Thursday, 8 March 2012

Visit to Kuching Sarawak Malaysia (Part I)

Wah cukup senang rasanya bisa nulis lagi. Foto2 yang gw pajang dalam postingan kali ini adalah jepretan taon lalu ketika maen ke Kuching. Bagi warga2 Kalimantan Barat udah gak asing lagi untuk berkunjung ke Kuching, karena banyaknya fasilitas yang cukup modern ketimbang di Kalbar, seperti RS yang berkelas internasional, beberapa University & College bergengsi, dll.

Kalo kita menggunakan Pontianak sebagai starting point maka yang paling murah kita bisa menggunakan Bus (Bus Asia, Eva Bus, Tebakang Bus, Damri Bus, SJS Bus, Sri Merah Bus, etc). Dapat juga menggunakan jasa travel yang biasanya menggunakan mini bus atau mobil berpenumpang 7 laennya seperti Innova / Avanza, dll. Ato dapat juga pake motor & sepeda kalaulah sudi. Menggunakan jalur darat rata memerlukan waktu sekitar 6 - 8 jam, tergantung kepada drivernya.

Ato bisa juga menggunakan alternatif Udara, ada tersedia Batavia air dan Kalstar. Sedangkan MAS akan mulai beroperasi kembali rute Kuching - Pontianak sekitar bulan June 2012 (kalo gw gak ngawur looh). Dengan jalur udara hanya perlu waktu sekitar 30 menit (deket yaaa...).

Kalo mengguunakan jalur darat maka kita akan singgah di Entikong (INA) dan Tebedu (MAS) untuk proses verifikasi immigrasi and custom. Pintu perbatasan ini start buka dari jam 06.00 am ampe jam 10.00 pm kalo gw gak salah.

Bagi yang hobby travelling as a backpackers maka lebih baik menggunakan jalur darat karena banyak sekali pemandangan indah disana. Gw saranin bagi back packer, dari Pontianak menggunakan bus ampe Entikong aja, kemudian dari Entikong kemudian masuk jalan kaki ke Tebedu untuk pengecekan oleh pihak Malaysia, lalu ambil angkot jurusan Serian ato kalo mau praktis langsung menuju Kuching, karena di Tebedu banyak sekali minibus, bus dan juga angkot yang menuju Serian and Kuching. Serian adalah sebuah kota kecamatan dan dari situ bisa langsung ke Kuching yang memakan waktu sekitar 40 menitan.

Kuching adalah sebuah Bandar Raya yang di nobatkan sebagai Ibukota Negeri Bahagian Sarawak (Malaysia Negara Federal). Chief Minister nya saat ini adalah Taib Mahmud yang udah berusia senja dan baru aja nikah lagi dengan seorang wanita Timur Tengah (loohhh kok jadi ngerumpi...). Untuk lebih mudah dimengerti ada baiknya foto aja yang bercerita.... agar terarah dan terkendali.... Mariiii...

Kuching Waterfront yang dibangun tahun 1993, merupakan kebanggan warga Sarawak. Di sungai inilah Penjajah Inggris mulai masuk ke pulau Borneo dan menapakkan kaki besi mereka selama beratus tahun. Banyak sekali turis mancanegara yang menghabiskan waktu mereka di kawasan ini.

Kuching Statue. Icon Bandar Raya kuching ini berdiri megah gak jauh dari waterfront complex dan kalo kita mengitari kota ini maka kita akan cukup banyak ketemu patung kucing dengan berbagai rupa dan ukuran.

Bangunan pemerintahan masa penjajahan Inggris yang masih di pelihara dan ketika foto ini di ambil sedang dilakukan pemugaran besar2an.

Bangunan putih ini di sebut sebagai square tower yang katanya dulu adalah gereja (dimasa penjajahan Inggris). Tampak dibagian belakang adalah kantor parlemen / DPRD Sarawak (dipisahkan oleh sungai Kuching) yang berdiri megah.

Foot print ato cerita singkat mengenai Sarawak dari jaman di temukan oleh penjajah Inggris ampe sekarang. Dibagian atas ada nomor urutnya sebetulnya, tapi sayangnya gw gak mengoleksi semua foto ini. dalam slide ini ada cerita singkat yang dibikin sesuai tahun kejadian (sejarah Sarawak). Ini adalah slide No. 4.

