Sunday, 14 August 2011

Reforestation Plantation : Eucalyptus pelita

Udah lama sekali gw pengen membagi beberapa koleksi foto2 ini kepada yang memang memerlukan, terutama sekali kepada mahasiswa Fahutan atau yang sedang mengambil master atau juga siapa saja yang merupakan penggiat dalam dunia kehutanan. Dalam postingan ini gw akan memaparkan beberapa foto2 ekslusif hasil jepretan sendiri dan di jamin asli dan bukan copas / manipulasi apalagi nyolong dari blog orang lainnn... gak mungkin.

Seedling Eucalyptus pelita yang baru beberapa hari dipindahkan dari box sowing ke dalam tube. Tray yang di gunakan ini memiliki 96 cell / tube (12 x 8). 
Ini adalah seedling Eucalyptus pelita yang berasal dari seed. Usianya sekitar 12 minggu dan sudah siap untuk di tanam dengan perakaran yang sudah kompak.
Seedling Eucalyptus pelita dalam bedengan yang masih berumur 8 - 10 minggu. Pada nursery ini masih sangat sederhana sekali dengan menggunakan selang sumi sansui sebagai sarana irigasinya. Tetapi cukup memberikan pertumbuhan yang cukup optimal. Media yang di gunakan adalah 100% saw dust yang di campur dengan fertilizer. Pada usia ini bibit dalam tray sudah mengalami penjarangan sehingga jumlah tube di dalam setiap tray hanya maksimal 50% saja, sehingga pertumbuhan setiap individu bibit berjalan dengan baik. 
Ini adalah kegiatan pemangkasan / pruning yang idealnya dilakukan setiap tahun sampai umur 3 - 4 tahun tergantung dari industri hulunya. Kegiatan ini penting sekali dilakukan sebagai langkah silvikultur untuk industri furniture & veneer / plywood untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mengurangi kerusakan kayu berupa knot death atau mata kayu.
Untuk menghasilkan tanaman yang baik maka di perlukan tindakan silvikultur salah satunya thinning / penjarangan. Ini adalah coppice kayu eukaliptus yang belum di lakukan poisoning. Thinning di perlukan agar asupan cahaya matahari lebih banyak lagi kepada pohon pilihan dengan kondisi yang jauh lebih sehat.



Untuk kali ini sekian aja dulu yang ingin gw bagi, karena sumpah deh... ngatur fotonya kok susah amatzz... alias bikin frustrasi... aahhgg udah lah.... gw mau tidur dulu... ohhh gak penting yach... Jeng Soes katanya mau launching segera... gak pasti juga seh.... buat para penonton ditunggu aja di rumah masing2..... haaa...

NB : Buat Forester / student ato siapa aja yang pengen menggunakan foto ini sebagai bahan berita oohh salah... bahan study silakan aja... tapi jangan lupa menulis alamat asal foto yach....

Marudi - Sarawak
... Ayah Zahia ...


8 comments:

Mama Kinan said...

waduh jeng soes mau launching album?? apa?? heehhe..just kidding..wah om zul berguna sekali tuh bagi yang berkepentingan..saya pun jadi update soal dunia forestry neh gara gara sering berkunjung dimari..pecinta alam eh pecinta tanaman juga nieh saya..:)

mas ichang said...

wah setuju sekali ini.. menghutankan kembali lahan gundul...

entik said...

wah, banyak istilah yang belum nyantol di otak. Maklum bukan forester hehe..

aini berkata .. ini dunia kita kawan!!! said...

wah.. pengetahuan baru :)

btw.. slain u/ deforestasi .. apa ada potensi lain dr pohon pelita?
buat remediasi misalnya..

hehe maklum bukan jurusan khutanan

Cerita Tugu said...

belajar photograper dimana mba hasilnya bagus

zone said...

hmmm...
saya juga pengen ni tanam-tanam...
punya kebun gak usah luas tapi ijo-ijo...
:P

attayaya said...

hihihihihi...
mau ngebuat program reforest sendiri aaaaah
cari dana dulu buat beli lahan

Template Booklet Company Profile said...

hmmm...
saya juga pengen ni tanam-tanam...
punya kebun gak usah luas tapi ijo-ijo...