkin muak.
  3. Kirimkan CV & berbagai persyaratan yang diminta. jangan sekali-sekali mengirimkan hal-hal atau dokumen yang tidak diminta karena bisa jadi ini akan menjadi boomerang buat anda sendiri
  4. Biasanya kalau memang CV anda menarik maka mereka akan segara membuat appointment untuk melakukan interview baik itu face to face ataupun tele conference seperti yang pernah gw alami yang mana 4 interviewer berada di 4 negara yang berbeda.... So... jangan nervous pada sesi ini.
  5. Kita anggap saja anda sudah sukses dan dinyatakan diterima bekerja
Tahap Ketiga
  1. Ini adalah sebuah momentum penting bagi sejarah hidup anda karena  telah diterima bekerja di luar negeri tetapi sebelum berangkat ke luar negeri pastikan dulu beberapa hal seperti bagaimanakah status anda? apakah single status atau family status? bagaimana housing? medical & insurance benefit? tax? bagaimana moving allowance? bagaimana transport? dee...eeelll..eelll jadi semuanya mesti clear di dalam agreement letter / contract. Semuanya akan tidak berguna lagi kalau anda sudah sampai di luar negeri kemudian akan melakukan re-negosiasi, karena secara posisi anda sudah sangat lemah dan underdog. jadi ingat sekali lagi mengenai negosiasi yang matang sebelum di tandatangani kontrak kerja
  2. Kontrak kerja juga harus jelas dalam hal berapa basic? berapa allowance? bonus? overtime? electric bill? water bill? deee....eell.eell... semuanya harus jelas dan faham word by word karena sangat lumrah bahasa orang HRD itu banyak jebakan dan setelah kita signed kontrak maka jangan berharap bisa di revisi lagi.
Tahap Keempat
  1. Pada saat ini anda sudah berada di luar negeri dan masuk dalam company secara utuh. Umumnya hari pertama kita akan mengisi berbagai form ke-HRD-an dan juga hari ini kita akan melakukan medical check up yang di lakukan oleh dokter panel yang sudah bekerja sama dengan perusahaan. Medical check up ini sangat penting bagi company untuk mengukur bagaimana kondisi pekerjanya kaena mereka juga gak mahu kebobolah harus membayar berbagai kewajiban-kewajiban jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pekerja tiba-tiba meninggal dunia di tempat kerja tanpa ada ba-bi-bu.... so, pastikan fisik anda juga dalam keadaan sehat wal afiat sebelum masa melakukan medical check up ini.
  2. Sebagai orang baru apalagi berstatus expartriate maka anda akan seperti bakteri yang dilihat pake mikroskop. Maksud gw banyak sekali orang yang akan melihat anda secara detail dan sedikit celah / masalah bisa menjadi sangat berbahaya bagi karir anda selanjutnya. Intinya menjadi expartriate di luar negeri akan membuat banyak sekali orang jealous apalagi kalo anda masih muda tetapi udah menduduki level yang tinggi dan penting. Lakukan yang terbaik untuk me-manage orang-orang yang jealous terhadap anda karena kalo anda cueks bebeks maka ini akan menjadi batu sandungan untuk kontrak kerja anda selanjutnya.
  3. Selamat menikmati hidup sebagai expratriate..... semoga anda selalu sukses.....
Postingan ini gw tulis sebagai response dari banyak pihak yang bertanya mengenai bagaimana sih caranya bisa menjadi expatriate dan bagaimana prosedurnya. Semoga bagi para skilled workers yang saat ini tengah searching dan hunting berbagai peluang kerja di around the world bisa memanfaatkan langkah-langkah praktis ini sebagai garis panduan menjadi expartriate. Mungkin sudah sangat banyak orang membahas bagaimana cara menjadi expatriate dan langkah-langkahnya... tetapi postingan ini adalah based on my experienced dan gw gak ada copy paste dari postingan orang lain looohh... jadi ini adalah original.... Next time gw mau ngebahas mengenai lifestyle and living cost sebagai expartriate di Malaysia... 



Miri - Sarawak
... Ayah Double Zee ...