Slide no.2 yang menceritakan secara singkat kondisi Sarawak sebelum abad ke-19. Secara sederhana digambarkan kondisi arus transportasi di Sungai Kuching ketika itu.

Slide No.1 yang memberikan gambaran posisi Kuching / sarawak di atas peta dunia. Terlihat dengan jelas juga gambaran peta Indonesia di sana.

Slide no.6. Ini adalah gambar wajah James Brooke yang dinobatkan menjadi Raja pertama di Sarawak oleh pemerintah Inggris pada sekitar tahun 1841. Siapakah James Brooke?.... maka anda silakan mencari jawabannya sendiri di Internet... heee...heee...

Slide no.9. Menceritakan tentang penjajahan oleh Jepang terhadap Sarawak dari 1941 - 1946. Dalam masa ini juga kalo gw gak salah Indonesia sedang dalam jajahan Jepang. 

Slide No. 11. Pada 16 September 1963 Negeri Sarawak dengan resmi bergabung dengan Semenanjung Malaya dan Singapore untuk menjadi Negara Malaysia. Jadi walaupun pada 31 August 1957 Semenanjung Malaya udah memproklamasikan diri Merdeka dari Inggris, tetapi Sarawak baru join pada 1963. Dari fakta sejarah ini juga baru kita ketahui bahwa Singapore dulunya adalah bagian dari Malaysia (seperti kasus Timor Timur yaaa...) 

Gedung pengadilan warga China / Chung Hua di Kuching. Gedung ini sudah berdiri sejak jaman penjajahan dan saat ini sudah di ubah fungsinya menjadi Museum dan mengalami beberapa kali renovasi.

Walopun berstatus kota metropolitan, tetap aja situasi yang seperti ini. Gw yakin dan percaya di Indonesia juga banyak orang2 yang dengan semena2 menggunakan trotoar / selasan toko jadi tempat berjualan. Lokasi gambar ini adalah gak jauh dari little india dan dekat Bus Station (lihat sebelah kanan gambar adalah dinding bus). Sistem penjualan sayur mayur setumpuk /  seikat / semangkok masih lazim di Sarawak.

Masjid tua ini sudah ada sejak 1834. Saat ini posisinya sangat mengenaskan karena berada dibelakang pertokoan di sekitar jalan Gambier. Banyak sisi-sisi bangunan yang masih asli menggunakan kayu belian (Eusideroxylon zwageri). Arsitekturnya juga sangat khas melayu berada tidak jauh dari sungai Kuching (suatu persamaan di nusantara kalo menggunakan sungai sebagai nadi ekonomi sehingga banyak sekali istana dan masjid jame' yang di buat di dekat sungai).

Inilah pintu masuk ke Masjid. Sangat menyedihkan karena lorong ini berada diantara pertokoan dan sejatinya Masjid ini dulu ada baru kemudian ada pertokoan ini. Jadi seharusnya pertokoan ini adalah menjadi halaman Masjid. Kondisi disekitar pertokoan ini sangat kotor dan berbau yang kurang sedap Semoga pemerintah daerah bisa merubah situasi ini di kemudian hari.

Haaa...haaa.... gw sangat bangga melihat sign board / banner ini. Pada saat gw mengambil foto ini bertepatan dengan musim panen raya Langsat di Pontianak. Sebagai informasi Langsat Punggur Pontianak sangat nikmat, manis dan wangi. Jadi Langsat Punggur ini akhirnya di Eksport ke Kuching dan foto ini di sekitar Little India. Kalo di sumatera sangat terkenal Duku Palembang.... maka secara gw juga pernah menetap di Sumatera gw ingin sedikit membuat klarifikasi. Bagi warga Kalbar / Kalimantan buah Duku adalah berkulit tebal dan rasanya sangat asam sedangkan kalo yang rasanya manis dan berkulit tipis itu namanya Langsat. Sedangkan bagi warga Sumatera sebaliknya. Kalo kulitnya tebal dan rasanya asam itu namanya Langsat dan kalo kulitnya tipis dan rasanya manis itu namanya Duku.....  padahal buahnya sama saja tapi beda nama...