    24 comments:

    Cerita Tugu said...

    artikel yang bagus mba, biasa buat cerita dengan teman-teman yang mau cari kerja atau kepengin kerja di luarnegeri

    Arman said...

    tips yang bagus nih!! :)

    niee said...

    Baanggg,, *pasti bang zul yang nulis kan :P* keren deh pembahasannya.. ditunggu kerjanya di New Zealand, pernah baca tulisan mbak susan bang zul mau kerja di sono kan :)

    Kalau kesono kan aku mau deh sekali2 kesana dan nginep gratis.. hehehe

    rusydi hikmawan said...

    belum siap neh jadi ekspatriat. tunggu punya link yang banyak dan kerja yang tepat

    Belajar Photoshop said...

    aloh saiia pikir yang di sebut ekspat itu cuma bule yg ada di sini.. ternyata kita pun bisa tokh mendapat sematan ekspat.. hmm...

    t h y a said...

    good..good.. *kasi jempol*

    al kahfi said...

    tentunya ini pengalaman pribadi dan yg sdh melaksanakann tahap demi tahap,, keberhasilan, ;)

    Allisa Yustica Krones said...

    Wow...infonya lengkap dan detil, berguna banget nih pastinya buat yang tertarik jadi ekspat :)

    Nia said...

    ohhh gitu yach caranya utk jadi ekspatriat...bujuk2 suami ah barangkali aja tertarik kerja di LN hehehe.....

    Desy Noer said...

    wah thanks banget nich info nya. dulu misua pernah obrol-obrol kalo pengen ekspatriat biar bisa meraup dolar dsb. :)

    Muhammad A Vip said...

    panduan yang menarik dan penting untuk disimak. makasih sudah dibagi

    r10 said...

    jangan lupa pekerjaan harus resmi dan jelas, jangan sudah jauh di negeri orang malah kena tipu :(

    attayaya-bono said...

    jiahahahahahahaaa ini artikel yg maknyuuuus banget.
    lihat inbox di fb

    aulawiahmad said...

    wah manfaat banget nih info nyang ini, tq bang. Btw tq jg dah jwb pertanyaan ane kemaren :)

    Lidya - Mama Pascal said...

    sip deh infonya. info terkahir yang bang zul kasih waktu kopdar juga masih diingat kok :) apa ayoooo?ingat ga

    NuellubiS said...

    ribet juga yah sumpeeeh... hehehe

    Gaphe said...

    duh, ternyata gak semudah yang dibayangin yah. belom tar kalo kena culture shock, atau keapa-kenapa. #ah kenapa pesimis duluan.

    tapi koq kalo saya seenak-enaknya bekerja yaa di negeri sendiri.. kecuali kalo pergi ke luar negeri dalam rangka libura :P

    Bayu Hidayat said...

    wah setuju. kita kerja di luar negri trus buat ngebangun negri sendiri. jadi devisa segara juga. success terus ya. saya terinpirasi juga buat postingan expatriate nih

    Penghuni 60 said...

    waduh, aku blm kpikiran tuh kerja keluar negri. tp kalo berlibur ke luar negri sih kpengen...
    hehe
    :D

    BTW, pa kabar sob?

    bintangair said...

    ganti baju nih ceritanya,,, sempet kaget. lho mirip seperti baju ku ya. hiks..
    sebagai mantan expartriate info ini benar2 bermanfaat. salam buat double zee and bundanya ya pak...

    Adi Chimenk said...

    peing kepala gw mbak, tumben postingan lu bener dan serius. biasanya gak jauh dari ngebanyol :)) *piiss..*

    Ririe Khayan said...

    saya udah neh jd expatriat...maksudnya expatriat dari daerah saya (bukan keluar negeri) ...hehehee

    Anonymous said...

    suami sy dpt tawaran kerja di bidang forestry di dekat kota Miri, Malaysia. dptkah kami mendapatkan gambaran ttg living cost di miri utk sebuah keluarga muda dgn 1 orang anak? email sy whied_bernadete@yahoo.com. terima kasih banyak sebelumnya. jempol utk artikelnya ya.

    Template Booklet Company Profile said...

    tentunya ini pengalaman pribadi dan yg sdh melaksanakann tahap demi tahap,, keberhasilan, ;)