Tugu peringatan bagi Charles Brooke yang dinobatkan sebagai Raja ke-2 Sarawak dan dianggap Pahlawan besar bagi Rakyat Sarawak. Orang2 di Sarawak ataupun Malaysia biasanya menggunakan istilah "Mat Saleh" bagi siapa saja bule / orang yang berkulit putih dari kawasan Barat. Tugu ini dihiasi oleh 3 pahatan gambar penduduk tempatan yaitu gambar orang melayu, dayak dan china serta di lengkapi dengan penjelasan singkat mengenai tugu yang dituangkan dalam 4 bahasa / huruf, yaitu Inggris, Iban, China dan Jawi (Melayu).

Foto Charles Brooke yang merupakan raja ke-2 Sarawak dan ditabal sebagai Raja pada tahun 1868. Charles Brooke wafat sekitar tahun 1917

Penjelasan yang menggunakan bahasa Dayak Iban. Dayak Iban adalah sub suku dayak yang menjadi mayoritas di negeri Sarawak. 

Pada tugu yang sama juga adal penjelasan yang menggunakan bahasa Jawi atau bahasa arab gundul. Huruf2 seperti ini adalah digunakan oleh bangsa Melayu sejak masa penjajahan di Nusantara.

Bahasa Mandarin juga dipakai untuk menghiasi tugu ini. Sebagaimana diketahui sekitar 30% penduduk Malaysia saat ini adalah Bangsa China. Jadi jangan heran kalo maen ke Malaysia dan melihat banyak sekali tulisan mandari di berbagai jalan / toko / shopping complex, walaupun stigmanya Malaysia adalah Negara Melayu. 

Astana Complex. ini adalah bangunan tua yang menjadi Istana Raja2 Sarawak dahulu kala. Saat ini Astana di tempati oleh TYT Tun Abang Salahuddin (TYT adalah gelar selevel dengan Sultan). Di sebelah kanan bangunan adalah gedung parlemen Sarawak.
Police. Keberadaan polisi bersepeda ini cukup menarik karena mereka fokus untuk menjaga ketentraman turis di sekitar Water Front and jalan gambier.
Nah demikianlah serba sedikit cerita mengenai Kuching. Untuk bagian kedua nya akan di release ASAP. Thank you.....







Marudi - Sarawak

29 comments:

Elsa said...

kasihaaan ngelihat masjidnya

harusnya dijadikan cagar budaya gitu ya
yang gak sembarangan orang bisa jualan seenaknya di depannya.

apalagi masjidnya udah tua

marsudiyanto said...

Lagi2 iri jika melihat sahabat yang domisilinya deket dengan negara sahabat yang hanya beberapa jam bisa masuk ke negara itu...
Bisa ganti suasana dan menambah wawasan budaya...

catatan kecilku said...

Ternyata Kuching itu memang yang dimaksud adalah Kucing ya? Selama ini aku bertanya-tanya lho, kira2 apa arti Kuching dalam bahasan Malaysia ya? hehehe

Makasih sekali sharingnya, jadi serasa ikutan jalan2 deh.
Oya, ada lho giveaway tentang wisata spt ini... diikutkan saja. Tapi sayang, aku lupa link-nya. Coba deh BW ke blog teman-teman yang lain, pasti akan ketemu link-nya karena sudah banyak yg ikutan.

Salam sayang buat Double Zee dan Mbak Susan yaaa...?

Cerita Tugu said...

serasa udah piknik nih ke malaysia membaca tulisan ini,eh inyong baru tahu ternyata singapur pernah jadi bagian malaysia

Syifa Azz said...

aku baru tau langsat dan dukuh ternyata gitu ya :D
jelas aja peta Indonesia nampang ya tan.. orang mereka nebebg di kepulauan Indonesia. hehe

Nia said...

Mungkin maksud Mbak reni Giveaway di blognya Bu Monda Yah...yang jalan2 ke musium...iya boleh juga nech artikel ini di-ikutsertakan di kontes Kisahku Blognya Bu Monda..http://mondasiregar.wordpress.com/2012/02/19/giveaway-pertama-di-kisahku/

Tapi kontes itu lokasinya harus di indonesia heheh...

Nike (Tania's mom) said...

ngenes banget liat mesjidnya..
tadi abis baca postingan yg liburan di brunei, trus liat foto masjidnya keren abis, pas baca ini jadi sedih liat kondisi masjidnya :(

Amel said...

waaaah ,,, sepertinya kepengen ngerepotin orang miri wkwkwwkkwwk :D
kapan kesanaaa :|

EnNO said...

Masjidnya tua banget, tapi sayang yah, kurang terawat.
Waaahh jadi berasa jalan-jalan ke Kuching niey.
Hiks, jadi beneran pengen pergi ke sono .. mupeeennggg ..

pengobatan penyakit stroke said...

wahh boleh juga klo main kesna,, ternyata suasana ckup sederhna juga tapi kaynaya mngasyikan,,,,,

nisaihsani said...

hmm,,, enak tuh liburan jlan-jalan ke kota kuching...

DewiFatma said...

Tapi, dari dulu hatiku bertanya-tanya: kenapa dinamai Kuching ya?

*udah tau, pasti bakal disuruh nyari di internet :( *

Salam buat Double Zee :)

Adang N M I said...

nice post... kayaknya enak tuih untuk tujuan backpaker...

salam bahagia
Revolusi Galau

entik said...

baru tahu ya kalau ikon Khucing adalah patung kucing ;)

silvi said...

saaannn,apakabarnyah...hadeuuh lamaaa banget gak maen maen ke sini...seruuu yaa ceritanya, banyak informasi dari postingan ini yaa...baideweiii...itu langsat gue pikir tadinya itu duku lohh...hihiii

xamthone plus said...

kaya nya hanya sebatas mimpi bisa jalan jalan sepertia itu :(

obat herbal gagal ginjal said...

wakh bagus,,,
enak ea kalou lagi galau maen kesana pasti gx akan galau lagi

xamthone plus said...

tempat yang sangat menenangkan hati dan perasaan :)

Trica Jus said...

tempat nya keren ya,, tap tetep indonesia jauh beda ma malaysia...

Pengobatan Alternatif TBC said...

terimakasih gan atas infonya
salam sukses selalu

Zy Al-Fikriyah said...

kunjungan perdana udah diajak jalan2 sama bunda..

syukron bunda ^_^
insya Allah bermanfaat

kunjungan balik ya bunda..

niee said...

Halloooo bang zul.. eehh udah lama banget ndag mampir kesini neh.. sangke tadi habis jalan-jalan ke kuching,, ternyata tahun lalu toh..


aahhh,, jadi pengen jalan-jalan lagi lah.. tapi naek bisnya itu booo,,, pemabok kayak aku suatu perjuangan banget >.<

pengobatan kanker darah alami said...

wih kayanya seru nie kalo jalan2 k malaysia.. keren dah

obat herbal said...

ada polisi bersepeda juga ya

Mohd Fazli Abdullah said...

Dalam bahasa Malaysia, Kuching itu tetap kucing. Haiwan peliharaan di rumah. Tapi asli nama kota Kuching itu sebetulnya dari nama kocin, dari bhs india. Tapi krn tak dapat cari padanan erti kochin dalam bahasa Malaysia, Kota Kuching dianggap dari nama haiwan 'kucing'. Dalam bahasa Melayu dialek Sarawak, Kucing dipanggil Pusa

bpk wijaya said...

JIKA ANDA BUTUH ANGKA GHOIB/JITU 2D.3D.4D YG DI JAMIN TEMBUS 100% DI PUTARANG SGP/HKG SILAHKAN SAJA ANDA TLP KY JAYA DI NOMOR 085-321-606-847 TRIMAH KASIH

Template Booklet Company Profile said...

Lagi2 iri jika melihat sahabat yang domisilinya deket dengan negara sahabat yang hanya beberapa jam bisa masuk ke negara itu...
Bisa ganti suasana dan menambah wawasan budaya...

IBU RAHMA DI JAWA TIMUR said...

SALAM KOMPAK SELALU.dan selamat buat yg JUPE hari ini.
KALAU ANDA INGGIN MAU TAU INFO TOGEL, KENAL,KAN NAMA AWA IBU RAHMA, KAMI TINGGAL SARAWAK PEKERJAAN USAHA KECI-KECI LAH, DAN TUKAN MASAK DI RESTORAN ,SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA AKI SOLEH NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA KY SOLEH BERKAT ANGKA YANG DI BAGI SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…5DDAN 6D

ANGKA NAIK YAITU,DI.
SPORTS,TOTO 4D,5D, 6D , 7-3-6-7-9-3
SIAPA TAU AWA SEMUA MAU SILAH KAN GABUNG SAMA KAMI,DI BOCORAN RAMALAN TOGEL,AKI SOLEH

DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,11,06 ,2014
.
SEMUA UTANG UTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI SEMUA,KAMI PUN BISAH MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI AKI/SMS KE NMR INI,082-313-336-747KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
TOGEL DI,JAMIN [3] KALI PUTARAN


DAN SUKUR ALHANDULILLA MENANG LAGI,
Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada AKI SOLEH yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kamiberkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari AKI SOLEH yang sangat sangat Jitu 100%hingga kami sekarang merasa tenang lagiterima kasih AKI Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apaka 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja Pada AKI SOLEHdi nmr hpnya [082-313-336-747] pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakanSalam Bahagia dan Sukses..!!

DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS.

angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

angka GHOIB; laos

angka ritual gaib kuda lari

TOTO, 2D, 3D, 4D, 5D, 6D
SUPREME TOTO 6/58,/MEGA TOTO,6/52,POWER TOTO 6/55
MEKNUM 4D,/STS,/88,/DA MA CAI 1+3D,/ DAN LAIN-LAIN parah pencinta togel.
DAN LAIN-LAIN,ITU SEMUA TERGANTUNG PERMINTAAN KAMIATAU SEPESIAL DEROH 4D ANGKA RITUAL ADA PADA AKI SOLEH..

Di jamin anda pasti menang seperti kami >>>>>>

IBU RAHMA DI JAWA TIMUR said...

SALAM KOMPAK SELALU.dan selamat buat yg JUPE hari ini.
KALAU ANDA INGGIN MAU TAU INFO TOGEL, KENAL,KAN NAMA AWA IBU RAHMA, KAMI TINGGAL SARAWAK PEKERJAAN USAHA KECI-KECI LAH, DAN TUKAN MASAK DI RESTORAN ,SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA AKI SOLEH NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA KY SOLEH BERKAT ANGKA YANG DI BAGI SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…5DDAN 6D

ANGKA NAIK YAITU,DI.
SPORTS,TOTO 4D,5D, 6D , 7-3-6-7-9-3
SIAPA TAU AWA SEMUA MAU SILAH KAN GABUNG SAMA KAMI,DI BOCORAN RAMALAN TOGEL,AKI SOLEH

DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,11,06 ,2014
.
SEMUA UTANG UTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI SEMUA,KAMI PUN BISAH MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI AKI/SMS KE NMR INI,082-313-336-747KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
TOGEL DI,JAMIN [3] KALI PUTARAN


DAN SUKUR ALHANDULILLA MENANG LAGI,
Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada AKI SOLEH yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kamiberkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari AKI SOLEH yang sangat sangat Jitu 100%hingga kami sekarang merasa tenang lagiterima kasih AKI Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apaka 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja Pada AKI SOLEHdi nmr hpnya [082-313-336-747] pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakanSalam Bahagia dan Sukses..!!

DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS.

angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

angka GHOIB; laos

angka ritual gaib kuda lari

TOTO, 2D, 3D, 4D, 5D, 6D
SUPREME TOTO 6/58,/MEGA TOTO,6/52,POWER TOTO 6/55
MEKNUM 4D,/STS,/88,/DA MA CAI 1+3D,/ DAN LAIN-LAIN parah pencinta togel.
DAN LAIN-LAIN,ITU SEMUA TERGANTUNG PERMINTAAN KAMIATAU SEPESIAL DEROH 4D ANGKA RITUAL ADA PADA AKI SOLEH..

Di jamin anda pasti menang seperti kami >>>>>>